cover
Contact Name
Yudi Dwi Saputra
Contact Email
yudids31@gmail.com
Phone
+6285731494080
Journal Mail Official
bravos@stkipjb.ac.id
Editorial Address
Jln. Pattimura III/20 Jombang
Location
Kab. jombang,
Jawa timur
INDONESIA
Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Published by STKIP PGRI Jombang
ISSN : 23377674     EISSN : 2597677X     DOI : https://doi.org/10.32682/bravos
Core Subject : Education,
Bravos is a national scientific journal published by the Physical Education Department of STKIP PGRI Jombang that are open to seeking innovation, creativity, and novelty. This journal particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of sport areas as follows physical education, sports education, sports recreation, sports science, and sport coaching. Bravos receives research articles from authors that can be submitted through this OJS. The script will go through a review process.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 4 (2018): DESEMBER 2018" : 5 Documents clear
PENGARUH PEMBERIAN SUPLEMEN GLUTAMIN TERHADAP PENGURANGAN KELELAHAN OTOT SETELAH LATIHAN EKSENTRIK Rusdiawan, Afif; Taufikkurrachman, Taufikkurrachman
Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Vol 6, No 4 (2018): DESEMBER 2018
Publisher : STKIP PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32682/bravos.v6i4.930

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Membuktikan pengaruh pemberian suplemen glutamin terhadap pengurangan kelelahan otot setelah aktivitas eksentrik yang dilihat berdasarkan kekuatan otot dan ROM sendi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa PJKR IKIP Budi Utomo yang dibagi secara acak ke dalam dua kelompok, 22 orang coba kelompok kontrol dan 22 orang coba kelompok perlakuan. Desain penelitian ini adalah randomized group pretest and posttest design. Aktivitas eksentrik yang dilakukan adalah aktivitas Drop Jumps pada bangku dengan ketinggian 0.5 meter. Pemberian glutamin dilakukan secara oral setelah aktivitas eksentrik dengan dosis 0,4 gram/Kg BB dalam 450 ml air mineral sebanyak 3 kali pemberian (3 hari). Pengukuran kekuatan otot tungkai menggunakan back and leg dynamometer sedangkan pengukuran ROM menggunakan alat goniometer. Hasil pengukuran didapatkan rerata kekuatan otot tungkai kelompok kontrol 63,7 ± 17,0 kg dan kelompok perlakuan 81,1 ± 17,0 kg pada jam 72. Sedangkan hasil pengukuran ROM didapatkan rerata kelompok kontrol 124,3 ± 3,2 derajat dan kelompok perlakuan 131,7 ± 4,1 derajat pada jam 72. Analisis menunjukkan bahwa pemberian glutamin pada kelompok perlakuan dapat meningkatkan kekuatan otot tungkai dengan nilai p = 0,000, dan juga dapat meningkatkan ROM sendi lutut dengan nilai p = 0,000 jam ke 72 setelah aktivitas eksentrik. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pemberian glutamin sebesar 0,4 gram/kg BB/hari dapat meningkatkan kekuatan otot tungkai dan ROM sendi lutut pada jam ke 72 setelah aktivitas eksentrik.
MODEL PEMBELAJARAN PEER TEACHING MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK PEMAHAMAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI Gita Febria Friskawati; Akhmad Sobarna
Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Vol 6, No 4 (2018): DESEMBER 2018
Publisher : STKIP PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32682/bravos.v6i4.928

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran peer teaching menggunakan media audio visual terhadap pemahaman pembelajaran Pendidikan jasmani pada siswa SMA. Metode eksperimen dengan desain randomized pretest posttest control group designdigunakan dalam penelitian ini. Penelitian dilakukan selama 12 kali pertemuan dengan materi pembelajaran pendidika jasmani yang berbeda, yaitu bolabasket, bolavoli, dan atletik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Padalarang sebanyak 546 orang. Sampel pada penelitian ini terdiri atas kelompok A (kelompok eksperimen) berjumlah 42 orang dan kelompok B (kelompok kontrol) berjumlah 40 orang. Teknik pengambilan sampel melalui cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes pemahaman pembelajaran pendidikan jasmani. Hasil uji independent sampele t-test menunjukan bahwa pemahaman pembelajaran pendidikan jasmani lebih meningkat secara signifikan melalui model peer teaching menggunakan audio visual dibandingkan dengan model direct instruction.
PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN RENANG BERBASIS MOBILE LEARNING UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN DAN REKREASI Amir Maulana; Adli Azhari; Arief Darmawan
Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Vol 6, No 4 (2018): DESEMBER 2018
Publisher : STKIP PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32682/bravos.v6i4.973

Abstract

Model pembelajaran renang berbasis mobile learning merupakan model latihan yang bertujuan untuk memperkenalkan kepada mahasiswa model yang layak dipelajari oleh mahasiswa di matakuliah renang 1. Selain memberikan bentuk latihan variatif yang dapat mempercepat keterampilan mahasiswa dalam berenang. Penelitian pengembangan model latihan renang berbasis mobile learning ini menggunakan langkah-langkah dari Borg & Gall mulai dari penelitian pendahuluan, pengumpulan data, desain produk awal, uji kecil, revisi, uji besar, dan revisi. Dilihat dari penelitian dan pengembangannya maka model latihan renang berbasis mobile learning ini penulis rekomendasikan untuk dosen yang mengampu matakuliah renang pada prodi pendidikan jasmani khususnya atau prodi pendidikan kepelatihan dan Ilmu Keolahragaan. Selain itu para guru pendidikan jasmani juga bisa mengajarkan model ini kepada peserta didiknya mengingat produk ini sudah layak dipraktekkan, karena setelah melalui tahapan uji kelompok kecil, kelompok besar dan revisi, model ini layak untuk digunakan.
DAYA TAHAN CARDIORESPIRATORY WASIT FUTSAL LEVEL III Gatot Darmawan; Mochamad Ridwan
Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Vol 6, No 4 (2018): DESEMBER 2018
Publisher : STKIP PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32682/bravos.v6i4.975

Abstract

Futsal merupakan salah satu pertandingan yang berlangsung secara cepat, maka wasit futsal harus bergerak dan memutuskan keputusan secara cepat dan tepat. Selama ini masih banyak kendala yang dihadapi oleh wasit futsal diantaranya adalah daya tahan kardioarespiratori yang belum memenuhi standar yang ditetapkan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu ingin mengetahui kemampuan daya tahan kardiorespiratori wasit futsal level III. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pengumpulan data tes dan pengukuran yang dilakukan kepada 86 peserta kursus wasit futsal level III. Hasil dalam penelitian ini adalah 40.7 % wasit yang lulus fitnest test dan 59.3% yang tidak lulus. Berdasarkan data di atas maka dapat disimpulkan bahwa kapasitas daya tahan kardiorespiratori wasit futsal level III pada kategori kurang.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STUDIO’13 MATA KULIAH PERKEMBANGAN MOTORIK Donny Setiawan; Sujari Sujari
Bravo's : Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Vol 6, No 4 (2018): DESEMBER 2018
Publisher : STKIP PGRI Jombang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32682/bravos.v6i4.974

Abstract

Tujuan dari pembelajaran ini adalah mengembangkan model Articulate Studio 13. Media pembelajaran melalui para ahli dan menguji keefektifan hasil pembelajaran mahasiswa. Para mahasiswa termaksud 48 mahasiswa pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi Universitas PGRI Banyuwangi dengan desain penelitian one-shot-case. Data yang dianalisis berupa deskriptif kuantitatif. Hasil dari validasi tergolong memungkinkan, aktifitas pembelajaran baik, tanggapan mahasiswa tergolong baik dan hasil pembelajaran sempurna. Kesimpulannya dalam pembelajaran menggunakan Articulate Studio 13 sebagai media pembelajaran dapat membangun motivasi siswa dan hasil pembelajaran

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2018 2018