cover
Contact Name
Nurul Qomariah
Contact Email
nurulqomariah@unmuhjember.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
journal.jmbi@unmuhjember.ac.id
Editorial Address
Jalan Karimata 49 Jember 68121
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA
ISSN : 24432830     EISSN : 24609471     DOI : -
Core Subject : Economy,
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA adalah publikasi dari Prodi Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember berupa tulisan yang diterbitkan secara berkala secara cetak (print) dan elektronik (online),dan Memuat Artikel di bidang manajemen yang meliputi manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasional, manajemen sumber daya manusia, manajemen pengetahuan , manajemen inovasi.
Arjuna Subject : -
Articles 28 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2019)" : 28 Documents clear
PENGARUH SERVICE QUALITY, FOOD QUALITY, DAN PERCEIVED VALUE TERHADAP CONSUMER SATISFACTION DAN BEHAVIORAL INTENTIONS Muharmi, Habibah; Sari, Dessy Kurnia
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (191.583 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v5i2.2880

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Service Quality, Food Quality, dan Perceived Value terhadap Behavioral Intention dengan Consumer Satisfaction sebagai Variabel Mediasi pada Coffee Shop Rimbun Espresso and Brew Bar di Kota Padang Untuk menentukan sampel dalam penelitian ini menggunakan kriteria purposive sampling adalah pelanggan kopi ribun Penelitian ini menggunakan sampel ukuran 220 responden yang diperoleh dari metode hair. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan analisis Sem yang dibantu oleh perangkat lunak PLS. Hasil penelitian ini mengungkapkan Service Quality, Food Quality, Perceived Value berpengaruh positif dan significant terhadap Behavioral Intention dengan Consumer Satisfaction sebagai Variabel Mediasi Dari nilai R2 diperoleh 68 % Ini berarti bahwa semua variabel independen menjelaskan 68 % dari variabel dependen. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
PENGARUH DIGITALISASI PERBANKAN TERHADAP EFEKTIVITAS DAN PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI Puspitadewi, Ira
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (184.094 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v5i2.2925

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menguji pengaruh digitalisasi perbankan terhadap efektivitas dan produktivitas kerja pegawai frontliner pada PT. BNI (Persero), Tbk. Cabang Jember. Populasi penelitian ini adalah pegawai frontliner pada PT. BNI (Persero), Tbk. Cabang Jember. Berdasarkan data PT. BNI (Persero), Tbk. Cabang Jember sampai dengan tahun 2019 jumlah pegawai frontliner adalah 42 orang. Pengambilan sampel menggunakan metode sampel jenuh atau sensus. Analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM).  Dengan  Smart Partial Least Square. Hasil penelitian menyatakan bahwa pertama, kompetensi digital mempunyai pengaruh terhadap efektivitas kerja karyawan.. Kedua, kompetensi digital mempunyai pengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan. Ketiga, efektivitas kerja mempunyai pengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan.. Dan keempat, Kompetensi digital berpengaruh terhadap produktivitas kerja karyawan melalui efektivitas kerja karyawan.
PENGARUH BRAND IMAGE, KEPERCAYAAN, DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN HERBALIFE maulanaUsvela, Efit; Qomariah, Nurul; Wibowo, Yohanes Gunawan
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (210.567 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v5i2.2930

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image, kepercayaan, dan nilai pelanggan terhadap kepuasan pelanggan pengguna Herbalife pada Intan Club Bondowoso. Populasi dalam penelitian berjumlah 100 pelanggan yang digunakan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner. Analisis yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas), analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis (uji F, uji t, koefisien determinasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image, kepercayaan, dan nilai pelanggan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dan brand image, kepercayaan, dan nilai pelanggan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN KEDATANGAN WISATAWAN Masrin, Indra; Akmalia, Octary Khalis
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.358 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v5i2.2921

Abstract

  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah wisatawan Pabtai Arta. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Analisis data pada penelititan ini analisis SWOT (Strength, weakness, opportunities and threats) dan penentuan strategi pemasaran. Hasil penelitian pada matrik IFE diperoleh skor 2,8 yang berarti kondisi internal pada Pantai Arta kuat. Hal tersebut dapat disebabkan pengelola Pantai Arta menggunakan kekuatannya dengan baik. Sedangkan matrik EFE menunjukan skor 3,2 yang kondisi eksternal pada Pantai Arta sangat kuat. Dengan total skor untuk peluang sebesar 1,88 dan total skor pada ancaman sebesar 1,33 yang berarti pengelola Pantai Arta memiliki peluang yang sangat baik dan mengatasi ancaman yang ada pada Pantai Arta. Hasil perangkingan strategi berdasarkan analisis SWOT didapatkan bahwa alternative strategi pemasaran pada urutan pertama yaitu mempertahankan posisi sebagai tempat wisata yang memiliki keistimewaan-keistimewaan dan seharusnya mengikutsertakan masyarakat dalam pengembangannya.
PENGARUH LOYALITAS DAN SIKAP PADA PERUBAHAN ORGANISASI TERHADAP KEINGINAN PENSIUN DINI Sari, Putri Oktovita; Putro, Prima Utama Wardoyo
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.496 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v5i2.2926

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak loyalitas karyawan dan perubahan organisasi terhadap keinginan pensiun dini. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 319 pegawai PT. INKA dan data dikumpulkan melalui kuesioner. Penelitian ini menggunakan multiple regression untuk menganalisis data. Penelitian ini menghasilkan loyalitas berpengaruh negatif terhadap penisiun dini dan sikap pada perubahan tidak berpengaruh pada keinginan pensiun dini. Rekomendasi dari penelitian ini adalah organisasi harus bisa meningkatkan loyalitas pegawainya melalui program-program enggagement sehingga bisa mengurangi keinginan pensiun dini pada karyawan.
ANALYSIS OF COMPETITIVE STRATEGIES IN THE INSTITUTION OF THE XYZ SHARIA ECONOMY Purnama, Rudi; Lukman, Syukri
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.811 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v5i2.2877

Abstract

Referring to the final goal to be achieved by Islamic Economics College (STES) XYZ, from the implementation of the strategy to produce graduates who are knowledgeable, noble, and dedicated, as well as being the center of the development of science, technology and art based on Islamic values, STES XYZ is deemed necessary to work hard to improve the quality that is able to compete with other Islamic economic schools that were established first. So from that by using a qualitative approach this research was made to determine the strengths, weaknesses, and threats and opportunities of STES XYZ with the aim of obtaining the right competitive strategy that can be applied in achieving competitive advantage. The data analysis technique in this study uses 3 stages, first is the input technique with the Internal Factor Evaluating (IFE) Matrix, the External Factor Evaluating (EFE) Matrix, and the Competitive Profile matrix (CPM) matrix. Second, the matching stage in the form of a SWOT Matrix and Internal External Matrix (IE) to produce alternative strategies through the Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). In addition, a balanced score card is also applied in this study to measure the quality of indicators. From the analysis obtained, STES XYZ has great potential in business development as in education. On the basis of this writing stage, researchers used the QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) method to recommend a Market Development Strategy to improve school quality in competing with competing schools.
PENTINGNYA PENGELOLAAN INOVASI DALAM ERA PERSAINGAN Wijaya, Rangga Agus; Qurratu?aini, Nafia Ilhama; Paramastri, Bella
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (209.826 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v5i2.2922

Abstract

Persaingan di pasar global terus meningkat setiap saat dan perusahaan perlu mengandalkan inovasi untuk tetap unggul dan bersaing dengan pesaing mereka. Inovasi adalah salah satu bagian penting dalam persaingan karena hal ini dapat membawa keunggulan bagi perusahaan melalui penciptaan ide baru, proses baru, produk baru, atau dengan peningkatan kondisi bisnis saat ini. Keunggulan ini dapat berarti peningkatan dalam produktivitas, efisiensi, penjualan, dan pekerjaan (tenaga kerja). Meskipun demikian, inovasi dapat menjadi upaya yang sangat berisiko bagi perusahaan. Manajemen inovasi diperlukan untuk mengurangi risiko ini dengan selalu mengawasi kegiatan dan proses inovasi, serta untuk memastikan bahwa inovasi dapat berhasil. Dalam tulisan ini, kami membahas tentang bagaimana kita harus mengelola inovasi dalam perusahaan dengan menggunakan teori dan contoh dari literatur yang ada. Diskusi ini mencakup kerangka kerja audit inovasi, dampak inovasi dalam strategi manajemen sumber daya manusia, strategi inovasi terbuka, pengukuran manajemen inovasi dan studi kasus dalam proyek produk, dan sistem yang kompleks. Hasil temuan dari penelitian ini adalah inovasi terbuka dan sistem manajemen terintegrasi merupakan dua dari banyak inovasi organisasi yang menghasilkan kesuksesan dan jenis industri perusahaan memiliki pengaruh signifikan terhadap kecenderungan inovasi perusahaan.
PERANAN SEKTOR RUMAH TANGGA SEBAGAI PELAKU EKONOMI ISLAM Rachmawati, Shofie Amilia Budi
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.115 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v5i2.2927

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah  menjelaskan peranan sektor rumah tangga sebagai pelaku ekonomi pembangunan Islam. Dimana penerapan utamanya adalah penanaman akhlak yang mulia dalam lingkaran rumah tangga agar dapat mecetak generasi muda yang berjiwa akhlakul karimah. Selain itu sektor rumah tangga memiliki factor produksi yang dapat mencakup seluruh modal awal dalam berekonomi yakni: tenaga kerja, tanah, keahlian atau modal kepada perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dimana sumbernyadidapat dari sumber sekunder seperti buku, jurnal dan data-data yang berkaitan dengan sektor dalam rumah tangga.
PERSEPSI NASABAH BANK BCA DALAM PENGGUNAAN MOBILE BANKING Fernandrez, Febby; Pujani, Vera
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (715.679 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v5i2.2878

Abstract

Penelitian  ini  menggunakan  metode analisis  SEM (Structural Equation Modeling)  program AMOS  21.0  untuk  menguji  kausalitas dalam model  yang telah diusulkan. Sampel dalam penelitian ini adalah nasabah bank di kota Padang yang sudah menggunakan layanan mobile banking. Teknik sampling menggunakan non probability sampling ? kuota sampling. Dari kuesioner yang disebar diperoleh 250 kuesioner yang valid melalui survei offline dan online. Berdasarkan  hasil  penelitian  model  keseluruhan,  menunjukkan  hubungan yang signifikan antara variabel perceived risks, performance expectancy, perceived service quality,behavioral intention dan usage behavior. Dalam penelitian ini minat prilaku dipengaruhi langsung oleh harapan kinerja, persepsi kualitas jasa, serta persepsi risiko berpengaruh signifikan dan negatif terhadap niat berprilaku.  
ANALISIS LAPORAN KEUANGAN SEBAGAI DASAR PENILAIAN KINERJA PERUSAHAAN PADA KOPERASI SERBA USAHA Maiwardani, Lisa
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 5, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.094 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v5i2.2923

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kinerja koperasi berdasarkan laporan keuangan, untuk menentukan perkembangan kinerja keuangan koperasi serba usaha di setiap periode pada Koperasi Serba Usaha di Jember. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dan metode pengumpulan data adalah pengamatan dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah: analisis likuiditas, analisis solvabilitas dan analisis profitabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahun 2015 sampai 2018 kinerja keuangan meningkat dan menurun. Hal ini karena jumlah faktor internal dan modal pinjaman terlalu tinggi. Ini berarti keuntungan yang dihasilkan oleh Koperasi menurun. Jadi untuk periode berikutnya perusahaan harus mempertimbangkan jumlah faktor internal dan modal pinjaman dalam rangka mencapai tujuan perusahaan seperti yang diharapkan. Kesimpulan dari penelitian ini dengan mengurangi biaya yang mempengaruhi perusahaan dapat meningkatkan efisiensi usaha.

Page 1 of 3 | Total Record : 28