cover
Contact Name
Nurul Qomariah
Contact Email
nurulqomariah@unmuhjember.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
journal.jmbi@unmuhjember.ac.id
Editorial Address
Jalan Karimata 49 Jember 68121
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA
ISSN : 24432830     EISSN : 24609471     DOI : -
Core Subject : Economy,
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA adalah publikasi dari Prodi Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember berupa tulisan yang diterbitkan secara berkala secara cetak (print) dan elektronik (online),dan Memuat Artikel di bidang manajemen yang meliputi manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasional, manajemen sumber daya manusia, manajemen pengetahuan , manajemen inovasi.
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2020)" : 15 Documents clear
Analisis Pinjaman Yang Diterima Dari Luar Negeri Pada Perusahaan Pembiayaan Syariah Di Indonesia Suci Ekawati Nurcahya; Tri Setyo Aji
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 6, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.979 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v6i2.4090

Abstract

Tulisan ini berusaha untuk mengetahui pengaruh Financing to Asset Ratio (FAR), Return on Asset (ROA), Bank Indonesia  7-Day (reverse) Repo Rate dan Inflasi terhadap Pinjaman Luar Negeri yang diterima Perusahaan Pembiayaan Syariah beserta kontribusinya. Data yang digunakan adalah data time series bulanan sejak September 2016 hingga Juli 2019 yang dianalisis menggunakan pendekatan vector error corection model (VECM). Hasil penelitian menunjukkan hubungan antara FAR dengan  Pinjaman Luar Negeri Diterima Perusahaan Pembiayaan Syariah pada bulan sebelumnya secara negatif signifikan. Sedangkan ROA positif tidak signifikan, BI 7-Day (Reverse) Repo Rate negatif signifikan dan Inflasi memiliki hubungan negatif signifikan. Hasil uji Variance Decomposition menunjukkan bahwa kontribusi terbesar yang mempengaruhi Pinjaman Luar Negeri Diterima Perusahaan Pembiayaan Syariah adalah ROA (return on asset) selain dari pinjaman itu sendiri.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Return On Assets (ROA) Bank Syariah Setelah Spin-Off (Periode 2008-2018) Ahmad Baihaqi Esaputra
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 6, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.741 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v6i2.4082

Abstract

Spin-off merupakan sebuah kebijakan yang diterbitkan dengan tujuan untuk meningkatkan efektifitas bank syariah, serta dinilai mampu meningkatkan ketaatan bank syariah dalam menjalankan prinsip-prinsip syariah. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui faktor-faktor apakah yang mempengaruhi profitabilitas bank syariah setelah spin-off. indikator yang digunakan untuk menilai profitabilitas adalah rasio pengembalian terhadap asset (return on asset). Metode penelitian yang digunakan adalah regresi data panel dengan Common Effect Model. Untuk sampel yang digunakan adalah Bank Umum Syariah yang telah melakukan spin-off lebih dari 5 tahun di tahun 2018. Diketahui hasil penelitian menunjukkan bahwa spin-off tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap profitabilitas bank syariah. adapun variabel yang berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas adalah Beban Operasional atas Pendapatan Operasional (BOPO) dan Non Performing Finance (NPF). Dari hasil tersebut diketahui bahwa untuk melakukan spin-off. Unit-unit Usaha Syariah harus mempertimbankan juga aspek-aspek lain agar tidak terjadi penurunan efektifitas dan efisiensi bank syariah.
Corporate Governance, CEO Tenure and Capital Structure Rahmat Setiawan; Rana Adelisa; Indira Nuansa Ratri
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 6, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.421 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v6i2.4086

Abstract

Tujuan dari makalah ini adalah untuk menguji pengaruh tata kelola perusahaan terhadap struktur modal dengan pengaruh moderasi masa jabatan CEO di perusahaan manufaktur. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dari laporan tahunan yang diterbitkan. Data mencakup periode 2013-2017. Model regresi linier berganda dan analisis regresi moderasi digunakan dalam penelitian ini. Struktur modal sebagai variabel terikat diukur dengan rasio total hutang terhadap total aset. Tata kelola perusahaan merupakan variabel independen yang diukur berdasarkan proporsi komisaris independen. Kebaruan penelitian ini mengkaji tenur CEO sebagai variabel moderasi yang diproksikan dengan berapa tahun CEO memimpin perusahaan dan bagaimana hal itu dapat mempengaruhi pengaruh komisaris independen terhadap struktur modal yang jarang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komisaris independen sebagai variabel independen berpengaruh positif terhadap struktur modal, sedangkan masa jabatan CEO memperlemah pengaruh positif komisaris independen terhadap struktur modal. Hasil penelitian ini dapat membantu perusahaan untuk memperhatikan tata kelola perusahaan dan masa jabatan CEO karena dapat mempengaruhi kebijakan struktur modal perusahaan.
Identifikasi Profil Konsumen KITA (Wisata Keliling Indonesia) Dengan Metode Peta Empati Widya Ayu Prabasari; Kristina Sisilia
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 6, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (784.57 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v6i2.4081

Abstract

Perkembangan dunia pariwisata di era digital ini mengalami lonjakan yang sangat besar. Saat ini juga kemampuan ekonomi masyarakat Indonesia terus mengalami pertumbuhan juga mendorong kebutuhan akan melakukan wisata. Oleh karenanya, tidak mengherankan apabila bermunculan sejumlah startup di sektor pariwisata di Indonesia, yang menyediakan aneka bentuk paket perjalanan atau paket travel sehingga memudahkan konsumen untuk melakukan perjalanan wisatanya. Penelitian ini memfokuskan kepada konsumennya dimana ingin mengetahui apa yang benar-benar dibutuhkan, diinginkan, dan dipikirkan oleh konsumen. Untuk mendefinisikan profil konsumen sendiri ada banyak tools, namun pada penelitian ini menggunakan tools Peta Empati. Metode yang digunakan oleh penelitian ini yaitu dengan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data yaitu dengan metode wawancara yang menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa profil konsumen dari KITA (Keliling Wisata Indonesia) yaitu ketertarikan akan harga yang murah maupun promo, dapat menghasilkan poin-poin dimana poin tersebut dapat ditukarkan oleh kupon, layanan dan kualitas yang bagus, serta fasilitas yang lengkap pula, ingin semuanya serba praktis dan tidak ribet, dan juga fitur-fitur yang lengkap hanya dalam satu aplikasi yang mana gabungan atau kombinasi dari semua aplikasi di bidang pariwisata yang sudah ada.
Impact of Organizational Citizenship Behavior, Leadership, Individual Characteristics and Competence on Teacher Performance Januar Adie Chandra; Ni Nyoman Putu Martini G; Nurul Qomariah
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 6, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.984 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v6i2.4091

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of organizational citizenship behavior (OCB), leadership, individual characteristics and competence on the performance of teachers of SMK Swata in Bondowoso Regency. The population of this research is all employees who are in Private Vocational High Schools (SMKS) in all of Bondowoso Regency, totaling 975 Educators of Education Personnel (PTK). The number of samples of this study was 110, with a purposive sampling method. Validity and reliability tests were conducted to test the measuring instrument in the form of a questionnaire. The analysis technique used is WarpPLS 2.0. The results showed that organizational citizenship behavior had a positive effect on teacher performance, leadership had a positive effect on teacher performance, individual characteristics had no positive effect on teacher performance, competence had no positive effect on teacher performance.
Analisis Faktor Desain Servicescape Pada UKM Diff’s Reflexology Duna Rizqa Aziza; Kristina Sisilia
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 6, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.288 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v6i2.4083

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dibutuhkan Diff’s Reflexology dalam mendesain servicescape. Desain yang telah ada akan dikembangkan, sehingga dapat meningkatkan kualitas layanan dan para konsumen merasa puas dan nyaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Confirmatory Factor Analysis (CFA). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non probability sampling dengan jenis purposive sampling, dengan jumlah 100 responden. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat enam faktor baru yang terbentuk, yaitu manusia/workforce dan kenyamanan, ambient condition, design dimension, simbol, tanda, dan social/relation. Faktor yang memiliki nilai kontribusi tertinggi yaitu manusia/workforce dan kenyamanan dengan presentase nilai kontribusi sebesar 26,979%. Faktor baru yang terbentuk diperlukan oleh Diff’s Reflexology untuk mendesain servicescape sehingga dapat menciptakan kenyamanan dan kepuasan bagi konsumen. Hal tersebut dapat membuat konsumen melakukan pembelian berulang. Kesimpulan pada penelitian ini adalah enam faktor baru yang terbentuk memiliki korelasi kuat dalam mendesain servicescape pada Diff’s Reflexology. Desain servicescape yang baik dapat membantu sebuah bisnis dalam meningkatkan kualitas layanan jasa yang tersedia.
Pengaruh Online Procrastination, Product Feature, Dan Social Influence Pada Purchase Intention Di Marketplace Shoppee Wenti Krisnawati
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 6, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.516 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v6i2.4087

Abstract

Pengguna internet di Indonesia tercatat mengalami peningkatan di tahun 2019. Berdasarkan hasil studi Polling Indonesia yang bekerja sama dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna internet di Indonesia tumbuh 10,12 persen. Menurut Sekjen APJII, Henri Kasyfi, survei ini melibatkan 5.900 sampel dengan margin of error 1,28 persen. E-commerce di Indonesia makin ketat. Kondisi itu seiring dengan pesatnya laju perkembangan teknologi, khususnya gawai (smartphone). Tujuan yang hendak penulis capai dengan melakukan penelitian ini, adalah untuk mengetahui apakah online Procrastinaion, Social Influence dan Product Feature berpengaruh pada keputusan pembelian konsumen pada toko online Shopee. pendekatan Penelitian difokuskan  pada pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik, sampel 100 orang yaitu fakultas Ekonomi dan Fakultas Keguruan dan ilmu pendidikan. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan kuesioner.teknik analisis menggunakan regresi linear berganda dengan perangkat SPSS. Hasil menunjukkan bahwa Online Procrastination,Product Feature,social Influence berpengaruh positif dan siginifikan terhadap Purchase Intention. Kebiasaan menunda pekerjaan dan beralih pada internet serta didukung fitur produk dan  pengaruh sosial sangat membuat para konusmen tertarik melakukan pembelian online di shopee. Implikasi penelitian Online procrastiantion, Product feature, Social Influence memberikan manfaat besar terhadap toko online dalam menarik konsumen memutuskan pembelian di toko online tersebut.  Batasan dan penelitian selanjutnya Pada penelitian ini variabel online procrastination akan terlihat lebih jelas hasil yang lebih luas dengan menambahkan variabel Flow Experience sebagai variabel intervening. Namun dalam penelitian ini hanya terdapat variabel dependen dan independen.
Pengaruh Kualitas Website Dan Dimensi Kepribadian Big Five Terhadap Pembelian Impuls Online Dengan Promosi Penjualan Sebagai Variabel Moderasi “Studi Pada Shopee” Laily Ramadhani; Masmira Kurniawati; Sari Puji Rahayu
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 6, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (372.11 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v6i2.3169

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh kualitas website dan dimensi kepribadian big five terhadap pembelian impuls online yang di moderasi oleh promosi penjualan. Peneliti menitikberatkan website e-commerce pada Shopee sebagai objek penelitian, karena melihat dari jumlah kunjungan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan e-commerce lainnya. Penelitian ini menggunakan kuesioner lima poin skala Likert sebagai metode pengumpulan data. Kuesioner disebar melalui online, dengan kriteria responden yang menggunakan website Shopee, pernah melakukan pembelian melalui website Shopee, dan mengetahui adanya program flash sale di Shopee. Hasil penelitian ini selanjutnya diolah dan dianalisis dengan teknik statistik Partial Least Square (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas website Shopee memiliki pengaruh positif terhadap pembelian impuls online. Kemudian kepribadian konsumen agreeableness, neuroticism, dan openess to experience berpengaruh positif terhadap pembelian impuls online, sedangkan kepribadian konsumen conscientiousness berpengaruh negatif terhadap pembelian impuls online. Promosi penjualan (flash sale) memiliki pengaruh positif terhadap pembelian impuls online dan memperlemah hubungan antar kualitas website dengan pembelian impuls online.
Signifikansi Manajemen Modal Kerja, Pertumbuhan Penjualan, Dan Ukuran Perusahaan Dalam Menentukan Profitabilitas Perusahaan Manufaktur Indonesia Maria Adventia M.M.C.; Abu Hasan A; Gandi Aswaja Y
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 6, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.446 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v6i2.4084

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan signifikansi antara manajemen modal kerja, ukuran perusahaan (firm size), dan pertumbuhan penjualan (sales growth) pada profitabilitas perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk periode tahun 2014 hingga tahun 2018. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda sebagai alat untuk menguji hipotesis yang diteliti. Berdasarkan hasil pengujian pada hipotesis yang ada, ditemukan bahwa manajemen modal kerja yang pada penelitian ini diproksikan dengan menggunakan tiga variabel, yakni cash conversion cycle (CCC),  current ratio (CR), dan juga current asset to total asset ratio (CATAR), ketiga variabel tersebut memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap profitabilitas perusahaan manufaktur di Indonesia pada periode tahun 2014 hingga tahun 2018. Demikian pula dengan dua variabel lainnya, yakni  sales growth dan firm size, berdasarkan pengujian yang dilakukan, ditemukan hasilnya juga menyatakan bahwa kedua variabel memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap profitabilitas perusahaan manufaktur di Indonesia pada tahun 2014 hingga tahun 2018.
The Effect of Leadership Style and Organizational Culture and Work Motivation on Lecturer Performance Kamiliya Atikah; Nurul Qomariah
JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA Vol 6, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.284 KB) | DOI: 10.32528/jmbi.v6i2.4088

Abstract

Employee performance is an important thing in an organization. Whether an organization is good or not depends on the performance of employees. Likewise with tertiary institutions, one thing that needs to be considered is the performance of the lecturers. This study aims to determine the effect of leadership style and organizational culture and work motivation on the performance of lecturers at the University of Muhammadiyah Jember. The population of this research is all lecturers who work at the University of Muhammadiyah Jember, amounting to 320 people. The sample size is calculated as 15% of the total population, so it is known that the sample size is 45 people. Sampling was done by random sampling technique. Data were analyzed using analyzed using the PLS-based SEM method with the help of the WarpPLS 5.0 application. The results showed that: leadership style has a significant effect on lecturer performance with a positive path coefficient value of 0.367 and a significance value of 0.003. Organizational culture has no significant effect on lecturer performance with a positive path coefficient value of 0.023 and a significance value of 0.439. Work motivation has a significant effect on employee performance with a positive path coefficient value of 0.57 and a significance value of 0.001.

Page 1 of 2 | Total Record : 15