cover
Contact Name
Rosa Lesmana
Contact Email
rosa.sunardi@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalmarketing.unpam@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 25980823     EISSN : 25982893     DOI : -
Core Subject : Economy, Humanities,
JURNAL PEMASARAN KOMPETITIF adalah jurnal yang diterbitkan Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang. Kajian Ekonomi Manajemen Khusus Penelitian Ekonomi Ilmu Manajemen Pemasaran dengan ISSN 2598-0823 (cetak) dan eISSN 2598-0823 (Online), Fokus dan cakupan Jurnal Sekuritas yaitu Manajemen Pemasaran; Ekonomi; Ilmu Manajemen Pemasaran.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2019): Jurnal Pemasaran Kompetitif" : 10 Documents clear
PENGARUH BIAYA PROMOSI TERHADAP TINGKAT PENJUALAN (STUDI KASUS PADA AGEN ANUGRAH MANDIRI JAKARTA) Ugeng Budi Haryoko Budi Haryoko; Punguan Sinaga
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 2, No 2 (2019): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.131 KB) | DOI: 10.32493/jpkpk.v2i2.2458

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan promosi, biaya promosi, tingkat penjualan dan untuk mengetahui tingkat signifikansi pengaruh biaya promosi (X) terhadap tingkat penjualan (Y). Metode penelitian yang digunakan penulis adalah deskriptif kuantitatif melalui wawancara dan observasi langsung. Metode wawancara digunakan untuk mendapatkan data mengenai sejarah perusahaan, struktur organisasi dan mengenai alat promosi yang digunakan. Sedangkan pengolahan data bersifat kuantitatif dengan mengunakan analisis statistik. Dengan jumlah sampel biaya promosi dan hasil penjualan selama 6 tahun (20102015). Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama enam tahun tingkat penjualan agen Anugerah Mandiri adalah rata-rata 89,68% dari target yang ditetapkan. Pada tahun 2010 sebesar 87,05%, tahun 2011 sebesar 90,38%, tahun 2012 sebesar 93,84%, tahun 2013 sebesar 86,14%, tahun 2014 sebesar 88,38%, dan pada tahun 2015 sebesar 92,28%. Berdasarkan analisis korelasi dapat disimpulkan bahwa r = 0,85 hal ini mempunyai arti bahwa pengaruh biaya promosi terhadap tingkat penjualan terdapat hubungan yang sangat kuat. Sedangkan koefisien determinasi sebesar 72,25% hasil penjualan dipengaruhi biaya promosi dan 27,75% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan n = 6 pada taraf signifikan α = 5% dan nilai t hitung > t tabel yaitu diketahui bahwa t hitung 3,23 sedangkan t tabel 2,132 maka dapat dikatakan 3,23 > 2,132. Ho ditolak, H1 diterima yang artinya, terdapat pengaruh antara biaya promosi terhadap tingkat penjualan pada agen Anugerah Mandiri Kata kunci: Biaya Promosi, Tingkat Penjualan
ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH TABUNGAN ( Studi kasus pada PT. Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Buton Utara ) Mutmainnah Mutmainnah
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 2, No 2 (2019): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (520.453 KB) | DOI: 10.32493/jpkpk.v2i2.2463

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan (1) Untuk menganalisis apakah kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah Tabungan PT. Bank Rakyak Indonesia Cabang Buton Utara (2) Untuk menganalisis apakah kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah Tabungan PT. Bank Rakyak Indonesia Cabang Buton Utara (3) Untuk menganalisis apakah kepuasan nasabah berpengaruh terhadap loyalitas nasabah Tabungan PT. Bank Rakyak Indonesia Cabang Buton Utara (4) untuk menganalisis apakah kualitas layanan berpengaruh tidak langsung secara signifikan terhadap loyalitas melalui kepuasan nasabah Tabungan PT. Bank Rakyak Indonesia Cabang Buton Utara. Populasi penelitian ini adalah nasabah yang telah menabung di BRI Cabang Buton Utara yang lebih dari tiga kali menabung di BRI Buton Utara. Penelitian ini berlangsung selama bulan Agustus – November 2017. Jumlah populasi nasabah tabungan. Jumlah sampel ditentukan dengan pendekatan Sugiyono dengan jumlah sampel 88 nasabah tabungan. Dengan metode pengambilan sampel purposive sampling. Pengujian dilakukan kepada 3 (tiga) variabel yaitu kualitas layanan, kepuasan dan loyalitas. Dari hasil analisis disimpulkan bahwa (1) Kualitas layanan secara langsung berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah BRI Cabang Buton Utara (2) Kualitas layanan secara langsung berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah BRI Cabang Buton Utara (3) Kepuasan berpengaruh langsung secara signifikan terhadap loyalitas nasabah BRI Cabang Buton Utara (4) Kualitas layanan berpengaruh tidak langsung secara signifikan terhadap loyalitas melalui kepuasan nasabah BRI Cabang Buton Utara. Kata Kunci : Kualitas layanan, kepuasan dan loyalitas
ANALISIS PENGARUH BANGUNAN, PERALATAN DAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KEPUASAN PASIEN (Studi Kasus di Puskesmas Rawabuntu Serpong Tangsel) Jakariah Jakariah
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 2, No 2 (2019): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.784 KB) | DOI: 10.32493/jpkpk.v2i2.2459

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh bangunan, peralatan dan sumber daya manusia terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Rawabuntu. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna jasa pelayanan/ pasien berobat di puskesmas rawabuntu serpong tangerang selatan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sejumlah 55 responden, teknik pengambilan sampel ditentukan secara acak atau dikenal dengan teknik random sampling.Teknik analisis data yang digunakan adalah tes validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, model regresi berganda, koefisiensi determinasi (R2), pengujian hipotesis dengan uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji F) dengan taraf signifikan 5% menggunakan program SPSS for Windows Version 17. Berdasarkan hasil penelitian; Variabel banguna berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien dengan nilai koefisien sebesar 0,409. Yang artinya jika variabel banguna meningkat satu satuan dengan asumsi variabel peralatan dan variabel sumber daya manusia tetap, maka Kepuasan pasien akan meningkat sebesar 0,409. Variabel peralatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien dengan nilai koefisien sebesar 0,129. Yang artinya jika variabel peralatan meningkat satu satuan dengan asumsi variabel banguna dan variabel sumber daya manusia tetap, maka kepuasan pasien akan meningkat sebesar 0,129. Variabel Sumber daya manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien dengan nilai koefisien sebesar 0,779. Yang artinya jika variabel SDM meningkat satu satuan dengan asumsi variabel sumber daya manusia banguna dan variabel Peralatan tetap, maka kepuasan pasien akan meningkat sebesar 0,779. Faktor Banguna, Peralatan, dan Sumber daya manusia, secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap Kepuasan pasien pada Puskesmas Rawabuntu. Model regresi berganda yang diperoleh adalah Y = 2.035 + 0,409 X1 + 0,129 X2 + 0,779 X3 Kata Kunci: Bangunan, Peralatan, Sumber Daya manusia dan Kepuasan Pasien
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PT. RADEKATAMA PIRANTI NUSA Rosa Lesmana
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 2, No 2 (2019): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (433.792 KB) | DOI: 10.32493/jpkpk.v2i2.2464

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen PT. Radekatama Piranti Nusa. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah konsumen yang melakukan pembelian selama tahun 2017 sebanyak 638 konsumen dan sampel diambil sebanyak 86 orang. Perhitungan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan dengan persamaan regresi  Y = 15,009 + 0,294X1 + 0,422X2. Kontribusi pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan secara simultan adalah sebesar 44,8%, nilai F hitung lebih besar dari F tabel atau (39,285 > 2,700), dengan signifikansi 0,000 < 0,05.terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen
PERMINTAAN KEDELAI INDONESIA Septi Rostika Anjani
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 2, No 2 (2019): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.422 KB) | DOI: 10.32493/jpkpk.v2i2.2455

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi permintaan kedelai di Indonesia. Metode penelitian menggunakan analisis deskriptif melalui data sekunder yang meliputi harga kedelai lokal dan kedelai impor, harga ayam, pendapatan perkapita, tingkat inflasi dan pemberlakuan tarif impor periode tahun 1980 sampai dengan tahun 2013 yang bersumber dari Badan Pusat Statistik dan berbagai sumber lainnya. Estimasi fungsi permintaan menggunakan analisis regresi linier berganda yang ditransformasi dalam bentuk logaritma. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa secara simultan variabel independen berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen dengan nilai R² sebesar 65,1%. Secara parsial, harga daging ayam, pendapatan perkapita, dan tingkat inflasi masing-masing berpengaruh signifikan terhadap permintaan kedelai. Sedangkan harga kedelai lokal, harga kedelai impor dan tarif impor tidak berpengaruh secara signifikan terhadap permintaan kedelai. Kata Kunci: analisis permintaan, elastisitas, kedelai
PENGARUH RELASI FRANCHISE TERHADAP PENINGKATKAN PERFORMA FRANCHISEE (Studi pada Franchisee Ayam Bakar Mas Mono, Pecel Lele Lela dan Es Teler 77 di Wilayah Jabodetabek) Dedik Supardiono
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 2, No 2 (2019): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (497.914 KB) | DOI: 10.32493/jpkpk.v2i2.2460

Abstract

ABSTRAK Studi ini dilakukan untuk menguji pengaruh aspek kontrak kerjasama, aktivitas manajerial, entrepreneurship dan branding (pengelolaan merek) terhadap relasi franchise dalam meningkatkan performa franchisee. Pengambilan sampel memakai teknik purposive, dan didapatkan sampel sejumlah 107 dari franchisee Restoran Ayam Bakar Mas Mono, Restoran Pecel Lele Lela dan Restoran Es Teler 77. Seluruh franchisee berlokasi di Jabodetabek. Adapun hipotesis penelitian ini adalah semakin besar nilai kontrak kerjasama, aktivitas manajerial, entrepreneurship dan branding akan semakin meningkatkan relasi franchise, dan semakin tinggi nilai relasi franchise maka akan semakin tinggi pula performa franchisee. Analisis data dengan menggunakan software SPSS 20 dan Lisrel 8.7 Student Version. Hasil analisis menunjukkan bahwa kontrak kerjasama, aktivitas manajerial, entrepreneurship dan branding berpengaruh positif dan signifikan terhadap relasi franchise, dan relasi franchise berpengaruh positif dan signifikan terhadap performa franchisee. Temuan empiris dalam studi ini mengindikasikan bahwa untuk meningkatkan performa franchisee diperlukan peningkatan faktor-faktor kontrak kerjasama, aktivitas manajerial, entrepreneurship dan branding serta relasi hubungan franchise. Kata kunci : Franchise, Franchisor, Franchisee, Perjanjian Kerjasama, Aktivitas Manajerial, Entrepreneurship, Branding, Relasi Franchise, Performa Franchisee
ANALISIS KEPUTUSAN ORANG TUA SISWA MEMILIH LEMBAGA PENDIDIKAN MELALUI KUALITAS PELAYANAN JASA PENDIDIKAN (STUDI EMPIRIS PADA TAMAN KANAK-KANAK ISLAM DI KELURAHAN CINERE KOTA DEPOK) Udin Ahidin
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 2, No 2 (2019): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (322.756 KB) | DOI: 10.32493/jpkpk.v2i2.2456

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan lembaga pendidikan Taman Kanak-Kanak Islam di Kelurahan Cinere Kota Depok, untuk mengetahui keputusan orang tua siswa memilih lembaga Pendidikan Taman Kanak-Kanak Islam di Kelurahan Cinere Kota Depok, untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan orang tua siswa memilih lembaga pendidikan Taman Kanak-Kanak Islam di Kelurahan Cinere Kota Depok. Metode penelitian yang digunakan asosiatif dengan pengujian Hipotesis. Populasi dalam penelitian ini orang tua siswa TK Islam di Kelurahan Cinere Kota Depok sebanyak 920 orang. Sampel yang ditetapkan sebanyak 90 orang. Metode pengumpulan data observasi, studi kepustakaan dan angket. Metode analisis data: Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Regresi Linier Sederhana, Uji Korelasi Product Moment, Uji Determinasi, dan Uji Signifikansi (Uji t). Penelitian ini hasilnya menunjukan bahwa kualitas Pelayanan pada lembaga pendidikan Taman Kanak-Kanak Islam Di Kelurahan Cinere Kota Depok dipersepsikan sangat baik skor rata-rata sebesar 4,66 masuk pada skala interval 4,20-5,00 dengan interpretasi sangat baik. Tingkat keputusan orang tua siswa memilih lembaga pendidikan Taman Kanak-Kanak Islam Di Kelurahan Cinere Kota Depok dipersepsikan sangat tinggi, rata-rata skor keputusan memilih sekolah sebesar 4,68 masuk pada skala interval 4,205,00 dengan interpretasi sangat tinggi. Ada Pengaruh positif kuat dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap keputusan orang tua siswa memilih lembaga pendidikan Taman Kanak-Kanak Islam di Kelurahan Cinere Kota Depok. Hal ini dibuktikan oleh nilai koefesien regresi linier sederhana Y = 8,278 + 0,803 X. Nilai Koefesisen Korelasi r = 0,665. Nilai Koefesien Determinasi KD=44,3 % dan Nilai t hitung > t tabel (8,360>1,662). Kata kunci : Kualitas Pelayanan dan Keputusan Orang Tua Siswa Memilih Lembaga Pendidikan.
PENGARUH KUALITAS PRODUK BAJU BATIK HEM TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA HOME INDUSTRI BATIK SAHARA INDAH Veta Lidya Delimah Pasaribu; Meko Yogi Suryo Prayoga
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 2, No 2 (2019): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.754 KB) | DOI: 10.32493/jpkpk.v2i2.2461

Abstract

ABSTRAK Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas produk, mengetahui hubungan kualitas produk dan mengetahui kontribusi kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada Home Industri Batik Sahara Indah. Metode penelitian yang digunakan ialah metode deskriptif kuantitatif, observasi, wawancara, dokumentasi dan penyebaran angket (kuisioner) yang berisi 10 pernyataan terkait variabel kualitas produk dan 15 pernyataan terkait variabel kepuasan pelanggan kepada 98 responden yang juga merupakan pelanggan pada Home Industri Batik Sahara Indah. Dari hasil analisa dengan menggunakan rumus koefisien korelasi product moment diperoleh r = 0,231. Hal ini menunjukan adanya hubugan yang rendah antara Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan koefesien determinan hasilnya adalah 5,34%. Hal ini berarti kepuasan pelanggan sebesar 94,66% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil uji signifikansi maka t-hitung > t-tabel yaitu 2,390 > 1,660 yang artinya bahwa H0 ditolak dan Ha diterima (signifikan), yaitu Kualitas Produk (X) mempunyai pengaruh signifikan terhadap tingkat Kepuasan Pelanggan (Y).Dari persamaan regresi yang diperoleh, Y = 44,943 + 0,354X.Dari persamaan terlihat bahwa koefisien b bernilai positif, ini menunjukan bahwa perubahan Y searah dengan perubahan X. Jadi nilai Y akan meningkat jika nilai X meningkat, sebaliknya nilai Y akan menurun jika nilai X menurun. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Kualitas Produk berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pelanggan pada Home Industri Batik Sahara Indah. Koefesien regresi X = 0,354, maka skor variabel Y akan bertambah 1 point dengan asumsi konstanta 44,943. Kata Kunci: Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan
UJI PERBANDINGAN HASIL PRAKTIK KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA PRODI MANAJEMEN DAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PAMULANG Sunanto Sunanto Sunanto
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 2, No 2 (2019): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.263 KB) | DOI: 10.32493/jpkpk.v2i2.2457

Abstract

ABSTRAK Telah dilaksanakan Uji Perbandingan Hasil Praktik Kewirausahaan Mahasiswa Prodi Manajemen dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil praktik kewirausahaan mahasiswa antara prodi Manajemen dan Prodi Akuntansi di Universitas pamulang. Penelitian ini menggunakan desain komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah mahasiswa regular C yang yang tercatat memenuhi syarat (lulus) praktik kewirausahaan pada semester Genap 2017/2018 dengan menggunakan sampel jenuh berjumlah 2227 mahasiswa yang terbagi dalam 66 kelas (48 kelas Manajemen dan 18 kelas Akuntansi). Teknik analisis data dibantu dengan program SPSS dan pengujian hipotesis dengan metode Mann Whitney U test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil praktik kewirausahaan mahasiswa regular C Prodi Manajemen dengan Prodi Akuntansi. Hal ini dibuktikan dengan Uji Mann Whitney dengan nilai Asymp. Sig. (2 tailed) 0,02 <0,05 yang berarti Ho ditolak.
PENGARUH PRODUK, KUALITAS PELAYANAN TERHADAP CITRA PERUSAHAAN YANG BERDAMPAK TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT BANK OCBC NISP, TBK CABANG GREEN GARDEN Mita Sicillia
Jurnal Pemasaran Kompetitif Vol 2, No 2 (2019): Jurnal Pemasaran Kompetitif
Publisher : Universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (335.461 KB) | DOI: 10.32493/jpkpk.v2i2.2462

Abstract

ABSTRAK Setiap perusahaan berusaha mendapatkan pelangggan baru dan mempertahankan pelanggan lama yang telah eksis, keberhasilan perusahaan tersebut tidak lepas dengan adanya kepuasan pelanggan terhadap perusahaan. Adanya kondisi tersebut menuntut agar pihak perusahaan berusaha melakukan pengukuran kepuasan pelanggan dengan cara menganalisa faktor dari dari nilai produk yang dimiliki, kualitas pelayanan yang diberikan kepada pelanggan dan citra perusahaan di mata pelanggan, sehingga sebuah perusahaan dapat menjaga bahkan meningkatkan kepuasan para pelanggannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Produk, Kualitas Pelayanan tehadap Citra Perusahaan serta dampaknya terhadap kepuasan nasabah PT Bank OCBC NISP, Tbk. Cabang Green Garden . Populasi dalam penelitian ini adalah semua nasabah pada PT bank OCBC NISP, Tbk Cabang Green Garden yang berjumlah 100 orang, sehingga penelitian ini meupakan penelitian sensus. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi sederhana, regresi linier berganda. Dari pengujian yang dilakukan terdapat pengaruh nilai produk, kualitas pelayanan dan citra perusahaan secara bersama-sama terhadap kepuasan nasabah secara statistik menunjukkan hasil yang positif dan signifikan. Hal ini ditunjukkan oleh nilai F hitung sebesar 86.251 dengan F tabel adalah 2.699. Besarnya nilai F hitung > F tabel mengindikasikan bahwa pengaruhnya berdampak positif dan signifikan. Dengan demikian telah terbukti bahwa Produk, Kualitas Pelayanan terhadap Citra Perusahaan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Kata Kunci : Produk, Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan dan Kepuasan Nasabah.

Page 1 of 1 | Total Record : 10