cover
Contact Name
Ellysa Nursanti
Contact Email
jtmi@scholar.itn.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jtmi@scholar.itn.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri
ISSN : 24607975     EISSN : 25493426     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri (JTMI), diterbitkan oleh Program Studi Teknik Industri S-2 Pascasarjana Institut Teknologi Nasional Malang, JTMI terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Februari dan Agustus. Redaksi menerima naskah makalah ilmiah yang erat hubunganya dengan bidang keilmuan Teknik dan Manajemen Industri. Ruang Lingkup materi: Ergonomics Quality and Reliability Maintenance and Safety Risk and Decision Making Production System Manufacture Engineering Strategic Management Optimization Model Simulation Operation Management Supply Chain Management Inventory and Warehousing Human Resource Management Marketing Management Green and Lean Industrial System.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 3 No 1: Februari 2017" : 5 Documents clear
Desain Dan Pengembangan Sistem Informasi Administrasi Akademik Dosen (SIAADOS) Dengan Web Dinamis Untuk Peningkatan Karir Dosen Tetap Di Universitas Gajayana Malang Mahendaringratry, Ayudya; Nursanti, Ellysa; Hutabarat, Julianus
Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Vol 3 No 1: Februari 2017
Publisher : Teknik Industri S-2 Pascasarjana Institut Teknologi Nasional Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengelolaan Jabatan Fungsional (JaFung) di Universitas Gajayana (UNIGA) Malang dilakukan dengan manual dimana dokumen pendukung masih disimpan di masing-masing unit kerja dan tidak terarsip dengan benar dan membutuhkan waktu yang lama. Dibutuhkan sebuah sistem yang bisa mengatasi kesulitan penataan aktivitas akademik dosen. Tujuan penelitian ini adalah mendesain dan merancang web dinamis Sistem informasi Administrasi Akademik Dosen (SIAADOS) yang dapat meningkatkan karir dosen di Universitas Gajayana Malang. Dengan SIAADOS maka data akan terintegrasi antar entitas serta adanya transparansi data yang terkontrol. Penelitian ini menggunakan web dinamis dengan merancang Data Flow Diagram (DFD), juga menggunakan tahapan metode Quality Function Deployment (QFD) untuk menetapkan kebutuhan dosen terhadap JaFung menjadi atribut produk jasa, dengan mengumpulkan Voice of Customer (VoC) tahap 1 untuk mencari requirements calon user dan Tahap 2 untuk mencari tingkat kepuasan user setelah menggunakan SIAADOS. Berdasarkan analisis data tingkat kepuasan user tentang SIAADOS maka disimpulkan bahwa SIAADOS handal dalam memproses pengajuan JaFung dosen di lingkungan UNIGA Malang sehingga akan berdampak pada peningkatan karir dosen yang bersangkutan. Melalui SIAADOS, diperkirakan pengajuan JaFung akan naik sebesar 10% per tahun.
Analisis Kualitas Pelayanan di Puskesmas X Menggunakan Metode Servqual dan Saran Perbaikannya Wido Herawan, I Gede Asta; Hutabarat, Julianus; Gustopo, Dayal
Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Vol 3 No 1: Februari 2017
Publisher : Teknik Industri S-2 Pascasarjana Institut Teknologi Nasional Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Puskesmas X merupakan puskesmas yang cukup mudah untuk dijangkau masyarakat. Pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh Puskesmas X kepada pasien belum maksimal karena masih banyak dijumpai kelemahan sehingga belum memenuhi kualitas sesuai yang diharapkan oleh masyarakat. Hal ini mengakibatkan terjadi kesenjangan antara persepsi dan ekspetasi pasien terhadap pelayanan Puskesmas X. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui persepsi dan ekspetasi pasien terhadap kualitas pelayanan dan mengetahui dimensi Servqual yang paling berpengaruh terhadap kualitas pelayanan Puskesmas X. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan analisis mean gap untuk mengetahui kualitas pelayanan dan analisis regresi untuk mencari dimensi Servqual yang paling berpengaruh terhadap kualitas pelayanan Puskesmas X. Hasil perhitungan mean gap didapatkan seluruh nilainya negatif, hal ini menunjukkan adanya kesenjangan pada seluruh dimensi Servqual yang digunakan. Hasil regresi menunjukkan dimensi yang paling berpengaruh terhadap kualitas pelayanan Puskesmas X adalah assurance (p = 0,000), kemudian responsiveness (p = 0,000), tangible (p = 0,001), empathy (p = 0,002) dan reliability (p = 0,014). Maka dapat disimpulkan terjadi kesenjangan antara persepsi dan ekspetasi pasien terhadap kualitas pelayanan Puskesmas X. Sedangkan dimensi yang paling berpengaruh terhadap kualitas pelayanan adalah assurance.
Meningkatkan Mutu Kain Tenun Ikat Tradisional Di Desa/Kelurahan Roworena Secara Berkesinambungan Di Kabupaten Ende Dengan Pendekatan Metode TQM M, Firmansyah; Lomi, Abraham; Gustopo, Dayal
Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Vol 3 No 1: Februari 2017
Publisher : Teknik Industri S-2 Pascasarjana Institut Teknologi Nasional Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tenun ikat khas Ende adalah salah satu dari sekian banyak produk budaya tradisional khas Indonesia yang dibuat secara tradisional dan bernilai seni tinggi dan indah. Di kabupaten Ende terdapat salah satu desa / kelurahan, yaitu Desa Roworena, desa yang sebagian masyarakatnya menggantungkan penghasilan hidup mereka dengan menenun. Adanya Permasalahan yang terjadi pada industri kelompok tenun ikat adalah adanya penurunan mutu atau kecacatan pada kain tenun ikat yang disebabkan oleh berbagai faktor yang menyebabkan menurunnya keuntungan produk kain tenun ikat yang didapatkan pada kelompok industri kain tenun ikat itu sendiri. Dengan teori  pendukung  dalam  penelitian  ini  adalah  teori  tentang  kualitas,  pengendalian  kualitas, metode Fishbone (Tulang Ikan) dan Quality Control Circle (QCC) atau Gugus Kendali Mutu (GKM). Dari hasil penelitian di dapatkan 11 proses pembuatan kain tenun ikat yang belum berjalan dengan baik. Upaya peningkatan mutu kain tenun ikat dilakukan melalui perbaikan 11 tahapan proses pembuatan kain tenun ikat, di mana Dilakukan pengendalian kualitas berupa pengawasan pada setiap proses penenunan kain tenun ikat agar mendapatkan kualitas produk kain tenun ikat yang berkualitas.  Selanjutnya dapat disimpulkan, Kelompok penenun kain tenun ikat melakukan pengendalian kualitas terhadap semua hal yang berkaitan dengan proses produksi. dari bahan baku yang digunakan dari proses bahan baku disiapkan seperti kapas, dan bahan pewarna sampai dengan proses penjahitan / penyatuan kain tenun ikat. Dari semua proses pembuatan kain tenun ikat itu perlu di kontrol dan dilakukan perbaikan secara terus menerus apabila terdapat kecacatan produk
Penerapan Manajemen Berbasis Database Dengan MS Access Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Pada Usaha Mikro Nursanti, Ellysa; Handoko, Fourry; Vitasari, Prima
Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Vol 3 No 1: Februari 2017
Publisher : Teknik Industri S-2 Pascasarjana Institut Teknologi Nasional Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Manajemen tata kelola pada unit usaha mikro, UMKM, seringkali menjadi hambatan bagi unit usaha tersebut untuk bertahan, bahkan mampu berkembang maju. Umumnya industri kreatif rumah tangga ini memiliki kemampuan tata kelola manajerial yang kurang memadai. Hal ini juga terlihat pada UMKM Bhakti Collection yang bergerak di bidang produksi kerudung border dan sulam tangan. Usaha ini memiliki banyak permintaan dan penjualan, tersebar di kota-kota besar Indonesia, namun ternyata manajemen tata kelolanya masih dilakukan dengan pencatatan manual, sehingga sering terjadi kehilangan barang dan sulit melakukan pelacakan pengontrolan. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini membantu UMKM dalam memperbaiki manajemen pengelolaan produk dan transaksinya dengan pendekatan manajemen berbasis database menggunakan aplikasi MS Access. Perekaman database dilakukan dengan mengelompokkan jenis bahan, model, motif, aplikasi, pekerja, waktu produksi, juga dengan menambahkan informasi harga, lokasi penyimpanan, jumlah stok, rekaman transaksi dan identitas pembeli/pemesan. Kegiatan ini memberikan banyak kontribusi langsung terhadap UMKM. Manajemen inventori baik bahan baku, penunjang, maupun produk jadi dapat dikelola dengan baik. Transaksi pemjualan dan pemesanan produk terekam dengan baik. Katalog produk juga semakin mudah di monitor dan di update. Perbaikan manajemen tata kelola usaha ini membawa dampak signifikan positif terhadap UMKM, sehingga diharapkan UMKM dapat meningkatkan keunggulan bersaingnya di masa mendatang.
Analisis Pengaruh Citra dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Serta Implikasinya Pada Komunikasi Pemasaran di Rumah Bersalin Fatimah Kota Bandung Mohammad Nugraha, Nugi; Anwar, Asep; Priadana, M. Sidik; Firdaus, Oktri Mohammad
Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Vol 3 No 1: Februari 2017
Publisher : Teknik Industri S-2 Pascasarjana Institut Teknologi Nasional Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan di latar belakangi bahwa komunikasi pemasaran di Rumah Bersalin Fatimah Kota Bandung belum optimal. Belum optimalnya komunikasi pemasaran di Rumah Bersalin Fatimah Kota Bandung tersebut, diduga karena kepuasan pasien yang masih rendah, dan rendahnya kepuasan pasien diduga disebabkan oleh Citra dan Kualitas Layanan yang masih rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dan analisis kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Analisa Data dengan teknik analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra berada pada kategori cukup baik, kualitas layanan berada pada kategori cukup baik, kepuasan pasien berada pada kategori cukup baik, dan komunikasi pemasaran berada pada kategori cukup baik. Pengaruh secara simultan citra, kualitas layanan terhadap kepuasan pasien Rumah Bersalin Fatimah Kota Bandung, adalah sebesar  59,9 sisanya sebesar  40,1 % ditentukan oleh variabel lain. Pengaruh kepuasan pasien terhadap komunikasi pemasaran di Rumah Bersalin Fatimah Kota Bandung adalah sebesar  71,2 % dan sisanya sebesar  28,8 % ditentukan oleh variabel lain.

Page 1 of 1 | Total Record : 5