cover
Contact Name
Amiruddin Akbar Fisu
Contact Email
penateknik.unanda@gmail.com
Phone
+6285299044928
Journal Mail Official
penateknik.unanda@gmail.com
Editorial Address
Engineering Faculty, Universitas Andi Djemma, Jl. Tandipau No. 5 Palopo
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Pena Teknik : Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Teknik
ISSN : 25028952     EISSN : 26232197     DOI : -
The editorial team will only accept a manuscript that meets the specified formatting requirements. Journal Pena Teknik has an area of expertise consisting of Civil Engineering Information System, Computer and Network Engineering Architecture & Urban-Regional Planning Mechanical & Electrical Engineering Transportation Engineering Geological & Mining Engineering Ocean & Naval Engineering
Articles 5 Documents
Search results for , issue "VOLUME 4 NOMOR 2 SEPTEMBER 2019" : 5 Documents clear
Analisis Kinerja Operasional Angkutan Umum Kota Pare-Pare Abdul Kadir Salim; Asma Massara; Zaifuddin Zaifuddin; Muhammad Arzal; Achmad Jumadi
PENA TEKNIK: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik VOLUME 4 NOMOR 2 SEPTEMBER 2019
Publisher : Faculty of Engineering, Andi Djemma University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51557/pt_jiit.v4i2.592

Abstract

Transportasi tidak dapat dipisahkan dari kehidupan umat manusia selama hal itu dibutuhkan dalam pendistribusian bahan, pergerakan aktifitas manusia maupun barang sebagai komponen mikro suatu perekonomian. Angkutan merupakan elemen penting dalam perekonomian karena berkaitan dengan distribusi barang, jasa, dan tenaga kerja, serta merupakan inti dari pergerakan ekonomi di kota, berbagai bentuk moda angkutan umum dengan karakteristik dan tingkat pelayanan yang diberikan mewarnai perkembangan sistem angkutan umum kota. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja operasional angkutan umum  saat melayani para penumpangnya dengan pelayanan standar yang telah ditentukan. Dalam survei ini, diharapkan dapat bermanfaat bagi Pemerintah khususnya yang mengelola angkutan umum kota Pare-Pare,. Ketersediaan jumlah armada trayek Lakessi - Lumpue lebih besar dari kebutuhan pergerakan penumpang, yang dapat ditunjukkan dari waktu antara (headway) dan lama perjalanan (waktu sirkulasi), untuk Trayek Lakessi-Lumpue ini adalah sebesar 20,45 menit, lama perjalanan dari Lakessi menuju Lumpue dan kembali ke Lakessi memerlukan waktu 108,30 menit atau 1:48 jam. Jadi Standar Kinerja Operasional Angkutan Umum kota Pare – Pare dapat dikatakan bahwa Angkutan Umum tersebut masih memenuhi standar.Transportation can’t be separated from human life as long as it is needed in the distribution of materials, movement of human activities and goods as micro components of an economy. Transportation is an important element in the economy because it relates to the distribution of goods, services, and labor, and is the core of the economic movements in the city, various forms of public transport mode with the characteristics and level of service Given the development of the city's public transport system. This research aims to analyse the operational performance of public transport when serving its passengers with predefined service standards. In this survey,it is expected to benefit the Government, especially those who manage the public transportation of Pare-Pare city. The availability of a fleet of Lakessi-Lumpue routes is greater than the need for passenger movements, which can be demonstrated from the headway and length of travel (circulation time), for the Lakessi-Lumpue route is 20.45 minutes long, The journey from Lakessi to Lumpue and back to Lakessi takes 108.30 minutes or 1:48 hours. So, the public transport operational Performance standard of Pare-Pare can be said that the public transport still meets the standards.
Studi Perbandingan Kuat Tarik Tidak Langsung terhadap Campuran Aspal Beton dengan menggunakan Limbah Marmer dan Abu Sekam Padi sebagai Filler Siti Fauziah Badaron; Alimin Gecong; Muhammad Kasim Anies; Wahyuni Meydinia Achmad; Eka Putri Setiani
PENA TEKNIK: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik VOLUME 4 NOMOR 2 SEPTEMBER 2019
Publisher : Faculty of Engineering, Andi Djemma University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51557/pt_jiit.v4i2.593

Abstract

Lapisan perkerasan jalan mengalami dua pembebanan yaitu beban tekan dan beban tarik. Pada kondisi dilapangan beban tarik lebih sering menyebabkan retak, diawali dengan adanya retakawal (crackinitation) pada bagian bawah lapisan perkerasan yang kemudian akan menjalar kepermukaan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasinya yaitu dengan menambahkan bahan alternative yang dapat menunjang kekuatan perkerasan. Beberapa bahan tambah yang dapat digunakan yaitu limbah marmer dan abu sekam padi sebagai bahan pengisi (filler). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadaraspal optimum untuk pencampuran limah marmer dan abu sekam padi sebagai filler serta untuk mengetahui pengaruh limbah marmer dana buse kampa di pada campuran terhadap kuat tarik tidak langsung. Pengujian awal dengan alat Marshall Test untuk mendapatkan kadar aspal optimum (KAO). Pengujian selanjutnya dengan menggunakan alat Indirect Tensile Strenght. KAO yang digunakan yaitu 5,95% dan kadar filler yaitu 0,0%, 0,5%, 1,0%, 1,5%, dan 2,0%. Dari hasil pengujian kuat tarik tidak langsung, campuran dengan menggunakan filler limbah marmer mampu menahan beban sebesar 11969,37 KPa. Sedangkan campuran yang menggunakan abu sekam padi mampu menahan beban sebesar 11294,47 KPa. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa campuran dengan menggunakan filler abu marmer lebih kuat menahan beban dibandingkan abu sekam padi.  The pavement layer passes two loads: the compressive load and the tensile load. On surface conditions, itis discover ed by retrie ving the crack in itation at the bottom fthe layer which will then radiate to the surface. One of eff or that can be done to over come this is to add alternative material stoin crease the strength of it. Some of the ingredients added can beused are marble waste and rice husk ashas filler. This study aim stode termine the optimal asphalt content formixing marble andri cehuskash waste asa filler and also to know the marble and gray waste on in direct tensil emixture. Initial test with Marshall Test tool to obtain optimum bitumen content (KAO). Then exttestis by using the Indirect Tensile Strenght tool. KAO is 5.95% and filler content is 0.0%, 0.5%, 1.0%, 1.5%, and 2.0%. In directtax collection, using afiller of marble wast ecapable of with standing loads of 11969.37 KPa.While the mixture using rice huskas hable to with stand the load of 11294.47 KPa. Base on the results it can be concluded that the mixtureusing as hmarble filler is stronger to with stand the load than using rice husk ash.
Strategi Optimalisasi Program Mobile Pusat Layanan Internet Kecamatan (M-Plik) Di Kota Palopo Ahmad Ali Hakam Dani; Rinto Suppa
PENA TEKNIK: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik VOLUME 4 NOMOR 2 SEPTEMBER 2019
Publisher : Faculty of Engineering, Andi Djemma University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51557/pt_jiit.v4i2.589

Abstract

Pada Tahun 2010, Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika meluncurkan Program Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK) dan Program Mobile Pusat Layanan Internet Kecamatan (M-PLIK). Program ini merupakan bagian dari Program Layanan Universal Service Obligation (USO) dengan layanan dasar (voice) hingga layanan data (internet). Namun setelah di evaluasi, ditemukan bahwa program ini menimbulkan persolan dimana-mana, mulai dari penyebaran program ini yang tidak merata, masalah utang piutang dengan pihak yang terlibat, terbengkalainya puluhan armada M- PLIK di beberapa daerah, sampai kepada terendusnya tindak korupsi yang dilakukan pejabat Kemkominfo. Berdasarkan hasil pengamatan tentang kondisi Program M-PLIK di Kota Palopo, informasi bahwa M-PLIK masih beroperasi di Kota Palopo, namun sejak Tahun 2015 tidak lagi digunakan sebagai fungsi utamanya, tetapi hanya digunakan sebagai mobil operasional Kemkominfo di Kota Palopo sehingga program ini tidak lagi berjalan dengan optimal. Melalui penelitian ini, dirumuskan strategi-strategi yang digunakan untuk mengoptimalkan kembali Program M-PLIK ini. Hasil penelitian ini berupa formulasi strategi optimalisasi. Hasil strategi-strategi optimalisasi dipetakan ke dalam tiga kategori yaitu strategi optimalisasi berdasarkan pencapaian kinerja maksimal, strategi optimalisasi berdasarkan penggunaan biaya minimal, dan kombinasi terbaik dari kinerja maksimal dan biaya minimal.  In 2010, the Government through the Ministry of Communication and Informatics launched the District Internet Service Center Program (PLIK) and the District Internet Service Center Mobile Program (M-PLIK). This program is part of the Universal Service Obligation (USO) with basic services (voice) to data services (internet). However, after being evaluated, it was found that this program caused problems everywhere, starting from the uneven distribution of this program, debt problems with the parties involved, the neglect of dozens of M-PLIK fleets in several areas, to the detection of corruption by the Ministry of Communication and Information officials. Based on observations about the conditions of the M-PLIK Program in Palopo City, information was obtained that the M-PLIK fleet is still operating in Palopo City. However, since 2015 it has no longer been used as its main function but is only used as an operational car for the Ministry of Communication and Information official in Palopo City so that this program is not running optimally. Through this research, strategies are formulated to optimize the M-PLIK Program. The results of this study are in the form of an optimization strategy formulation. The results of the optimization strategies are mapped into three categories, namely optimization strategies based on achieving maximum performance, optimization strategies based on the use of minimal costs, and the best combination of maximum performance and minimum costs.
Analisis Kinerja Angkutan Umum BMA (Studi Kasus Rute Pinrang – Makassar PP) St. Maryam Hafran; Mukhtar Thahir Syarkawi; Ilham Syafei; Ibnu Munsyir; Samsu Saleh
PENA TEKNIK: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik VOLUME 4 NOMOR 2 SEPTEMBER 2019
Publisher : Faculty of Engineering, Andi Djemma University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51557/pt_jiit.v4i2.590

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pengguna angkutan umum BMA Trans dan menganalisa kinerja angkutan umum BMA Trans rute pinrang-makassar PP. Penentuan ukuran sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rumus Slovin.Setelah diuraikan validitas dan reliabitilas dari variabel pengukur dari masing-masing variabel laten, selanjutnya dijabarkan model structural dan model pengukuran. Olehnya itu berdasarkan uraian dan penjelasan kriteria model maka dapat dibentuk model, analisis model pengukuran dan model struktural. Hasil ini memberikan penjelasan bahwa kinerja pengguna angkutan terhadap kinerja angkutan BMA rute Pinrang-Makassar PP, memberikan kesimpulan bahwa faktor keandalan, keamanan dan ketepatan waktu menjadi ukuran untuk menggunakan atau menilai jasa angkutan BMA rute Pinrang-Makassar PP. Hasil survey kemudian diolah dengan menggunakan SEM pada Software SmartPLS 2.0 dan data yang diolah berupa keandalan, kenyamanan, keamanan, kemurahan dan ketepatan waktu, sehingga didapatkan secara komulatif kinerja angkutan umum khususnya BMA Trans. Untuk tingkat kenyamanan angkutan umum BMA tergolong sedang dengan nilai 23,25%. Kemudian tingkat Kemurahan angkutan umum ini tergolong sangat tinggi dengan nilai 89,87%.This study aims to determine the characteristics of BMA Trans public transport users and analyze the performance of BMA Trans public transport pinrang-Makassar PP routes. The determination of sample size in this study was carried out using the Slovin formula. After describing the validity and reliability of the measuring variables of each latent variable, the structural models and measurement models are then described. Therefore, based on the description and explanation of the model criteria, a model can be formed, analysis of measurement models and structural models. This result provides an explanation that the performance of transport users on the performance of BMA transport in the Pinrang-Makassar PP route gives a conclusion to use or assess BMA transportation services on the Pinrang-Makassar PP route. The survey results are then processed using SEM on SmartPLS 2.0 Software and the data processed is in the form of reliability, comfort, safety, generosity and timeliness, so that the cumulative performance of public transport is obtained, especially Trans BMA. For the comfort level of public transport BMA is classified as moderate with a value of 23.25%. Then the level of merit of public transport is classified as very high with a value of 89.87%.
Studi Awal Pemanfaatan Kanal Jongaya dan Panampu Sebagai Transportasi Air di Kota Makassar Amiruddin Akbar Fisu; Ahmad Dahlan; Slamet Trisutomo
PENA TEKNIK: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik VOLUME 4 NOMOR 2 SEPTEMBER 2019
Publisher : Faculty of Engineering, Andi Djemma University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51557/pt_jiit.v4i2.591

Abstract

Perkembangan jumlah kendaraan yang pesat di kota Makassar tidak diimbangi oleh pembangunan infrastruktur perkotaan khususnya pada sektor transportasi sehingga menimbulkan kemacetan, oleh karena itu dibutuhkan langkah-langkah strategis untuk menyelesaikan permasalahan tersebut salah satunya dengan mengembangkan transportasi alternatif dengan melihat potensi yang ada. Kota Makassar memiliki kanal Jongaya dan Panampu yang letaknya berada ditengah kota, membelah kota Makassar dari utara hingga selatan dan berfungsi sebagai drainase perkotaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap potensi dan masalah pada kanal jongaya dan panampu dalam perspektif pemanfaatannya sebagai transportasi air perkotaan, dan juga melihat hubungannya dengan moda transportasi lainnya dengan menentukan titik perhentian atau halte pada jalur kanal. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis kelayakan pelayaran kanal, analisis SWOT untuk kondisi lingkungan kanal, dan analisis penentuan lokasi halte. Dari hasil analisis tersebut dihasilkan beberapa kesimpulan yang akan menjadi rekomendasi atau arahan yang harus dilakukan sebelum melakukan kegiatan perencanaan transportasi pada kanal jongaya dan panampu Kota Makassar.  The rapid growth in the number of vehicles in the city of Makassar is not matched by the development of urban infrastructure especially in the transport sector, causing traffic jam. Therefore, it takes strategic steps to resolve these problems, one of them by developing alternative transportation by seeing the potential that exists. Makassar has Jongaya and Panampu canal that is located in the center of the city, divides the city from north to south and serves as urban drainage. This study aims to uncover the potential and problems of the Panampu and Jongaya canal in perspective of it’s utilization as urban water transport, and also to see the relationship with the other transport modes by defining stop spots on the canal path.  The analysis used in this research are, feasibility analysis of the canal for shipping, SWOT analysis for the environmental contition of the canal, and siting analysis for stops location. From this analysis, produced some conclusions that will become a recommendation or a referral that must be followed prior to the transportation planning activities in Panampu and Jongaya canal in Makassar.

Page 1 of 1 | Total Record : 5