cover
Contact Name
Titing Kartika
Contact Email
nengtiting_kartika@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalstiepar@yahoo.com
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Tourism Scientific Journal
ISSN : 24776912     EISSN : 25411519     DOI : -
Diterbitkan oleh Sekolah TInggi Ilmu Ekonomi Pariwisata (STIEPAR) YAPARI-AKTRIPA BANDUNG dan Asosiai Pendidikan Pariwisata Seluruh Indonesia (APPSI). Terbit dua kali pada bulan Juni dan Desember, dengan nomor ISSN: 2477-6912. Redaksi mengundang para pakar, akademisi dan prakrisi serta seulurh pihak untuk menulis karya ilmiah secara kreatif dan inovatif meliputi tema: Kepariwisataan; Manajemen Pariwisata; Ekonomi dan Masyarakat Berbasis Ekonomi.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 4, No 2 (2019): Vol 4, No 2" : 5 Documents clear
STRATEGI PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA TAMAN BURU GUNUNG MASIGIT KAREUMBI (TBMK) Syamsiah, Nurul; Satriadi, Yudi; Kartini, Adiarti Budi
Tourism Scientific Journal Vol 4, No 2 (2019): Vol 4, No 2
Publisher : STIEPAR YAPARI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.549 KB) | DOI: 10.32659/tsj.v4i2.58

Abstract

Kawasan Masigit Kareumbi atau yang lebih dikenal dengan nama Taman Buru Gunung Masigit-Kareumbi (TBMK) saat ini sedang ditata kembali untuk dijadikan kawasan wisata unggulan khususnya kawasan ekowisata. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun rencana strategi pengembangan kawasan Gunung Masigit Kareumbi sebagai kawasan ekowisata. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif melalui kriteria validitas data. Data dikumpulkan dengan cara melakukan observasi, wawancara dan Fokus Grup Diskusi dengan pemangku kepentingan TBKM, sedangkan rencana strategis pengembangan kawasan Gunung Masigit Kareumbi sebagai kawasan ekowisata disusun dengan menggunakan metode análisis SWOT. Berdasarkan penelitian ini, disimpulkan bahwa TBMK memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi kawasan ekowisata, dan berdasarkan analisa SWOT strategi pengembangan yang harus dilakukan adalah mengembangkan kegiatan ekowisata yang unik, yang pemasarannya dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dan melakukan peningkatan fasilitas, infra stuktur di lokasi wisata serta meningkatan profesionalisme pengelolaan kawasan wisata TMBK.Kata Kunci : Rencana Strategis, Gunung Masigit Keumbi, Ekowisata.
ANALISIS PROSES E-BISNIS PERUSAHAAN PERJALANAN WISATA DI KOTA BANDUNG Noor, Any; Suryana, Marceilla; Amalia, Sholihati; Putera, Irgi Buana
Tourism Scientific Journal Vol 4, No 2 (2019): Vol 4, No 2
Publisher : STIEPAR YAPARI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (21.481 KB) | DOI: 10.32659/tsj.v4i2.55

Abstract

Perkembangan teknologi informasi sangat pesat melanda berbagai bidang bisnis, termasuk perjalanan wisata. Jumlah perusahaan perjalanan wisata skala kecil dan menengah yang banyak beroperasi di Indonesia menghadapi tantangan dengan munculnya online travel agent (OTA), untuk itulah perubahan sistem bisnis harus dilakukan untuk bertahan dalam perubahan bisnis yang cepat kedalam operasional bisnis secara elektronik (e-bisnis). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa proses e-bisnis di perusahaan perjalanan wisata skala kecil dan menengah di kota Bandung. Analisa proses e-bisnis dilakukan pada kesiapan teknologi, kesiapan organisasi dan lingkungan luar perusahaan. Teknik penelitian kualitatif dilakukan untuk mendapatkan data secara akurat. Analisis konten dilakukan pada data hasil wawancara dengan para manajer di perusahaan perjalanan wisata. Responden pada penelitian ini adalah 5 perusahaan perjalanan wisata skala kecil dan menengah di kota Bandung (Bimex Tour, Binar Tour, TraveLab Polban, Segara Tour dan Ranata Tour). Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh perusahaan perjalanan wisata di kota Bandung sudah menjalankan bisnis secara elektronik. Perusahaan sudah siap dengan fasilitas dan SDM mengoperasikan teknologi yang digunakan perusahaan. Kesiapan organisasi sudah baik dengan komitmen menyediakan fasilitas dan dukungan dana yang diperlukan untuk menjalankan proses e-bisnis. Sementara pengaruh lingkungan luar perusahaan menjadi pendorong perusahaan melakukan inovasi dalam memasarkan produk perusahaan. dengan memanfaatkan aplikasi yang tersedia secara bebas. Dapat disimpulkan bahwa perusahaan perjalanan wisata skala kecil dan menengah sudah menjalankan bisnis secara elektronik dan mampu bertahan dalam lingkungan teknologi yang cepat berkembang. Penelitian lanjutan perlu dilakukan untuk mendapatkan proses e-bisnis yang utuh pada sisi proses bisnis elektronik dengan penyedia jasa (e-supply chain), mengelola hubungan secara elektronik dengan konsumen (E-CRM). Keywords: E-bisnis, kesiapan teknologi, kesiapan organisasi, pengaruh lingkungan luar, perusahaan perjalanan wisata
PENGEMBANGAN KULINER PEMPEK SEBAGAI DAYA TARIK WISATA GASTRONOMI DI PALEMBANG SUMATERA SELATAN Kartika, Titing; Harahap, Zulkifli
Tourism Scientific Journal Vol 4, No 2 (2019): Vol 4, No 2
Publisher : STIEPAR YAPARI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2884.501 KB) | DOI: 10.32659/tsj.v4i2.60

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengembangan kuliner sebagai wisata gastronomi. kuliner di beberapa tempat di Indonesia telah menjadi salah satu daya tarik wisata. Begitu juga di Palembang, Ibu Kota Sumatera Selatan memiliki potensi kuliner yang dapat dikembangkan, salah satunya adalah Pempek. Pempek selain sudah menjadi ciri khas kuliner Palembang, juga memiliki nilai budaya, sejarah dan edukasi bagi masyarakat Palembang. Bumbu dan cara memasak yang disampaikan secara turun temurun menjadi keunikan tersendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sementara teknik pengolahan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kuliner Pempek tak hanya menjadi potensi wisata kuliner namun dapat dikembangkan lebih lanjut menjadi wisata gastronomi. Melalui pengembangan wisata gastronomi, pengenalan Pempek tak hanya sekedar bagian yang dicicipi oleh wisatawan namun pengenalan lebih jauh mengenai Pempek dapat dilakukan secara integrasi yang melibatkan masyarakat sehingga akan memberikan nilai ekonomi, kolektif, kesehatan dan budaya.Kata Kunci: Pempek, Wisata Gastronomi, Palembang.
ANALISIS PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN METODE BALANCE SCORECARD ASTON BRAGA HOTEL & RESIDENCE BANDUNG Ardiansyah, Imam
Tourism Scientific Journal Vol 4, No 2 (2019): Vol 4, No 2
Publisher : STIEPAR YAPARI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.27 KB) | DOI: 10.32659/tsj.v4i2.56

Abstract

Penelitian dilakukan di Aston Braga Hotel & Residence Bandung dengan menggunakan data tahun 2013 - 2015 untuk menganalisis perspektif keuangan, sedangkan untuk perspektif lainnya menggunakan data perusahaan dan untuk mendukung penelitian ini, peneliti menyebarkan kuisioner kepada konsumen dan karyawan. Populasinya adalah seluruh pelanggan dan karyawan Aston Braga Hotel & Residence Bandung sampel yang diambil masing-masing adalah 100 responden untuk pelanggan dan 98 responden untuk karyawan. Kuesioner digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen dan karyawan. Hasil kuisioner tersebut juga telah diuji validitas dan reliabilitasnya.. Kesimpulan dari penelitian ini adalah untuk perspektif keuangan 2,66, perspektif pelanggan 2,2, perspektif proses bisnis internal 3 dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran 3. Dari hasil total tersebut dibagi dengan 4 sesuai dengan jumlah perspektif dalam Balance Scorecard maka hasil yang didapat adalah 2.71 kinerja perusahaan dengan menggunakan metode Balance Scorecard di Aston Braga Hotel & Residence Bandung dikategorikan baik pada rentang nilai 2.3334 hingga 3.Kata kunci : Pengukuran Kinerja, Kinerja Perusahaan, Balance Scorecard
PENGARUH KONTEN FOOD BLOGGER DALAM PEMILIHAN KULINER SEHAT (STUDI KASUS: FOOD BLOGGER “ANAKJAJAN”) Kusumaningrum, Dewi Ayu; Wachyuni, Suci Sandi; Nathania, Stephanie
Tourism Scientific Journal Vol 4, No 2 (2019): Vol 4, No 2
Publisher : STIEPAR YAPARI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (21.481 KB) | DOI: 10.32659/tsj.v4i2.57

Abstract

Perilaku konsumen berubah seiring perkembangan teknologi khususnya teknologi internet yang menjadi keunggulan promosi atau pemasaran produk dengan menggunakan teknologi internet yang dapat disebut dengan inbound marketing. Salah satu contoh inbound marketing yaitu yang dilakukan Food Blogger yang terkenal yaitu ANAKJAJAN. Konten food blogger menjadi informasi produk yang akan disampaikan ke pengguna sosial media atau sebutan dalam instagram yaitu follower yang membaca. Sehingga mempengaruhi perilaku mereka, dalam hal ini merubah perilaku makan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan instrument penelitian kuesioner. Waktu penelitian bulan Mei-Juli 2018 yang dilakukan di Jakarta. Populasi yang akan diambil didalam penelitian ini adalah Followers Food Blogger ANAKJAJANsekitar kurang lebih 300.000 orang di media sosial Instagram. Penelitian ini meneliti variabel terikat yaitu pemilihan kuliner sehat (Y), sedangkan variable bebas konten food blogger (X). Pernyataan dalam kuisioner diukur menggunakan Skala Likert dan analisis dengan Program SPSS for Windows. Hasil analisis data didapatkan terdapat korelasi erat antara variabel Food blogger terhadap pemilihan kuliner makanan sehat konsumen sebesar 0,486. Hasil signifikansi pada uji T kurang dari 0,05 (0,002 dan 0,000 < 0,05) maka Ho ditolak. Artinya Konten Food blogger berpengaruh terhadap pemilihan kuliner makanan sehat Persentase pengaruh variabel Food blogger terhadap pemilihan kuliner makanan sehat sebesar 23,6%. Kata Kunci : pemilihan kuliner sehat, konten, food blogger, instagram

Page 1 of 1 | Total Record : 5