cover
Contact Name
Titing Kartika
Contact Email
nengtiting_kartika@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalstiepar@yahoo.com
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Tourism Scientific Journal
ISSN : 24776912     EISSN : 25411519     DOI : -
Diterbitkan oleh Sekolah TInggi Ilmu Ekonomi Pariwisata (STIEPAR) YAPARI-AKTRIPA BANDUNG dan Asosiai Pendidikan Pariwisata Seluruh Indonesia (APPSI). Terbit dua kali pada bulan Juni dan Desember, dengan nomor ISSN: 2477-6912. Redaksi mengundang para pakar, akademisi dan prakrisi serta seulurh pihak untuk menulis karya ilmiah secara kreatif dan inovatif meliputi tema: Kepariwisataan; Manajemen Pariwisata; Ekonomi dan Masyarakat Berbasis Ekonomi.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2015): Vol. 1 No.1" : 5 Documents clear
DAMPAK KEBERADAAN DUSUN BAMBU TERHADAP KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DI DESA KERTAWANGI KECAMATAN CISARUA Hasny Sutiarani; Fitri Rahmafitria
Tourism Scientific Journal Vol. 1 No. 1 (2015): Vol. 1 No.1
Publisher : STIEPAR YAPARI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32659/tsj.v1i1.1

Abstract

Desa Kertawangi merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat Jawa Barat. Memiliki jumlah populasi sebanyak 11.394. Pada Januari 2014 telah dibuka kawasan wisata Dusun Bambu yang berada di lingkungan masyarakat Desa Kertawangi. Sebagian masyarakat merasa terbatas dalam menjalankan aktivitasnya. Namun di sisi lain keberadaan Dusun Bambu membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Hal inilah yang membuat penulis ingin mengetahui dampak keberadaan Dusun Bambu terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat di Desa Kertawangi Kecamatan Cisarua. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif serta menggunakan kuisioner sebagai teknik pengumpulan data di lapangan dengan hasil penelitian. Data yang terkumpul diolah menggunakan teknik analisis paired sample t test dibantu menggunakan software SPSS 22. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat perbedaan jumlah kondisi sosial ekonomi sebelum dan sesudah kebaradaan Dusun Bambu. Kondisi ekonomi mengalami peningkatan setelah keberadaan Dusun Bambu. Sementara kualitas social masyarakat mengalami penurunan. Uji t-test juga menunjukkan nilai beda yang signifikan yang menunjukan bahwa masyarakat Desa Kertawangi merasakan dampak positif dan negatif dengan adanya kawasan wisata Dusun Bambu. Pihak pengelola dan masyarakat harus bekerja sama dalam meminimalisir pengendalian dampak, seperti membuat aktivitas wisata yang dapat melibatkan masyarakat dan membuat program wisata untuk pelestarian lingkungan sekitar.Kata Kunci: Perkembangan Pariwisata, Dampak, Masyarakat, Sosial, Ekonomi.
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGINAP (Survey Pada Garden Permata Hotel Bandung) Rieke Sri Rizki Asti Karini
Tourism Scientific Journal Vol. 1 No. 1 (2015): Vol. 1 No.1
Publisher : STIEPAR YAPARI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32659/tsj.v1i1.2

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk menunjukkan pengaruh tentang bauran pemasaran (yang dilakukan oleh bagian penjualan dan pemasaran Garden Permata Hotel Bandung secara bersama-sama dan individual terhadap keputusan konsumen menginap.Penelitian dilakukan di Garden Permata Hotel Bandung Jawa Barat. Desain penelitian adalah metode survai dengan jenis explanatory survey. Populasi penelitian adalah konsumen yang menginap di Garden Permata Hotel Bandung Jawa Barat yang sekaligus berfungsi sebagai sampel dengan metode penarikan sampling purposive sampling. Jenis Jenis data yang digunakan dalam penelitian adalah cross-section dengan prosedur pengumpulan data melalui penyampaian kuesioner kepada konsumen yang terpilih sebagai sampel.  Metode yang digunakan untuk analisis data dan pengujian hipotesis dalam penelitian adalah path analysis.Hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan bukti fisik yang dilakukan oleh bagian penjualan dan pemasaran Garden Permata Hotel Bandung memiliki hubungan positif dengan keputusan konsumen menginap di Garden Permata Hotel Bandung.Kata kunci: Bauran Pemasaran, Konsumen, Keputusan Menginap Konsumen.
PENGARUH KUALITAS ATRIBUT PRODUK PARIWISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN KE KABUPATEN SUMEDANG Taufik Abdullah; Taufansyah Firdaus
Tourism Scientific Journal Vol. 1 No. 1 (2015): Vol. 1 No.1
Publisher : STIEPAR YAPARI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32659/tsj.v1i1.4

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor penggerak perekonomian suatu daerah. Semenjak adanya peraturan tentang otonomi daerah, setiap kabupaten dan kota berusaha untuk meningkatkan perekonomiannya dengan mengandalkan kegiatan pariwisata. Kabupaten Sumedang juga termasuk daerah yang turut serta mengembangkan pariwisatanya, hanya saja kondisi yang terjadi adalah kepariwisataan di Kabupaten Sumedang tidak se-booming kabupaten lainnya. Perlu adanya upaya meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke Sumedang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan keputusan berkunjung wisatawan domestik ke Kabupaten Sumedang melalui kualitas atribut produk pariwisata. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori, dengan jumlah 250 responden. Hasil kuesiner dianalisis dengan analisis korelasi, koefisien determinasi dan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh kualitas atribut produk pariwisata terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke Kabupaten Sumedang. Terdapat variasi besaran pengaruh dari masing-masing sub variabel kualitas atribut produk pariwisata.Kata Kunci: Atribut Produk Pariwisata, Keputusan Berkunjung 
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM AGROWISATA BELIMBING DEWA DI KELURAHAN PASIR PUTIH DEPOK FX Setiyo Wibowo; Darmawan Damanik; Aria Dimas Harapan; Hindun Nurhidayati
Tourism Scientific Journal Vol. 1 No. 1 (2015): Vol. 1 No.1
Publisher : STIEPAR YAPARI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32659/tsj.v1i1.5

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan faktor-faktor yang menyebabkan koperasi dan pabrik pengolahan jus dan sirup tidak beroperasi kembali dan faktor-faktor yang menyebabkan Pemkot Depok belum berhasil mencapai tujuan dalam menciptakan Kelurahan Pasir Putih menjadi lokasi Primatani model kawasan agrowisata serta untuk menemukan model pemberdayaan masyarakat yang cocok untuk menarik masyarakat kelurahan Pasir Putih untuk terlibat dalam program pengembangan agrowisata belimbing. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif deskriptif dengan unit analisis masyarakat dan petani di kelurahan Pasir Putih yang berjumlah 100 informan di beberapa RW dan RT. Data diperoleh dari wawancara mendalam dengan petani, warga, pihak terkait, swasta dan dosen. Didukung dengan FGD (Focus Group Discussion), observasi dan survei serta studi literatur dari berbagai sumber. Disimpulkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan koperasi dan pabrik pengolahan jus dan sirup belimbing adalah pertama, adalah hilangnya rasa memiliki para anggota koperasi. Kedua, koperasi tidak mampu menampung semua hasil panen petani. Ketiga, sebagai pusat koperasi harus mempunyai tiga koperasi primer, yang tidak dimiliki oleh PKPBDD. Sedangkan faktor-faktor yang menyebabkan Pemkot Depok belum berhasil dalam menciptakan kelurahan Pasir Putih sebagai model kawasan agrowisata adalah pertama, menurunnya partisipasi public. Kedua, kurangnya koordinasi antar lintas sektor. Ketiga, tidak adanya pariwisata berbasis masyarakat. sehingga model pemberdayaan masyarakat yang cocok untuk diterapkan adalah Pendekatan 7D.Kata kunci: model pemberdayaan masyarakat, program pengembangan agrowisata, pendekatan 7D, belimbing dewa, kelurahan pasir putih
PENGARUH ATRAKSI PARIWISATA TERHADAP PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI PANTAI CIMAJA CIKAKAK SUKABUMI Lia Afriza; Holili Abadi
Tourism Scientific Journal Vol. 1 No. 1 (2015): Vol. 1 No.1
Publisher : STIEPAR YAPARI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32659/tsj.v1i1.6

Abstract

Penelitian ini berjudul pengaruh atraksi pariwisata terhadap pemberdayaan masyarakat di pantai Cimaja Cikakak Sukabumi. Terdapat tiga tujuan dari penelitian ini. Pertama, mengukur tingkat daya tarik  turis di pantai Cimaja. Kedua, mengukur tingkat pemberdayaan masyarakat di pantai Cimaja. Ketiga, menganalisa efek daya tarik turis terhadap pemberdayaan masyarakat di Cimanja Cikakak Sukabumi dalam hal daya tarik turis, fasilitas dan aksesibilitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan desktiptif dan kuantitatif. Data diperoleh melalui observasi, interview, kuesioner, dan menggunakan skala likert dokumentasi. Sementara itu, sampel yang digunakan adalah teknik sampel incidental sejumlah 100 responden. Analisisi data dalam penelitian ini meliputi regresi multiple analisis, penentuan koefisien, F-test dan T-test. Seluruh variabel daya tarik turis memiliki efek terhadap pemberdayaan tetapi tidak signifikan. Berdasarkan hasil ketiga tujuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa tujuan dari pertanyaan pertama mengenai daya tarik turis di pantai Cimaja sudah termasuk kedalam kategori “baik”. sedangan, pemberdayaan masyarakat di pantai Cimaja termasuk kedalam kategori “sangat baik”. Pertanyaan terakhir mengenai pengaruh daya tarik turis ditemukan 2,7% tidak berefek signifikan dan 97,3% berpengaruh oleh faktor lain dalam pemberdayaan masyarakat di pantai Cimaja Cikakak Sukabumi.  Kata Kunci: Daya Tari Turis, Pemberdayaan Masyarakat.

Page 1 of 1 | Total Record : 5