cover
Contact Name
Titing Kartika
Contact Email
nengtiting_kartika@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalstiepar@yahoo.com
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Tourism Scientific Journal
ISSN : 24776912     EISSN : 25411519     DOI : -
Diterbitkan oleh Sekolah TInggi Ilmu Ekonomi Pariwisata (STIEPAR) YAPARI-AKTRIPA BANDUNG dan Asosiai Pendidikan Pariwisata Seluruh Indonesia (APPSI). Terbit dua kali pada bulan Juni dan Desember, dengan nomor ISSN: 2477-6912. Redaksi mengundang para pakar, akademisi dan prakrisi serta seulurh pihak untuk menulis karya ilmiah secara kreatif dan inovatif meliputi tema: Kepariwisataan; Manajemen Pariwisata; Ekonomi dan Masyarakat Berbasis Ekonomi.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2017): Vol. 2 No. 2" : 6 Documents clear
ANALISIS ATRAKSI WISATA DI TAMAN WISATA ALAM GUNUNG TANGKUBAN PERAHU
Tourism Scientific Journal Vol. 2 No. 2 (2017): Vol. 2 No. 2
Publisher : STIEPAR YAPARI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32659/tsj.v2i2.25

Abstract

Gunung Tangkuban Perahu merupakan destinasi wisata gunung yang direkomendasikan pada urutan pertama oleh Dinas perhutanan Jawa Barat. Lokasinya sangat strategis dan memiliki berbagai macam atraksi wisata sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk berwisata. Jumlah kunjungan wisatawan sangat tinggi yang terdiri dari wisatawan lokal dan mancanegara. Namun demikian, jumlah kunjungan mengalami fluktuasi dari tahun 2012 hingga 2015.  Berdasarkan latar belakang tersebut dilakukan kajian dengan judul “Analisis atraksi wisata di wisata kawasan Tangkuban Perahu” yang bertujuan untuk mengkaji profil atraksi wisata dan mengkaji analisis lingkungan atraksi wisata di Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu.Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan berdasarkan observasi, penyebaran kuesioner dan analisis dokumen. Proses analisis data selama di lapangan, menggunakan model Miles dan Huberman (1984), dimana aktivitas dalam analisis data mencakup data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Berdasarkan hasil penelitian, dihasilkan analisis lingkungan internal dan eksternal. Analisis lingkungan internal menemukan kekuatan TWA Tangkuban Perahu seperti pada aspek pengelola,  potensi wisata, daya tarik wisata alam dan budaya lokal, kawasan kerajinan dan tour guide; dan adanya kelemahan  pada aspek tanda atau sign, peraturan jadwal tour guide, kurangnya kenyamanan, akses jalan, tempat istirahat, fasilitas toilet. Adapun hasil analisis lingkungan eksternal ditemukan adanya peluang dalam aspek atraksi, potensi investasi, minat wisatawan, perkembangan pasar wisata keluarga; sekaligus ditemukan ancaman yaitu kerawanan kawasan, tingkat pendidikan dan perekonomian masyarakat sekitar, lahan parkir, dan terbatasnya daya dukung lingkungan.
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESTINASI WISATA TEBING KERATON KAMPUNG CIHAREGEM PUNCAK DESA CIBURIAL KABUPATEN BANDUNG Andhika Chandra Lesmana; Emron Edison; Antika Dara
Tourism Scientific Journal Vol. 2 No. 2 (2017): Vol. 2 No. 2
Publisher : STIEPAR YAPARI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32659/tsj.v2i2.27

Abstract

Tebing Keraton merupakan destinasi wisata baru di Jawa Barat, yang terletak di Kabupaten Bandung. Namun kurangnya pemberdayaan masyarakat yang berbentuk aktifitas di sekitar kawasan wisata, yaitu di kampung ciharegem puncak, dapat terlihat dari kurangnya pengetahuan warga tentang kepariwisataan. Masyarakat yang telah terlibat dalam kegiatan pariwisata di sekitar Tebing Keraton pun terlihat kurang mengetahui tentang kepariwisataan. Sehingga masih sedikit masyarakat yang merasakan manfaat adanya tempat wisata di daerah mereka. Dengan melihat potensi sumber daya alam, dan kondisi sektor usaha yang ada,  maka kawasan ini dapat menjadi destinasi wisata yang menarik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Dengan digunakan metode penelitian ini dapat diperoleh gambaran atau lukisan secara sistematis, aktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat, serta hubungan antara fenomena yang diteliti, yaitu tentang potensi-potensi dan sektor usaha yang ada di sekitar kawasan wisata Tebing Keraton khususnya di Kampung Ciharegem Puncak, yang menjadi narasumber dalam penelitian ini adalah Pemerintah Setempat dan masyarakat di sekitar Kampung Ciharegem Puncak. Dari hasil penelitian ini didapatkan suatu kesimpulan berupa kegiatan atau aktifitas masyarakat sebagai implementasi pemberdayaan yang terdiri darienabling, empowering, Protecting, supporting, dan foresting. Kata Kunci:   Pemberdayaan Masyarakat, Destinasi Wisata Tebing Keraton, Kampung Ciharegem Puncak.
MOTIVASI PELANGGAN RESTORAN DI BANDUNG KETIKA MAKAN DI LUAR RUMAH Taufik Abdullah
Tourism Scientific Journal Vol. 2 No. 2 (2017): Vol. 2 No. 2
Publisher : STIEPAR YAPARI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32659/tsj.v2i2.28

Abstract

Bandung adalah kota yang terkenal dengan wisata belanja dan wisata kulinernya. Pertumbuhan industri jasa penyediaan makanan dan minuman berkembang pesat di Bandung. Hal ini turut memperkuat Bandung sebagai destinasi wisata kuliner dan menarik wisatawan dan masyarakat lokal untuk menikmati makan di berbagai bisnis kuliner tersebut khususnya saat liburan akhir pekan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui motivasi pelanggan membeli makanan dan minuman di luar rumah, sehingga para pengusaha dapat menerapkan strategi yang tepat jika mengetahui alasan pelanggan menikmati makanan dan minuman di luar rumah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner yang disebarkan kepada sampel sebanyak 100 responden. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan industri jasa penyediaan makanan dan minuman khususnya restoran di kota Bandung. Dari hasil penelitian diketahui bahwa motivasi tertinggi pelanggan dalam membeli makanan dan minuman di luar rumah adalah untuk mendapatkan variasi makanan dan minuman. Kata Kunci: Motivasi Pelanggan, Makan di Luar Rumah
PERAN TRAVEL BLOGGER DALAM MEMPROMOSIKAN PARIWISATA DI INDONESIA Dini Salmiyah Fithrah Ali; Itca Istia Wahyuni
Tourism Scientific Journal Vol. 2 No. 2 (2017): Vol. 2 No. 2
Publisher : STIEPAR YAPARI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32659/tsj.v2i2.29

Abstract

Perkembangan teknologi memberikan banyak perubahan dalam pola komunikasi. Salah satu komunikasi massa yang banyak terpengaruh oleh teknologi adalah media massa dengan munculnya new media. Keberadaan new media mencakup teknologi informasi dan teknologi komunikasi yang saling melengkapi melalui media internet, salah satu caranya adalah dengan menggunakan media sosial. Media sosial yang banyak digunakan adalah blog. Berbagai jenis blog muncul, salahsatunya adalah travel blog. Travel blog berisikan informasi mengenai tempat pariwisata. Banyak blog berisikan rekomendasi tempat pariwisata serta foto lokasi pariwisata tertentu ditambahkan dengan kisah personal yang mampu memberikan nilai tambah dalam menceritakan keindahan alam Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran travel blogger dalam mempromosikan pariwisata di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Peneliti melakukan wawancara dengan narasumber utama dan pendukung untuk mendapatkan data valid yang kemudian dianalisa oleh peneliti agar dapat dideskripsikan menjadi sebuah hasil penelitian yang menarik dan temuan yang akan berguna untuk kementrian pariwisata Indonesia dan industri pariwisata secara umumnya. Kata Kunci: Blog, Blogger, Travel, Pariwisata, Media Sosial, Kementrian                      Pariwisata
PENGARUH PELATIHAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI FAVE HOTEL HYPERSQUARE BANDUNG Arisman Muchtar; Khoirul Fajri; Ulima Mahsa Aditia
Tourism Scientific Journal Vol. 2 No. 2 (2017): Vol. 2 No. 2
Publisher : STIEPAR YAPARI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32659/tsj.v2i2.30

Abstract

Sumber daya manusia, merupakan faktor penggerak terpenting dari roda organisasi atau perusahaan. Perusahaan berupaya untuk meningkatkan kualitas karyawan dengan melaksanakan program pelatihan. Dalam pemberian  pelatihan, diperlukan program  pelatihan secara konsisten,terencana dan berkesinambungan. Sehingga setiap karyawan dapat mengembangkan kemampuannya dalam bekerja dan dapat memberikan kepuasan terhadap perusahaan atau tempat dimana mereka bekerja.Karyawan di Fave hotel Hypersquare dalam melakukan tugas kerjanya masih sering melakukan kesalahan-kesalahan yang tidak sesuai dengan standar operasional kerjanya, hal ini kemungkinan terjadi karena karyawan tidak terlalu memahami bagaimana proses penyelesaian pekerjaan dengan baik dan benar.Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui pengaruh pelatihan (X) terhadap kinerja karyawan (Y) di Favehotel Hypersquare dapat dinyatakan positif dan signifikan dimana t hitung sebesar 7.973 lebih besar dari t tabel =1,98. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa H 0 ditolak H 1 diterima dengan kata lain terdapat pengaruh signifikan antara variabel pelatihan (X) sebagai variabel independen terhadap variabel kinerja karyawan (Y) sebagai variabel dependen. Kata Kunci : Pelatihan, Kinerja karyawan
INVENTARISASI KHAZANAH KULINER TRADISIONAL DESA PAKUWON KECAMATAN CISURUPAN KABUPATEN GARUT DALAM KONTEKS PEMBANGUNAN KAMPUNG WISATA HALAL Riadi Darwis
Tourism Scientific Journal Vol. 2 No. 2 (2017): Vol. 2 No. 2
Publisher : STIEPAR YAPARI Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32659/tsj.v2i2.31

Abstract

Program pariwisata halal di Indonesia sedang giat dilaksanakan di sejumlah daerah termasuk di dalamnya Provinsi Jawa Barat. Salah satu di antaranya adalah kawasan Kabupaten Garut tepatnya di Desa Pakuwon, Kecamatan Cisurupan. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode kualitatif. Sampel kulinernya adalah yang ada di Kawasan Kampung Sindang Daweung dan sekitarnya. Teknik pengumpulan data yang dipakai meliputi: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknis analisis yang dipakai adalah analisis statistik deskriptif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) jumlah ragam kuliner yang ada mencapai 189 jenis; (2) teknik kuliner yang dilakukan mencapai 55 dari 69 teknik kuliner Sunda; (3) konteks pembuatan dan penyajian kuliner terbagi atas rutinitas kebutuhan domestik keluarga, komersial, dan acara seremonial adat, keagamaan maupun hari-hari besar nasional; (4)  kehalalan bahan makanan hampir mendekati 100% halal, perolehan 100% halal, proses hampir mendekati 100%, aspek higiene dan sanitasi masih kurang. Kata kunci: ragam kuliner, teknik pengolahan kuliner, konteks pembuatan dan penyajian kuliner, kehalalan kuliner.

Page 1 of 1 | Total Record : 6