cover
Contact Name
Hana Ike Dameria Purba
Contact Email
purbahana@yahoo.com
Phone
-
Journal Mail Official
wnsibagariang@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL MAHAJANA INFORMASI
ISSN : -     EISSN : 25278290     DOI : -
Core Subject : Science,
Memuat tentang artikel hasil penelitian dan kajian konseptual bidang teknik informatika, ilmu komputer dan sistem informasi. Terbit 2 kali setahun pada bulan Januari dan Juli.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 2 (2016): Mahajana Informasi" : 11 Documents clear
SISTEM PAKAR UNTUK MENEMUKAN PENYEBAB KERUSAKAN MESIN ISUZU PANTHER DENGAN PERANGKAT MOBILE Bangun, Markus
JURNAL MAHAJANA INFORMASI Vol 1 No 2 (2016): Mahajana Informasi
Publisher : Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.386 KB)

Abstract

Sistem Pakar adalah salah satu bagian dari Kecerdasan Buatan yang mengandung pengetahuan dan pengalaman yang dimasukkan oleh satu banyak pakar ke dalam suatu area pengetahuan tertentu sehingga setiap orang dapat menggunakannya untuk memecahkan berbagai masalah yang bersifat spesifik dalam hal ini adalah permasalahan pada kinerja mesin Panther. Kerusakan pada mesin mobil terjadi akibat kelalaian dalam melakukan perawatan. Pemilik mobil baru menyadari kerusakan setelah mobil tidak dapat beroperasi sebagaimana mestinya. Oleh karena itu dalam penggunaan mobil kemungkinan besar membutuhkan perawatan berkala., hal inilah yang mendorong pembangunan sistem pakar untuk mengidentifikasi kerusakan mesin mobil.       Penyampaian informasi pun dilakukan menggunakan perangkat mobile dengan meminta request dari user. Request tersebut akan diproses dalam sistem kemudian hasilnya akan dikirim lagi ke user dengan ditampilkan pada layar perangkat mobile. Diharapkan sistem ini mampu memberikan informasi yang optimal dari timbal balik user dan sistem. Setelah dilakukan pengujian dan analisa program, aplikasi  berbasis WAP akan mempermudah perusahaan dalam mempromosikan perusahaan karena dapat diakses oleh banyak orang selama 24 jam. Perusahaan dapat dengan mudah dan cepat mengupdate informasi yang akan disampaikan kepada customer tanpa harus menghubungi customer satu persatu   Kata Kunci    : Sistem Pakar, Perangkat Mobile, WAP
SIMULASI PENGURUTAN DATA DENGAN ALGORITMA HEAP SORT Situmorang, Harold
JURNAL MAHAJANA INFORMASI Vol 1 No 2 (2016): Mahajana Informasi
Publisher : Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (624.702 KB)

Abstract

Struktur data dari algoritma Heap Sort adalah sebuah pohon biner sempurna yang memenuhi properti heap. Node akar (root node) memiliki data terbesar atau terkecil yang terdapat pada pohon. Demikian juga pada subtree-nya, dimana node induk (parent) memiliki data yang paling besar atau paling kecil dibandingkan dengan data pada kedua anaknya (child node sebelah kiri atau sebelah kanan). Struktur data heap adalah sebuah objek array yang dapat divisualisasikan dengan sebuah complete binary tree. Hubungan antara elemen dari array dan node pada pohon merupakan hubungan korespondensi satu satu. Pohon diisi secara penuh pada semua level, kecuali kemungkinan terkecil, dimana diisi dari kiri sampai ke sebuah titik. Semua node dari heap juga memenuhi relasi bahwa nilai kunci pada setiap node minimal sama besar dengan nilai dari node anaknya. Setelah menyelesaikan perangkat lunak bantu pemahaman Heap Sort, perangkat lunak menjelaskan algoritma pengurutan Heap Sort dan gambar keadaan pohon biner secara bertahap serta menampilkan Form Teori, sehingga dapat membantu pemahaman mengenai pengurutan dengan metode Heap Sort. Algoritma pengurutan Heap Sort merupakan salah satu metode pengurutan tercepat setelah Merge Sort dan Quick Sort dengan kompleksitas O(n log n). Kompleksitas prosedur Build-Heap adalah O(n), kompleksitas prosedur Heapify adalah O(log n), sehingga kompleksitas algoritma Heap Sort adalah O(n log n).   Kata Kunci    : Heap Sort, Merge Sort, Quick Sort, kompleksitas O(n log n).
SIMULASI PERGERAKAN CHESS KNIGHT DALAM PAPAN CATUR Hutagalung, Dini M
JURNAL MAHAJANA INFORMASI Vol 1 No 2 (2016): Mahajana Informasi
Publisher : Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.382 KB)

Abstract

Sistem produksi (production system) merupakan salah satu bentuk representasi pengetahuan yang sangat populer dan banyak digunakan. Representasi pengetahuan dengan sistem produksi pada dasarnya berupa aplikasi aturan (rule) yang berupa antecedent, yaitu bagian yang mengekspresikan situasi atau premis dan konsekuen, yaitu bagian yang menyatakan suatu tindakan tertentu atau konklusi yang diterapkan jika suatu situasi atau premis bernilai benar. Setelah menyelesaikan perangkat lunak simulasi pergerakan legal dari chess knight dalam papan catur, Perangkat lunak menggunakan metode pencarian breadth first search (BFS). Karena itu, pencarian akan menemukan semua solusi terpendek. Perangkat lunak merupakan implementasi (penerapan) nyata pohon pelacakan dalam memecahkan suatu permasalahan berdasarkan konsep Artificial Intelligence (AI). Perangkat lunak mensimulasikan semua gerakan dari semua solusi yang ditemukan, sehingga memberikan gambaran yang cukup jelas atas solusi-solusi yang dihasilkan.   Kata Kunci    : chess knight, papan catur, breadth first search (BFS).
WEB SERVICE REST PADA PERPUSTAKAAN BERBASIS ANDROID Sibagariang, Swono
JURNAL MAHAJANA INFORMASI Vol 1 No 2 (2016): Mahajana Informasi
Publisher : Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (91.899 KB)

Abstract

Web service dapat digambarkan sebagai sebuah sistem yang dirancang untuk dapat mendukung interaksi komunikasi antar mesin-mesin pada suatu  jaringan. Teknologi web service  memungkinkan pengguna untuk dapat menghubungkan berbagai jenis Software yang memiliki platform dan sistem operasi yang sama atau berbeda sekalipun. Pengguna tetap mendapatkan sebuah potongan informasi dari suatu website tanpa harus mengunjungi website tersebut, cukup dengan mengetahui  fungsi/method web service yang  disediakan  oleh  web tersebut. Pada tulisan ini,membahas  tentang pengembangan  dan  penggunaan web  service pada perpustakaan.   Kata Kunci          : Web Service, REST,Android
PENERAPAN STEGANOGRAFI PADA SEBUAH CITRA Damanik, Burhanuddin
JURNAL MAHAJANA INFORMASI Vol 1 No 2 (2016): Mahajana Informasi
Publisher : Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (194.412 KB)

Abstract

Steganografi adalah teknik penyembunyian data atau informasi didalam media digital sehingga orang tidak akan menyadari keberadaan data atau informasi rahasia tersebut. Steganografi pada saat ini banyak dilakukan pada media digital dan salah satunya adalah citra. Pesan yang hendak disisipkan dibalik suatu citra dibuat sedemikian rupa agar menyatu dengan citra tersebut, namun tertampilkan secara kasat mata, sehingga tidak terdeteksi oleh pihak lawan maupun pihak yang menginginkan informasi tersebut secara tidak sah. Berdasarkan karakteristik citra, maksimum data yang dapat disimpan pada citra   terbatas. Dengan keterbatasan tersebut maka perlu diketahui berapa kapasitas data  yang  dapat  disisipi  kesuatu  citra  dan  berapa  besar  penurunan  kualitas  citra apabila disisipi oleh suatu data. Dengan mengetahui berapa kapasitas citra maka data yang akan disisipi tidak akan merubah citra yang akan disisipi sehingga data tidak akan terdeteksi secara kasat mata.   Kata Kunci    : Citra, Steganografi
PENERAPAN INTERLOCK PROTOCOL DALAM PENCEGAHAN MAN-IN-THE-MIDDLE-ATTACK Jepri Paulanda
JURNAL MAHAJANA INFORMASI Vol 1 No 2 (2016): Mahajana Informasi
Publisher : Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.402 KB)

Abstract

Problema man-in-the-middle-attack ini dapat diilustrasikan sebagai berikut, misalkan Alice dan Bob sedang berkomunikasi dan Mallory ingin menyadapnya. Ketika Alice mengirimkan kunci publiknya kepada Bob, Mallory dapat menangkap kunci ini dan mengirimkan kunci publiknya sendiri kepada Bob. Kemudian, ketika Bob mengirimkan kunci publiknya kepada Alice, Mallory juga dapat menangkap kunci tersebut dan mengirimkan kunci publiknya sendiri kepada Alice. Ketika Alice mengirimkan pesan kepada Bob yang dienkripsi dengan menggunakan kunci publik Bob, Mallory dapat menangkapnya. Karena pesan tersebut dienkripsi dengan menggunakan kunci publik Mallory, maka Mallory dapat mendekripsikan pesan tersebut dengan menggunakan kunci privatnya dan kemudian dienkripsi kembali dengan menggunakan kunci publik dari Bob dan mengirimkannya kepada Bob. Hal yang sama juga terjadi ketika Bob mengirimkan pesan kepada Alice. Mallory dapat mengetahui semua pesan yang dikirimkan oleh Bob dan Alice tersebut. Problema man-in-the-middle-attack ini dapat dicegah dengan menggunakan interlock protocol. Interlock protocol ini diciptakan oleh Ron Rivest dan Adi Shamir. Setelah menyelesaikan perangkat lunak simulasi pemanfaatan metode interlock protocol untuk mengatasi man-in-the-middle-attack, perangkat lunak mensimulasikan proses kerja man-in-the-middle-attack sebagai salah satu bentuk penyerangan terhadap metode kriptografi publik dan proses kerja interlock protocol untuk mengatasinya, sehingga perangkat lunak dapat digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar, terutama dalam mata kuliah Kriptografi. Kata Kunci : Kriptografi, man-in-the-middle-attack, interlock protocol
SISTEM PAKAR UNTUK MENEMUKAN PENYEBAB KERUSAKAN MESIN ISUZU PANTHER DENGAN PERANGKAT MOBILE Markus Bangun
JURNAL MAHAJANA INFORMASI Vol 1 No 2 (2016): Mahajana Informasi
Publisher : Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.386 KB)

Abstract

Sistem Pakar adalah salah satu bagian dari Kecerdasan Buatan yang mengandung pengetahuan dan pengalaman yang dimasukkan oleh satu banyak pakar ke dalam suatu area pengetahuan tertentu sehingga setiap orang dapat menggunakannya untuk memecahkan berbagai masalah yang bersifat spesifik dalam hal ini adalah permasalahan pada kinerja mesin Panther. Kerusakan pada mesin mobil terjadi akibat kelalaian dalam melakukan perawatan. Pemilik mobil baru menyadari kerusakan setelah mobil tidak dapat beroperasi sebagaimana mestinya. Oleh karena itu dalam penggunaan mobil kemungkinan besar membutuhkan perawatan berkala., hal inilah yang mendorong pembangunan sistem pakar untuk mengidentifikasi kerusakan mesin mobil. Penyampaian informasi pun dilakukan menggunakan perangkat mobile dengan meminta request dari user. Request tersebut akan diproses dalam sistem kemudian hasilnya akan dikirim lagi ke user dengan ditampilkan pada layar perangkat mobile. Diharapkan sistem ini mampu memberikan informasi yang optimal dari timbal balik user dan sistem. Setelah dilakukan pengujian dan analisa program, aplikasi berbasis WAP akan mempermudah perusahaan dalam mempromosikan perusahaan karena dapat diakses oleh banyak orang selama 24 jam. Perusahaan dapat dengan mudah dan cepat mengupdate informasi yang akan disampaikan kepada customer tanpa harus menghubungi customer satu persatu Kata Kunci : Sistem Pakar, Perangkat Mobile, WAP
SIMULASI PENGURUTAN DATA DENGAN ALGORITMA HEAP SORT Harold Situmorang
JURNAL MAHAJANA INFORMASI Vol 1 No 2 (2016): Mahajana Informasi
Publisher : Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (624.702 KB)

Abstract

Struktur data dari algoritma Heap Sort adalah sebuah pohon biner sempurna yang memenuhi properti heap. Node akar (root node) memiliki data terbesar atau terkecil yang terdapat pada pohon. Demikian juga pada subtree-nya, dimana node induk (parent) memiliki data yang paling besar atau paling kecil dibandingkan dengan data pada kedua anaknya (child node sebelah kiri atau sebelah kanan). Struktur data heap adalah sebuah objek array yang dapat divisualisasikan dengan sebuah complete binary tree. Hubungan antara elemen dari array dan node pada pohon merupakan hubungan korespondensi satu satu. Pohon diisi secara penuh pada semua level, kecuali kemungkinan terkecil, dimana diisi dari kiri sampai ke sebuah titik. Semua node dari heap juga memenuhi relasi bahwa nilai kunci pada setiap node minimal sama besar dengan nilai dari node anaknya. Setelah menyelesaikan perangkat lunak bantu pemahaman Heap Sort, perangkat lunak menjelaskan algoritma pengurutan Heap Sort dan gambar keadaan pohon biner secara bertahap serta menampilkan Form Teori, sehingga dapat membantu pemahaman mengenai pengurutan dengan metode Heap Sort. Algoritma pengurutan Heap Sort merupakan salah satu metode pengurutan tercepat setelah Merge Sort dan Quick Sort dengan kompleksitas O(n log n). Kompleksitas prosedur Build-Heap adalah O(n), kompleksitas prosedur Heapify adalah O(log n), sehingga kompleksitas algoritma Heap Sort adalah O(n log n). Kata Kunci : Heap Sort, Merge Sort, Quick Sort, kompleksitas O(n log n).
SIMULASI PERGERAKAN CHESS KNIGHT DALAM PAPAN CATUR Dini M Hutagalung
JURNAL MAHAJANA INFORMASI Vol 1 No 2 (2016): Mahajana Informasi
Publisher : Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.382 KB)

Abstract

Sistem produksi (production system) merupakan salah satu bentuk representasi pengetahuan yang sangat populer dan banyak digunakan. Representasi pengetahuan dengan sistem produksi pada dasarnya berupa aplikasi aturan (rule) yang berupa antecedent, yaitu bagian yang mengekspresikan situasi atau premis dan konsekuen, yaitu bagian yang menyatakan suatu tindakan tertentu atau konklusi yang diterapkan jika suatu situasi atau premis bernilai benar. Setelah menyelesaikan perangkat lunak simulasi pergerakan legal dari chess knight dalam papan catur, Perangkat lunak menggunakan metode pencarian breadth first search (BFS). Karena itu, pencarian akan menemukan semua solusi terpendek. Perangkat lunak merupakan implementasi (penerapan) nyata pohon pelacakan dalam memecahkan suatu permasalahan berdasarkan konsep Artificial Intelligence (AI). Perangkat lunak mensimulasikan semua gerakan dari semua solusi yang ditemukan, sehingga memberikan gambaran yang cukup jelas atas solusi-solusi yang dihasilkan. Kata Kunci : chess knight, papan catur, breadth first search (BFS).
WEB SERVICE REST PADA PERPUSTAKAAN BERBASIS ANDROID Swono Sibagariang
JURNAL MAHAJANA INFORMASI Vol 1 No 2 (2016): Mahajana Informasi
Publisher : Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (91.899 KB)

Abstract

Web service dapat digambarkan sebagai sebuah sistem yang dirancang untuk dapat mendukung interaksi komunikasi antar mesin-mesin pada suatu jaringan. Teknologi web service memungkinkan pengguna untuk dapat menghubungkan berbagai jenis Software yang memiliki platform dan sistem operasi yang sama atau berbeda sekalipun. Pengguna tetap mendapatkan sebuah potongan informasi dari suatu website tanpa harus mengunjungi website tersebut, cukup dengan mengetahui fungsi/method web service yang disediakan oleh web tersebut. Pada tulisan ini,membahas tentang pengembangan dan penggunaan web service pada perpustakaan. Kata Kunci : Web Service, REST,Android

Page 1 of 2 | Total Record : 11