cover
Contact Name
Okta Hadi Nurcahyono
Contact Email
okta.hadi@staff.uns.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
habitus@mail.uns.ac.id
Editorial Address
Pendidikan Sosiologi Antropologi Gedung C FKIP UNS. Jl Ir Sutami No.36A, Surakarta
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Habitus: Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Antropologi
ISSN : -     EISSN : 25979264     DOI : https://doi.org/10.20961/habitus.v3i2.35716
Core Subject : Education, Social,
Habitus Journal is published by the Sociology-Anthropology Education Study Program, FKIP, Sebelas Maret University (UNS). Published twice a year ie 1st Edition: January-June and 2nd edition: July-December. The Habitus Journal focuses on theoretical studies and analysis of research results in the fields of education, social and culture.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2020): Habitus:Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi" : 11 Documents clear
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING MELALUI GOOGLE CLASSROOM DI SMA NEGERI 1 BAYAT Tyas Ambarsari
Habitus : Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi Vol 4, No 1 (2020): Habitus:Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Soiologi Antropologi, FKIP-UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/habitus.v4i1.45776

Abstract

ABSTRACTPenelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar sosiologi materi globalisasi  melalui model discovery learning  pada google classroom. Penelitian ini dilakukan dengan subjek penelitian kepada peserta didik kelas XII IPS 1 di  SMAN 1 Bayat berlokasi Kabupaten Klaten semester I Tahun Pelajaran  2020/2021 sebanyak 22 peserta didik, terdiri dari 8 laki-laki, 14 perempuan. Metode yang digunakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian menggunakan Kemmis dan Mac Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan tes. Dari hasil penelitian pra siklus  melalui hasil Penilaian Tengah Semester menunjukkan ketuntasan 41%. Kemudian meningkat di siklus I dan siklus II yaitu siklus I ( 63,6%) dan siklus II (86,6%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan penerapan discovery learning melalui google classroom dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Bayat Klaten.
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN GAMBAR KARTUN MELALUI WHATSAPP DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI MATERI MASALAH SOSIAL Anis Fauzi Nugroho
Habitus : Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi Vol 4, No 1 (2020): Habitus:Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Soiologi Antropologi, FKIP-UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/habitus.v4i1.45794

Abstract

Minat dan kedisiplinan peserta didik yang kurang dibuktikan dengan presensi yang sering terlambat dan tidak mengikut pembelajaran serta kurang menanggapi tugas yang diberikan guru. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar sosiologi materi masalah sosial melalui gambar kartun. Subyek penelitian  pada peserta didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Watumalang Tahun Pelajaran 2020/2021. Siklus 1 dilaksanakan 2 pertemuan, sedangkan siklus 2 dilaksanakan 1 pertemuan dengan disertasi evaluasi di setiap pertemuan. Adanya penelitian tindakan kelas ini. Terjadi peningkatan hasil pembelajaran. Pada Pra siklus mayoritas siswa mendapatkan nilai rata-rata pengetahuan 50,8.  Siklus I rata-rata pengetahuan 78,4 dan Siklus II rata-rata pengetahuan 84, 68 .
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING DENGAN APLIKASI MICROSOFT TEAMS PADA PELAJARAN SOSIOLOGI MATERI MASALAH SOSIAL KELAS XI IPS SEMESTER GASAL DI SMA N 1 JEKULO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021 Eko Purnomo
Habitus : Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi Vol 4, No 1 (2020): Habitus:Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Soiologi Antropologi, FKIP-UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/habitus.v4i1.45713

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penerapan model pembelajaran Kooperatif Mind Mapping dengan Aplikasi Microsoft Teams yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sosiologi kelas XI IPS di SMA N 1 Jekulo Kudus tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I terdiri dari dua pertemuan yang terdiri dari pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi, Demikian pula halnya dengan Siklus II yang terdiri dari satu pertemuan meliputi pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi. Data aktivitas peserta didik digali dengan lembar pengamatan aktivitas peserta didik, data pengelolaan pembelajaran oleh guru digali dengan lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, sedangkan data hasil belajar peserta didik digali dengan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik selalu mengalami peningkatan dari pra siklus sampai dengan siklus II yaitu, pra siklus (61,76%), siklus I (73,53%) dan pada siklus II (84,12%). Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Mind Mapping dengan Aplikasi Microsoft Teams dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sosiologi kelas XI IPS di SMA N 1 Jekulo Kudus. Kata kunci : Aplikasi Microsoft Teams, Hasil Belajar, Mind Mapping
OPTIMALISASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN OFFICE 365 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI MATERI PERBEDAAN, KESETARAAN, DAN HARMONI SOSIAL DI KELAS XI IPS SMA NASIMA SEMARANG Eni Setyaningsih
Habitus : Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi Vol 4, No 1 (2020): Habitus:Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Soiologi Antropologi, FKIP-UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/habitus.v4i1.45720

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sosiologi pada materi perbedaan, kesetaraan, dan harmoni sosial di kelas XI IPS SMA Nasima Semarang dengan menggunakan microsoft 365 atau juga disebut sebagai offoce 365. Subyek penelitian ini adalah kelas XI IPS yang berjumlah 19 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan tes hasil belajar dan lembar observasi yang dilaksanakan dalam pratindakan, siklus I, siklus II dan siklus III. Data yang terkumpul dianalis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai ketuntasan klasikal peserta didik kelas XI IPS SMA Nasima Semarang pada tahap pra tindakan adalah 52,63% dengan nilai rata-rata kelas 68,68. Pada siklus I nilai ketuntasan klasikal peserta didik menjadi 78,95% dengan rata-rata kelas 78,1, siklus II nilai ketuntasan klasikal peserta didik menjadi 100% dengan rata-rata kelas 89,68, begitu juga pada siklus III prosentase ketuntasan dapat bertahan 100% dengan rata-rata kelas 90,63. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa optimalisasi model pembelajaran problem based learning dengan menggunakan office 365 dapat meningkatkan hasil belajar sosiologi materi perbedaan, kesetaraan, dan harmoni sosial di kelas XI IPS SMA Nasima Semarang.
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI MATERI PERMASALAH SOSIAL MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING DENGAN BERBANTUAN APLIKASI GAME EDUKATIF QUIZZIZ PADA PEMBELAJARAN DARING Lia Prastyawati
Habitus : Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi Vol 4, No 1 (2020): Habitus:Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Soiologi Antropologi, FKIP-UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/habitus.v4i1.45727

Abstract

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) dimasa pandemi covid-19 ternyata menimbulkan beberapa permasalahan, diantaranya adalah menurunnya prestasi akademik peserta didik dalam mata pelajaran sosiologi. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar sosiologi pada materi pemasalahan sosial kelas XI IPS jenjang SMA dengan menggunakan metode problem solving berbantuan quizziz. Penelitian ini dilaksanakan dalam pembelajaran jarak jauh moda daring di masa pandemi covid-19. Pembelajaran moda daring menggunakan platform googleclassroom, whatsaapgroup, googlemeet dan quizziz. Metode problem solving mengarahkan peserta didik untuk aktif, kolaboratif, komunikatif dan kritis dalam menentukan alternatif penyelesaian suatu masalah. Responden penelitian berjumlah 35 peserta didik kelas XI IPS SMA N 7 Purworejo. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian penerapan metode problem solving berbantuan quizziz dalam pembelajaran sosiologi menunjukkan peningkatan dalam aktivitas peserta didik dan perubahan prestasi yang positif dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar peserta didik dari prasiklus sampai siklus III. Dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 70. Pratindakan diperoleh rata-rata kelas 65 dengan 57% peserta didik belum tuntas KKM dan 43% peserta didik telah tuntas KKM. Siklus I rata-rata kelas meningkat menjadi 81 dengan capaian 6% peserta didik belum tuntas KKM dan 94% peserta didik telah tuntas KKM. Siklus II rata-rata kelas mengalami peningkatan menjadi 92 dengan capaian 100% peserta didik telah tuntas KKM. Penerapan metode problem solving berbantuan quizziz dalam prasiklus, siklus I dan siklus II mampu menaikkan prestasi belajar sosiologi, peningkatannya adalah 27 poin dengan presentasi peserta didik yang tuntas KKM adalah 100%.
Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Quiziz Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Kelas XI IPS 1 SMA Islam Al Azhar 7 Solo Baru Tahun Ajaran 2020/2021 Fitria Fitria
Habitus : Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi Vol 4, No 1 (2020): Habitus:Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Soiologi Antropologi, FKIP-UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/habitus.v4i1.45714

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti PJJ sosiologi materi diferensiasi dan stratifikasi sosial melalui media game edukasi quiziz. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek murid kelas XI IPS 1 sebanyak 20 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, tingkat keaktifan siswa pada siklus 1 yaitu 70% dan siklus 2 yaitu 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media game edukasi quiziz dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti PJJ sosiologi kelas XI IPS 1 materi diferensiasi dan stratifikasi sosial
PENGGUNAAN GAME BASED LEARNING QUIZIZZ UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI MATERI GLOBALISASI KELAS XII IPS SMA DARUL HIKMAH KUTOARJO Setyo Edy Pranoto
Habitus : Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi Vol 4, No 1 (2020): Habitus:Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Soiologi Antropologi, FKIP-UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/habitus.v4i1.45758

Abstract

Teknik pengajaran konvensional cenderung membuat pelajaran membosankan karena suasana proses pembelajaran tidak menarik dan cenderung peserta didik sulit untuk fokus pada proses pembelajaran, sama halnya terjadi di SMA Darul Hikmah Kutoarjo. Peserta didik cenderung bosan dengan pembelajaran tersebut, sehingga peneliti mencarai alternatif untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran yaitu dengan game based learning quizizz. Proses pembelajaran dan pengajaran yang kondusif, menyenangkan dan tidak membosankan bagi peserta didik di dunia pendidikan dibutuhkan agar maksud dan tujuan pengajaran yang diharapkan dapat dicapai. Quizizz merupakan satu di antara media pembelajaran yang berbentuk kuis dan berbasis 4.0. Quizizz dapat dijadikan pilihan oleh guru sebagai media pembelajaran karena berbasis permainan dan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), teknik pengumpulan data menggunakan observasi mendalam dengan lembar observasi mengenai keaktifan peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran sebelum diberikan perlakuan tingkat keaktifan siswa hanya 10% dengan kategori tinggi, 10% sedang dan 80% rendah, dan setelah diberikan perlakuan sampai dengan siklus ke III diperoleh nilai hitung keaktihan siswa mencapai 82% dengan kategori tinggi, 18 sedang dan 0% rendah. Ini menunjukkan adanya perbedaan signifikan pada keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan game based learning quizizz terbukti meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran Sosiologi.Kata Kunci: Game based learning, Quizizz, Keaktifan.
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MELALUI GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR JARAK JAUH MATERI PERMASALAHAN SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 3 DEMAK (Studi Pada Tahun Pelajaran 2020/2021) Ulin Nafi'ah
Habitus : Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi Vol 4, No 1 (2020): Habitus:Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Soiologi Antropologi, FKIP-UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/habitus.v4i1.45728

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar jarak jauh melalui Google Classroom pada materi permasalahan sosial pada peserta didik kelas XI IPS 2 SMA N 3 Demak melalui penerapan model Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan Teknik Penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan prosedur perencanaan, pelaksanaa, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 2 dengan jumlah 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian pra siklus melalui indikator keaktifan dalam menjawab pertanyaan dan diskusi kelompok sebesar 35%. Kemudian meningkat pada siklus I (74%) dan siklus II (97,1%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning pada materi Permasalahan Sosial dapat meningkatkan keaktifan belajar jarak jauh peserta didik kelas XI IPS 2 SMA N 3 Demak Tahun Pelajaran 2020/2021.Kata kunci : Google Classroom, Keaktifan Belajar, Permasalahan Sosial, Problem Based Learning
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media Video Blog (Vlog) untuk Meningkatkan Minat Belajar Sosiologi pada Siswa Kelas XII IPS 3 SMA Negeri 1 Baturetno Tahun Pelajaran 2020/2021 Widya Pusparingga
Habitus : Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi Vol 4, No 1 (2020): Habitus:Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Soiologi Antropologi, FKIP-UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/habitus.v4i1.45717

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsika peningkatan minat belajar siswa melalui penerapan pembelajaran problem based learning dengan media video blog (Vlog). Penelitian ini dilakukan dengan subjek penelitian siswa kelas XII IPS 3 SMA Negeri 1 Baturetno pada semester gasal tahun pelajaran 2020/2021 sebanyak 36 anak. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian pra siklus melalui observasi indikator minat belajar menunjukkan  skor minat belajar 50,28%. Kemudian meningkat pada siklus I sampai siklus II yaitu siklus I (60,28%) dan pada siklus II (71,67%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penggunaan model pembelajaran problem based learning dengan media video blog (vlog) dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas XII IPS 3 SMA Negeri 1 Baturetno tahun pelajaran 2020/2021.  Kata kunci : Problem Based Learning, minat belajar, video blog (Vlog)
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENERAPKAN MODEL DISCOVERY LEARNING MELALUI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM BERBASIS MOODLE Neni Setyaningsih
Habitus : Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi Vol 4, No 1 (2020): Habitus:Jurnal Pendidikan, Sosiologi, dan Antropologi
Publisher : Program Studi Pendidikan Soiologi Antropologi, FKIP-UNS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/habitus.v4i1.45759

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang aktifnya peserta didik saat pembelajaran jarak jauh dan kemampuan berpikir kritis yang rendah sehingga menyebabkan hasil belajar peserta didik tidak sesuai target. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan data mengenai peningkatan hasil belajar belajar peserta didik setelah menerapkan model discovery learning melalui Learning Management System berbasis moodle. Penelitian ini dilakukan dengan subjek penelitian kepada peserta didik kelas XII IPS 3 di SMAIT Nur Hidayah Sukoharjo sebanyak 26 siswi. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan Kemmis dan Mac. Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, catatan lapangan dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan ketuntasan pra siklus melalui hasil Penilaian Tengah Semester Gasal adalah 46%. Setelah dilakukan tindakan terjadi peningkatan pada siklus I dan siklus II yaitu siklus I (69%) dan siklus II (85%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menerapkan model discovery learning melalui Learning Management System berbasis moodle dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XII IPS 3 SMAIT Nur Hidayah Sukoharjo.  Kata kunci: Discovery Learning; Hasil belajar; Learning Management System; Moodle

Page 1 of 2 | Total Record : 11