cover
Contact Name
Syaiful Zuhri Harahap
Contact Email
syaifulzuhriharahap@gmail.com
Phone
+6285261290813
Journal Mail Official
informatika@ulb.ac.id
Editorial Address
Jl. S.M Raja No. 126 A Km 3.5 Aek Tapa, Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, Indonesia
Location
Kab. labuhanbatu,
Sumatera utara
INDONESIA
Informatika
ISSN : 23032863     EISSN : 26151855     DOI : 10.36987
INFORMATIKA : Jurnal Ilmiah Fakultas Sains & Teknologi Universitas Labuhanbatu diterbitkan oleh Universitas Labuhanbatu melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, dimaksudkan sebagai media pertukaran informasi dan karya ilmiah antara staf pengajar, alumni, mahasiswa dan masyarakat pada umumnya yang terbit tiga kali dalam setahun (Januari-Mei-September), yang mulai awal terbit sejak tahun 2013.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2020): INFORMATIKA" : 6 Documents clear
PENGARUH DIKLAT DAN FASILITAS KERJA TERHADAP PENGEMBANGAN KARIR DI KANTOR BADAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN KABUPATEN LABUHANBATU Bayu Eko Broto
Jurnal Informatika Vol 8, No 2 (2020): INFORMATIKA
Publisher : Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/informatika.v8i2.1521

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diklat terhadap pengembangan karirdi kantorBadan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Labuhanbatu, untuk mengetahui pengaruh fasilitas kerja terhadap pengembangan karirdi kantor Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Labuhanbatu, untuk mengetahui pengaruh diklat dan fasilitas kerja secara bersama-sama terhadap pengembangan karir di kantorBadan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Labuhanbatu.Hasil penelitian menunjukkan bahwadiklat berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengembangan karir di kantor Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Labuhanbatu, fasilitas kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengembangan karir di kantor Badan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Labuhanbatu. Hasil regresi berganda yaitu Y = 0,143 + 0,179X1 + 0,806X2.Kata kunci : Diklat, Fasilitas kerja, Pengembangan Karir
SISTEM INFORMASI PELAYANAN PUSKESMAS TANJUNG MEDAN KAB. LABUHANBATU SELATAN BERBASIS WEB Musthafa Haris Munandar; Masrizal Masrizal
Jurnal Informatika Vol 8, No 2 (2020): INFORMATIKA
Publisher : Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/informatika.v8i2.1426

Abstract

Sistem informasi pada puskesmas atau pusat kesehatan masyarakat mempunyai beberapa kegiatan,antara lain pendaftaran pasien, rekam medis pasien, pelayanan pasien, antrian, dan pelaporan.Tujuan dari pembuatan sistem informasi pelayanan kesehatan ini untuk membantu kinerja petugasdan dokter pada puskesmas, seperti pencarian data pasien, menambahkan rekam medis, danpembuatan laporan . Misalnya, mengatasi sitem informasi manajemen pada pendaftaran pasienyang selama ini masih menggunkan sistem penulisan, dan pencatatan pada pasien berobat setiapharinya. Puskesmas Tanjung Medan Kec. Kampung Rakyat Kab. Labuhanbatu Selatan, merupakansalah satu Puskesmas yang masih menggunakan sistem pencatatan dan pendaftaran pasien yangtidak terkomputerisasi. Sistem informasi ini menerapkan model waterfall dalam pembangunannya,dan dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan MySql. Perancangan programyang akan dikerjakan, dengan acuan program yang dibuat menggunakan metode UML (unifedModeling Language). Dengan adanya website ini agar mempermudah Puskesmas dalammeningkatkan pelayanannya, terutama dalam bidang pendaftaran pasien dan mempermudahmasyarakat dalam mendapat informasi pelayanan-pelayanan yang telah tersedia oleh PuskesmasTanjung Medan.Kata kunci : Sistem Informasi, Pasien, website
SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN DATA SISWA PADA SMA NEGERI 02 BILAH HULU BERBASIS WEB Deci Irmayani; Musthafa Haris Munandar
Jurnal Informatika Vol 8, No 2 (2020): INFORMATIKA
Publisher : Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/informatika.v8i2.1427

Abstract

Sistem Informasi Data Siswa sangatlah penting bagi sebuah organisasi sekolah dan pihak-pihak lain yang membutuhkan data siswa tersebut, dengan adanya informasi data siswa, kita bisa mengetahui tentang suatu info data siswa dengan efektif dan efesien. Adapun Bahasa Pemograman yang di gunakan dalam pembuatan aplikasi yang dimaksud adalah berbasis Web. Pembuatan databasenya menggunakan MySQL dan AppServ. Perancangan sistem dilakukan dengan metode waterfall yang merupakan model pengembangan sistem informasi yang sistematik dan sekuensial. Metode penggalian data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Hasil dari pembuatan program yakni ditujukan dengan Terselesaikan nya Aplikasi Sistem informasi Pengelolaan Data Siswa Berbasis Web. Semoga dengan adanya aplikasi ini, dapat meningkatkan Kinerja dalam proses informasi pengolaan data siswa dan pencarian data siswa yang dibutuhkan kapan saja di SMA NEGERI 02 BILAH HULU. Kata Kunci: Berbasis Web, Waterfall, Mysql, AppServ
PENERAPANPROTOTYPE MODEL UNTUK SISTEM INFORMASI E-PAYMENT RUSUNAWA BERBASIS ANDROID Yusnia Budiarti; Arief Nashuha Dhali
Jurnal Informatika Vol 8, No 2 (2020): INFORMATIKA
Publisher : Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/informatika.v8i2.1775

Abstract

Informasi yang diberikan Pada Rumah Susun Sewa (Rusunawa) pada umumnya masih dilakukan secara manual dalam penyampaian informasi pengelolaannya, seperti informasi pembayaran, pengumuman, pemberian peringatan atas keterlambatan pembayaran masih dilakukan dari pintu ke pintu. Hal ini mengakibatkan proses penyampaian informasi yang kurang efektif, seperti untuk memperoleh informasi para penghuni harus datang ke pihak pengelola langsung, para penghuni yang banyak aktivitas kerja kurang mendapatkan informasi yang jelas apabila ada pengumuman, informasi yang dilakukan dari pintu ke pintu tidak efektif karena apabila penghuni tidak ditempat maka penghuni tidak mendapat keterangan dengan jelas. Demikian pula untuk proses penagihan pembayaran, penghuni Sebagian besar para pekerja terkesan sulit meluangkan waktu untuk melakukan pembayaran secaratepatwaktu. Dengan melihat beberapa masalah diatas  maka dibuatlah sistem informasi e-payment berbasis Android yang bisa diakses oleh penghuni kapan saja dan dimana saja untuk memperoleh informasi tentang pembayaran serta melakukan pembayaran sewa. Dengan demikian akan lebih efektif dan efisien dalam penyampaian informasi oleh admin kepada penghuni. Sistem akan mengimplementasikan model prototype untuk merancang sistem dan sistem akan dirancang pada platform android sehingga mudah digunakan dimana saja dan kapan sajaKata kunci:  pembayaran elektronik, model prototipe, Android
RANCANG BANGUN TEMPAT SAMPAH OTOMATIS PADA UNIVERSITAS LABUHANBATU Iwan Purnama; Syaiful Zuhri Harahap; Ali Akbar Ritonga
Jurnal Informatika Vol 8, No 2 (2020): INFORMATIKA
Publisher : Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/informatika.v8i2.1780

Abstract

Sampah merupakan masalah primer yang berakibat tidak baik terhadap lingkungan. Tidak terkontrolnya kondisi tong sapah penuh serta kurangnya kepedulian setiap orang untuk membuang sampah pada tempatnya bahkan mengolah atau mendaur ulang sampah tersebut menjadi salah satu penyebabnya. Mahasiswa merupakan generasi penerus yang memiliki peran penting untuk selalu menjaga lingkungan agar tidak tercemar oleh sampah, sehingga sangat tepat untuk membiasakan menjaga lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya. Hal ini mendorong pelaksana untuk membuat Tong Sampah Pintar yang dapat berperan sebagai pengingat atau pemberi informasi tentang pentingnya menjaga lingkungan kepada mahasiswa di lingkungan Universitas Labuhanbatu. Tong sampah pintar ini dibangun dengan menggunakan sensor-sensor Ultrasonic yang bekerja secara otomatis dengan keluaran otomatis membuka dan menutup tutup tong sampah yang diproses pada Arduino. Dengan sistem yang dibangun diharapkan dapat menjadi sarana edukasi kepada mahasiswa akan pentingnya menjaga lingkungan yang sehat dan membiasakan untuk membuang sampah pada tempatnya dengan daya tarik sistem pada tong sampah pintar.Kata kunci :  Arduino, Tong Sampah, Ultrasonic, Kebersihan
PENEGAKAN HUKUM UNDANG-UNDANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK TERHADAP HUKUMAN PENGGUNA MEDIA SOSIAL UJARAN KEBENCIAN Toni Toni
Jurnal Informatika Vol 8, No 2 (2020): INFORMATIKA
Publisher : Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Labuhanbatu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36987/informatika.v8i2.1792

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk penegakan hukum undang-undang informasi dan transaksi elektronik (UU ITE)  terhadap hukuman pengguna media sosial ujaran kebencian. Jenis Penelitian Hukum Normatif. Metode pendekatan yang digunakan adalah perundang-undangan dan kajian pustaka terkait judul peneliti, sedangkan metode menggunakan analisis Kualitatif  dengan cara menganalisis hasil bahan penelitian yang relevan dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian tentang ujaran kebencian terdapat pada pengaturan (UU ITE) No.19 Tahun 2016 atas Perubahan Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, dimana bagi pelaku pengguna media sosial ujaran kebencian diatur dalam Pasal.28 ayat (2) isinya” Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA). Ancaman Hukuman Pasal 45 A ayat (2) isinya” Setiap Orang yang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (2) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (Satu miliar rupiah). Sedangkan upaya penanggulangan pelaku pengguna media sosial ujaran kebencian, diatur dalam Surat Edaran Kapolri Nomor SE/6/X/2015, tentang Penanganan Ujaran Kebencian ( Hate Speech). Untuk mengedepankan Fungsi Binmas dan Polmas, dimana peran dari kepolisian diharapkan untuk memberikan sosialisasi dan penyuluhan hukum tentang ujaran kebencian dimasyarakat melalui toko agama, toko masyarakat, toko pemuda dan akademisi untuk optimalisasi tindakan represif atas ujaran kebencian. Selanjutnya peran perangkat pemerintahan diharapkan untuk mengkondusifkan daerah masing masing melalui Kecamatan, Kelurahan/Desa, dan Perangakat RT/RW sebagai wadah pertama dalam hubungan emosional dimasyarakat. 

Page 1 of 1 | Total Record : 6