cover
Contact Name
Dr. Taufiq Rochman ST, MT
Contact Email
taufiq.rochman@polinema.ac.id
Phone
+6285735783419
Journal Mail Official
prokons@polinema.ac.id
Editorial Address
Jalan Soekarno-Hatta No. 09, PO BOX 04 Malang 65141
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Prokons: Jurnal Teknik Sipil
ISSN : 19781784     EISSN : 27148815     DOI : -
Jurnal Teknik Sipil (PROKONS), Terbit dua kali dalam setahun. PROKONS menerbitkan artikel penelitian yaitu penelitian asli teoretis dan eksperimental yang mengeksplorasi atau mengeksploitasi ide-ide dan teknik baru di empat bidang utama: teknik struktural, geomekanik, manajemen proyek konstruksi dan teknik transportasi. Tujuan jurnal ini adalah untuk memajukan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan teknik sipil dan berfokus pada bangunan, infrastruktur, sistem jembatan serta pemasangannya atau konstruksi.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 11 No. 1 February 2017" : 7 Documents clear
STUDI INVESTASI PENGEMBANGAN PERUMAHAN DI MALANG Fadjar Purnomo
Prokons: Jurnal Teknik Sipil Vol. 11 No. 1 February 2017
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/prokons.v11i1.127

Abstract

Semakin meningkatnya penduduk Kota Malang merupakan peluang besar bagi developer untuk mengembangkan usahanya di bidang perumahan. Namun sebelum menanamkan modalnya untuk berinvestasi apalagi dalam jumlah besar seharusnya developer melakukan studi kelayakan apakah investasi tersebut menguntungkan atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan finansial dalam investasi pengembangan perumahan, serta mengetahui tingkat sensitivitas perubahan suku bunga dan biaya langsung.Data penelitian yang digunakan berupa data sekunder yaitu gambar perencanaan, harga satuan pekerjaan dari developer, biaya pajak, biaya perijinan, UKL/UPL/AMDAL, biaya pengukuran tanah, biaya operasional, biaya promosi, periode investasi, dan lain-lain. Pengolahan data secara deskriptif untuk menentukan cash flow proyek. Berdasarkan cash flow yang didapat selanjutnya dilakukan analisis kelayakan finansial menggunakan parameter PP, NPV, IRR, dan BCR. Dan selanjutnya dilakukan analisis sensitivitas tingkat kelayakan terhadap perubahan suku bunga dan biaya pengeluaran.Hasil penelitian menunjukkan bahwa investasi pengembangan suatu perumahan di Malang pada suku bunga 12,79% layak secara finansial karena nilai  parameter pay back periode (PP) terjadi pada tahun ke-7, nilai net present value (NPV) sebesar Rp 34.130.813.565-, nilai benefit cost ratio (BCR) sebesar Rp 1,14, nilai internal rate of return (IRR) sebesar 16,67%. Perubahan suku bunga dan perubahan biaya pengeluaran cukup sensitive terhadap kelayakan finansial dalan investasi ini. Kata-kata kunci: finansial, investasi, kelayakan, pengembanganperumahan
ANALISIS RISIKO EKTERNAL PROYEK KONSTRUKSI TERHADAP PENCAPAIAN SASARAN PROYEK Moch. Khamim, Winda Harsanti
Prokons: Jurnal Teknik Sipil Vol. 11 No. 1 February 2017
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/prokons.v11i1.122

Abstract

Kegiatan proyek sebagai lahan usaha industri konstruksi memiliki karakteristik khusus yang membedakannya dengan kegiatan operasional. Kondisi ideal bagi pelaksana konstruksi yaitu ketika seluruh komponen kontrak konstruksi dengan pengguna jasa diuraikan secara jelas dalam surat perjanjian, syarat umum kontrak, syarat khusus kontrak, spesifikasi ekternal, gambar rencana, dan daftar kuantitas. Sebagaimana bagian dari proses Manajemen Proyek, perencanaan dan pengendalian yang baik belum menjamin terwujudnya efektivitas sasaran proyek. Selalu terdapat kemungkinan tidak tercapainya suatu tujuan atau selalu terdapat ketidakpastian atas keputusan apapun yang diambil. Suatu kondisi yang timbul karena ketidakpastian dengan seluruh konsekuensi tidak menguntungkan yang mungkin terjadi disebut risiko. Analisis korelasi dan analisis regresi menunjukkan bahwa mulai dari factor Masalah Perubahan kebijakan/peraturan pemerintah, Pergolakan sosial dan politik, Masalah Acts of God dan natural hazard,  Masalah dalam penyediaan sumber daya (material, tenaga kerja, alat), Masalah Kondisi owner yang kurang mendukung, Masalah Kondisi Pengeluaran di luar dugaan proyek yang kurang baik mempunyai  pengaruh  terhadap pencapaian sasaran proyek  Kata-kata kunci: risiko, efektivitas proyek konstruksi, sasaran proyekKegiatan proyek sebagai lahan usaha industri konstruksi memiliki karakteristik khusus yang membedakannya dengan kegiatan operasional. Kondisi ideal bagi pelaksana konstruksi yaitu ketika seluruh komponen kontrak konstruksi dengan pengguna jasa diuraikan secara jelas dalam surat perjanjian, syarat umum kontrak, syarat khusus kontrak, spesifikasi ekternal, gambar rencana, dan daftar kuantitas. Sebagaimana bagian dari proses Manajemen Proyek, perencanaan dan pengendalian yang baik belum menjamin terwujudnya efektivitas sasaran proyek. Selalu terdapat kemungkinan tidak tercapainya suatu tujuan atau selalu terdapat ketidakpastian atas keputusan apapun yang diambil. Suatu kondisi yang timbul karena ketidakpastian dengan seluruh konsekuensi tidak menguntungkan yang mungkin terjadi disebut risiko. Analisis korelasi dan analisis regresi menunjukkan bahwa mulai dari factor Masalah Perubahan kebijakan/peraturan pemerintah, Pergolakan sosial dan politik, Masalah Acts of God dan natural hazard,  Masalah dalam penyediaan sumber daya (material, tenaga kerja, alat), Masalah Kondisi owner yang kurang mendukung, Masalah Kondisi Pengeluaran di luar dugaan proyek yang kurang baik mempunyai  pengaruh  terhadap pencapaian sasaran proyek  Kata-kata kunci: risiko, efektivitas proyek konstruksi, sasaran proyek
GREENHOUSE GAS EMISSIONS AS AN IMPACT OF NEW ROAD UNDER RAILWAY ELEVATION PROJECT IN TAOYUAN, TAIWAN Rahayu Kusumaningrum
Prokons: Jurnal Teknik Sipil Vol. 11 No. 1 February 2017
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/prokons.v11i1.128

Abstract

Frequent occurrence of severe traffic congestion between Taoyuan City and Zhongli City has encouraged Taoyuan County Government to build elevated railway between these two cities. Besides, this plan also intended to merge all road signage by constructing new roads under the newly built elevated railway. Based on the environmental point of view, railway infrastructure improvement may be able to reduce the congestion and also emission. But the construction of new roads under it may result conversely, especially for the area neighboring the project. Therefore, the impact of railway elevation project parallel with the construction of new road on greenhouse gas emissions generated by road transport needs to be further studied.This study integrates transportation planning model and emission estimation model in order to estimate CO2 emissions as an impact of road improvement and further shows the spatial distribution of emission in grid-based emission. Short-term and long-term period analysis were done both for Taoyuan County and the affected area. Short-term period analysis analyze the project’s impact on emission for short-term after the project is implemented. Meanwhile, long-term period analysis analyze the impact of the project 20 years later.The results shows that in term of emission, the implementation of railway elevation project parallel with the construction of new roads generates the lowest CO2 emissions for whole Taoyuan County area both for short-term and long-term period analysis. In contrary, for project-affected area, the lowest emission is derived from the implementation of railway elevation project without construction of new roads both for short-term and long-term period analysis. Keywords: Railway elevation project, road improvement, emission estimation model, grid-based emission, Taoyuan County  
PENGARUH PENGENDALIAN JADWAL MATERIAL TERHADAP KINERJA PRAKTEK BENGKEL DAN LABORATORIUM JURUSAN TEKNIK SIPIL INSTANSI X DI MALANG Sitti Safiatus Riskijah
Prokons: Jurnal Teknik Sipil Vol. 11 No. 1 February 2017
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/prokons.v11i1.123

Abstract

In fiscal year 2014 the practice material needs about 36% of the DIPACivil Engineering Department budgetfundsfor the fiscal year2014.Thus, needs proper management, so that the procurementof materialsdone as needed and can be used effectivelyandefficiently. This study aimstodetermine the level ofcontrolthe materialthat has been applied, andthe schedule of material management influence towards the performancepracticein terms ofschedule materialpractice aspects.The research data in the form of primary data obtained by distributing questionnaires to direct executors as the material handler and the responsible party of practice activity at the Civil Engineering Department of X at Malang. Number of samples around 8 with 6 executive responsible party. Data were analyzed descriptively and then analyzed with regression method using SPSS 20.The results shows: 1) Executors implement control of schedule practice material to the workshop and laboratory reasonably well; and 2) Control of material arrivals schedule shows significant effect of the time of practice execution or completion. With the contribution of the effect of 72.2%.  Keywords: control, schedule, materials, practice, performance
PENENTUAN KOMPOSISI OPTIMUM BETON MARINE BERBASIS KONSEP REABILITAS Armin Naibaho
Prokons: Jurnal Teknik Sipil Vol. 11 No. 1 February 2017
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/prokons.v11i1.129

Abstract

The terminology ’marine concrete’ resrved for concrete material to structures in the marine area extreme condition. Many civil engineering building in the suburban sea area, for example dock and retaining scouring waves wall. Be expected of this fly ash utilization of waste can answer market (construction world) request to readymix concrete request with price which more economial but with quality which stay awake. This observation purpose to: (1) determining the optimum composition to concrete in the moring area (with extreme condition) with involves these aspecks as “high performance concrete “ that is : high strength, high fracture resistance, low permeability, shrinkage controlled creep,(2). Study of interface zone condition with involves aspects of cohesion to determine Mode I Fracture Resistance.Based on the results of analysis and discussion, so we have: (1). Show that the used of the number fly ash 10% will produce the greatest compressive strength-caracteristik  =  58,56 MPa, whereas without the used of fly ash ( 0 %) obtained  =  56,44 MPa, (2). Calculation of probability and reability obtained values: to tested specimen which do not use fly ash (0%; Reliability is ↔ R = 1 – P  = 1 – 0,72 = 0,28 and the addition of 10% fly ash, obtained Reliability is ↔ R = 1 – P  = 1 – 0,70 = 0,30.Suggested the need for the selection of quality materials, procedures In the implemention and maintenance of  the test specimen after casted suggested thats need tight control to produce compressive strength field in maximum.  Keywords : marine concrete, fly ash, compressive strength, mixture variatio, probability and reability.
EVALUASI MUTU BETON PADA STRUKTUR SILO CEMENT GRINDING PLANT CIGADING Suhariyanto, A. Suryadi
Prokons: Jurnal Teknik Sipil Vol. 11 No. 1 February 2017
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/prokons.v11i1.124

Abstract

Untuk mengetahui mutu beton pada struktur silo Cement Grinding Plant Cigading, maka telah dilakukan pengujian Ultrasonic Pulse Velocity (UPV) pada pile cap dan dinding pada silo kapasitas 10.000 ton.Titik pengujian yang diambil sebagai sampel adalah 56 titik pada pile cap  dan 15 titik pada bagian bawah dinding silo.Berdasarkan pengujian yang dilakukan dapat disampaikan bahw untuk pile  cap, sekitar 93 % dari sampel yang diambil mempunyai kualitas kepadatan  beton yang baik sampai dengan sangat baik.  Estimasi kuat tekan beton ekivalensi kubus untuk pile cap adalah sekitar 389 kg/cm2. Untuk bagian bawah dinding silo, sekitar 87 % dari sampel yang diambil mempunyai kualitas  kepadatan beton  yang baik sampai dengan sangat baik.  Estimasi kuat tekan beton ekivalensi kubus untuk pile cap adalah sekitar  421 kg/cm2. Kata-kata kunci: mutu beton, struktur silo, ultrasonic pulse velocity
PENGARUH PENAMBAHAN CACAHAN BOTOL AQUA POLYPROPYLENE (PP) PADA PASIR TERHADAP KINERJA BETON NORMAL Qomariah ,
Prokons: Jurnal Teknik Sipil Vol. 11 No. 1 February 2017
Publisher : Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33795/prokons.v11i1.125

Abstract

Limbah plastik kemasan minuman banyak disekitar kita, yang keberadaannya sangat mengganggu lingkungan, penggunaan terbatas untuk penggunaan daur ulang, hiasan dan tujuan lainnya. Penggunaan pada campuran beton banyak dilakukan sebatas penelitian, dan beberapa menyarankan penelitian dengan pasir limbah plastik, sebagai pasir. Pada penelitian ini, meninjau fungsi lain dari limbah pada campuran beton ditinjau dari ketahanan terhadap keretakan, ketahanan terhadap daya tembus air, kekuatan tekan dan pencegahan terhadap bleeding pada beton segar. Pembuatan beton Normal K-200, dengan mutu agregat kasar dari Pasuruan dan agregat halus dari Lumajang. Jumlah plastik yang dipakai < 1%. Perawatan pada umur 7,14 dan 28 hari, diuji sifat beton segar dan beton kerasnya berupa Kuat tarik, kuat tekan dan absorpsi beton pada umur tersebut. Hasil penelitian menunjukkan kekentalan adukan meningkat sebesar  28.29 %  terhadap beton normal (tanpa plastik), untuk nilai penyerapan, pada umur 7,14 dan 28 hari mengalami penurunan terhadap beton non platik, masing-masing 7.2%, 17.7 % dan 4.78%. Kuat tekan rata-rata mengalami penurunan 10 % pada umur 7 hari dan meningkat 5.16 % dan 8.12 % pada umur 14 dan 28 hari terhadap beton non plastik.  Kekuatan tarik yang terjadi lebih tinggi 11.45 %  pada umur 28 hari dibandingkan beton non plastik  Kata-kata kunci: plastic PET, kuat tekan, kuat tarik dan absorpsi beton

Page 1 of 1 | Total Record : 7