cover
Contact Name
Ike Sylvia, S.IP., M.Si.
Contact Email
-
Phone
+6281363630789
Journal Mail Official
sikola@ppj.unp.ac.id
Editorial Address
Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang (Integrated Classroom B UNP Air Tawar Padang) Jl. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar, Padang
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran
ISSN : 26863413     EISSN : 27151735     DOI : https://doi.org/10.24036/sikola
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan pengajaran adalah Jurnal Ilmiah yang diterbitkan oleh Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang. Jurnal ini memfasilitasi diskusi berkaitan dengan Dinamika Institusi pendidikan, Kebijakan Pendidikan, Kurikulum, Model-model Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Dengan kajian yang mendalam diharapkan artikel dalam jurnal ini memberikan pemikiran baru berkaitan dengan pengembangan konsep dan teori yang ada dalam ilmu pendidikan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 4 (2020): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (June 2020)" : 5 Documents clear
Analisis Kemampuan Merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pada Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang Melia Yulispa; Junaidi Junaidi
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 1 No 4 (2020): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (June 2020)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v1i4.44

Abstract

Salah satu kemampuan yang dituntut dalam pembelajaran adalah merancang RPP. Kenyataannya, RPP yang dibuat mahasiswa pendidikan sosiologi belum sepenuhnya sesuai dengan ketentuan. Penelitian bertujuan untuk melihat kemampuan merancang rencana pelaksanaan pembelajaran pada mahasiswa pendidikan sosiologi. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan tipe evaluatif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan merancang RPP pada mahasiswa Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang, hal ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. (1) penyebab internal, terdiri dari (a) malas bertanya, (b) motivasi belajar rendah, (c) kebiasaan mencontoh pada teman/senior. (2) penyebab eksternal, terdiri dari (a) kontrol dosen dan jurusan (b) kemudahan akses internet. Hasil penelitian ini berguna sebagai pedoman dan masukan khususnya mahasiswa pendidikan sosiologi dalam merancang RPP agar sesuai dengan komponen RPP yang sudah ditentukan.
Faktor Penghambat dalam Mengatasi Ketidakhadiran Siswa Kelas XI IPS di SMAN 1 Lubuk Basung Alfatah Reski Basevi Putra; Desri Nora
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 1 No 4 (2020): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (June 2020)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v1i4.45

Abstract

Artikel ini dilatarbelakangi oleh fenomena tingginya ketidakhadiran siswa pada jam pelajaran di SMAN 1 Lubuk Basung. Adapun penyebab ketidakhadiran siswa tersebut karena ada keperluan (izin), sakit dan tanpa keterangan (alfa). Pihak sekolah sudah menerapkan aturan wajib kehadiran 80% dan sanksi bagi siswa yang kehadirannya kurang dari 80%, untuk mengantisipasi hal ini, namun sekolah mengalami kendala dalam meminimalkan ketidakhadiran siswa (alfa) agar dapat terus mengikuti proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui faktor penghambat dalam mengatasi ketidakhadiran siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Lubuk Basung. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan tipe Studi Kasus. Penelitian menggunakan teori dari Talcott Parson yaitu teori Struktural Fungsional dengan skema AGIL. Teknik pemilihan informan adalah purposive sampling, dengan jumlah informan 32 orang. Adapun yang menghambat dalam usaha mengatasi ketidakhadiran siswa alfa disebabkan oleh faktor : (a) Penerapan Sanksi Yang Kurang Tegas, (b) Kurangnya Kerjasama Antara Personil Sekolah, (c) Jadwal Sekolah Yang Kurang Efektif, (d) Kurangnya Minat Siswa Dalam Mengikuti Proses Pembelajaran, (e) Fasilitas Sekolah Pasca Kebakaran.
Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) dengan Reward and Punisment pada Pembelajaran Sosiologi di SMAN 3 Padang Wahyu Ramadhani Putri; Junaidi Junaidi
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 1 No 4 (2020): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (June 2020)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v1i4.51

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat minat siswa kelas XI IPS 2 dalam pembelajaran sosiologi, untuk mengatasi masalah, perlu dilakukan tindakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan minat siswa tersebut. Untuk mengatasi permasalahan ini peneliti menerapkan model Teams Games Tournament dengan Reward and Punishment. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi melalui penerapan model kooperatif Teams Games Tournament dengan Reward and Punishment di SMAN 3 Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, dalam setiap siklus terdapat 2 kali pertemuan dan setiap siklus terdapat 4 jenis kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 SMAN 3 Padang yang jumlah siswanya sebanyak 35 orang. Instrument penelitian ini menggunakan angket yang berisi indikator minat belajar siswa. Target tingkat capaian dalam penelitian ini adalah kategori baik pada interval 60% ketas. Hasil penelitian ini diolah dengan rumus P=(F/N) X 100%. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat belajar dengan penerapan model Teams Games Tournament dengan Reward and Punishment. Dapat dilihat pada pertemuan siklus I rata-rata skor minat belajar siswa yaitu sebesar 75,6% dan pada siklus II skor minat siswa yaitu sebesar 94,6%.
Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Minat Belajar Sosiologi Materi Perilaku Menyimpang Siswa Kelas X IPS 1 SMAN 8 Padang Fika Zulfarina; Junaidi Junaidi
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 1 No 4 (2020): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (June 2020)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v1i4.52

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya minat belajar Sosiologi siswa kelas X IPS 1 SMAN 8 Padang. Rendahnya minat belajar siswa disebabkan karena guru kurang tepat dalam memilih model pembelajaran sehingga mengakibatkan rendahnya minat belajar siswa. Untuk memperbaiki mutu pembelajaran adalah dengan memvariasikan model pembelajaran salah satunya melalui model Snowball Throwing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dalam meningkatkan minat belajar Sosiologi siswa kelas X IPS SMAN 8 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS SMAN 8 Padang yang berjumlah 34 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran Sosiologi diolah dengan rumus persentase P=(F/N) X 100%. Hasil penelitian menunjukan terdapatnya peningkatan minat belajar siswa dengan penerapan model Snowball Throwing. Secara keseluruhan minat belajar siswa dari tahap pra tindakan sebesar 22%, ke siklus I meningkat menjadi 7,68%. Kemudian dari siklus I, ke siklus II juga mengalami peningkatan sehingga menjadi 74%.
Kontribusi Dukungan Sosial Orang Tua dan Peran Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa kelas X dan XI di SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan Arif Fayyat Alhafid; Desri Nora
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 1 No 4 (2020): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (June 2020)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v1i4.53

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan dukungan sosial orang tua siswa kelas X dan XI SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan. (2) Mendeskripsikan peran teman sebaya siswa kelas X dan XI SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan (3) Mendeskripsikan hasil belajar sosiologi siswa kelas X dan XI SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan. (3) Mendeskripsikan kontribusi dukungan sosial orang tua terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas X dan XI SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan dengan menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif, populasi sebanyak 245 orang siswa dengan jumlah sampel sebanyak 152 orang siswa, Secara rata-rata gambaran dukungan orangtua berada pada kategori tinggi yaitu sebesar 48.9%, Peran teman sebaya berada pada kategori sangat baik sebesar 88.44%, dan hasil belajar sosiologi berada pada kategori sangat tinggi sebesar 85.82%, Hipotesis dalam penelitian ini, adalah sebagai berikut; (1) Terdapat kontribusi yang signifikan antara dukungan orang tua terhadap hasil belajar sosiologi. (2) Terdapat kontribusi yang signifikan antara peran teman sebaya tentang hasil belajar sosiologi. (3) Terdapat kontribusi yang signifikan antara dukungan orang tua dan peran teman sebaya terhadap hasil belajar sosiologi.

Page 1 of 1 | Total Record : 5