cover
Contact Name
Ike Sylvia, S.IP., M.Si.
Contact Email
-
Phone
+6281363630789
Journal Mail Official
sikola@ppj.unp.ac.id
Editorial Address
Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang (Integrated Classroom B UNP Air Tawar Padang) Jl. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar, Padang
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran
ISSN : 26863413     EISSN : 27151735     DOI : https://doi.org/10.24036/sikola
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan pengajaran adalah Jurnal Ilmiah yang diterbitkan oleh Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang. Jurnal ini memfasilitasi diskusi berkaitan dengan Dinamika Institusi pendidikan, Kebijakan Pendidikan, Kurikulum, Model-model Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Dengan kajian yang mendalam diharapkan artikel dalam jurnal ini memberikan pemikiran baru berkaitan dengan pengembangan konsep dan teori yang ada dalam ilmu pendidikan.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 4 (2021): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (June 2021)" : 12 Documents clear
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi Melalui Model Discovery Learning Berbantuan Media Teka Teki Silang-Puzzle Discovery Education Pada Siswa XI IIS SMA Nia Novita Sari; Junaidi Junaidi
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 2 No 4 (2021): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (June 2021)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v2i4.117

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasilAbelajar siswa dalam pembelajaran sosiologi. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh tidak tepatnya strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru, akibatnya siswa tidak fokus dalam belajar. Untuk mengatasi masalah rendah hasil belajar siswa guru menerapkan model discovery learning berbasis media teka-teki silang puzzle discovery education. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model discovery learning berbasis media teka teki silang puzzle discovery education dalam pembelajaean sosiologi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IIS 4 SMAN 1 Nan Sabaris Padang Pariaman dilakukan secara daring melalui aplikasi whatsapp. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, dan catatan lapangan. Untuk melihat peningkatan setiap siklus diolah dengan menggunakan rumus Percentages Correction S=R/Nx 100 pada siklus I naik sebanyak 17% sedangkan pada siklus II naik sebanyak 23%. KUntuk melihat keberhasilan belajar siswa hasil belajar diolah menggunakan rumus (P=F/N) X 100%. Adanya peningkatan hasil belajar siswa, dari pra tindakan 37%, siklus I 54%, siklus II 77%.
Efektivitas Instrumen Penilaian Kinerja Siswa Berbasis Masalah dalam Mata Pelajaran Sosiologi Widia Rahmi; Ike Sylvia
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 2 No 4 (2021): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (June 2021)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v2i4.120

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan instrumen penilaian kinerja pada mata pelajaran sosiologi kelas XI IPS SMA N 2 Lubuk Sikaping untuk mengukur keterampilan peserta didik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan desain one shot cased study. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penilaian kinerja yang telah dikembangkan dan dinyatakan layak untuk diujicobakan oleh ahli. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 30 orang siswa. Teknik analisa data mengganakan analisis persentase dan membandingkan skor penilaian kinerja siswa dengan acuan penilaian keterampilan sesuai panduan penilaian kurikulum 2013. Instrumen penilaian kinerja yang telah dikembangkan meliputi aspek pengumpulan data, analisis data dan komunikasi. Hasil uji efektifitas memperlihatkan 2 orang siswa memperoleh skor penilaian keterampilan dengan predikat A (5 %), 23 orang dengan predikat B (77%) dan 5 orang (17%) dengan predikat C. Hasil ini memperlihatkan instrumen penilaian kinerja efektif mengukur keteampilan siswa khusunya dalam melakukan penelitian dan mempresentasikan penelitian pada materi konflik sosial.
Pengembangan Instrumen Penilaian Diri (Self Assesment) Untuk Menilai Karakter Spritual Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas XI SMA Aulia Putri Wandia; Ike Sylvia
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 2 No 4 (2021): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (June 2021)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v2i4.121

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis research and development, yang bertuajuan untuk mengembangkan instrumen penilaian diri untuk mengukur sikap religius peserta didik pada pembelajaran sosiologi SMA. Model pengembangan yang digunakan adalah 4 D yaitu: tahap pendefinisian (Define), tahap perencanaan (Design), tahap pengembangan (Develop), dan tahap Diseminasi (Disseminate). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen pelaksanaan pembelajaran, instrumen validasi ahli, angket praktikalitas dan soal untuk menguji efektifitas. Teknik analisis data menggunakan analisis r product moment untuk menganalisa hasil validasi ahli, persentase untuk mengukur praktikalitas, dan uji t untuk mengukur efektifitas. Penelitian ini diujicobakan pada pembelajaran sosiologi kelas XI IPS 1 SMAN 1 Linggosari Baganti Pesisir Selatan, memperoleh hasil validitas produk (instrument penilaian diri, RPP dan Soal) dalam kategori sangat tinggi, hasil pretest dan posttest menunjukkan bahwa produk penelitian ini efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan instrumen penilaian diri yang dihasilkan dapat mengukur ranah afektif peserta didik khususnya sikap spiritual.
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Sosiologi Berbasis Weblog Pada PembeIajaran SosioIogi Kelas X SMA Sintya Ulfa Dilla; Ike Sylvia
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 2 No 4 (2021): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (June 2021)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v2i4.122

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji praktikalitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis weblog untuk mengakodomodasi kemampuan peserta didik menguasai materi (domain kognitif). Penelitian ini menggunakan model 4 D (define, design, develop, disseminate). Pada tahap uji praktek dilakukan dalam dua tahap yaitu uji satu banding satu (1 orang pengguna) dan uji kelompok lapangan (40 pengguna). Adapun indikator yang digunakan pada angket praktikalitas LKPD berbasis weblog ini adalah minat pengguna terhadap tampilan LKPD, proses penggunaan, pemahaman konsep dan materi, waktu yang disediakan serta evaluasi dalam LKPD. Hasil uji coba tahap pertama, guru sosioIogi menilai sangat praktis dengan niIai akhir 3,84. dan pada uji coba kedua memperoleh hasil bahwa LKPD berbasis web blog ini sangat praktis diterapkan kepada pengguna yaitu peserta didik di kelas X IPS 3 SMAN 1 Batusangkar dengan nilai uji praktikalitas sebesar 3,7. Berdasarkan hasil tersebut LKPD Sosiologi berbasis weblog untuk peserta didik kelas XI IPS yang diujicobakan di SMAN 1 Batusangkar sangat praktis untuk digunakan dan dapat dimanfaatkan oleh pengguna lain yang mempelajarkan materi yang sama karena LKPD ini tersedia dalam bentuk digital pada weblog.
Uji Kelayakan Multimedia Interaktif Sosiologi Berbasis Android Untuk Peserta Didik Kelas XI SMA N 1 Painan Windri Wisti; Ike Sylvia
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 2 No 4 (2021): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (June 2021)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v2i4.124

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kelayakan dari hasil pengembangan multimedia interaktif yang dikembangkan untuk pembelajaran sosiologi kelas XI pada materi integrasi sosial. Kelayakan multimedia interaktif ini diketahui berdasarkan penilaian ahli. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau research and development. Penelitian ini mengadaptasikan prosedur pengembangan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis, desain, development, implementasi dan evaluasi. Uji kelayakan pada multimedia interaktif ini dilakukan dengan menggunakan angket validasi yang di peroleh dari penilaian tiga orang ahli. Berdasarkan hasil penilaian dari ahli terhadap multimedia interaktif sosiologi diketahui persentase yang diperoleh dari ahli media adalah 91,55% termasuk pada kategori “sangat layak”, dari penilaian ahli materi diperoleh 77,61% termasuk pada kategori “layak” dan dari ahli sosal yaitu 91,77% yang termasuk pada kategori “sangat layak”.
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMAN 5 Bengkulu Utara Berkah Adityo; Junaidi Junaidi
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 2 No 4 (2021): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (June 2021)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v2i4.125

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan penggunaan media pembelajaran monopoli dalam pembelajaran sehingga mampu meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) model 4D, dengan empat langkah utama yang terdiri atas pendefinisian, perencanaan, pengembangan, dan penyebarluasan. Sampel dari penelitian ini adalah 32 siswa kelas X IPS 4 SMA N 5 Bengkulu Utara. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi media, lembar validasi materi, angket respon/praktikalitas siswa atas media pembelajaran monopoli dan soal pree-test dan post-test siswa. Data dari pelaksaaan pembelajaran ini dianalisis menggunakan pedoman kriteria penelitian dalam bentuk presentase. Sedangkan data pre-test dan post-test dianalisa menggunakan T-hitung & dari T-tabel. Berdasarkan hasil uji efektifitas t-hitung sebesar 34,40 dan t-tabel dengan df=N-1 atau 32-1=31 dengan = 0,05 maka t-tabel 2,036 sehingga t-hitung > dari t-tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran monopoli layak digunakan sebagai media pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran Sosiologi dengan hasil validitas sebesar 93% yang berarti “Sangat Layak”, serta hasil praktikalitas media sebesar 82% yang berarti “Baik”.
Pengembangan Blog Modul Sosiologi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X IPS di SMA N 2 Bilah Hulu Erliza Khairiyah; Reno Fernandes
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 2 No 4 (2021): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (June 2021)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v2i4.127

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan blog modul sosiologi dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas X IPS di SMA N 2 Bilah Hulu yang berjumlah 30 siswa. Teori yang digunakan untuk menganalisis adalah teori konstruktivistik yang dikemukakan oleh Piaget. Penelitian ini berjenis research and development dengan model pengembangan 4D. Tahapan penelitian ini meliputi: (1) define/ pendefinisian, (2) design/ perancangan, (3) development/ pengembangan, dan (4) disseminate/ penyebaran. Penelitian ini menggunakan angket sebagai alat untuk menguji kelayakan blog modul yang diperoleh dari ahli materi, ahli media, dan siswa. Hasil analisis data menunjukkan blog modul yang dikembangkan layak digunakan, dilihat dari validasi ahli media mendapatkan hasil sebesar 82% “sangat layak” dan validasi ahli materi mendapatkan hasil sebesar 85% “sangat layak”. Hasil menunjukan minat belajar siswa meningkat setelah mengunakan blog modul sosiologi dilihat dari hasil angket siswa sebesar 81,29% “sangat layak”.
Efektivitas E-Modul Berbasis Anyflip untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Materi Peserta Didik pada Materi Nilai dan Norma Sosial Kelas X di SMA N 3 Payakumbuh Arena Santika; Ike Sylvia
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 2 No 4 (2021): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (June 2021)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v2i4.128

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya kemampuan kognitif peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul elektronik (e-modul) yang efektif meningkatkan kemampuan penguasaan materi peserta didik pada pembelajaran sosiologi SMA khusunya keals X. E-modul yang dimaksud dalam penelitian ini adalah e-modul berbasis anyflip yang efektif digunakan oleh peserta didik. Untuk menguji efektifitas tersebut peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain one group pretest and posttest design. E-modul berbasis anyflip yang dihasilkan ini dapat dilihat keefektifannya melalui hasil belajar peserta didik dalam meningkatkan penguasaan materi melalui soal pretest-posttest. Uji coba dilakukan pada peserta didik kelas X IPS 4 di SMA N 3 Payakumbuh, dengan jumlah sampel sebanyak 34 orang. Dapat dilihat dari perbedaan rata-rata hasil nilai pretest sebesar 72,82 dan rata-rata hasil posttest sebesar 87,05. Analisa data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas data, uji homogenitas data dan uji hipotesis. Hasil uji normalitas dan homogenitas memperlihatkan data pretest dan posttest normal dan homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan formula uji t (t-test) yang memperlihatkan nilai t hitung yang diperoleh adalah 1,80 dan nilai t tabel dengan df 66 adalah 1,671, sehingga nilai t hitung > t tabel. Hasil ini memperlihatkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan e-modul berbasis anyflip pada pembelajaran sosiologi SMA kelas X IPS 4 materi nilai dan norma sosial terhadap hasil belajar mereka. Artinya penggunaan e-modul berbasis anyflip pada pembelajaran sosiologi SMA kelas X materi nilai dan norma sosial efektif dan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas X IPS 4 SMAN 3 Payakumbuh, khususnya materi nilai dan norma sosial.
Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X IIS Mata Pelajaran Sosiologi Semester Ganjil Tahun Ajaran 2020/2021 Di SMAN 10 Padang Atika Permata Bunda; Junaidi Junaidi
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 2 No 4 (2021): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (June 2021)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v2i4.130

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas X IIS mata pelajaran sosiologi pada tahun ajaran 2020/2021 di SMAN 10 Padang. Hal ini berbeda dengan hasil belajar sosiologi peserta didik di kelas XII dan XI IIS yang tinggi, padahal pembelajaran sosiologi dibelajarkan oleh satu guru yang sama untuk semua tingkatan kelas. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas X IIS mata pelajaran sosiologi di SMAN 10 Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan tipe penelitian studi kasus, pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan selama berada di lapangan yaitu di SMAN 10 Padang, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik kelas X IIS yaitu: (1) Tidak efektifnya pembelajaran selama daring, (2) Kebijakan Pemerintah dalam penerimaan peserta didik baru melalui sistem zonasi.
Efektivitas Modul Dalam Pembelajaran Sosiologi Berbasis Weblog Terhadap Peningkatan Pemahaman Materi Peserta Didik di SMAN 6 Kota Jambi Yumna Aulia Putri; Ike Sylvia
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 2 No 4 (2021): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (June 2021)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v2i4.131

Abstract

Sebelum abad 21, modul banyak berbentuk hardcopy. Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), maka pada abad 21 pembelajaran dengan metode hardcopy berubah pada pembelajaran online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu peserta didik pada saat memahami materi dalam memecahkan masalah berdasarkan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan rancangan penelitian one group pretest-posttest design. Pengumpulan data dilakukan dengan bantuan instrumen soal berupa pretest dan posttest. Sumber data penelitian ini berasal langsung dari peserta didik kelas XI SMAN 6 Kota Jambi. Subjek penelitian sebanyak 35 peserta didik kelas XI IPS 3 dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Setelah dilakukan tes normalitas dan homogenitas maka untuk analisis data efektifitas modul pada pembelajaran sosiologi berbasis weblog dilakukan dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan modul pada pembelajaran sosiologi berbasis weblog terbukti efektif sesuai dengan hasil pengujian empiris.

Page 1 of 2 | Total Record : 12