cover
Contact Name
Rizky Kusuma Wardani
Contact Email
rizky.10107@gmail.com
Phone
+6282231112712
Journal Mail Official
penakarakter.stkiph@gmail.com
Editorial Address
Jl. Kebonsari Elveka V, Kel. Kebonsari, Kec. Jambangan, Kota Surabaya, Jawa Timur 60232
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pena Karakter : Jurnal Pendidikan Anak dan Karakter
ISSN : 26543001     EISSN : 26549727     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pena Karakter is a scientific publication journal in the form of educational, teaching, character, motoric, assessment, theory in elementary school learning, literature studies, critical analysis in the field of elementary school teacher education, misconception, application of concepts from scientific education, social education, civic education, Indonesian Language, Mathematics, and elementary school art and culture, as well as the integration of Islamic values in learning in elementary schools.
Articles 1 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 1 (2025): Vol. 7 No. 1 (2025): Jurnal Pena Karakter: Jurnal Pendidikan Anak dan Karakter" : 1 Documents clear
PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS: TINJAUAN PADA MAHASISWA CALON GURU SEKOLAH DASAR Syarifuddin, Azhar; Najih, Ahmad Rif'an
Jurnal Pena Karakter: Jurnal Pendidikan Anak dan Karakter Vol. 7 No. 1 (2025): Vol. 7 No. 1 (2025): Jurnal Pena Karakter: Jurnal Pendidikan Anak dan Karakter
Publisher : STKIP AL HIKMAH SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62426/md8vm427

Abstract

Termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa calon guru SD. Penelitian dilaksanakan di STKIP AL Hikmah Surabaya dengan subyek terdiri dari 1 mahasiswa kemampuan tinggi, 2 mahasiswa kemampuan sedang dan 1 mahasiswa kemampuan rendah. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan wawancara yang kemuidan hasilnya dianalisis berdasarkan tahapan pemecahan masalah Polya. Hasil tes dan wawancara menunjukkan perbedaan kemampuan siswa dalam menjalankan tahapan pemecahan masalah menurut Polya. Siswa berkemampuan tinggi mampu menjalankan hampir semua tahap dengan baik, kecuali evaluasi akhir yang belum dilakukan secara mandiri. Siswa berkemampuan sedang memahami soal secara umum dan dapat menyusun strategi, namun sering melakukan kesalahan prosedur dan masih bergantung pada umpan balik untuk mengevaluasi jawaban. Sementara itu, siswa berkemampuan rendah mengalami kesulitan sejak tahap awal, mulai dari memahami soal hingga menyusun strategi dan melakukan perhitungan.

Page 1 of 1 | Total Record : 1