cover
Contact Name
Melinda Rismawati
Contact Email
melris_l@yahoo.com
Phone
+6282255970106
Journal Mail Official
jjpimat@gmail.com
Editorial Address
Prodi Pendidikan Matematika STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Jl. Pertamina KM 4, Sengkuang, Kecamatan Sintang, Kapuas Kanan Hulu, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat
Location
Kab. sintang,
Kalimantan barat
INDONESIA
J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : -     EISSN : 26847981     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal of Mathematics Education (J-PiMat) (e-ISSN: 2684-7981) is a scientific journal that publishes scientific articles from research, literature studies, ideas, theoretical applications, critical analysis studies, and class action studies in the science of Mathematics Education. J-PiMat publishes twice a year, May and November, published by the Mathematics Education Program, Teacher Training and Education Faculty, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Indonesia.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2019): J-PiMat" : 6 Documents clear
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SD KELAS III MEGGUNAKAN PEMBELAJARAN CTL Melinda Rismawati; Yunista Yunista
J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2019): J-PiMat
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika STKIP Persada Khatu;istiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.347 KB) | DOI: 10.31932/j-pimat.v1i1.404

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian  pada  Siswa Kelas III C SD Negeri 20 Mambok Tahun Pelajaran 2018/2019  menggunakan  pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri  dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III C SD Negeri 20 Mambok Tahun Pelajaran 2018/2019  yang berjumlah 28 orang siswa. Sumber data berasal dari siswa  kelas III C, guru kelas III C, kegiatan pembelajaran, dan dokumen. Alat pengumpul data yang  digunakan yaitu lembar observasi (guru dan siswa), soal tes, dan lembar angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran CTL  dapat meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Siswa . Aktivitas belajar siswa pada siklus I diperoleh rerata sebesar 89%  dengan  kriteria sangat baik. Pada siklus II hasil aktivitas siswa diperoleh rerata sebesar 94,5% dengan kriteria sangat baik. Pemahaman konsep siswa  pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 25,92% . Sedangkan respon siswa terhadap pembelajaran CTL  sangat baik. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran  CTL diperoleh rerata sebesar 97,2% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, disimpulkan secara umum bahwa penerapan  pembelajaran  CTL  dapat meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian siswa  kelas III C SDN 20 Mambok Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata Kunci: CTL,  Pemahaman Konsep, Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian.
ANALISIS MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 4 SIRANG SETAMBANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Olenggius Jiran Dores; Fatkhan Amirul Huda; Rusita Riana
J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2019): J-PiMat
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika STKIP Persada Khatu;istiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (130.947 KB) | DOI: 10.31932/j-pimat.v1i1.408

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika di kelas IV SD Negeri 4 Sirang Setambang. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan peneliti, salah satu penyebabnya adalah rendahnya minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika, untuk mengungkapkan faktor-faktor pendukung dan penghambat minat belajar siswa serta untuk menjelaskan upaya-upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi faktor penghambat minat belajar tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 17 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, lembar wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN NO 4 Sirang Setambang  berada pada kategori baik dengan rata-rata hasil observasi sebesar 68,24%. Faktor pendukung minat belajar siswa adalah motivasi belajar siswa, adanya arahan dan dorongan belajar yang diberikan oleh guru, lingkungan belajar yang tenang, dan perlengkapan belajar yang lengkap. Faktor penghambat minat belajar siswa kondisi kelas yang ramai, siswa memiliki kesibukan sendiri pada saat guru menjelaskan materi dan siswa yang tidak memiliki kesiapan untuk belajar dalam perlengkapan belajarnya tidak lengkap. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi faktor penghambat minat belajar adalah guru memberikan motivasi kepada siswa saat pelajaran akan dimulai serta arahan dan dorongan pada saat pembelajaran sedang berlangsung. Kata Kunci: Minat  Belajar, Matematika, Siswa
PENERAPAN MULTIMETODE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MAHASISWA Anita Sri Rejeki Hutagaol; Melinda Rismawati
J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2019): J-PiMat
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika STKIP Persada Khatu;istiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.739 KB) | DOI: 10.31932/j-pimat.v1i1.409

Abstract

Pemahaman konsep merupakan hal yang sangat penting dalam mempelajari matematika. Dengan pemahaman konsep yang dalam, siswa akan dapat mengembangkan kemampuan penalaran matematis serta dapat memecahkan masalah matematis dengan mudah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis mahasiswa S1 Prodi PGSD dengan menggunakan multimetode. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang teridi dari 2 siklus`dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah mahasiswa S1 prodi PGSD kelas Mipa Semester 6 yang berjumlah 38 mahasiswa. Sumber data yang digunakan yaitu: lembar observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Tekhnik analisis data menggunakan model interaktif yang terdiri dari: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan multimetode, pemahaman konsep matematis mahasiswa mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan pada siklus 1 pemahaman konsep matematis mahasiswa mencapai 77 % dan pada siklus 2 mencapai 100% sehingga peningkatan pemahaman dari siklus 1 ke siklus 2 adalah 23%.  Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematis, Multimetode
MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA Andri Andri; Ratih Sarni Purwanti
J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2019): J-PiMat
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika STKIP Persada Khatu;istiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (145.377 KB) | DOI: 10.31932/j-pimat.v1i1.407

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa menggunakan model NHT (Number Heads Together) pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SDN 01 Ketungau Hilir Tahun Pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui  observasi, pengukuran, teknik komunikasi tidak langsung dan dokumentasi. Alat pengumpulan data adalah lembar observasi, soal tes, dan lembar angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I minat belajar siswa dengan rata-rata 34,17 dan ketuntasan klasikal sebesar 55,17% serta hasil belajar siswa siklus I rata-rata 39,46 dengan ketuntasan klasikal 32,14%. Pada siklus II minat belajar mencapai 45,96 dengan ketuntasan klasikal sebesar 77,38%. Dan hasil belajar siswa pada siklus II dengan rata-rata 80,89 dan ketuntasan klasikal sebesar 92,85%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan model NHT (Number Heads Together) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas V SDN 01 Ketungau Hilir Tahun Pelajaran 2018/2019.                                          Kata Kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar, dan Model NHT
PENDEKATAN CTL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA Beni Setiawan; Lonardus Hendri
J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2019): J-PiMat
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika STKIP Persada Khatu;istiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (107.983 KB) | DOI: 10.31932/j-pimat.v1i1.406

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kemampuan berfikir kritis siswa pada materi FPB dan KPK siswakelas VI SD Negeri 14 Empaci. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi FPB dan KPK denganpenerapanpendekatankontektual di kelas VI SD Negeri 14 Empaci.Metodepenelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar berdasarkan kriteria kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan. Kemamuan berfikir Kritis siklus I dengan rata-rata 71 dan persentase ketuntasan klasikal mencapai 57,14%. Kemampuan berfikir kritis siklus II dengan rata-rata 87,62 dan ketuntasan klasikal mencapai 90,48%. Disimpulkan penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi FPB dan KPK di kelas VI SD Negeri 14 Empaci Tahun Pelajaran 2018/2019. Disimpulkan penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi FPB dan KPK di kelas VI SD Negeri 14 Empaci Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata Kunci: Pendekatan Kontekstual, Kemampuan Berpikir Kritis, Matematika
PENGEMBANGAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DI SMA Nurapni Sopia; Sugiatno Sugiatno; Agung Hartoyo
J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2019): J-PiMat
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika STKIP Persada Khatu;istiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.381 KB) | DOI: 10.31932/j-pimat.v1i1.405

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menganalisis: (1) pemahaman konseptual matematis siswa dalam pembelajaran dengan pendekatan problem solving, (2) perbedaan pemahaman konseptual matematis antara siswa tingkat kemampuan atas, menengah dan bawah yang memperoleh pembelajaran matematika dengan pendekatan problem solving, (3) disposisi matematis siswa dalam pembelajaran dengan pendekatan problem solving, dan (4) kontribusi pendekatan  problem solving terhadap perkembangan kemampuan pemahaman konseptual dan disposisi matematis siswa.Tujuan tersebut dicapai melalui rancangan one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Harapan di Kabupaten Landak tahun pelajaran 2016/2017 dengan sampel sebanyak 30 orang dari 3 kelas yang diambil secara acak (random sampling). Perolehan data pemahaman konseptual melalui tes dan dianalisis menggunakan uji parametrik sedangkan data disposisi matematis dikumpulkan melalui angket.Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa disimpulkan bahwa pembelajaran melalui pendekatan problem solving berkontribusi terhadap pemahaman konseptual dan disposisi matematis siswa. Kata Kunci: Pemahaman Konseptual, Disposisi Matematis, Pendekatan Problem Solving

Page 1 of 1 | Total Record : 6