cover
Contact Name
Eka Askafi
Contact Email
ekaaskafi@uniska-kediri.ac.id
Phone
+6281335578555
Journal Mail Official
jurnalrevitalisasi@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sersan Suharmaji Nomor. 38, Manisrenggo, Kecamatan, Kota Kediri, Kediri, Jawa Timur 64128
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
Revitalisasi : Jurnal Ilmu Manajemen
ISSN : 23015179     EISSN : 26571684     DOI : https://doi.org/10.32503
Core Subject : Economy,
Jurnal REVITALISASI mulai tahun 2019 terbit 2 (dua) kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember, jurnal ini dimaksudkan sebagai sarana publikasi karya ilmiah para pakar, peneliti dan ahli dalam bidang yang terkait dengan masalah manajemen.
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 3 (2016): REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen" : 14 Documents clear
OPTIMALISASI PEMUNGUTAN PAJAK DAERAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH ( STUDI KASUS DI DINAS PENDAPATAN KOTA KEDIRI) Heri Suwanto
REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen Vol 5 No 3 (2016): REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen
Publisher : Universitas Islam Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.751 KB) | DOI: 10.32503/revitalisasi.v5i3.484

Abstract

Sektor pajak daerah adalah Salah satu Pendapatan Asli Daerah. Dan pajak daerah merupakan salah satu sumber penerimaan utama bagi daerah dalam rangka pembiayaan pembangunan yang mandiri serta membiayai penyelenggaraan kegiatan dan kebutuhan pembelanjaan rutin kabupaten atau kota. Oleh karena itu, jumlah penerimaan dari sektor pajak harus senantiasa diupayakan meningkat sesuai dengan ketentuan peraturan Perundang-undangan perpajakan, maka pemerintah dalam realisasinya selalu berupaya melakukan perubahan berupa penambahan, pembaharuan ataupun penyesuaian dari undang - undang yang berlaku dari waktu ke waktu.Penelitian ini bertujaun untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pemungutan pajak daerah di Kota Kediri pada periode tahun 2013 - 2015 serta untuk mendiskripsikan kendala yang dihadapi oleh Dinas Pendapatan Kota Kediri dalam melakukan pemungutan pajak daerah serta bagaimana solusinya agar pemungutan pajak daerah tersebut bisa optimal sehingga dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Dalam kurun waktu tiga tahun (2013-2015) Pemerintah Kota Kediri selalu menaikkan target penerimaan Pajak Daerah sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah dan dalam kurun waktu tersebut Dinas Pendapatan Kota Kediri mampu/ berhasil merealisasikan target tersebut. Potensi Pajak Daerah di Kota Kediri yang paling besar adalah Pajak Penerangan jalan, Pajak Bumi dan Bangunan, Pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan . Adapun tata cara pemungutan Pajak Daerah di Kota Kediri melalui beberapa tahap, secara berurutan yaitu pendaftaran, pendataan, penetapan pajak, pembayaran dan penagihan. Sedangkan Kendala-kendala yang dihadapi Dinas Pendapatan Kota Kediri dalam melakukan pemungutan Pajak Daerah selama 3 tahun (2013 – 2015) antara lain: Tingkat kepatuhan atau kesadaran Wajib Pajak yang masih rendah dalam membayar pajak, Wajib Pajak kurang terbuka dalam memberikan data-data perpajakan yang diperlukan oleh petugas pada saat pendaftaran dan pendataan, Data perpajakan yang diperoleh dari Wajib Pajak belum akurat, serta Masih Minimnya jumlah tenaga Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS). Adapun solusi-yang diambil dalam menyelesaikan kendala tersebut antara lain: Melakukan penyuluhan-penyuluhan dan sosialisasi tentang masalah perpajakan beserta peraturan perundang-undangannya kepada masyarakat khususnya para Wajib Pajak, Khusus untuk Pembayaran PBB Dinas pendapatan Kota Kediri juga memberikan kemudahan bagi Wajib Pajak untuk membayar pajaknya dengan menyediakan Tempat Pembayaran di masing-masing kelurahan serta serta menyediakan kas keliling ke perumahan dan kampung kampung dengan menggunakan mobil kas keliling program ini disebut Ledang, Dinas pendapatan Kota Kediri juga mengadakan bulan panutan yang menyediakan door prize berupa hadiah yang menarik bagi wajib pajak PBB yang lunas sebelum jatuh tempo yang tujuannya untuk merangsang wajib pajak supaya bayar pajak, Melakukan pendaftaran serta pendataan ulang secara cermat, teliti dan jeli terhadap Wajib Pajak beserta objek pajaknya, jangan sampai ada objek pajak baru yang terlewatkan (tidak terdata) atau ada objek pajak lama yang sudah tidak ada tetapi masih terdata yang menyebabkan data menjadi tidak akurat,Ekstensikasi juga salah satu cara Dinas Pendapatan Kota Kediri dalam mencari sumber-sumber pajak yang baru yang ada di Kota Kediri agar Dinas Pendapatan Kota Kediri tidak terpaku atau hanya berharap itu-itu saja yang sudah ada jadi dari pihak Dinas Pendapatan Kota Kediri sendiri punya cara untuk mencari sumber-sumber potensi baru Contohnya yang sudah sah bagi wajib pajak yaitu: pajak Rumah Kos ini sumber potensi baru yang Dinas Pendapatan Kota Kediri pungut di Kota Kediri dan ini dijalankan sesuai dengan UU 28 Tahun 2009 , serta Melaksanakan studi banding ke daerah lain yang telah lebih dahulu berhasil, khususnya dalam pengumpulan PAD, dan mampu melakukan pemungutan Pajak Daerah secara lebih optimal daripada Kota Kediri dengan tujuan mempelajari mekanisme/ tata cara pemungutan Pajak Daerah yang efektif kemudian diaplikasikan di wilayah Kota Kediri.
PENGARUH BURNOUT SYNDROME TERHADAP PROSES ASUHAN KEPERAWATAN (STUDI PADA PERAWAT RUMAH SAKIT MEDIKA UTAMA BLITAR) Cipta Perdana Wijaya
REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen Vol 5 No 3 (2016): REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen
Publisher : Universitas Islam Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (229.64 KB) | DOI: 10.32503/revitalisasi.v5i3.475

Abstract

This research was to examine the effect of burnout syndrome on the nursing procces. Burnout syndrome was a complex criteria which not only on the physiological and psychological fatigue but also dominant conjunction with a decreasing in physical performance, their fatigue feeling, decreasing motivation and work productivity. Continously Physical activity and concentration can be measured with the physiological changes in the body that decreasing time reaction and the psychological changes that their feelings of fatigue, especially for Indonesian workers. Fatigue can be caused by several factors, among others shift rotation, individual factors (health/disease, gender, age, education, workload, life style and nutritional status) and physical environment factors (noise, light, temperature and heat stress, vibration and ventilation). The research used quantitative with descritive design, enrolled from July to August 2016. This study sample comprised of 26 respondents which included in inclution criteria. The independent variable was burnout syndrome whereas the dependent variables were nursing procces. The data had been proccesed in simple regression test with significant level of p < 0,05. The result of this research was the majority of the nurse, burnout syndrome occured in the emotional exhaustion dimention. Burnout Syndrome could affect the process of nursing care to nurses in the Medika Utama Hospital Blitar. Burnout Syndrome affects the nursing care procces in the data collection/assessment procces, nursing diagnosis process, implementation of nursing procces and nursing documentation process. Based on the reseach results, we could conclude that burnout syndrome had a significant effect in nursing procces. To avoid the significant effect of burnout syndrome, the nurses of Medika Utama Hospital better organize their physical force in order to be ready to work at any time. Used the free time and days off for rest. There should be a policy for the regulation of shift work by not allowed a nurse to work more shifts (morning shift continued to afternoon shift) by exchanging office hours.
KUALITAS KEPALA SEKOLAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 1 KEDIRI A. Hafidz Muzakki
REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen Vol 5 No 3 (2016): REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen
Publisher : Universitas Islam Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.453 KB) | DOI: 10.32503/revitalisasi.v5i3.480

Abstract

Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kemampuan kepala sekolah dalam meningkatkan pencapaian mutu pendidikan. Berangkat dari tujuan fokus penelitian ini dirumuskan bagaimana kualitas kepala sekolah serta bagaimana upaya yang dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidika. Penelitian ini menekankan pada masalah proses, maka jenis penelitian dan strategi yang terbaik adalah penelitian kualitatif. Fokus penelitian ini kepada kepala sekolah serta mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Kediri. Pelaksanaan Kepemimpinan Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Kediri dilihat dari aspek pendidikan, pengalaman kerja, pengalaman organisasi, pengalaman jabatan dan penilaian kinerja kepala sekolah menunjukkan kemampuan saling mendukung dalam menjalankan tugasnya sebagai Kepala Sekolah Kepala sekolah SMP Negeri 1 Kediri yang menunjukkan komitmen tinggi dan fokus terhadap pengembangan kurikulum dan kegiatan belajar mengajar di sekolahnya akan sangat memperhatikan tingkat kompetensi yang dimiliki gurunya, sekaligus berusaha memfasilitasi dan mendorong agar para guru dapat secara terus menerus meningkatkan kompetensinya, sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan efektif dan efisien. Berdasarkan hal tersebut, penulis memperoleh beberapa catatan positif yang dapat disimpulkan yaitu bahwa : seorang kepala sekolah dalam menjalankan fungsinya sebagai pemimpin baik itu sebagai Edukator, Manajer, Administrator, Supervisor, Leader, Inovator dan Motivator dapat berjalan dengan baik dan berhasil baik perlu disertai dengan tekad, semangat, kompetensi/kemampuan diri, serta suatu keberanian untuk menggunakan kekuatan (Strength), menghadapi hambatan (Weaknesses), memanfaatkan peluang (Opportunities), dan menghadapi tantangan (Threats), disamping itu harus memiliki kemampuan untuk menjalin hubungan dengan stakeholder yang ada. Standar mutu pendidikan yang dikeluarkan oleh pemerintah tertuang dalam Permendiknas Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 35 bahwa Standar Nasional Pendidikan terdiri atas standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, standar penilaian pendidikan. Dalam pencapaian prestasi, sekolah membuat berbagai program yang dikemas melalui pembinaan dan kegiatan bersifat intra maupun ekstra kurikuler juga melalui bimbingan karier.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN DISIPLIN KERJA KARYAWAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RSGM IIK BHAKTI WIYATA KEDIRI Richa Rochmani; Arisyahidin Arisyahidin
REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen Vol 5 No 3 (2016): REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen
Publisher : Universitas Islam Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.609 KB) | DOI: 10.32503/revitalisasi.v5i3.485

Abstract

The need for hospital care quality more and more increases with economy and degrees community health. In last few years industry hospitals have undergo development enough with the rules and constitution aimed at fuel investment and created the business condition and services hospital better. This research is motivated researcher observations and experiences, especially that of RSGM IIK BHAKTI WIYATA KEDIRI. Patients who are less sensitive in terms of quality of service and low sense of employee discipline in obeying the rules. The aim of this study is (1) Is the quality of health care insurance in effect on patient satisfaction in RSGM IIK (2) Is the employee disciplinary effect on patient satisfaction in RSGM IIK. The method used is a quantitative with descriptive method of analysis design crossectional , the number of respondents were 100 people. Where the data obtained will be calculated using the formula and test the statistical analisisa. Conclusion The results of this study were (1) Variable quality of service (X1) to simultaneously deliver significant influence on patient satisfaction in RSGM IIK with a probability value of b1 is 0.344. (2) Variable discipline employees (X2) simultaneously providing significant influence on patient satisfaction in RSGM IIK with a probability value of b2 is 0.300. Conclusions based on these results, it is recommended: (1) quality of service influence to satisfaction to the patient. (2) discipline employee influence satisfication patient.
PENGARUH KOMPENSASI,GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAPKINERJA TENAGA PEMASAR PADA PT BRI (Persero), Tbk KANTOR CABANG JOMBANG Ike Mega Irawati
REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen Vol 5 No 3 (2016): REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen
Publisher : Universitas Islam Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.927 KB) | DOI: 10.32503/revitalisasi.v5i3.476

Abstract

Perusahaan perlu melakukan strategi yang tepat untuk mengoptimalkan pengelolaan sumber daya manusia agar dihasilkan sumber daya manusia yang kompeten sehingga nantinya dapat meningkatkan kinerja dari individu khususnya tenaga pemasar dan kinerja perusahaan. Pemberian kompensasi sangat penting bagi karyawan, karena besar kecilnya kompensasi merupakan ukuran terhadap prestasi kerja karyawan. Selain kompensasi, cara seseorang dalam memimpin juga akan sangat berpengaruh pada respon pengikutnya, respon itu akan ditunjukkan dalam kinerja dan komitmen karyawan dalam melakukan pekerjaannya. Pemimpin akan mempengaruhi komitmen organisasional dan kinerja karena mereka dapat memimpin karyawan untuk mencapai hasil dari tujuan organisasi. Selain kompensasi dan gaya kepemimpinan, motivasi kerja juga merupakan faktor pendukung dalam keberhasilan suatu perusahaan. Motivasi sebagai proses psikologi yang timbul diakibatkan oleh faktor dari dalam diri seseorang itu sendiri (instrinsik) dan faktor dari luar diri (ekstrinsik). Faktor intrinsik berupa kepribadian, sikap, pengalaman, pendidikan, harapan, cita-cita yang menjangkau masa depan, sedangkan faktor ekstrinsik ditimbulkan oleh berbagai sumber seperti pengaruh pemimpin, kolega atau faktor-faktor lain yang sangat kompleks. Penelitian ini akan mencoba untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompensasi, gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja tenaga pemasar. Tenaga pemasar menempati ujung tombak di bidang perbankan terutama dalam kegiatan penyaluran kredit.Peran tenaga pemasar sangat pentig dalam meningkatkan pertumbuhan penjualan. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan dilaksanakan pada 133 tenaga pemasar PT BRI (Persero), Tbk kantor cabang Jombang. Analisis data pada penelitian ini menggunakan bantuan SPSS versi 22. Teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas dengan analisis faktor, uji reliabilitas dengan Alpha Cronbach. Uji asumsi klasik dan analisis regresi liner berganda, untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian. Hasil analisis menunjukkan bahwa kompensasi berpengaruh positif terhadap kinerja tenaga pemasar, gaya kepemimpinan berpengaruh positif terhadap kinerja tenaga pemasar. Dan motivasi berpengaruh positif terhadap kinerja tenaga pemasar
PENGARUH BRAND EQUITY (EKUITAS MEREK) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE SAMSUNG ANDROID (Studis kasus Karyawan di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri) Jevti Novita Wati
REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen Vol 5 No 3 (2016): REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen
Publisher : Universitas Islam Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.776 KB) | DOI: 10.32503/revitalisasi.v5i3.481

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas loyalitas merek, kesadaran merek, kualitas merek dan kesan merek terhadap keputusan pembelian handphone samsung android. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi variabel bebas yakni loyalitas merek (X1), kesadaran merek (X2), kualitas merek (X3) dan kesan merek (X4), sedangkan variabel terikatnya adalah keputusan pembelian (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian korelatif deskriptif dengan populasi karyawan fakultas ilmu kesehatan Universitas Kadiri dan populasi 73 responden. Dengan menggunakan instrumen berupa angket atau kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Bahwa (a) secara keseluruhan kondisi atau gambaran brand equity meliputi loyalitas merek, kesadaran merek, kualitas merek, dan kesan merek pada karyawan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri berada pada posisi mendukung terhadap keputusan pembelian Handphone Samsung Android; (b) Gambaran keputusan pembelian terhadap Handphone Samsung Android pada karyawan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri berada paada kondisi yang sangat baik dalam membentuk brand equity Handphone Samsung Android; (c) secara bersama (simultan) variabel bebas terdiri dari loyalitas merek (X1), kesadaran merek (X2), kualitas merek (X3), kesan merek (X4), berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian Handphone Samsung Android (Y) pada mahasiswa di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi variabel bebas yakni loyalitas merek (X1), kesadaran merek (X2), kualitas merek (X3) dan kesan merek (X4), sedangkan variabel terikatnya adalah keputusan pembelian (Y). Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian korelatif deskriptif dengan populasi karyawan fakultas ilmu kesehatan Universitas Kadiri dan populasi 73 responden. Dengan menggunakan instrumen berupa angket atau kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Bahwa (a) secara keseluruhan kondisi atau gambaran brand equity meliputi loyalitas merek, kesadaran merek, kualitas merek, dan kesan merek pada karyawan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri berada pada posisi mendukung terhadap keputusan pembelian Handphone Samsung Android; (b) Gambaran keputusan pembelian terhadap Handphone Samsung Android pada karyawan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri berada paada kondisi yang sangat baik dalam membentuk brand equity Handphone Samsung Android; (c) secara bersama (simultan) variabel bebas terdiri dari loyalitas merek (X1), kesadaran merek (X2), kualitas merek (X3), kesan merek (X4), berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian Handphone Samsung Android (Y) pada mahasiswa di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kadiri.
PENGARUH MOTIVASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI SMA NEGERI 1 PONGGOK KABUPATEN BLITAR Khoirul Anam; Abu Talkah
REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen Vol 5 No 3 (2016): REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen
Publisher : Universitas Islam Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.681 KB) | DOI: 10.32503/revitalisasi.v5i3.472

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai di SMA Negeri 1 Ponggok Kabupaten Blitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variabel Motivasi (X1) dan variabel lingkungan kerja (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Pegawai (Y). Hal ini didasarkan pada hasil uji t, bahwa Variabel motivasi dengan nilai t - hitung 3,326. lebih besar daripada t - tabel sebesar 1,667. Derajat signifikansi dengan nilai probabilitas 0,002 lebih kecil daripada 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa variabel motivasi (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kinerja (Y). Disamping itu variabel lingkungan kerja dengan nilai t – hitung 1,758 lebih besar daripada niali t – tabel 1,667. Derajat signifikansi,dgm nilai probabilitas 0,000 lebih kecil daripada 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa variabel lingkungan kerja (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pegawai (Y). Koefisien determinasi (R2) sebesar 320 yang mengindikasikan bahwa sebesar 32,00 % kinerja pegawai atau karyawan dipengaruhi oleh variabel motivasi dan lingkungan kerja. Sedangkan sisanya sebesar 68,00 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini.
PENGARUH SERTIFIKASI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM AL AZHAAR TULUNGAGUNG Siti Khoirunisa'
REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen Vol 5 No 3 (2016): REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen
Publisher : Universitas Islam Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.572 KB) | DOI: 10.32503/revitalisasi.v5i3.477

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Pengaruh Sertifikasi dan Motivasi terhadap Kinerja Guru Lembaga Pendidikan Islam Al Azhaar Tulungagung”. Motivasi kerja merupakan salah satu hal yang mempengaruhi kinerja karyawan di sebuah perusahaan. Karyawan dengan motivasi kerja yang baik akan memiliki kinerja yang baik pula, sebaliknya karyawan dengan motivasi kerja yang rendah juga akan memiliki kinerja yang rendah dan akibatnya produktivitas kerja juga akan rendah. Perusahaan perlu mengadakan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan motivasi dan efektifitas kerja karyawan sehingga kinerja karyawan akan tetap baik. Sertifikasi dan Motivasi merupakan upaya yang dapat meningkatkan motivasi kerja karyawan sehingga kinerja mereka juga akan menjadi baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sertifikasi dan motivasi, baik secara simultan maupun parsial terhadap kinerja guru Lembaga Pendidikan Islam Al Azhaar Tulungagung setelah diberikannya sertifikasi dan motivasi serta untuk mengetahui variabel manakah yang lebih dominan antara sertfikasi dan motivasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif, yaitu bagaimana variabel – variabel yang diteliti menjelaskan objek yang diteliti melalui data survei yang dikumpulkan dan diolah dengan suatu analisa kualitatif yaitu dengan menggunakan skala likert. Sampel yang dijadikan responden survei dalam penelitian ini berjumlah 85 guru dari 150 guru. Pengambilan sampel tersebut sesuai dengan pedoman penentuan sampel yang dikemukakan oleh Roscoe, yaitu bahwa penentuan besarnya sampel penelitian yang dianggap representatif, jumlahnya harus lebih dari 30 dan lebih kecil dari 500. Data survei diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan SPSS dengan teknik analisis data regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa : Sertifikasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan sebesar 35,98% terhadap kinerja guru di Lembaga Pendidikan Islam Al Azhaar Tulungagung. Motivasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan sebesar 30,39% terhadap kinerja guru di Lembaga Pendidikan Islam Al Azhaar Tulungagung. Sertifikasi dan motivasi secara simultan berpengaruh sebesar 65,5% terhadap kinerja guru di Lembaga Pendidikan Islam Al Azhaar Tulungagung. Sertifikasi merupakan variabel yang paling terhadap kinerja guru di Lembaga Pendidikan Islam Al Azhaar Tulungagung.
PENGARUH EFEKTIVITAS PENERAPAN SISTEM PRESENSI ELECTRONIC DATA CAPTURE (EDC) DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP DISIPLIN KERJA KARYAWAN PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK KANTOR CABANG PARE Nizar Zakaria
REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen Vol 5 No 3 (2016): REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen
Publisher : Universitas Islam Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.658 KB) | DOI: 10.32503/revitalisasi.v5i3.482

Abstract

Penelitian dilakukan di PT Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Pare, dengan focus penelitian yaitu mengetahui dan menganalisa penagaruh penerapan sisten presensi electronic data capture dan budaya organisasi terhadap disiplin kerja karyawan di lingkungan kantor BRI kantor cabang Pare. Penelitian ini menggunakan metode Purposive Sampling. Metode ini dipilih karena pada dasarnya pengambilan sampel dilakukan secara sengaja. Untuk menganalisa pengaruh variabel bebas (Efektivitas dan Budaya Organisasi) terhadap variabel terikat (Disiplin Kerja), maka digunakan analisa Regresi Linier Berganda untuk mengetahui variabel yang paling berpengaruh. Oleh karena populasi 47 orang (kurang dari 100) maka diambil sebanyak sampel atau seluruhnya. Pengambilan sampel dilakukan hanya pada 4 kantor unit, yaitu meliputi Kantor Unit Kandangan, Brumbung, Kepung, dan Puncu. Masing-masing jumlah pegawai setiap kantor berbeda. Hasil penelitian dan pengolahan data kuesioner menunjukkan bahwa, penerapan efektivitas sistem presensi EDC berpengaruh positif dan siginifikan terhadap disiplin kerja, budaya organisasi juga berpengaruh positif terhadap disiplin kerja, sehingga secara bersama-sama kedua variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja pegawai PT Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Pare. Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi berbagai pihak untuk meningkatkan disiplin kerja karyawan. Untuk itu perlu adanya perhatian terhadap budaya organisasi dalam organisasi. Disamping itu, perlu juga dilakukan pengembangan sumber daya, khususnya alat penunjang untuk kerja dalam hal ini adalah mesin EDC agar lebih diperhatikan.
IMPLEMENTASI PERENCANAAN PEMBANGUNAN TAHUN 2015 DI KOTA KEDIRI BERDASARKAN PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 54 TAHUN 2010 Novita Susilowati
REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen Vol 5 No 3 (2016): REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen
Publisher : Universitas Islam Kadiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.937 KB) | DOI: 10.32503/revitalisasi.v5i3.473

Abstract

The purpose of this research include: (1) To know how the process of Development Planning of Kediri City in 2015 based on Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010. (2) Consistency between plans and implementation of the budget of Kediri city in 2015 . (3) to know the strategies of local Government in control and evaluation of the Development Planning of Kediri city in 2015. This research used qualitative method that emphasizes the process of research than it result, so it is not the absolute thruth is sought, but deep understanding of something that is researches. Discriptivelly, it will discribe an object of the reseach deeper namely the implementation of development planning Kediri City in 2015 based on Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010. This results of the research showed that a lot of complexity of the problems in preparation of planning documents, with the result of the consistency between the work plan document and a low budget execution documents implementation do not necessarily indicate poor planning but there are things that underlie to take the policy in the administrative process, financial management and accountablility and public transparency. Governmet of Kediri City in the planning process has been carrying out the stages procedures, control and evaluation in accordance with the regulation of Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010

Page 1 of 2 | Total Record : 14


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 14 No 1 (2025): REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen Vol 13 No 2 (2024): REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen Vol 13 No 1 (2024): REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen Vol 12 No 2 (2023): REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen Vol 12 No 1 (2023): REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen Vol 11 No 2 (2022): REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen Vol 11 No 1 (2022): REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen Vol 10 No 2 (2021): REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen Vol 10 No 1 (2021): REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen Vol 9 No 2 (2020): REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen Vol 9 No 1 (2020): REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen Vol 8 No 2 (2019): REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen Vol 8 No 1 (2019): REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen Vol 7 No 4 (2018): REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen Vol 7 No 3 (2018): REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen Vol 7 No 2 (2018): REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen Vol 7 No 1 (2018): REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen Vol 4 No 4 (2015): REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen Vol 4 No 3 (2015): REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen Vol 4 No 2 (2015): REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen Vol 4 No 1 (2015): REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen Vol 6 No 4 (2017): REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen Vol 6 No 3 (2017): REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen Vol 6 No 2 (2017): REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen Vol 6 No 1 (2017): REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen Vol 5 No 4 (2016): REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen Vol 5 No 3 (2016): REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen Vol 5 No 2 (2016): REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen Vol 5 No 1 (2016): REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen Vol 3 No 4 (2014): REVITALISASI : Jurnal Ilmu Manajemen More Issue