cover
Contact Name
Aris Indriyanti, S.Pd., M.Pd.
Contact Email
aris@stieykp.ac.id
Phone
+6281328025208
Journal Mail Official
primaekonomika@stieykp.ac.id
Editorial Address
Jl. Godean Km 3 Tambak Yogyakarta
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Prima Ekonomika : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
ISSN : 20870817     EISSN : 26214148     DOI : 10.37330/prima-ekonomika
Jurnal Prima Ekonomika merupakan jurnal ilmiah berkala tentang ekonomi dab bisnis. Frekuensi terbit setiap 6 bulan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 10 No. 2 (2019): Prima Ekonomika" : 5 Documents clear
STRATEGI BISNIS TOKO PERSATUAN Kundala, Manendha Maganitri
PRIMA EKONOMIKA Vol. 10 No. 2 (2019): Prima Ekonomika
Publisher : STIE "YKP" YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.048 KB)

Abstract

ABSTRACT The development of the Indonesian economy as a whole after the monetary crisis showed a significant increase, this is shown by the start of the rise of various trading businesses in the community. One such business is the school supplies business. School equipment is a mandatory attribute used by all children who have received formal education in Indonesia. As the business world develops, the school supplies business is no exception, more and more new players will emerge in this business. Increasing the number of business players means increasing the intensity of competition. Because of that condition, the Unity Store must find the right business strategy to win the competition. The Unity Shop is demanded to be able to maximize its strengths to take advantage of existing opportunities and minimize its weaknesses to overcome existing threats. This study uses a SWOT-4K analysis that begins by listing the strengths, weaknesses, opportunities and business threats faced by the Unity Stores. All indicators are calculated for their weighted values ​​after giving weight and values ​​for each indicator. The combination of the weighted values ​​of internal and external variables is what determines the choice of strategy that is considered appropriate for the Union Store. The high intensity of competition is very influential for the Unity Store. But the Union Shop is required to continue to survive. The results of the SWOT-4K study show the Unity Store should use a growth strategy. The combination of market development strategies, market penetration strategies, and product development strategies is an appropriate growth strategy for the Unity Store. Keywords: Internal environment analysis, external environment analysis, SWOT-4K analysis, growth strategy. ABSTRAK Perkembangan perekonomian Indonesia secara keseluruhan pasca krisis moneter menunjukkan peningkatan yang cukup berarti, hal ini ditunjukkan oleh mulai maraknya berbagai bisnis-bisnis perdagangan di masyarakat. Salah satu bisnis tersebut adalah bisnis perlengkapan sekolah. Perlengkapan sekolah merupakan atribut wajib yang dipakai oleh semua anak yang mengenyam pendidikan formal di Indonesia. Seiring perkembangan dunia bisnis, tak terkecuali bisnis perlengkapan sekolah, maka akan semakin banyak muncul pemain baru di bisnis ini. Makin banyaknya jumlah pemain bisnis berarti semakin meningkatkan intensitas persaingannya. Karena keadaan itulah Toko Persatuan harus mencari strategi bisnis yang tepat untuk bisa memenangkan persaingan. Toko Persatuan dituntut untuk bisa memaksimalkan kekuatan untuk memanfaatkankan peluang yang ada dan meminimalkan kelemahannya untuk mengatasi ancaman yang ada. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT-4K yang dimulai dengan membuat daftar indikator kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bisnis yang dihadapi oleh Toko Persatuan. Semua indikator dihitung nilai tertimbangnya setelah sebelumnya diberkan bobot dan nilai untuk masing-masing indikator. Kombinasi nilai tertimbang variabel internal dan eksternal tersebut yang menjadi penentu pilihan strategi yang dianggap pas untuk Toko Persatuan. Intensitas persaingan yang tinggi sangatlah berpengaruh bagi Toko Persatuan. Namun Toko Persatuan dituntut untuk terus bertahan. Hasil penelitian SWOT-4K menunjukkan Toko Persatuan selayaknya menggunakan strategi pertumbuhan. Kombinasi dari strategi pengembangan pasar, strategi penetrasi pasar, dan strategi pengembangan produk merupakan strategi pertumbuhan yang pas untuk Toko Persatuan. Kata kunci : Analisis lingkungan internal, analisis lingkungan eksternal, analisis SWOT-4K, strategi pertumbuhan.
PERAN INVESTASI TI DALAM PENGARUH IT GOVERNANCE TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN Widyaningsih, Hastuti
PRIMA EKONOMIKA Vol. 10 No. 2 (2019): Prima Ekonomika
Publisher : STIE "YKP" YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (975.455 KB)

Abstract

ABSTRACK The article examines how the impact of Bloard IT Governance and IT Operating Capabilities on firm’s financial and non financial performance can be mediated through Investment in IT. This researsch propose two premises that explained by comprehensive literature. Using Resourced-based View (RBV),the proposed premises discussed and analysed. Keywords : Board IT Governance, IT Operating Capabilities, Investment in IT, Resource-based View. ABSTRAK Artikel ini meneliti bagaimana dampak Tata Kelola TI IT dan Kemampuan Operasi TI terhadap kinerja keuangan dan non-keuangan perusahaan dapat dimediasi melalui Investasi di bidang TI. Penelitian ini mengusulkan dua premis yang dijelaskan oleh literatur yang komprehensif. Menggunakan Tampilan Berbasis Sumberdaya (RBV), bangunan yang diusulkan dibahas dan dianalisis. Kata kunci: Dewan Tata Kelola TI, Kemampuan Operasi TI, Investasi dalam TI, Pandangan Berbasis Sumberdaya.
ANALISIS PENGGUNAAN IKLAN TELEVISI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK WARDAH OLEH MAHASISWA STIE “YKP” YOGYAKARTA Indriyanti, Aris
PRIMA EKONOMIKA Vol. 10 No. 2 (2019): Prima Ekonomika
Publisher : STIE "YKP" YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (495.633 KB)

Abstract

ABSTRACT Advertising is one of the marketing communication media that is often used in economic activities in an effort to introduce products to consumers. Advertising as a means of marketing goods or service products must be able to look attractive and persuasive. There are several dimensions of advertising including: First The contents of the message, creating an effective advertising message is to decide what general message will be communicated to consumers to plan the message strategy. Beauty is the beauty that faces have on women. With the beauty of a woman, making women look confident in their existence. Many ways are used by women in beautifying themselves by using cosmetics. Cosmetics has become one of human needs in general. The use of cosmetics for legal purposes may be provided with the condition that the materials used are halal and sacred, intended for purposes that are permitted sharply and not harmful. The existence of increasingly rapid competition in the world of beauty, PT. Paragon and Innovation (PTI) creates cosmetic products into products that are in accordance with the wishes of women. Wardah is a cosmetic Wardah is a safe cosmetic to use because all Wardah's cosmetic products have been reviewed by the LPPOM-MUI (Food, Drug and Cosmetic Research Institute of the Indonesian Ulema Council) so that Wardah's cosmetic products have a halal certificate. The purpose of this study was to determine whether there was a significant effect of message content, message structure, message format, and source of Wardah cosmetics advertising messages on television media on purchasing decisions by STIE "YKP" students in Yogyakarta. The method used in this research is a quantitative approach. interpreted as a research method based on positive philosophy is used to examine a population or a particular sample, sampling techniques are generally carried out randomly, data collection using research instruments, quantitative / statistical data analysis with the aim to test the hypothesis that has been set. And data collection techniques using the interview method, the questionnaire method, and secondary data are data obtained from books, journals and other parties. From the results of the independent variables in this study, a significant independent variable that is the message content means that this variable is influential on purchasing decisions on Wardah cosmetics. While the insignificant is the content of the message, the message format, and the source of the message means that this variable has no effect on Wardah's cosmetics purchasing decisions. Keywords: Message content, Message structure, Message format, Message source and Purchase decision ABSTRAK Iklan merupakan salah satu media komunikasi pemasaran yang kerap digunakan dalam aktivitas ekonomi dalam upaya mengenalkan produk kepada konsumen. Iklan sebagai salah satu sarana pemasaran produk barang atau jasa harus mampu tampil menarik dan persuasive. Ada beberapa dimensi iklan diantaranya: Pertama Isi pesan, menciptakan pesan iklan efektif adalah memutuskan pesan umum apa yang akan dikomunikasikan kepada konsumen untuk merencanakan strategi pesan. Kecantikan adalah keelokan wajah yang dimiliki pada wanita. Dengan kecantikan yang dimiliki seorang wanita, menjadikan wanita tampak percaya diri dalam eksistensi dirinya. Banyak cara yang digunakan oleh wanita dalam mempercantik diri yaitu dengan menggunakan kosmetik.Kosmetik telah menjadi salah satu kebutuhan manusia pada umumnya. Penggunaan kosmetik untuk kepentingan berhias hukumnya boleh dengan syarat yaitu bahan yang digunakan adalah halal dan suci, ditujukan untuk kepentingan yang dibolehkan secara syar’i dan tidak membahayakan. Adanya persaingan yang semakin pesat dalam dunia kecantikan, PT. Paragon and Innovation (PTI) menciptakan produk kosmetik menjadi produk yang sesuai dengan keinginan wanita. Wardah adalah kosmetik Wardah merupakan kosmetik yang aman digunakan karena semua produk kosmetik Wardah sudah dikaji oleh LPPOM-MUI (Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetik Majelis Ulama Indonesia) sehingga produk kosmetik Wardah memiliki sertifikat halal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan isi pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan iklan kosmetik Wardah di media televisi terhadap keputusan pembelian oleh mahasiswa STIE “YKP” Yogyakarta. Metode yang digunakan dalalm penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positif digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pangambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumenpenelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Dan tehnik pengumpulan data menggunakan metode interview (Wawancara), metode kuesioner, dan data sekunder merupakan data yang diperoleh dari buku-buku, jurnal dan pihak lain. Dari hasil variabel independen pada penelitian ini, variabel independen yang signifikan yaitu isi pesan berarti variabel ini adalah berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada kosmetik Wardah. Sedangkan yang tidak signifikan yaitu isi pesan, format pesan, dan sumber pesan berarti variable ini tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah. Kata Kunci : Isi pesan, Struktur pesan, Format pesan, Sumber pesan dan Keputusan pembelian
PENGARUH KOMUNIKASI INTERNAL DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP PERSEPSI PERSEPSI KINERJA PEGAWAI DI DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA KABUPATEN WONOGIRI Suryani, Dwi Retno; Hendarwati, Atik
PRIMA EKONOMIKA Vol. 10 No. 2 (2019): Prima Ekonomika
Publisher : STIE "YKP" YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (765.421 KB)

Abstract

ABSTRACT This study aims to determine the effect of Internal Communication and Organizational Culture on Employee Performance Perception. This type of research is a survey research, with a quantitative approach. The research sample of 50 employees of the District and District Empowerment Office of Wonogiri District. The research data are primary data obtained through questionnaires with alternative answers using a five-point Likert scale, with saturated sampling techniques. Data analysis techniques to answer the problem formulation are broken down into three hypotheses that are tested by t test and F test. T test results show that there is a positive and significant influence between Internal Communication on Employee Performance Perception with a significance value of 0,000 and there is also a positive and significant influence between Organizational Culture on Employee Performance Perception with a significance value of 0.012. F Test results show that there is a significant influence between Internal Communication and Organizational Culture on Employee Performance Perception with a significance value of 0,000. The multiple linear regression equation also shows the corresponding relationship with the results of the partial test or its t test, namely: Y = 29,671 + 1,098 X1 + 0,171 X2 + . Keywords: internal communication, organizational culture, Perception of Employee Performance. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Komunikasi Internal dan Budaya Organisasi terhadap Persepsi Kinerja Pegawai. Jenis penelitian merupakan penelitian survey, dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 50 pegawai Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Wonogiri. Data penelitian merupakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner dengan alternatif jawaban menggunakan skala Likert lima poin, dengan teknik pengambilan sampel jenuh. Teknik analisis data untuk menjawab rumusan masalah dijabarkan menjadi tiga hipotesis yang diuji dengan uji t dan uji F. Hasil Uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Komunikasi Internal terhadap Persepsi Kinerja Pegawai dengan nilai signifikansi 0,000 dan juga terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Budaya Organisasi terhadap Persepsi Kinerja Pegawai nilai signifikansi 0,012. Hasil Uji F menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara Komunikasi Internal dan Budaya Organisasi terhadap Persepsi Kinerja Pegawai dengan nilai signifikansi 0,000. Persamaan regresi linier berganda juga menunjukkan hubungan yang sesuai dengan hasil uji parsial atau Uji t nya, yaitu: Y = 29,671 + 1,098 X1 + 0,171 X2 + e. Kata kunci: komunikasi internal, budaya organisasi, Persepsi Kinerja Pegawai.
PERBANDINGAN TARIF JASA RAWAT INAP DENGAN UNIT COST DAN ACTIVITY BASED COSTING SYSTEM PADA RUMAH SAKIT (STUDI KASUS PADA RS AT-TUROTS AL-ISLAMY YOGYAKARTA): (STUDI KASUS PADA RS AT-TUROTS AL-ISLAMY YOGYAKARTA) Ningsih, Dwi; kadari, Kadari
PRIMA EKONOMIKA Vol. 10 No. 2 (2019): Prima Ekonomika
Publisher : STIE "YKP" YOGYAKARTA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.647 KB)

Abstract

ABSTRACT This study aims to determine hospitalization rates comparation based on hospital calculation using Activity Based Costing System in 2015. The method used is descriptive analysis method. Data collection method uses in this research is using interviews and documentation methods. Based on the results of the study shows that: (1) the method is applied in RSU At-Turots Al-Islamy to determine tariffs for hospitalization is a method of unit cost, with rates for the VIP section of Rp 255,000; class I at Rp 165,000; class II amounting to Rp 122,500; and for class III amounting to Rp 85,000. (2) the service rates of hospitalization by Activity Based Costing System for VIP Rp 281,801; class I to Rp 170,371; class II Rp 137,217; and class III Rp 98,680. (3) Activity Based Costing System compared with the unit cost method provides more expensive result. In the overhead costs on the unit cost of each product is charged at only one cost driver of hospitalization days. In the activity based costing system, overhead on each product is charged to some cost driver that Activity Based Costing System is able to allocated cost activity in each product appropriately based on the consumption of each activity. Keywords: Hospitalization Rates, Unit Cost, ABC System ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan perhitungan tarif jasa rawat inap berdasarkan perhitungan rumah sakit menggunakan Activity Based Costing System tahun 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif. Sedangkan metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode wawancara dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode yang diterapkan RSUAt-Turots Al-Islamy untuk menentukan tarif jasa rawat inap adalah metode unit cost, dengan tarif untuk kelas VIP sebesar Rp 255.000, kelas I sebesar Rp 165.000, kelas II sebesar Rp 122.500, dan untuk kelas III sebesar Rp 85.000. (2) Tarif jasa rawat inap dengan menggunakan metode Activity Based Costing System untuk VIP sebesar Rp 281.801, kelas I sebesar Rp 170,371, kelas II sebesar Rp 137,217, dan kelas III sebesar Rp 98,680. (3) Activity Based Costing System dibandingkan dengan metode unit cost memberikan hasil yang lebih mahal. Pada metode unit cost, biaya overhead pada masing-masing produk dibebankan pada beberapa cost driver, sehingga Activity Based Costing System mampu mengalokasikan biaya aktivitas ke setiap produk secara tepat berdasarkan konsumsi pada masing-masing aktivitas. Kata Kunci: Tarif Jasa, Unit Cost, Sistem ABC

Page 1 of 1 | Total Record : 5