cover
Contact Name
Wiwit Suryanto
Contact Email
ws@ugm.ac.id
Phone
+6281578600075
Journal Mail Official
jfi.mipa@ugm.ac.id
Editorial Address
Departemen Fisika, Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada. Sekip Utara PO BOX BLS 21, 55281, Yogyakarta, Indonesia
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Fisika Indonesia
ISSN : 14102994     EISSN : 25798820     DOI : https://doi.org/10.22146/jfi.v23i3.41404
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Fisika Indonesia (JFI) Is an open access scientific peer-reviewed journal published by Department of Physics Universitas Gadjah Mada that publishes researches on Physics, covering both theory, experiments, computation and applied physics including geophysics. We have a mission to build scientific research foundations in theoretical and applied physics to support education, research and community service in Indonesia. A manuscript can be written in English or in Bahasa Indonesia, but Abstracts are required to be written in English. All submitted manuscripts will be reviewed thoroughly by the committee of editors and reviewers. Publication in this journal is free of charge and is periodically done three times a year (April, August, and December).
Articles 1 Documents
Search results for , issue "Vol 26, No 1 (2022): Vol 26, No 1 (2022)" : 1 Documents clear
Kevalidan Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Powtoon dengan Pendekatan Kontekstual Materi Impuls dan Momentum Fir Daus
Jurnal Fisika Indonesia Vol 26, No 1 (2022): Vol 26, No 1 (2022)
Publisher : Department of Physics Universitas Gadjah Mada

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22146/jfi.v26i1.75716

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman peserta didik terhadap materi masih sangat kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran fisika menggunakan aplikasi Powtoon pada materi impuls dan momentum yang valid. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Penyebaran (Disseminate). Pada tahap Pengembangan (Development) terdapat uji validasi dan subjek penelitian ini adalah 3 orang validator. Penilaian validitas dilakukan oleh ahli media, materi dan bahasa. Hasil validasi oleh ahli media mendapatkan nilai 32 pada rentang 30,6 < X < 37,8 dengan katergori baik, ahli materi mendapatkan nilai 48 pada rentang 40,8 < X  ≤ 50,4 dengan katergori baik dan ahli bahasa mendapatkan nilai 24 pada rentang 20,4 < X ≤ 25,2 dengan katergori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa validitas media pembelajaran fisika berbasis Powtoon dengan pendekatan kontesktaul materi impuls dan momentum yang dihasilkan baik dari aspek media, materi maupun bahasa mencapai kriteria valid. Kata kunci: Pengembangan, Powtoon, Impuls dan Momentum, Validasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 1