cover
Contact Name
Sri Maryani
Contact Email
jmp_unsoed@yahoo.co.id
Phone
+628122119224
Journal Mail Official
jmp_unsoed@yahoo.co.id
Editorial Address
Jl. Dr. Soeparno No. 61 Kampus MIPA Karangwangkal Purwokerto Jawa tengah Indonesia 53123
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP)
ISSN : 20851456     EISSN : 25500422     DOI : -
Core Subject : Education,
JMP is a an open access journal which publishes research articles, reviews, case studies, guest edited thematic issues and short communications/letters in all areas of mathematics, applied mathematics, applied commutative algebra and algebraic geometry, mathematical biology, physics and engineering, theoretical bioinformatics, experimental mathematics, theoretical computer science, numerical computation and applications of systems, partial differential and differential equations, integral and integral differential equations and mathematical modeling.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP)" : 7 Documents clear
A MULTIDIMENSIONAL SUBDIFFUSION MODEL WITH CHEMOTAXIS Guswanto, Bambang Hendriya
Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 11 No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP)
Publisher : Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.jmp.2019.11.2.2259

Abstract

ABSTRACT. The mathematical model for subdiffusion process with chemotaxis proposed by Langlands and Henry [1] for the one-dimensional case is extended to the multi-dimensional case. The model is derived from random walks process using a probability measure on a n-multidimensional unit ball S^(n-1).Keywords: multi-dimensional model, subdiffusion, chemotaxis. ABSTRAK. Model matematika untuk proses subdifusi dengan kemotaksis yang diturunkan oleh Langlands dan Henry [1] untuk kasus satu dimensi diperluas ke kasus multidimensi. Model ini diturunkan dari proses gerak acak dengan menggunakan ukuran peluang pada bola satuan multidimensi-n S^(n-1).Kata kunci: model multidimensi, subdifusi, kemotaksis.
THE EXISTENCE AND UNIQUENESS OF THE MILD SOLUTION TO A NONLINEAR CAUCHY PROBLEM ASSOCIATED WITH A NONLOCAL REACTION-DIFFUSION SYSTEM Guswanto, Bambang Hendriya; Bin Admon, Mohd. Ariff; Binti Lim Boon Chye, Nur Natasha
Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 11 No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP)
Publisher : Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.jmp.2019.11.2.2264

Abstract

ABSTRACT. We study the existence and uniqueness of a mild solution to a nonlinear Cauchy problem associated with a nonlocal reaction diffusion system by employing the properties of analytic semigroup operator generated by the linear part of the problem which is sectorial and then applying Banach Fixed Point Theorem to the problem. We show that the problem has a unique mild solution under a Lipschitz condition on the nonlinear part of the problem. An example as an application of the result obtained is also given.Keywords: existence, uniqueness, mild solution, nonlinear Cauchy problem, Banach fixed point theorem. ABSTRAK. Kita mengkaji keujudan dan ketunggalan penyelesaian lemah masalah Cauchy nonlinier yang berkaitan dengan sistem reaksi difusi nonlokal dengan menggunakan sifat-sifat operator semigrup yang dibangkitkan oleh operator pada bagian liniernya yang bersifat sektorial dan kemudian menerapkan Teorema Titik Tetap Banach pada masalah tersebut. Kita tunjukkan bahwa masalah tersebut memiliki penyelesaian lemah yang unik atas kondisi Lipschitz untuk operator pada bagian nonliniernya. Satu contoh sebagai penerapan hasil yang diperoleh juga diberikan.Kata kunci: keujudan, ketunggalan, penyelesaian lemah, masalah Cauchy nonlinier, teorema titik tetap Banach.
DEPTH FIRST SEARCH (DFS) UNTUK MENENTUKAN DIAMETER GRAF HIRARKI Sudibyo, Nugroho Arif; Iswardani, Ardymulya
Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 11 No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP)
Publisher : Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.jmp.2019.11.2.2265

Abstract

ABSTRACT. Let G = (V, E) be a graph. The distance d (u, v) between two vertices u and v is the length of the shortest path between them. The diameter of the graph is the length of the longest path of the shortest paths between any two graph vertices (u ,v) of a graph, Diam(G)=max{E(v)/v∈V}. In this paper we propose algorithms for finding diameter of a hierarchy graph using DFS. Diameter of the hierarchy graph using DFS algoritm is four.Keywords: diameter, hierarchy, depth first search. ABSTRAK. Misalkan G=(V,E) adalah suatu graf. Jarak d(u,v) di antara dua titik u dan titik v adalah panjang dari lintasan terpendek di antara dua titik tersebut. Diameter dari suatu graf adalah lintasan terjauh terpendek di antara sembarang dua titik (u,v) dari suatu graf, Diam(G)=max{E(v)|v∈V}. Dalam makalah ini akan diselidiki tentang algoritma untuk menentukan diameter suatu graf hirarki menggunakan DFS. Diameter Graf Hirarki yang dicari menggunakan algoritma DFS tersebut adalah empat.Kata Kunci: diameter, hirarki, depth first search.
PROFIL REPRESENTASI VISUAL MAHASISWA PADA MATA KULIAH GEOMETRI Istikaanah, Najmah; Prayito, Muhammad
Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 11 No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP)
Publisher : Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.jmp.2019.11.2.2266

Abstract

ABSTRACT. The specific purpose of this study is to determine the profile of visual representation of students in geometry courses. This research is a qualitative research. The data collection method is done through documentation, observation, learning achievement tests and questionnaires. The results showed that the ability of visual representation of 1st semester students at mathematics education was still low. This is reviewed in the student's ability to answer learning achievement test at geometry courses.Keywords: learning achievement ,visual representation, geometry. ABSTRAK. Tujuan khusus penelitian ini adalah mengetahui profile representasi visual mahasiswa pada mata kuliah Geometri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengambilan data dilakukan melalui dokumentasi, observasi, tes hasil belajar dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi visual mahasiswa semester 1 program studi pendidikan matematika masih rendah. Hal tersebut ditinjau pada kemampuan mahasiswa untuk menjawab soal tes hasil belajar mata kuliah Geometri. Kata Kunci: Hasil Belajar, Representasi Visual, Geometri.
APLIKASI BAHASA C++ DAN PHP UNTUK MENENTUKAN UKURAN SAMPEL PADA METODE STRATIFIED RANDOM SAMPLING khanifudin, Khanifudin; Jajang, Jajang; Guswanto, Bambang Hendriya
Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 11 No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP)
Publisher : Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.jmp.2019.11.2.2267

Abstract

ABSTRACT. The accuracy of survey results depends on sample size. So far, in determining the sample size of the stratified random sampling method, researchers still use manual calculations. Because of that, this research aims to create a sample size determination program of the stratified random sampling method using C++ and PHP programming languages. This research begins with the study of literacy, creating flowcharts and pseudocode algorithms, writing program syntax, and implementing data on the number of civil servants in each UPK in Banyumas Regency. By entering a 95% confidence level, the error limit that can be tolerated is 5, and the strata cost of each is 1, the minimum sample size is 60 with the 1st and 2nd strata sample sizes is 45 and 15. The program is expected to help researchers to determine sample size more easily. So far, the program also minimizes errors in calculations because a warning will appear when an error occurs.Keywords: C++, PHP, sample size calculator, stratified random sampling. ABSTRAK. Ketepatan hasil survei sangat bergantung pada ukuran sampel. Selama ini, dalam menentukan ukuran sampel pada metode stratified random sampling, peneliti masih menggunakan perhitungan secara manual. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membuat program penentu ukuran sampel pada metode stratified random sampling menggunakan bahasa pemrograman C++ dan PHP. Penelitian ini diawali dengan studi literasi, pembuatan flowchart dan algoritma pseudocode, penulisan sintaks program, serta pengimplementasian pada data mengenai jumlah PNS di setiap UPK di Kabupaten Banyumas. Dengan memasukkan tingkat kepercayaan 95%, batas kesalahan yang bisa ditolerir sebesar 5, dan biaya stratum masing-masing sebesar 1, didapat ukuran sampel minimal sebesar 60 dengan ukuran sampel stratum ke-1 dan ke-2 masing-masing sebesar 45 dan 15. Program yang telah dibuat diharapkan dapat membantu para peneliti dalam menentukan ukuran sampel dengan lebih cepat. Selain itu, program ini juga meminimalkan kesalahan dalam perhitungan karena peringatan akan muncul ketika terjadi kesalahan.Kata Kunci: C++, PHP, stratified random sampling, ukuran sampel.
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN BANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI GARIS KELAS VII SMP NEGERI 2 LIMPUNG Istikaanah, Najmah; Liawati, Yeni Setia
Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 11 No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP)
Publisher : Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.jmp.2019.11.2.2268

Abstract

ABSTRACT. One of the external obstacles of students is the learning media used by teachers. Learning achievement will be more developed if students actively participate in learning activities. This study aims to improve mathematics learning achievement at line material. The methodology used in this study is an experimental research methodology. The subjects of this study were 7th class students of SMP Negeri 2 Limpung with class VII A as the experimental group and class VII B as the control group. The results showed that the mathematics learning model assisted by Geogebra at line material is effective to be used, this was seen from the completeness of learning outcomes, the influence of reasoning and communication skills to learning achievement with a regression equation Y= 36,203 + 0,591X and a coefficient of determination is 68.7%. Mathematical learning strategies by Geogebra are also better than learning mathematics without Geogebra. Thus Geogebra-assisted learning on line material can be used as an alternative method of learning in order to add the variety of teaching methods in an effort to train students' reasoning and communication skills and increase student learning outcomes..Keywords: effectiveness, Geogebra, experiment. ABSTRAK. Salah satu hambatan luar dari diri siswa adalah media pembelajaran yang digunakan oleh pengajar. Prestasi belajar akan lebih berkembang apabila siswa ikut serta secara aktif dalam aktivitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada materi garis. Metodologi yang dipakai dalam penelitian ini adalah metodologi penelitian eksperimen. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Limpung dengan kelas VII A sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII B sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran matematika berbantuan Geogebra pada materi garis efektif untuk digunakan, hal ini terlihat dari ketuntasan hasil belajar, adanya pengaruh keterampilan penalaran dan komunikasi terhadap prestasi belajar dengan persamaan regresi Y= 36,203 + 0,591X dan koefisien determinasi 68,7%. Strategi pembelajaran matematika dengan bantuan Geogebra juga lebih baik dibandingkan pembelajaran matematika tanpa Geogebra. Dengan demikian pembelajaran berbantuan Geogebra pada materi garis dapat dijadikan suatu metode alternatif dalam pembelajaran guna menambah variasi metode mengajar dalam upaya melatih keterampilan penalaran dan komunikasi siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa.Kata Kunci: keefektifan, Geogebra, eksperimen.
TEOREMA TITIK TETAP UNTUK PEMETAAN KANNAN PADA RUANG METRIK MODULAR TERITLAK Harini, Lusi
Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 11 No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP)
Publisher : Universitas Jenderal Soedirman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.jmp.2019.11.2.2269

Abstract

ABSTRACT. In this paper, we will discuss about fixed point theorems in generalized modular metric space for Kannan-D_λ type mapping. The existence of the fixed point of this mapping is guaranteed by providing that the mapping domain is a D_λ-finite set and the Kannan-D_λ mapping constant α∈(0,1/2) satisfied αK<1 where K is a constant from the axiom of generalized modular metric space.Keywords: generalized modular metric space, fixed point, Kannan mapping. ABSTRAK. Dalam tulisan ini, akan dibahas mengenai teorema titik tetap pada ruang metrik modular teritlak (generalized modular metric space) untuk pemetaan Kannan-D_λ. Eksistensi titik tetap pemetaan Kannan-D_λ dijamin dengan memberikan syarat domain pemetaan tersebut merupakan himpunan yang terbatas-D_λ dan konstanta pemetaan Kannan-D_λ yaitu α∈(0,1/2) memenuhi αK<1 dengan K merupakan konstanta yang memenuhi aksioma dari metrik modular teritlak.Kata Kunci: ruang metrik modular teritlak, titik tetap, pemetaan Kannan.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 17 No 1 (2025): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 16 No 2 (2024): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 16 No 1 (2024): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 15 No 2 (2023): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 15 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 14 No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 14 No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 14 No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 13 No 2 (2021): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 13 No 2 (2021): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 13 No 1 (2021): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 13 No 1 (2021): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 12 No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 12 No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 12 No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 12 No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 11 No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 11 No 1 (2019): JMP Edisi Juni 2019 Vol 11 No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 11 No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 11 No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 10 No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 10 No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 9 No 2 (2017): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 9 No 2 (2017): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 9 No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 9 No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 8 No 2 (2016): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 8 No 2 (2016): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 8 No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 8 No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 7 No 1 (2015): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 7 No 1 (2015): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6 No 2 (2014): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 6 No 2 (2014): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 6 No 1 (2014): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 6 No 1 (2014): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 5 No 1 (2013): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 5 No 1 (2013): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 4 No 2 (2012): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 4 No 2 (2012): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 4 No 1 (2012): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 4 No 1 (2012): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 3 No 1 (2011): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 3 No 1 (2011): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 1 No 2 (2009): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika Vol 1 No 2 (2009): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 1 No 1 (2009): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika (JMP) Vol 1 No 1 (2009): Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika More Issue