cover
Contact Name
Agung Dwi Hangoro
Contact Email
agung@politeknikmuhpkl.ac.id
Phone
+6285641317585
Journal Mail Official
agung@politeknikmuhpkl.ac.id
Editorial Address
Jl. Pahlawan No.10, Gardu, Gejlig, Kec. Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah 51161
Location
Kab. pekalongan,
Jawa tengah
INDONESIA
Surya Teknika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin
ISSN : -     EISSN : 25986198     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Surya Teknika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin merupakan media publikasi makalah hasil penelitian dalam bidang teknik dan permesinan yang mencakup mesin otomotif, mesin industri, dan Teknologi Tepat guna. Surya Teknika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin dikelola oleh Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan, terbit secara berkala, dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Oktober dan April
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 6. No. 1 April 2020" : 6 Documents clear
IDENTIFIKASI DAN TROUBLESHOOTING SISTEM PENGISIAN IC REGULATOR PADA MESIN DIESEL MITSUBISHI PS 100 Pujiono, Akhmad; Prasetyo, Imam; Raharjo, Rias Ngudhi
Surya Teknika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol. 6. No. 1 April 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Mesin diesel terdiri dari berbagai komponen yang kerjanya saling terkait satu sama lainnya salah satunya sist em pengisian. sistem pengisian terdiri dari beberapa komponen. Komponen-komponen sistem pengisian tersebut diantaranya Baterai, sebagai sumber arus dan media penyimpanan arus pengisian, Kunci Kontak, sebagai pemutus dan penghubung arus dari baterai ke regulator, Alternator sebagai pembangkit arus dan IC Regulator untuk mengatur output yang dihasilkan Alternator.   Dalam laporan tugas   akhir ini diperlukan identifikasi dan troubleshooting guna untuk mengetahui apa saja permasalahan yang sering pada sistem pengisian mesin diesel mitsubishi PS 100 ini. Berdasarkan Hasil dari tugas akhir tersebut baterai maupun alternator dalam kondisi baik, baik itu dari komponen dan fungsinya namun ada komponen yang harus diganti yaitu sikat/brush karena sikat tersebut lepas antara kawat tembaga dengan karbonnya.Kata Kunci : Sistem Pengisian, Alternator, Ic Regulator.
RANCANG BANGUN SISTEM ALARM PADA SEPEDA MOTOR HONDA BEAT FI 2014 Budiyono, Budiyono; Setiawan, Sofiyan; Anwar, M. Khoerul
Surya Teknika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol. 6. No. 1 April 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakAlarm secara umum dapat didefinisikan sebagai bunyi peringatan atau pemberitahuan. Dalamistilah jaringan,  alarm  dapat  juga  didefinisikan  sebagai  pesan  berisi  pemberitahuan  ketika  terjadi penurunan atau kegagalan dalam penyampaian sinyal komunikasi data ataupun ada peralatan yang mengalami kerusakan maupun    mengalami penurunan kinerja. Pesan ini digunakan untuk memperingatkan operator atau administrator mengenai adanya masalah (bahaya) pada jaringan. Alarm memberikan tanda bahaya berupa sinyal bunyi ataupun sinar.Fungsi alarm yaitu memberitahukan apabila terjadi bahaya dan kerusakan ataupun kejadian yang tidak di harapkan pada jaringan melalui sinyal sehingga memberikan peringatan secara jelas agar dapat diantisipasi.  Rancang bangun sistem alarm sepeda motor honda beat FI 2014 terkait dengan sistem starter, sistem kelistrikan, serta sistem lampu tanda belok yang terintegrasi dan terprogram melalui modul tambahan melalui perintah remote infrared sebagai bagian dari keamanan tambahan padaa sepeda motor. Kata kunci : perancangan, modul remote infrared, sistem alarm sepeda motor honda beat FI2014
STUDI EKSPERIMENTAL REDUKSI EMISI GAS BUANG DENGAN CATALYTIC CONVERTER BERBAHAN KUNINGAN PADA ENGINE STAND EFI TOYOTA AVANZA Feriansah, Arif
Surya Teknika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol. 6. No. 1 April 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penurunan kadar emisi gas buang kendaraan bermotor saat menggunakan catalityc converter dengan variasi  jumlah lubang 65,115, dan 165. Mesin EFI dengan 4 silinder dipergunakan sebagai media uji catalytic  converter. Pengujian menggunakan dua model. Model pertama dilakukan tanpa menggunakan catalytic converter. Model kedua dilakukan dengan menggunakan catalytic converter. Pengujian dilakukan pada putaran mesin antara 1000 - 3000 rpm. Hasil pengujian menunjukan bahwa Catalytic Converter pada putaran mesin 1000 rpm dengan jumlah lubang 165 menurunkan emisi CO sebesar 0,23%. Kadar HCjugamengalamipenurunanpada putaran mesin 3000 rpm sebesar 51 ppm. Hasil perbandingan prosentase menunjukanpenurunankadar CO dan HC saatmenggunakancatalytic converterdantanpacatalytic converter sebesar 29% dan 22%.
PENGARUH PENGGUNAAN CATALYTIC CONVERTER DARI BAHAN TEMBAGA TERHADAP EMISI GAS BUANG KENDARAAN PADA MOTOR YAMAHA 2 TAK F1ZR Pujiono, Akhmad; Feriansah, Arif; Matantu, Nicolas Edmon
Surya Teknika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol. 6. No. 1 April 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Seiring  dengan  perkembangan  zaman,  dan  jumlah  penduduk  dunia  semakin  meningkat. Berbagai aktifitas manusia pada industri, transportasi, rumah tangga dan kegiatan-kegiatan lainnya menyebabkan kualitas udara menurun sehingga lingkungan tercemar. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Japan International Cooperation Agency (JICA) bahwa sektor transportasi diperkirakan menyumbangkan 70% pencemaran udara di daerah perkotaan (JICA,1995). Selain  itu, pencemaran udara diperkotaan  karena aktifitas kendaraan bermotor yang mengeluarkan  emisi  gas  buang  antara  lain  CO,  HC,  NOx,  SOx  dan  partikulat.  Hal  ini disebabkan oleh jumlah kendaraan bermotor yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Tujuanpada penelitian ini  yaitu  untuk mengetahui  bagaimana  pengaruh dari penggunaan catalytic converter  dari  bahan  tembaga  untuk  mengurangi  kadar  gas  CO  dan  HC  pada  kendaraan bermotor. Pengujian dilakukan dengan menggunakan alat gas analyzer untuk mengetahui nilai konsetntrasi CO dan HC. Pengujian emisi gas buang dilakukan dalam dua tahap yaitu uji emisi gas buang dengan knalpot standar dan uji emisi gas buang dengan catalytic converter dengan variasi putaran mesin 1500 rpm, 2000 rpm, 2500 rpm, 3000 rpm, 3500 rpm, 4000 rpm. Dari hasil penelitian didapat bahwa pengaruh penggunaan catalytic converter dari bahan Tembaga dengan ketebalan 0,2 mm perbandingan hasil emisi gas CO dan HC buang dari sebelum dan setelah penggunaan catalytic converter yaitu, dari yang paling rendah yang paling rendah yaitu1.500 rpm keputaran yang paling tinggi hingga 4.000 rpm, dari data emisi diperoleh beberapa penurunan nilai konsentrasi emisi gas CO yang paling banyak terjadi pada putaran mesin 3.000 rpm yaitu nilai konsentrasinya turun sebanyak 0,09% dari 5,32% menjadi 5,23%, pada putaranmesin 2.500 rpm juga mengalami penurunan nilai emisi gas CO yaitu sebesar 0,03% saja dari5,12% turun ke 5,09%, nilai konsentrasi gas HC dari putaran mesin 1500 sampai 3500 nilainya sama yaitu 9999 ppm atau tidak mengalami penurunan sama sekali. Bahkan pada putaran mesin4000 rpm nilai konsentrasi gas HC naik 79 ppm dari 9920 ppm naik ke 9999 ppm.Kata Kunci : Katalis Tembaga, Catalytic Converter, Emisi Gas Buang.
PENGARUH PEMASANGAN FILTER UDARA TERHADAP PERFORMA MESIN VESPA SPRINT 150cc Anam, Khoirul; Prasetyo, Imam; Firdan, Muhammad
Surya Teknika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol. 6. No. 1 April 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACTNow a means of transportation that are rarely loved by the public are old vehicles which are now rarely found  in the community. Such as the problem that  is often found  is that  old  vehicles  have decreased  inperformance and spare parts are difficult to find. This study aims to determine the effect of the carburetor filter on motorcycle engine performance. The research was conducted with an experimental method using a VESPA SPRINT V 150cc bicycle in 1975. The carburetor filter was varied, namely testing the standard filter, testing without filters. Experiments were carried out using the dynotest test tool. Measurement of engine speed and dynotest roller rotation. Premium fuel consumtion meansurement. The test result data is processed to obtain power and torque. The results of these calculations are displayed in tables and graphs. Based on the test result, it is found that the maximum power increases without an air filter with a result of 6.0hp at 8013rpm while the maximum torque increases with an air filter with a result of 6.0nm at 6268rpm.Keywords : Performance, Air Filter, Vespa.
RANCANG BANGUN SISTEM KELISTRIKAN ALARM MOTOR SENSOR SENTUH JARI PADA SEPEDA MOTOR HONDA GRAND Budiyono, Budiyono; Prasetyo, Imam; Rakhman, Dani
Surya Teknika : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Vol. 6. No. 1 April 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK  Alarm motor teknologi baru tanpa memakai remot dan tidak bikin aki boros. Motor kesayanganpun bisa jadi makin aman dan terjaga dari tindakan pencurian atau perampasan. Dengan adanya teknlogi canggih tanpa remote yang bisa digunaan untuk menyalakan motor hanya dengan menggunakan sensor sentuh jari yang letaknya bisa dipindah-pindah dan hanya anda yang tahu. Menggunakan smart sensor digital desaign dan feature pengaman motor (alarm) menggunakan chip (imobilizer) tanpa remote alarm sensor digital smart key. Pemasangan  mudah,  plug  and  play,  bisa  dipasang  di  motor  jenis  karburator  dan  injection  (tidak menggunakan kelistrikan ECU).  Serta memiliki dua macam tipe, motor 2 tak dan motor 4 tak. Tujuan dari penerapan sensor setuh jari ini adalah mampu menjaga keamanan pada sepeda motor, untuk menghidupkan alarm  sepeda  motor  dengan  cara  disentuh.  Penerapan  sensor  sentuh  jari  ini  dibuat  untuk  suatu  sistem kamanan kendaraan bermotor dengan menerapkan teknologi sensor. Untuk penerapan sistem sensor sentuh yang penulis gunakan adalah dengan cara Menyambung kabel dari socket modul alarm kekabel bawaan kendaraan, Menyambung kabel warna merah dari modul alarm set ke kabel output kunci kontak, Memasang kabel biru kerangkaian kelstrikan kendaraan, Memasang kabel hitam ke massa, Memasang kabel warna kuning rangkaian klakson. Menguji fungsi alarm set pada sepeda motor grand.Kata Kunci : Sensor, Alarm, Alarm Sensor.

Page 1 of 1 | Total Record : 6