cover
Contact Name
JUISI
Contact Email
juisi@ciputra.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
juisi@ciputra.ac.id
Editorial Address
CitraLand CBD Boulevard, Made, Kec. Sambikerep, Kota SBY, Jawa Timur 60219
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Informatika dan Sistem Informasi
ISSN : 24601306     EISSN : 24775452     DOI : https://doi.org/10.37715/juisi
Core Subject : Science,
JUISI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi) (e-ISSN: 2477-5452; p-ISSN: 2460-1306) merupakan jurnal yang terbit dua kali setahun, yaitu pada bulan Mei dan November. Jurnal ini berfokus pada tulisan hasil telaah konseptual dan hasil penelitian yang berkaitan dengan bidang informatika dan sistem informasi.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2015): Jurnal Informatika dan Sistem Informasi" : 4 Documents clear
Rancang Bangun Sistem Pengelolahan Online Proposal pada Mata Kuliah Technopreneurship dengan Fitur Proses Coaching dan Mentoring Edwin Alexander
Jurnal Informatika dan Sistem Informasi Vol. 1 No. 1 (2015): Jurnal Informatika dan Sistem Informasi
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (616.907 KB)

Abstract

IMT dan MIS merupakan beberapa program studi yang ada di Universitas Ciputra yang mewajibkan mahasiswa untuk menyelesaikan tugas akhir dalam waktu 3 semester dengan tahapan Technopreneurship 1, Technopreneurship 2, dan Technopreneurship 3 dimulai dari semester 6 sampai semester 8. Pada Technopreneurship 1 merupakan tahapan untuk menyusun proposal untuk Technopreneurship yang akan dibuat. Dengan adanya technopreneurship 2 dan technopreneurship 3, yang diharapkan bisa sejalan dan sesuai dengan proposal yang telah disusun pada technopreneurship 1, maka proposal yang telah disusun pada technopreneurship 1 perlu disusun, diatur, dan disimpan dengan rapi dan teratur agar bisa dijadikan pegangan pada technopreneurship 2 dan technopreneurship 3. Selama ini pengumpulan, pemeriksaan, dan penyimpanan proposal masih menggunakan kertas yang merepotkan dosen dalam menyimpan berkas dan juga mahasiswa yang harus mencetak proposalnya. Hasil proposal yang telah diperiksa akan dikembalikan kepada mahasiswa dan kertas proposalnya akan menjadi sampah. Hasil pemeriksaan proposal kadangkala juga terlupakan oleh dosen yang memeriksa. Untuk mengurangi penggunaan kertas, digunakan media online untuk mengumpulkan proposal yang digunakan. Selain untuk menghemat penggunaan kertas, pembuatan system ini juga dapat memudahkan dosen untuk memeriksa proposal dan menyimpan data hasil pemeriksaan sehingga mudah diakses pada saat pengujian technopreneurship 3.
Hierarchical Market Basket Analysis berbasis Algoritma Apriori David Boy Tonara
Jurnal Informatika dan Sistem Informasi Vol. 1 No. 1 (2015): Jurnal Informatika dan Sistem Informasi
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (514.253 KB)

Abstract

Market Basket Analysis adalah salah satu metode pada data mining yang menitik beratkan pada kecenderungan sifat yang sama pada sebuah kondisi. Pada implementasinya Market Basket Analysis sering digunakan untuk menganalisa kecenderungan pembelian seseorang pada saat yang sama. Salah satu kekurangan penggunaan Algoritma Apriori pada Market Basket Analysis adalah ketidakmampuannya untuk memperhatikan hirarki dalam membentuk model pengetahuan yang dihasilkan. Hal ini dikarenakan Algoritma Apriori hanya bekerja pada jajaran level yang sama. Artikel ini akan membahas mengenai modifikasi yang dapat dilakukan pada Algoritma Apriori sehingga dapat digunakan untuk menganalisa kecenderungan dengan memperhatikan hirarki. Modifikasi Algoritma Apriori ini diimplementasikan pada data dummy toko roti. Modifikasi algoritma Apriori menjadi memperhatikan hirarki atau pengkategorian menghasilkan rule-rule yang lebih inovatif dan tidak dapat dihasilkan dari algoritma Apriori biasa. Modifikasi algoritma Apriori ini tetap membutuhkan pengujian pada kondisi data dunia nyata, walaupun di atas kertas sudah terlihat kelebihannya dibandingkan algoritma Apriori standart.
Rancang Bangun Fitur Image Cropping Berbasis Web Stephanus Eko Wahyudi
Jurnal Informatika dan Sistem Informasi Vol. 1 No. 1 (2015): Jurnal Informatika dan Sistem Informasi
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (582.212 KB)

Abstract

Sebuah situs web merupakan salah satu bentuk pemanfaatan teknologi informasi yang dibutuhkan oleh organisasi dalam menyebarkan informasi. Salah satu kebutuhan utama dalam mengelola sebuah situs web adalah untuk menambah dan memperbaharui artikel dalam situs web, baik berupa tulisan maupun berupa gambar atau foto yang menyertainya. Dalam menambahkan sebuah foto dalam artikel web, seringkali ditemui permasalahan bahwa foto yang akan diupload harus terlebih dahulu diedit dengan menggunakan aplikasi editor gambar, setidaknya melakukan proses cropping untuk memperbaiki komposisi gambar. Terkait dengan hal ini dibutuhkan pengembangan sebuah aplikasi yang dapat dipergunakan untuk memotong area gambar (crop) seperti layaknya fitur standar yang ditemui pada aplikasi editor populer di pasaran. Fitur ini dikembangkan dalam bentuk aplikasi berbasis web yang dapat dimanfaatkan langsung pada halaman editor artikel, sehingga memudahkan administrator tanpa perlu membuka aplikasi lain yang juga belum tentu terinstal pada komputer yang dipergunakan untuk menambahkan artikel. Aplikasi dikembangkan pada sisi server maupun client, dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan library PHPThumb pada sisi server, sedangkan pada sisi client dipergunakan HTML yang dilengkapi dengan JavaScript framework JQuery dengan plug-in JCrop. Hasil yang didapat adalah sebuah modul aplikasi yang dapat ditempatkan pada halaman administrator sebuah situs web, yang dapat dimanfaatkan dengan mudah. Aplikasi ini dapat dikembangkan lebih lanjut menjadi sebuah modul yang dapat diinstalasi dan dikonfigurasi dengan mudah agar dapat menyesuaikan dengan desain tampilan sebuah situs.
Rancang Bangun Game Edukasi Bahasa Mandarin Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android Yuliani Suhartono; Rinabi Tanamal
Jurnal Informatika dan Sistem Informasi Vol. 1 No. 1 (2015): Jurnal Informatika dan Sistem Informasi
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (843.42 KB)

Abstract

Penggunaan Bahasa Mandarin sebagai bahasa internasional kedua menjadikan Bahasa Mandarin sebagai bahasa yang banyak dipelajari oleh orang. Orang tua yang mulai mengikutkan anaknya dalam lembaga kursus mandarin sejak dini dengan harapan anak menjadi terbiasa dan cakap dalam penggunaan Bahasa Mandarin. Tetapi pada anak sekolah dasar, sulitnya penyusunan kalimat dalam Bahasa Mandarin menjadi kendala utama anak dalam proses belajar Bahasa Mandarin. Pada penelitian ini, dibuatlah game edukasi berbasis Android yang diharapkan dapat membantu anak sekolah dasar dalam proses belajar Bahasa Mandarin. Pada game ini anak akan diajak untuk belajar menyusun kalimat dan mendengarkan pengucapan nada yang benar yang disertai gambar pendukung. Perancangan game ini dibuat berdasar hasil wawancara pengajar Bahasa Mandarin serta berdasar dari referensi beberapa lembaga kursus dan buku pelajaran Bahasa Mandarin. Kesimpulan penelitian ini adalah: aplikasi dapat digunakan pada anak sebagai media latihan dalam belajar membuat kalimat Bahasa Mandarin. Penambahan suara pada aplikasi membantu anak dalam menjawab pertanyaan, pada saat anak lupa akan bentuk kata yang dimaksud. Aplikasi hanya membantu anak yang telah atau sedang mempelajari Bahasa Mandarin, dan yang telah mampu membuat kalimat yang sederhana. Adanya error pada aplikasi dikarenakan adanya penggunaan kapasitas gambar yang cukup besar. Soal yang ditampilkan mampu mengakomodasi kesulitan yang bertingkat.

Page 1 of 1 | Total Record : 4