cover
Contact Name
JUISI
Contact Email
juisi@ciputra.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
juisi@ciputra.ac.id
Editorial Address
CitraLand CBD Boulevard, Made, Kec. Sambikerep, Kota SBY, Jawa Timur 60219
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Informatika dan Sistem Informasi
ISSN : 24601306     EISSN : 24775452     DOI : https://doi.org/10.37715/juisi
Core Subject : Science,
JUISI (Jurnal Informatika dan Sistem Informasi) (e-ISSN: 2477-5452; p-ISSN: 2460-1306) merupakan jurnal yang terbit dua kali setahun, yaitu pada bulan Mei dan November. Jurnal ini berfokus pada tulisan hasil telaah konseptual dan hasil penelitian yang berkaitan dengan bidang informatika dan sistem informasi.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 10 No. 2 (2024): Jurnal Informatika dan Sistem Informasi" : 5 Documents clear
Pengembangan Sistem Pelacakan Air Galon Isi Ulang dengan Pemanfaatan Google Maps API Azizah, Nur; Maoeretz Engel, Mychael
Jurnal Informatika dan Sistem Informasi Vol. 10 No. 2 (2024): Jurnal Informatika dan Sistem Informasi
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37715/juisi.v10i2.4760

Abstract

Dalam menerima pesanan, penerapan jasa pengantaran di perusahaan air galon isi ulang mengharuskan karyawannya untuk mengunjungi titik lokasi konsumen sebanyak dua kali. Proses pemesanan yang dilakukan masih manual yaitu dengan cara telepon atau pesan singkat. Karyawan juga perlu mengetahui lokasi tujuan pengantaran yang telah diberikan oleh konsumen secara akurat. Aplikasi dengan sistem pemesanan saja masih belum cukup karena jasa pengantaran membutuhkan informasi geografis. Dibutuhkan solusi untuk dapat memudahkan proses pemesanan dan pencarian rute pengantaran produk. Penelitian ini menerapkan Google Maps API sebagai media pendukung untuk mengelola informasi geografis pengguna. Metode pengembangan aplikasi yang digunakan yaitu dengan Waterfall dan menggunakan Model View Controller (MVC) sebagai software design pattern. Sistem aplikasi dikembangkan dengan framework Laravel yang menggunakan Livewire agar bisa memberikan tampilan web yang real-time. Aplikasi yang akan dihasilkan dalam penelitian ini menggunakan MySQL sebagai tempat penyimpanan data. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara wawancara sehingga jenis data penelitian ini berupa kualitatif. Jumlah informan yang berhasil didapatkan yaitu berasal dari tiga water refill store dan tiga ibu rumah tangga yang sudah terbiasa dalam memesan jasa antar air galon isi ulang. Sumber informan yang dipakai dalam water refill store yaitu store manager dan karyawan. Hasil temuan dari penelitian ini yaitu adanya aplikasi berbasis web yang dijadikan sebagai media pemesanan produk di water refill store yang juga bisa memudahkan proses pengantaran bagi karyawan di store. Sistem yang dihasilkan bisa membantu proses pemesanan dan pengantaran produk di water refill store. Saran pengembangan berikutnya yaitu menambahkan fitur pembayaran secara daring dan membuat pelacakan lokasi tetap dapat berfungsi pada perangkat dengan mode lock screen.
Rancang Bangun Sistem Antrian Klinik Paru Kebumen Irawan, Sandy
Jurnal Informatika dan Sistem Informasi Vol. 10 No. 2 (2024): Jurnal Informatika dan Sistem Informasi
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37715/juisi.v10i2.4844

Abstract

Antrian adalah fenomena umum yang sering terjadi di berbagai tempat, seperti bank, rumah sakit, restoran, dan kantor layanan publik. Pelanggan seringkali frustrasi dengan sistem antrian tradisional yang sering menggunakan kertas dan pulpen. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa sistem manual dapat mengalami kesalahan seperti penipuan antrian dan tidak dapat memberikan informasi tentang status antrian dalam waktu nyata. Aplikasi sistem antrian telah muncul di era modern untuk menyelesaikan berbagai masalah dengan sistem antrian tradisional. Aplikasi sistem antrian menurunkan biaya, meningkatkan produktivitas, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Klinik Paru Kebumen merupakan salah satu pelayanan masyarakat yang ada di Kota Kebumen dengan menyediakan fasilitas seperti pemeriksaan paru dan lain sebagainya. Salah satu pelayanan yang disediakan adalah tentang pasien mengantre di klinik ini. Namun timbul permasalahan ketika nomor antrian masih manual dan petugas memanggil secara manual, sehingga menyulitkan petugas dalam proses pemanggilan pasien. Selain itu pasien tidak bisa mendapatkan nomor antrian secara online sehingga pasien harus datang ke lokasi untuk mengantre nomor antrian. Untuk permasalahan ini, dilakukan perancangan dan implementasi sistem antrian Klinik Paru Kebumen menggunakan Borland Delphi dan MySQL. Fitur yang disediakan adalah pendaftaran pasien secara on the spot dan online yang dapat di download di Google Playstore, fitur pemanggil antrian dan fitur tampilan antrian. pengujian implementasi aplikasi dilakukan oleh pengguna (blackbox). Selain itu, digunakan juga metode UMUX (Usability Metric for User Experience) untuk mengukur hasil pengujian secara kuantitatif. Berdasarkan hasil pengujian, rancang bangun aplikasi yang dibuat dalam bentuk aplikasi desktop dan mobile ini berhasil melakukan manajamen sistem antrian beserta fitur yang disediakang dibuktikan dengan hasil pengujian kepada pengguna serta nilai UMUX sebesar 93.75
Keuntungan Dan Kendala Pada Strategi Penggunaan Kembali Dalam Proses Pengembangan Perangkat Lunak Radiyudin, Muhamad; Abidin, Ahmad Faiz; Yaqin, Muhammad Ainul
Jurnal Informatika dan Sistem Informasi Vol. 10 No. 2 (2024): Jurnal Informatika dan Sistem Informasi
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37715/juisi.v10i2.4895

Abstract

Penggunaan kembali komponen perangkat lunak (software reuse) telah menjadi salah satu strategi kunci dalam pengembangan perangkat lunak modern. Tujuan dari strategi ini adalah untuk meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya, dan mempersingkat waktu pengembangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak penggunaan kembali terhadap kualitas perangkat lunak. Penelitian ini menggunakan tinjauan literatur dan teknik wawancara untuk menyelidiki manfaat dan hambatan penerapan strategi penggunaan kembali. Hasil tinjauan literatur menunjukkan bahwa penggunaan kembali meningkatkan kualitas perangkat lunak melalui standar yang lebih baik dan komponen yang diuji. Namun, tantangan terbesarnya adalah kesulitan menemukan komponen yang tepat, integrasi yang kompleks, dan kurangnya dokumentasi yang memadai. Wawancara dengan pengembang perangkat lunak mengkonfirmasi temuan ini dan menambahkan bahwa budaya organisasi dan dukungan manajemen juga memainkan peran penting dalam keberhasilan strategi penggunaan kembali. Secara keseluruhan, studi ini menyimpulkan bahwa meskipun terdapat banyak manfaat yang signifikan dari penggunaan kembali, seperti peningkatan konsistensi dan pengurangan kesalahan, hambatan teknis dan non-teknis tetap menjadi kendala utama. Oleh karena itu, memaksimalkan manfaat strategi penggunaan kembali dalam pengembangan perangkat lunak memerlukan pendekatan holistik yang mempertimbangkan faktor teknis, organisasi, dan manajerial.
E-Library Berbasis Web Menggunakan Model Prototipe Sumardiono, Sumardiono; Safitri, Siska; Soipah
Jurnal Informatika dan Sistem Informasi Vol. 10 No. 2 (2024): Jurnal Informatika dan Sistem Informasi
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37715/juisi.v10i2.4974

Abstract

Selama era teknologi ini, pengembangan informasi yang turut ikut, seperti halnya peranan perpustakaan benar-benar penting menjadi bagian dari lembaga yang bertugas menyisipkan beraneka asal-usul informasi. Perpustakaan sebagai layanan penyedia informasi mencakup aktivitas seperti pengumpulan, pengolahan, penyajian, distribusi, serta pemeliharaan dan pelestarian informasi. Layanan perpustakaan dan kegiatan lainnya masih bersifat pencatatan yang belum dilakukan secara komputerisasi. Penelitian ini bertujuan merancang sebuah sistem informasi perpustakaan berbasis web (e-library) yang dapat mempermudah dalam layanan perpustakaan, seperti keanggotaan dan pengumpulan data buku, serta administrasi lainnya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif serta model prototipe, yaitu komunikasi & rencana cepat, analisis kebutuhan, perancangan, pengkodean, pengujian sistem alpha dan beta. Hasil dari pengujian secara alpha diperoleh hasil valid dari setiap aplikasi yang diujikan, dan hasil uji secara beta dengan random sampling sebanyak 20 responden, maka diperoleh nilai kegunaan (functional) sebesar 84%, nilai kemudahan (usability) sebesar 79%, dan nilai kepuasan (satisfaction) sebesar 84,5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengujian sistem e-library ini memiliki rata-rata 82,63% dan dapat dikatakan sangat layak untuk digunakan.
Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bahasa Sumba Timur Berbasis Mobile sebagai Upaya Pelestarian Warisan Budaya Bangsa Eka Putri, Jessica; Wahyono, Teguh
Jurnal Informatika dan Sistem Informasi Vol. 10 No. 2 (2024): Jurnal Informatika dan Sistem Informasi
Publisher : Universitas Ciputra Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37715/juisi.v10i2.5063

Abstract

Sebagai salah satu warisan adiluhung budaya bangsa, maka bahasa daerah perlu dilestarikan keberadaannya di tengah arus globalisasi yang semakin kuat. Namun, banyak bahasa daerah di Indonesia, termasuk Bahasa Sumba Timur, mengalami penurunan jumlah penutur seiring dengan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi mobile yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran Bahasa Sumba Timur. Aplikasi ini dirancang dengan fitur-fitur interaktif seperti latihan kosa kata, pelafalan, dan kuis, yang diharapkan dapat menarik minat generasi muda dalam mempelajari dan menggunakan Bahasa Sumba Timur. Penelitian ini menerapkan metode Prototype, metode Prototype sendiri merupakan metode yang digunakan untuk pengembangan software. Sistem dari metode ini memungkinkan interaksi antara developer dan user yang bertujuan untuk menghindari ketidakserasian dan kesalah pahaman dalam membangun software. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat berfungsi dengan baik dan mendapat respon positif dari pengguna awal, terutama dalam hal antarmuka yang mudah digunakan dan materi yang disajikan. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya efektif dalam melestarikan Bahasa Sumba Timur, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya melindungi dan melestarikan warisan budaya bangsa.

Page 1 of 1 | Total Record : 5