cover
Contact Name
Veta Lidya Delimah Pasaribu
Contact Email
Vethalidya@gmail.com
Phone
+6285880118922
Journal Mail Official
jurnalsemarak.unpam@gmail.com
Editorial Address
Jl. Surya Kencana No. 1 Pamulang Barat - Tangerang Selatan Banten 15417
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
JURNAL SeMaRaK
Published by Universitas Pamulang
ISSN : 26156849     EISSN : 26223686     DOI : 10.32493/smk
Jurnal SeMaRaK : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan 3 edisi dalam setahun yaitu pada bulan Februari, Juni dan Oktober oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. Terbit sejak bulan Februari tahun 2018. Fokus kajian jurnal ini adalah berkaitan dengan penelitian pada bidang ekonomi. Lingkup Jurnal SeMaRaK Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang meliputi penelitian pemasaran, sumber daya manusia dan keuangan.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 3 (2022): Jurnal Semarak" : 11 Documents clear
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Kopi Janji Jiwa Cabang Pademangan Jakarta Utara Fadillah Fadillah
JURNAL SeMaRaK Vol 5, No 3 (2022): Jurnal Semarak
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/smk.v5i3.25059

Abstract

Dalam penelitian ini mempunyai tujuan menganalisis yang berjudul Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Kopi Janji Jiwa Pademangan baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif dan pengambilan sampel dengan teknik accidental sampling. Dengan metode uji instrument data baik itu validitas maupun reliabilitas, asumsi klasik, uji hipotesa, uji t, uji F dan teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 26. Hasil dari penelitian menunjukan Kualitas Pelayanan (X1) yang memiliki hubungan determinasi dengan hasil 0,667 terhadap Kepuasan Konsumen (y). Pe ngujian hipotesis diperoleh t-hitung > t-tabel atau (8,856 >1,984) dan diperkuat dengan nilai signifikan 0.00<0.05, kemudian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen, dapat diterima. Hasil analisis variabel Harga (X2) memiliki hubungan determinasi sebesar 0,800 atau kuat terhadap Kepuasan Konsumen(y). Pengujian hipotesis diperoleh t-hitung>t-tabel (13,182 >1,984) dan diperkuat dengan nilai signifikansi 0,000<0,05, kemudian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Harga terhadap Kepuasan Konsumen, dapat diterima. Kemudian penelitian ini dapat memperlihatkan adanya Pengaruh Kualitas pelayanan (X1) serta Harga (X2) terdapat pengaruh signifikan pada Kepuasan Konsumen dengan adanya hasil persamaan regresi Y= 6,542 + 0,160 X1 + 0,431 X2. Tingkat hu bungan determinasi antara variable Kualitas Pelayanan dan Harga terhdp Kepuasan Konsumen sebesar 0,823 atau sangat kuat. Pengujian hipotesis menggunakan uji statistik diperoleh nilai Fhitung > Ftabel atau (101,749 >2,700) dan diperkuat oleh nilai probabilitas signifikan 0,000 < 0,05, maka dari itu hipotesis yang ke tiga terdapat pengaruh yang signifikan yaitu Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen, dapat diterima.
Pengaruh Debt To Euqity Ratio, Earning Per Share , Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Return Saham Pada Masa Penyesuian Evaluasi Berkala Dan Evaluasi Fast Entry Di Jakarta Islamic Index ( JII) Meta Nursita; Fina Ratnasari
JURNAL SeMaRaK Vol 5, No 3 (2022): Jurnal Semarak
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/smk.v5i3.25055

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh debt to equity ratio, earnings per share, dan ukuran perusahaan terhadap return saham pada masa penyesuaian evaluasi berkala, dan evaluasi fast entry yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2017- 2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 13 perusahaan yang terdaftar pada Jakarta Islamic Index (JII) periode 2017-2021. Teknik analisis data dimulai denga uji statistic deskriptif, kemudian dilanjutkan dengan uji multikolinieritas, uji keseluruhan model, uji kelayakan model regresi, serta uji hipotesis. Metode statistik yang digunakan adalah analisis regresi data panel. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial debt to equity ratio tidak berpengaruh secara signifikan terhadap return saham, earnings per share berpengaruh secara signifikan terhadap return saham, dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Return Saham, serta secara simultan menunjukkan bahwa debt to equity ratio, earning per share, dan ukuran perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap Return Saham.
Pengaruh Net Profit Margin ( NPM ), Return On Assets (ROA) Dan Earning Per Share ( EPS) Terhadap Harga Saham Pada PT. Mayora Indah .Tbk Shelby Virby; Gigis Al Wani
JURNAL SeMaRaK Vol 5, No 3 (2022): Jurnal Semarak
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/smk.v5i3.25060

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Net Profit Margin (NPM), Return On Assets (ROA), dan Earning Per Share (EPS) secara parsial dan simultan terhadap Harga Saham pada PT. Mayora Indah Tbk pada tahun 2012-2021. Jenis penelitian ini bersifat asosiatif dengan metode kuantitatif menggunakan aplikasi SPSS versi 25, Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa parsial (uji t), variabel Net Profit Margin (NPM) dengan Thitung 0.828 < 2.446 Ttabel dengan taraf signifikansi 0.439 > 0.05 menunjukan bahwa hasil NPM tidak berpengaruh terhadap Harga Saham. Pada Return On Assets (ROA) Thitung - 0.496 < 2.446 Ttabel dengan taraf signifikansi 0.638 > 0.05 menunjukan bahwa hasil ROA tidak berpengaruh terhadap Harga Saham. Sedangkan pada Earning Per Share (EPS) dengan Thitung -3.380 < 2,446 dengan taraf signifikansi 0.015 < 0,05 menunjukan bahwa hasil EPS tidak berpengaruh terhadap Harga Saham. Berdasarkan hasil uji signifikansi simultan (uji F) diperoleh hasil Fhitung 4.907 < Ftabel 4,35 dengan taraf signifikansi 0,042 < 0,05 bahwa Net Profit Margin (NPM), Return On Assets (ROA), dan Earning Per Share (EPS) secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap Harga Saham pada pt. Mayora Indah Tbk. Berdasarkan nilai R square sebesar 0.710. dapat disimpulkan bahwa Net Profit Margin (NPM), Return On Assets (ROA), dan Earning Per Share (EPS) berpengaruh sebesar 71% terhadap Harga Saham. Sedangkan 29% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Pada Toko Elektronik Mutiara Nuvus Di Pasar Parung Panjang Kabupaten Bogor Munarsih Munarsih; Udin Ahidin; Ahmad Hikayat
JURNAL SeMaRaK Vol 5, No 3 (2022): Jurnal Semarak
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/smk.v5i3.25051

Abstract

Strategi pemasaran adalah salah satu cara memenangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan baik itu untuk perusahaan yang memproduksi barang atau jasa. Strategi pemasaran dapat dipandang sebagai salah satu dasar yang dipakai dalam menyusun perencanaan perusahaan secara menyeluruh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran mengenai kualitas pelayanan, penetapan harga dan strategi pemasaran Toko Elektronik Mutiara Nuvus dalam meningkatkan daya saing di pasar Parung Panjang, Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Setelah dilakukan penelitian didapatkan bahwa penetapan strategi kualitas pelayanan baik dan ramah dilakukan oleh Toko Elektronik Mutiara Nuvus, agar pelanggan senang berbelanja di toko elektronik mutiara nuvus dan sopan santun adalah bagian dari kebudayaan dalam bermasyarakat serta sudah menjadi tugas kami dalam melayani pelanggan. Kemudian penetapan strategi harga yang terjangkau dilakukan oleh Toko Elektronik Mutiara Nuvus, agar menjaga pelanggan untuk tetap setia berbelanja di Toko Elektronik Mutiara Nuvus Serta untuk terus dapat bersaing dengan kompetitor di pasar parung panjang dan juga penetapan strategi kepuasan pelanggan dengan menyediakan barang yang berkualitas walaupun harga yang terjangkau dilakukan oleh Toko Elektronik Mutiara Nuvus, untuk menjaga citra toko, karena sejak dulu Toko Elektronik Mutiara Nuvus selalu memberikan yang terbaik bagi pelanggan dan juga agar pelanggan tetap setia berbelanja di Toko Elektronik Mutiara Nuvus. Toko Elektronik Mutiara Nuvus harus bisa menambah jenis barang atau produk dalam tokonya sehingga lebih bervariasi pilihan agar pelanggan punya banyak pilihan dalam berbelanja di toko tersebut serta Toko Elektronik Mutiara Nuvus harus secepatnya merealisasikan harapan dari pemilik toko Bapak H. Sapri untuk terjun ke dalam pasar online agar bisa lebih maju dan sukses kedepannya.
Pengaruh Sistem Rekrutmen , Kompesasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawa Widia Astuti; Oki Iqbal Khoir
JURNAL SeMaRaK Vol 5, No 3 (2022): Jurnal Semarak
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/smk.v5i3.25056

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rekrutmen terhadap kinerja karyawan, pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan,dan pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan untuk menganalisis pengaruh rekru t men, ko mp ensas i da n mot ivas i secara simultan terhadap kinerja karyawan. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang berupaya menjelaskan hubungan antar variabel bebas (independent) dengan variabel terikat (dependent variabel), melalui pengujian hipotesis. Variabel bebas terdiri dari rekrutmen (X1),kompensasi (X2),motivasi (X3) sedangkan variabel terikatnya adalah kinerja (Y). Penelitian ini dilakukan kepada 110 responden dari 150 populasi yang ada.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rekrutmen (X1) berpengaruh signifikan secara parsial sebesar 34,5% terhadap kinerja (Y),kompensasi (X2) berpengaruh signifikan secara parsial sebesar 31,4% terhadap kinerja (Y) dan motivasi (X3) berpengaruh signifikan secara parsial sebesar 33,8% terhadap kinerja karyawan (Y) serta sisanya diterangkan oleh variabel lain. Hasil penelitian regresi berganda menunjukkan bahwa rekrutmen (X1), kompensasi (X2) dan motivasi (X3) terdapat pengaruh signifikan secara simultan sebesar 40,5% terhadap kinerja karyawan (Y), sedangkan sisanya sebesar 59,5% diterangkan oleh variabel lain yang tidak diajukan dalam penelitian ini.
Pengaruh Motivasi Dan Kepemimipinan Terhadap Kinerja Karyawan PT.Abisatya Panca Nawa Krisnaldy Krisnaldy; Vetha Lidya Delimah Pasaribu; Senen Senen
JURNAL SeMaRaK Vol 5, No 3 (2022): Jurnal Semarak
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/smk.v5i3.25061

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi dan kepemimpinan terhadap kinerja karyawan pada PT. ABISATYA PANCA NAWA baik secara parsial maupun secara simultan. Metode yang digunakan adalah metode asosiatif. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling menggunakan dengan sampel sebanyak 80 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis Hasil penelitian ini adalah Motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan persamaan regresi Y = 25,702 + 0,738X1, nila koefisien korelasi sebesar 0,654 artinya kedua variabel memiliki tingkat hubungan yang kuat dengan koefisien determinasi sebesar 42,8%. Uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (7,638 > 1,991). Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh signifikan antara motivasi terhadap kinerja karyawan. Kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan persamaan regresi Y = 22,334 + 0,692X2 nilai koefisien korelasi sebesar 0,628 artinya kedua memiliki tingkat hubungan yang kuat dengan koefisien determinasi sebesar 39,4%. Uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (7,129 > 1,991). Dengan demikian H0 ditolak dan H2 diterima artinya terdapat pengaruh signifikan antara kepemimpinan terhadap kinerja karyawan. Motivasi dan kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan persamaan regresi Y = 14,067 + 0,514X1 + 0,446X2. Nilai koefisien korelasi diperoleh sebesar 0,743 artinya variabel bebas dengan variabel terikat memiliki tingkat hubungan yang kuat dengan koefisien determinasi atau pengaruh secara simultan sebesar 55,2% sedangkan sisanya sebesar 44,8% dipengaruhi faktor lain. Uji hipotesis diperoleh nilai F hitung > F tabel atau (47,515 > 2,720). Dengan demikian H0 ditolak dan H3 diterima. Artinya terdapat pengaruh signifikan secara simultan antara motivasi dan kepemimpinan terhadap kinerja karyawan
Manajemen Perpustakaan Berbasis Sekolah Di Mts Lab UINSU , Medan, Sumatera H.T. Darmansah; Nisa Miranda; Rasidah Hilwana; Husni Mubaraq
JURNAL SeMaRaK Vol 5, No 3 (2022): Jurnal Semarak
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/smk.v5i3.25052

Abstract

Peradaban baru dalam dunia pustakawan didunia telah merubah sekaligus merenovasi beberapa tatanan baik dalam kelompok, manajemen, teknologi serta tatanan sosial, hukum dan kebudayaan lainnya. Ilmu pengetahuan memiliki terobosan sebuah inovasi teknologi di perpustakaan yang berwujud digital yang memiliki dampak dari berbagai aspek di kehidupan bermasyarakat. Dalam problematikanya perpustakaan tidak hanya membangun kualitasnya saja dalam berbagai layanan konvensional dengan mengandalkan beberapa kepemilikan koleksi dan koleksi tercetaknya. Manajemen perpustakaan juga mengalami inovasi perubahan dari tahun ke tahun, begitu juga dengan perpustakaan sekolah. Manajemen perpustakaan sekolah adalah proses menstabilkan kontribusi seseorang, material, dan anggaran untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan sebelumnya.
Pengaruh Current Ratio Dan Total Asset Turnover Terhadap Return On Asset Pada PT. Unilever Indonesia TBK Periode 2012-2021 Diana Rahmawati; Aria Aji Priyanto
JURNAL SeMaRaK Vol 5, No 3 (2022): Jurnal Semarak
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/smk.v5i3.25057

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui serta menjelaskan pengaruh Current Ratio dan Total Assets Turnover terhadap Return On Assets pada PT. Unilever Indonesia Tbk periode 2012- 2021, baik itu parsial atau simultan. populasi penelitian ini yaitu semua laporan keuangan PT. Unilever Indonesia Tbk dan menggunakan sampel berupa Laporan Neraca dan Laporan Laba/Rugi pada periode 2012-2021. Jenis penelitian ini menggunakan metode hipotesis, dengan metode statistik yang sifatnya kuantitatif assosiatif. Alat analisis menggunakan regresi linear berganda dengan program SPSS24. Berdasarkan hasil uji f menandakan ada pengaruh yang signifikan antara variabel Current Ratio dan Total Assets Turnover terhadap Return On Assets. Berdasarkan hasil uji t variabel Current Ratio terdapat pengaruh positif signifikan terhadap Return On Asset serta pada Total Asset Turnover pun menunjukan hasil yang sama terdapat pengaruh yang positif signifikan terhadap Return On Asset.
Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT.Sigma Cipta Utama Eko Sudarso
JURNAL SeMaRaK Vol 5, No 3 (2022): Jurnal Semarak
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/smk.v5i3.25053

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan Pada PT. Sigma Cipta Utama. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Dengan 50 orang karyawan sebagai responden. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling atau (sampel jenuh). Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis Hasil penelitian ini adalah motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan Berdasarkan hasil analisis, menunjukkan bahwa Motivasi (X) berpengaruh positif terhadap kerja karyawan (Y) dengan diperoleh persamaan regresi Y = 17,478 + 0,615 X. koefisien korelasi sebesar 0,661 artinya kedua variabel mempunyai tingkat hubungan yang kuat. Nilai determinasi atau kontribusi pengaruh sebesar 0,436 atau sebesar 43,6% sedangkan sisanya sebesar 56,4% dipengaruhi oleh faktor lain. Uji hipotesis diperoleh nilai t hitung > t tabel atau (6,095 > 2,010). Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi terhadap kinerja karyawan pada PT. Sigma Cipta Utama.
Pengaruh Citra Merek Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Es Krim AICE Di Wilayah Rw 07 Kelurahan Ciracas Jakarta Timur Amirudin Amirudin
JURNAL SeMaRaK Vol 5, No 3 (2022): Jurnal Semarak
Publisher : universitas Pamulang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32493/smk.v5i3.25058

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mengetahui pengaruh baik secara parsial atau simultan, apakah terdapat pengaruh antara Citra Merek dan Kesadaran Merek terdahap Minat Beli Konsumen Es Krim Aice di wilayah RW 07 Kelurahan Ciracas Jakarta Timur. Sampel penelitian ini adalah warga di Wilayah RW 07 Kelurahan Ciracas Jakarta Timur. Peneliti menggunakan metode purposive sampling dan menggunakan kuesioner secara online dengan responden sebanyak 99 orang. Peneliti menggunakan perhitungan statistik seperti analisis uji regresi linier berganda, ujit t, uji f. Dari hasil uji yang dilakukan oleh peneliti, maka dihasilkan uji t yaitu thitung > ttabel (Citra Merek (X1) dan Kesadaran Merek (X2)) artinya berpengaruh terdahap Minat Beli Konsumen (Y). Hasil uji F yaitu Fhitung > Ftabel sehingga secara bersamasama variabel X1 dan variabel X2 berpengaruh terhadap variabel Y.

Page 1 of 2 | Total Record : 11