cover
Contact Name
Baharuddin
Contact Email
nonformaljr@ummaspul.ac.id
Phone
+6281339859730
Journal Mail Official
nonformaljr@ummaspul.ac.id
Editorial Address
Jendral Sudirman No.17 Enrekang Sulawesi Selatan
Location
Kab. enrekang,
Sulawesi selatan
INDONESIA
JURNAL EDUKASI NONFORMAL
ISSN : -     EISSN : 27152634     DOI : 10.33487
Core Subject : Social,
Jurnal Edukasi Pendidikan Non Formal mempublikasikan hasil penelitian dan artikel dalam kajian pendidikan dan penyelenggaraan pendidikan dalam setting pendidikan nonformal dan informal di Indonesia.
Articles 32 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Edukasi NonFormal" : 32 Documents clear
PENGARUH PENAMBAHAN SERBUK BENTONIT PADA CAMPURAN BETON TERHADAP KUAT TEKAN BETON Hamsyah Hamsyah; Jumardi Safri
JURNAL EDUKASI NONFORMAL Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Edukasi NonFormal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1395.848 KB)

Abstract

This research purposed to analyzing the bentonite powder with the mixture concrete for the strength of concrete K 225 and evaluating the comparison bentonite powder to concrete mixture concerning the compressive strength of concrete K 225. With development the concrete construction in this country Indonesia,so this reseach more leads to quality improvement concrete by using added bentonite materials. From the reseach results can be drawn a conclusion that is the addition of bentonite on concrete mixture will increase the compressive strength of concrete the highest strength value that achieved for the concrete with bentonite degrees 10 %, with average results as amount 22,175 Mpa. And then, bentonite degree 25 % and 50 %. The concrete become decreased compressive strength of concrete as amount 16.301 and 9,979 Mpa. Compressive strength of concrete with added bentonite degree as amount 10 %, 25 % and 50 % with average compressive strength amount 22,175 Mpa, 16,301 Mpa and 9,979 Mpa not reached the standard specification quality of concrete K225.
PERSEPSI REVOLUSI MENTAL ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Elihami Elihami; Ekawati Ekawati
JURNAL EDUKASI NONFORMAL Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Edukasi NonFormal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (849.728 KB)

Abstract

Tujuan dari kegiatan penelitian ini untuk 1) Merevolusi mental orang tua terhadap pendidikan anak usia dini.2) Memotivasi dan menggairahkan semangat kerja orang tua 3). Karakter orang tuaa harus beraksi untuk perubahan ke arah yang lebih baik sesuai tuntunan atau kurikulum yang baik terhadap anak usia dini . Target dari penelitian ini adalah menjadi orang tua yang berintegritas, mau bekerja keras, dan punya semangat gotong royong dalam pendidikan anak usia dini serta bergairah dan termotivasi untuk meningkatkan pendidikan pada anak usia dini. Permasalahan utama adalah memiliki mental yang lemah yang bersifat konsumtif selalu ingin memperoleh sesuatu dengan cara Instan tanpa memahami edukasi dalam pendidikan anak usia dini. Orang tua tidak peduli tentang pemahaman revolusi mental dengan sebaik-baiknya dalam mendidik anak, orang tua bermalas-malasan dalam mendidik anak dirumah terkhusus bagi para orang tua yang sibuk, tidak memiliki etos kerja, bekerja semaunya. Metode yang digunakan dalam kegiatan penerapan revolusi mental orang tua adalah Participatory Rural Appraisal (PRA) yaitu melibatkan orang tua dalam kegiatan peduli anak usia dini. Pelaksanaan kegiatan ini melalui sosialisasi tentang pentingnya revolusi mental dalam mendidik anak usia dini, pendampingan, study lapang dan demonstrasi serta evaluasi untuk melihat efektifitas program sehingga program berjalan secara efektif dan efisien. Metode implementasi adalah menerapkan dan mengaplikasikan model kerja aktif, efektif dan efisien, agar dapat meningkatkan hasil belajar pada anak usia dini.
DEVELOPING THE NONFORMAL EDUCATION OF LEARNING IN MUHAMMADIYAH UNIVERSITY OF ENREKANG Elihami Elihami
JURNAL EDUKASI NONFORMAL Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Edukasi NonFormal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research is motivated by three things: (1) The learning process in schools that prioritizes the cognitive aspects that lead to convergent patterns and thought processes, while the creative thought processes, affective and psychomotor aspects receive less attention. (2) Increasing technological progress and increasing population and decreasing supply of natural resources are very demanding of the ability to adapt creatively and expertise to find creative solutions. (3) There are very few creative Indonesians found, so many unemployed people are very dependent on the available employment. They are not able to create their own jobs. There are three classic problems faced by the world of education in Indonesia in the development of creativity that have not been resolved to date, namely: (1) Lack of clear vision, mission, and goals of implementing creativity education, (2) The preparation of the curriculum is not in accordance with the expectations and needs of students such as the preparation materials, learning methods, learning media, and evaluation systems, (3) Teaching staff and facilities are inadequate, both in terms of quality and quantity. To overcome the three problems above the quality of the learning process needs to be improved, both the quality of the program and the quality of its implementation. In an effort to improve this, the managers of educational institutions need to look for strategic steps that include the preparation of learning programs and efforts to increase the competence of lecturers in an effort to develop student creativity. Likewise lecturers need to design components of the learning process that can develop student creativity which includes the design of the learning environment, student activities, learning methods and media, and evaluation techniques of learning outcomes. The program that has been prepared must be implemented in accordance with the design. Then it is evaluated to determine the level of success, obstacles encountered and the steps to solve them. This qualitative research aims to examine and analyze the effectiveness of the implementation of the learning process in the development of creativity in Non-formal Education Study Program at the University of Muhammadiyah Enrekang. This study uses a case study approach, considering the object under study consists of one unit or one unit that is seen as a case. Data were collected by observation, interview and documentation study techniques. The population of this study was 9 lecturers and 72 non-formal education students, while the sample of this study was 5 lecturers and 42 fourth grade A students determined by purposive sampling with the consideration that class B had not been effective in the lecture process. The results of this study concluded that the implementation of class A class IV semester of Non-formal Education Study Program tends to experience positive development and has obtained good results in the effort to develop student creativity. The indicators are shown in: (1) increasing PNF students working, (2) increasing passing grade grades and lowest UAS assessed as odd semester, (3) increasing the average UAS value obtained by grade A students, (4) increasing growth and the development of educational facilities, (5) increasing the achievement of championship achievements in the extracurricular field. From the perspective of empowerment the results of this study have implications for the development of a broad learning process that is the emergence of a shared awareness among education managers and lecturers that the lecture process is not only for transferring knowledge, but also developing all the potential of students, including the creative potential of students. Specific implications for the development of student creativity are the emergence of awareness of education managers and lecturers to evaluate and reorganize their programs and performance in order to improve the quality of the learning process.
PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN LIFE SKILL MENJAHIT PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C Iman Syarif; Saidang Saidang; Umaruddin Umaruddin
JURNAL EDUKASI NONFORMAL Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Edukasi NonFormal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjawab dua permasalahan yakni 1) Mengetahui bagaimana pendekatan humanistik dalam pelaksanaan pembelajaran Life Skill Menjahit program pendidikan kesetaraan paket C di SPNF SKB Kabupaten Enrekang 2) Mengetahui out put pendekatan humanistik dalam proses pembelajaran Life Skill Menjahit di SPNF SKB Enrekang. Penelitian ini dilakukan di SPNF SKB Enrekang . Subyek penelitian adalah Kepala SPNF SKB Enrekang, Kesetaraan dinas Pendidikan Kabupaten, Staf administrasi SPNF SKB Enrekang, Penilik Pendidikan Luar Sekolah, Tutor dan warga belajar Warga Belajar. Pendekatan penelitian adalah kualitatif yang bertujuan untuk menggali konsep pelaksanaan pendidikan humanis dalam pembelajaran Life Skill Menjahit pada SKB Kabupaten Enrekang . Hasil dari penelitian di SPNF SKB Enrekang yaitu : pertama, Pendekatan Humanisik dalam proses Pembelajaran Life Skill Menjahit Paket C di SKB Enrekang meliputi pendekatan humanistik dalam rekrutmen warga belajar, Pendekatan humanistik dalam pengelola terhadap tutor, Pendekatan humanistik terhadap warga belajar, Pendekatan humanistik tutor terhadap warga belajar. Kedua, Out put pendekatan humanistik dalam proses pembelajaran Life Skill Menjahit paket C bahwa warga belajar telah : 1) Membentuk kepribadian mandiri,positif, dan peka terhadap fenomena sosial. 2) Membiasakan melakukan hal-hal yang bersifat positif, demokratis, partisipatif dan humanis 3) Menciptakan Suasana pembelajaran yang saling menghargai, kebebasan berpendapat dalam mengungkapkan ide dan gagasan 4) Merasa senang, bergairah, dan berinisiatif dalam belajar.
PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA GURU TERHADAP SISWA DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT Syaparuddin Syaparuddin; Elihami Elihami
JURNAL EDUKASI NONFORMAL Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Edukasi NonFormal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendekatan kontekstual merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan siswa sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pembelajaran dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari siswa yang mampu membawa perubahan ke arah yang lebih baik, lebih memberdayakan siswa dan tidak mengharuskan siswa menghafal fakta-fakta, tetapi lebih mendorong siswa untuk membangun sendiri pengetahuannya melalui interaksi dengan objek, pengetahuan awal yang mereka miliki, pengalaman, dan lingkungan siswa. Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam pembelajaran. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, metode dokumentasi, dan metode wawancara.
PERILAKU SOSIAL ANAK REMAJA YANG MENYIMPANG AKIBAT BROKEN HOME Yuli Yuli
JURNAL EDUKASI NONFORMAL Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Edukasi NonFormal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penulis mengkaji tentang prilaku sosial anak remaja yang menyimpang akibat broken home. Jenis dari penelitian ini adalah kepustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat prilaku sosial anak remaja akibat broken home. Hasil penelitian menunjukan bahwa anak yang hidup dalam keluarga broken home cenderung memiliki perilaku menyimpang, prilaku-prilaku yang menganggu ketentraman lingkungan sekitar dan lingkungan belajarnya, sebagai contohnya penggunaan narkoba, keluar sampai larut malam dan bolos sekolah.
MANHAJ IJTIHAD AND CHARACTERS OF NONFORMAL EDUCATION STUDENTS IN DEALING WITH INDUSTRIAL ERA CHALLENGES 4.0 Elihami Elihami
JURNAL EDUKASI NONFORMAL Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Edukasi NonFormal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This article examines the classic literature on Manhaj Ijtihad and concepts that focus on reading the predictions of the character of non-formal education students at the University of Muhammadiyah Enrekang in facing the challenges of the Industrial 4.0 era. The theory studied is the high urgency about the industrial era 4.0 in the area of ​​contemporary jurisprudence ijtihad, because the nature of contemporary fiqh itself tends to rely on the benefit of the world and the hereafter. Predictions of benefit that can be used as legal support, although the consequences will leave the original law contained in the text. Besides mashlahah, there are several factors that require the concept to be studied, namely Ma'lât Al-Af'âl which is recognized in the realm of ijtihad, such as sad Al-Zarîah, Al-Dharûrah, raf`u Al-Haraj and ta`lil Al-Ahkâm. As a temporary study material that is needed in solving contemporary problems in the character of Non-formal Education students of the University of Muhammadiyah Enrekang in implementing Manhaj Ijtihad as a benchmark, namely maqâshid syarî`ah which leads to the benefit of the world and the hereafter in facing the challenges of the Industrial 4.0 era.
DAMPAK PERCERAIAN ORANG TUA TERHADAP KONDISI EMOSI ANAK USIA 6-12 TAHUN Magdalena Dewi Kusumawati
JURNAL EDUKASI NONFORMAL Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Edukasi NonFormal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak perceraian orang tua terhadap kondisi emosi anak usia 6-12 tahun sehingga peneliti dapat melihat dampak positif dan dampak negatif bagi kondisi emosi anak yang diakibatkan oleh perceraian orang tua. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah kajian pustaka, yaitu mengumpulkan sumber-sumber dan jurnal yang berkaitan dengan dampak perceraian orang tua terhadap kondisi emosi anak usia 6-12 tahun. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif melalui triangulasi data. Implikasi dari penelitian ini adalah perceraian sudah berdampak negatif dan psoitif terhadap kondisi emosi anak usia 6-12 tahun dalam masa perkembangannya dan tidak jarang sering menunjukkan perilaku-perilaku yang agresif bahkan mungkin ada yang suka berkelahi, atau sebaliknya, mungkin juga ada anak yang pendiam atau sulit bergaul. Anak-anak yang menjadi korban perceraian mengalami masalah karena perhatian dan kasih sayang yang diberikan oleh orang tua sudah tidak lengkap lagi.
IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR Ketut Budi Dharma
JURNAL EDUKASI NONFORMAL Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Edukasi NonFormal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai program gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik menyimak dan mencatat. Teknik validasi data mengunakan Triangulasi sumber data. Analisis data menggunakan redukasi data, display data dan gambaran kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan implementasi gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa dengan bentuk-bentuk implementasi gerakan literasi sekolah meliputi menambah buku yang menarik, kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran, membuat jurnal membaca, membuat pojok baca dan membuat lingkungan yang kaya akan teks, melaksanakan berbagai perlombaan yang mendukung kegiatan literasi dan membuat perpustakaan yang menarik perhatian siswa.
PENTINGNYA PENERAPAN PENDIDIKAN MITIGASI BENCANA DI SEKOLAH UNTUK MENGETAHUI KESIAPSIAGAAN PESERTA DIDIK Beatrix Hayudityas
JURNAL EDUKASI NONFORMAL Vol 1 No 1 (2020): Jurnal Edukasi NonFormal
Publisher : Universitas Muhammadiyah Enrekang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak : Di Indonesia ini banyak sekali jumlah korban yang diakibatkan karena kurangnya pengetahuan tentang upaya mitigasi bencana. Tujuan melakukan penelitian berikut adalah untuk menganalisis perlunya penerapan pendidikan tentang upaya pencegahan sebelum bencana disekolah guna mengetahui kesiapsiagaan peserta didik. Metode penelitan yang digunakan adalah meta-analisis. Metode yang digunakan adalah deskriptif dan kuantitatif dari pengumpulan beberapa jurnal yang relevan dan beberapa jurnal dari google scholar. Dari hasil analisis penelitian yang ada tentang pentingnya penerapan pendidikan mitigasi bencana di sekolah ternyata sudah menunjukkan hasil yang cukup siap dengan hasil pada siklus pertama 69% mengalami peningkatan menjadi 74% dengan presentase gain yaitu 8%. Abstract : In Indonesia, there are a lot of casualties caused by lack of knowledge about disaster mitigation efforts. The purpose of conducting the following research is to analyze the need for the application of education about pre-disaster prevention efforts at school to find out the readiness of students. The research method used is meta-analysis. The method used is descriptive and quantitative from the collection of several relevant journals and several journals from Google Scholar. From the results of the analysis of existing research on the importance of implementing disaster mitigation education in schools it has shown that the results are quite ready with the results in the first cycle 69% increased to 74% with a gain percentage of 8%.

Page 1 of 4 | Total Record : 32