cover
Contact Name
Rochmat Aldy Purnomo
Contact Email
rochmataldy93@gmail.com
Phone
+6285298254709
Journal Mail Official
rochmataldy93@gmail.com
Editorial Address
Playangan RT 1 RW 8 Krowe Lembeyan Magetan
Location
Kab. ponorogo,
Jawa timur
INDONESIA
ASSET: Jurnal Manajemen dan Bisnis
ISSN : 26145502     EISSN : 26147246     DOI : -
Core Subject : Economy,
Asset: Jurnal Manajemen dan Bisnis is a journal published by the Department of Management, Faculty of Economics of Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UNMUH Ponorogo) in collaboration with Universitas Muhammadiyah Ponorogo Research and Community Service. Published twice a year (Juni and Desember), contains six articles and receive articles in the field of Management and business review studies with research methodologies that meet the standards set for publication. Manuscript articles can come from researchers, academics, practitioners, and other economic observers who are interested in research in the field of management and business.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2023): Juni" : 6 Documents clear
Analisis Rasio Keuangan (Likuiditas, Profitabilitas, dan Solvabilitas) Sebagai Sarana Pengukuran Kinerja Keuangan PT. Sariguna Primatirta Tbk Tahun 2017-2021 Yudhi dwi Putranto; Popong Budi Setiadi
ASSET: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 6, No 1 (2023): Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/asset.v6i1.7296

Abstract

Salah satu cara untuk mengukur keberhasilan atau kegagalan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan ialah kinerja keuangan. Maksud dari penelitian ini diharapkan dapat mengetahui dan menjelaskan kinerja keuangan perusahaan dilihat dari rasio likuiditas, rasio profitabilitas, dan rasio solvabilitas dari laporan keuangan perusahaan. Penelitian yang dilakukan berupa penelitian kualitatif yang berdasarkan asumsi dan pengumpulan data. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data sekunder PT Sariguna Primatirta Tbk yang didapatkan dari website www.idx.co.id serta website www.tanobel.com. Data yang didapatkan dalam bentuk laporan keuangan tahunan dan ringkasan perusahaan PT Sariguna Primatirta Tbk dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2021.
Harga, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Matahari Plaza Ambarrukmo Yogyakarta Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen Ivana Tita Dianamurti; Dila Damayanti
ASSET: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 6, No 1 (2023): Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/asset.v6i1.7336

Abstract

Saat ini industri perdagangan mengalami perkembangan yang sangat pesat dan persaingan yang cukup ketat, sehingga mengharuskan perusahaan untuk terus mempertahankan usahanya serta melakukan banyak inovasi agar produk yang dihasilkan dapat memenuhi keinginan konsumennya. Faktor-faktor lain tak luput dari kualitas pelayanan juga menjadi sesuatu yang sangat penting untuk diperhatikan oleh perusahaan demi pengalaman belanja yang menyenangkan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui apakah harga, kualitas produk, kualitas pelayanan dan promosi penjualan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di Matahari Plaza Ambarrukmo Yogyakarta. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif dengan teknik Non-Probability Sampling jenis Accidental Sampling, yakni pengambilan sampel berdasarkan kebetulan, maka siapapun yang ditemui peneliti dapat dijadikan sampel apabila memeuhi syarat dan standar penelitian. Penelitian ini akan menggunakan populasi yaitu pengunjung Matahari Plaza Ambarrukmo Yogyakarta dan peneliti nantinya hanya menggunakan 100 responden dengan cara menyebarkan angket berupa quesioner. Dalam menganalisis datanya menggunakan uji SEM PLS. Hasil penelitian memperlihatkan jika harga, kualitas produk, kualitas pelayanan, juga kepuasan konsumen secara positif dan signifikan mempengaruhi keputusan pembelian, sementara promosi penjualan tidak memberikan pengaruh positif dan signifikan dengan keputusan pembelian.
Peningkatan Berkelanjutan: Pendekatan Analisis Tulang Ikan Agniya Thahira
ASSET: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 6, No 1 (2023): Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/asset.v6i1.7090

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana penerapan dan kendala di perusahaan UD. Membiri Kendari melalui aplikasi fishbone analysis terkait dengan tenaga kerja, metode kerja, mesin, bahan baku, dan lingkungan. Informan dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan UD. Membiri Kendari yang berjumlah 22 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Review Literature dan wawancara, Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.  Hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan aplikasi fishbone analysis di masa seperti ini cocok di terapkan, karena sistem ini memiliki kelebihan dimana mampu menemukan kendala, kemudian menggunakannnya untuk melakukan perbaikan kualitas produksi yang berkelanjutan.
Pengaruh Disiplin dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan dengan Total Quality Management (TQM) sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Bank BCA Kantor Cabang Bogor) Dian Anggraeny Rahim
ASSET: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 6, No 1 (2023): Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/asset.v6i1.6833

Abstract

Pencapaian tujuan perusahaan sering didapat melalui disiplin kerja yang tinggi, beban kerja yang kondusif serta total quality management (TQM) yang implementatif. Ketiga point penting ini menjadi tolok ukur dalam peningkatan kinerja perusahaan. Penelitian ini dilakukan di bank BCA Kantor Cabang Bogor dengan 98 orang responden, dan menggunakan alat analisis Structural Equation Model – Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil dari penelitian ini menunjukkan disiplin kerja secara langsung maupun tidak langsung memberi efek positif bagi kinerja karyawan dengan TQM sebagai mediasi. Beban kerja secara langsung memberi pengaruh negatif terhadap kinerja, namun secara tidak langsung melalui mediasi TQM mampu memberi pengaruh positif. TQM sendiri terbukti mampu memberi pengaruh positif terhadap kinerja karyawan.
Pengaruh Upah, Lingkungan Kerja dan Iklim Kerja Terhadap Produktivitas Tenaga Kerja di PT. BPR Prima Mertoyudan Sejahtera Riska Purwanti Purwanti; Dila Damayanti
ASSET: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 6, No 1 (2023): Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/asset.v6i1.6830

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh upah, lingkungan, iklim terhadap produktivitas kerja. Populasi yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan di PT. BPR Prima Mertoyudan Sejahtera sebanyak 46 orang.  Penelitian ini menggunakan total sampling. Analisis data menggunakan regresi berganda. Terdapat pengaruh yang signifikan upah terhadap produktivitas tenaga kerja di PT. BPR Prima Mertoyudan Sejahtera. Tidak terdapat pengaruh yang signifikan lingkungan kerja terhadap produktivitas tenaga kerja di PT. BPR Prima Mertoyudan Sejahtera. Terdapat pengaruh yang signifikan iklim terhadap produktivitas tenaga kerja di PT. BPR Prima Mertoyudan Sejahtera. Terdapat pengaruh yang signifikan upah, lingkungan kerja dan iklim terhadap produktivitas tenaga kerja di PT. BPR Prima Mertoyudan Sejahtera.
Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Kinerja Keuangan Bank Umum di Indonesia Seger Santoso; Farah Qalbia; Benardi Benardi
ASSET: Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 6, No 1 (2023): Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/asset.v6i1.7133

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kinerja keuangan pada bank umum sebelum dan saat pandemi covid 19 dengan indikator terdiri dari CAR (Capital Asset Ratio), ROA (Return On Assets), Modal Inti, BOPO (Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional), NIM (Net Interest Margin Ratio), LDR (Loan to Deposit Ratio) dan LTA (Liquid Assets Ratio). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan komparatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode sebelum dan saat terjadi pandemi covid 19. Teknik analisis yang dilakukan adalah uji beda yaitu uji Paired T- Test dan uji Wilcoxon, dengan pengolahan data dibantu software SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada semua indikator kinerja keuangan bank umum sebelum dan selama pandemi covid 19 yaitu CAR (Capital Asset Ratio), ROA (Return On Assets), Modal Inti (CCRA), BOPO (Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional), NIM (Net Interest Margin Ratio), dan LTA (Liquid Assets Ratio) kecuali pada nilai LDR (Loan to Deposit Ratio) menunjukkan perbedaan yang signifikan. 

Page 1 of 1 | Total Record : 6