cover
Contact Name
Tanto Askriyandoko Putro
Contact Email
tanto@stieken.ac.id
Phone
+62342-802330
Journal Mail Official
manajemen@stieken.ac.id
Editorial Address
Jl. Mastrip 59, Kota Blitar 66111
Location
Kota blitar,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (Penataran)
ISSN : -     EISSN : 25499289     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) merupakan terbitan berkala ilmiah yang memuat artikel-artikel penelitian dari para praktisi maupun akademisi di bidang Ilmu Manajemen. Diterbitkan oleh Jurusan Manajemen STIE Kesuma Negara Blitar dan terbit dua kali dalam satu tahun.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2017)" : 9 Documents clear
PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN MELALUI PENETAPAN GAJI PADA UD MEGA GROSIR (MEGA GROUP) KOTA BLITAR Havidatun Nadziroh Al Ghozali; Sandi Eka Suprajang
Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) Vol. 2 No. 2 (2017)
Publisher : Program Studi Manajemen STIE Kesuma Negara Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.315 KB)

Abstract

Sumber daya manusia adalah aset utama yang sangat berpengaruh dalam mewujudkan tujuan dan kemajuan perusahaan. Keberhasilan dari sebuah usaha/perusahaan dapat dipengaruhi oleh faktor ekstrernal maupun internal. Salah satu dari faktor internal yang dapat dilihat adalah penetapan gaji yang sesuai dari pemilik usaha kepada karyawan. Sedangkan faktor eksternal dapat dilihat dari pelatihan dan pengembangan karyawan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa dan mengetahui mengenai penetapan gaji bagi karyawan guna meningkatkan kinerja karyawan UD Mega Grosir (Mega Group) Kota Blitar yang belum optimal.Kesimpulan yang didapat dari hasil uji validitas adalah hasil nilai tabel r product moment = 0,396, menyatakan  bahwa Jika r hitung > r tabel, maka pernyataan tersebut dinyatakan valid. Dari hasil uji reliabilitas diketahui bahwa nilai koefisien alpha lebih besar dari 0,6 maka dapat disimpulkan bahwa instrument penelitian tersebut handal atau reliable.hasil linier sederhana diketahui hasil Y= 27,532+ 0,387X. Artinya a = 27,532 apabila penetapan gaji (X1), diasumsikan tidak memiliki pengaruh sama sekali (=0) maka kinerja karyawan adalah sebesar 27,532, β1=0,387 artinya apabila penetapan gaji (X1) naik 1 (satu) satuan dan variabel lainnya tetap maka kinerja karyawan akan naik sebesar 0,387. Dari hasil uji T diketahui nilai thitung= 2,907 dengan tingkat signifikansi 0,008. Dengan menggunakan batas signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak Ha diterima. Dan hasil uji-F dan regresi dikethaui hasil nya adalah Fhitung sebesar 8,449 dengan tingkat signifikansi 0,008<0,05, menunjukkan bahwa penetapan gaji yang tinggi berpengaruh dalam meningkatkan kinerja karyawan. Kata Kunci: Penetapan Gaji, Kinerja Karyawan.
PENGARUH STRES KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION PEKERJA MELALUI KEPUASAN KERJA DI UMKM PENGOLAHAN TAHU (TAHU RT, INDUSTRI TAHU RDS DAN TAHU DUTA) DI MALANG Aditya Baskoro; Ludi Wishnu Wardana
Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) Vol. 2 No. 2 (2017)
Publisher : Program Studi Manajemen STIE Kesuma Negara Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (409.56 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi stres kerja, kepuasan kerja dan turnover intention pegawai di UMKM pengolahan tahu (Tahu “RT”, Industri Tahu “RDS” dan Tahu “Duta”) di Malang serta pengaruh stres kerja terhadap turnover intention melalui kepuasan kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan dua variabel independen yaitu stres kerja dan kepuasan dengan satu variabel dependen yaitu turnover intention. Data dikumpulkan dengan metode angket dan wawancara yang dilakukan selama penelitian berjalan. pengolahan tahu (Tahu “RT”, Industri Tahu “RDS” dan Tahu “Duta”) di Malang yang meliputi kelebihan beban kerja, konflik peran, ketidakjelasan peran tergolong rendah dengan tingkat kepuasan kerja yang tergolong tinggi diantara para pegawai. Hal ini selanjutnya menyebabkan tingkat turnover intention yang meliputi karyawan berpikir untuk keluar dari perusahan, niat untuk keluar dari perusahaan dalam satu tahun kedepan dan niat untuk keluar dari perusahaan dalam lima tahun ke depan menjadi tergolong rendah. Kata Kunci: Stres Kerja, Kepuasan Kerja, Turnover Intention
PENGARUH KUALITAS LAYANAN, CITRA HOTEL TERHADAP KEPUASAN YANG BERDAMPAK PADA NIAT BERPERILAKU PELANGGAN HOTEL AMBOINA DI KOTA AMBON Marie Chrestien Tahalele
Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) Vol. 2 No. 2 (2017)
Publisher : Program Studi Manajemen STIE Kesuma Negara Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.938 KB)

Abstract

Faktor penting yang sangat menentukan niat berperilaku positif dari pelanggan adalah meminimalkan masalah dalam pelayanan, menampilkan citra yang baik dan menciptakan kepuasan pelanggan. Sangatlah penting bagi pengelola industri perhotelan untuk mengetahui indikator-indikator pembentuk perilaku positif dari pelanggan yang bisa memberikan keuntungan bagi perusahaan.Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh kualitas layanan, citra terhadap kepuasan yang berdampak pada niat berperilaku pelanggan Hotel Amboina, Kota Ambon.Sampel dalam penelitian ini adalah para pelanggan hotel yang berjumlah 260 responden, dengan menggunakan metode Judgement sampling. Teknik analisa data menggunakan analisis jalur (Path Analysis).Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan dan citra merupakan variabel penting yang berpengaruh secara langsung terhadap niat berperilaku,dan berpengaruh secara tidak langsung melalui variabel kepuasan pelanggan. Kata kunci : Kualitas Layanan, Citra, Kepuasan Pelanggan, Niat Berperilaku
PENGARUH KOMPENSASI FINANSIAL DAN KOMPENSASI NONFINANSIAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN Grace Fredriksz
Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) Vol. 2 No. 2 (2017)
Publisher : Program Studi Manajemen STIE Kesuma Negara Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (193.629 KB)

Abstract

Dalam Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui; pertama, Pengaruh Kompensasi Finansial terhadap Kinerja Karyawan. Kedua, Kompensasi Nonfinansial terhadap Kinerja Karyawan, dan ketiga Pengaruh Kompensasi Finansial dan Kompensasi Nonfinansial secara simultan terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Pelindo IV (Persero) Ambon.Responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Pelindo IV (Persero) Ambon. Sampel yang digunakan sebanyak 40 karyawan, dengan metode pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisa yang digunakan untuk Pengujian hipotesis pertama, kedua dan ketiga menggunakan regresi berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Kompensasi Finansial (X1) dan Kompensasi Nonfinansial (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan baik secara parsial maupun simultan. Kata Kunci: Kompensasi Finansial, Kompensasi Nonfinansial, Kinerja Karyawan
PENGARUH BUDAYA KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN AJB BUMIPUTERA 1912 CABANG AMBON Join Rachel Luturmas
Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) Vol. 2 No. 2 (2017)
Publisher : Program Studi Manajemen STIE Kesuma Negara Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.285 KB)

Abstract

Menciptakan kondisi dan lingkungan kerja yang memuaskan dan membuat karyawan merasa nyaman dalam bekerja adalah salah satu tantangan dalam mengelola sumber daya manusia yang berkaitan dengan kebutuhan para karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh budaya kerja terhadap produktivitas kerja, dan (2) pengaruh kepuasan kerja terhadap produktivitas kerja.Responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah karyawan AJB BUMIPUTERA 1912 Cabang Ambon. Jumlah populasi sebesar 30 karyawan dan sampel yang digunakan adalah seluruh karyawan AJB BUMIPUTERA 1912 Cabang Ambon sebanyak 30 karyawan dengan menggunakan teknik sensus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisa yang digunakan untuk Pengujian hipotesis pertama, kedua dan ketiga menggunakan regresi berganda.Berdasarkan hasil analisis dari penelitian yang dilakukan, Budaya Kerja dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Produktivitas Kerja secara simultan maupun parsial. Kata kunci: Budaya Kerja, Kepuasan Kerja, Produktivitas Kerja
ANALISIS CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN MELALUI PRESEPSI NILAI (STUDI PADA KONSUMEN SEPEDA MOTOR HONDA DI KOTA PASURUAN) Ludi Wishnu Wardana
Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) Vol. 2 No. 2 (2017)
Publisher : Program Studi Manajemen STIE Kesuma Negara Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.853 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek baik secara langsung terhadap kepuasan melalui presepsi nilai pada konsumen, maupun secara tidak langsung terhadapkepuasan melalui presepsi nilai pada konsumen. Sampel dalam penelitian ini berjumlah seratus responden dan pengambilan sampelnya mengunakan metode purposive sampling dengan berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Kemudian untuk manganalisa data dalam penelitian ini digunakan metode analisa jalur (path analysis).Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Citra merek memiliki pengaruh langsung yang positif terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini juga membuktikan bahwa citra merek dapat memberikan pengaruh tidak langsung terhadap persepsi nilai. Untuk memelihara kepuasan melalui presepsi nilai pada konsumen, pabrik Honda tidak hanya fokus untuk menghadirkan varian-varian baru, tetapi juga berusaha untuk kembali meningkatkan citra merek Honda bagi para konsumennya.Kata Kunci : Citra Merek, Persepsi Nilai, Kepuasan
ANALISIS PENGUKURAN KINERJA TENAGA KEPENDIDIKAN DI SEKOLAH TINGGI Rony Ika Setiawan
Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) Vol. 2 No. 2 (2017)
Publisher : Program Studi Manajemen STIE Kesuma Negara Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.99 KB)

Abstract

Penelitian ini berusaha mengetahui bagaimana kinerja tenaga kependidikan di Sekolah Tinggi X. Pendekatan Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survey yang menggunakan total sampling untuk responden tenaga kependidikan, sedangkan untuk mahasiswa menggunakan non-probability sampling dan pengambilan sampel secara insidental. Selain itu peneliti juga dirasa perlu melakukan wawancara dengan unsur Pimpinan dengan menggunakan daftar pertanyaan seperti yagn ada di kuesioner nantinya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang kinerja, manajemen kinerja dan penilaian kinerja. Kata kunci: Manajemen Kinerja, Kinerja, Penilaian Kinerja.
STRATEGI PEMASARAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (STUDI KASUS DI MTS IHSANNIAT JOMBANG) Imam Turmudzi
Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) Vol. 2 No. 2 (2017)
Publisher : Program Studi Manajemen STIE Kesuma Negara Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (147.976 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pentingnya Pemasaran dalam dunia pendidikan sangat diperlukan, dengan tujuan untuk memperkenalkan sekolah atau Madrasah bagi calon siswa baru sehubungan dengan kualitas sekolah. Persaingan di dunia pendidikan sangat menarik, sehingga diperlukan strategi khusus dalam pemasaran pendidikan. Strategi pemasaran pendidikan yang efektif akan memiliki umpan balik yang baik tentang sekolah karena citra sekolah di masyarakat akan lebih baik dan sekolah akan menarik siswa baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan menganalisis: (1) strategi pemasaran Pendidikan, (2) Strategi penerapan, (3) Strategi Evaluasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Untuk menguji validitas data dengan teknik seperti kredibilitas, portabilitas, reliabilitas dan validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Formulasi MTs Ihsanniat Jombang dari strategi pemasaran lembaga pendidikan Islam dalam bentuk membuat program unggulan kegiatan MIPA. 2. Pelaksanaan atau implementasi strategi pemasaran lembaga pendidikan Islam di MTs Ishsaniat Jombang dimulai dengan pelaksanaan program unggulan MIPA dan pendaftaran dengan menggunakan saluran bakat dan minat. 3. Evaluasi yang dilakukan oleh MTs Ihsanniat Jombang yaitu dievaluasi oleh pertemuan kelembagaan di mana pelaksanaan evaluasi strategi pemasaran melalui kegiatan program unggulan MIPA, penerimaan jalur minat dan bakat, serta promosi pemasaran yang terus menerus. Ini dilakukan untuk melihat sejauh mana efektivitas strategi lembaga perlu diubah atau di revisi. Tindak lanjut akan dilakukan jika ada kekurangan dalam hal strategi pemasaran lembaga, dan tindak lanjut akan dilakukan untuk implementasi pada tahun berikutnya. Kata kunci: Strategi Pemasaran, Lembaga Pendidikan Islam
ANALISIS BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UD SINAR JAYA BLITAR Yusak Christian; Retno Murnisari
Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) Vol. 2 No. 2 (2017)
Publisher : Program Studi Manajemen STIE Kesuma Negara Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (520.481 KB)

Abstract

UD Sinar Jaya pada tahun 2015-2017 penjualan produk mengalami penurunan. UD. Sinar Jaya Blitar telah mempunyai produk yang berkualitas, tetapi munculnya pesaing dengan kualitas produk yang sama tetapi dengan harga yang lebih murah menjadi ancaman bagi perusahaan. Dalam hal ini perusahaan kurang dalam melakukan kombinasi dari beberapa kegiatan promosi untuk memasarkan produknya. Jika hal ini terjadi terus menerus dan tidak segera ditangani maka perusahaan akan kehilangan banyak pelanggan karena kesulitan dalam memutuskan produk yang akan dibelinya. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi perusahaan. Analisis data penelitian ini melakukan pemilihan atau seleksi dan penyederhanaan dari data yang diperoleh agar lebih fokus dan juga melakukan analisa data dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji t dan uji f. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk analisis bauran promosi terhadap keputusan pembelian dalam upaya meningkatkan penjualan pada UD Sinar Jaya. Kata kunci : Bauran Promosi, Keputusan Pembelian, Penjualan

Page 1 of 1 | Total Record : 9