cover
Contact Name
Muhd Ar. Imam Riauan
Contact Email
imamriauan@comm.uir.ac.id
Phone
+628117522922
Journal Mail Official
medium@journal.uir.ac.id
Editorial Address
Gedung Fikom UIR. Jl. Kaharudin Nasution No 113 Pekanbaru 28284
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Medium : Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi
Published by Universitas Islam Riau
Jurnal medium menerima artikel naskah di bidang ilmu komunikasi yang sesuai dengan tradisi penelitian ilmu komunikasi (Semiotika, Sibernetika, Fenomenologi, Sosiopsikologis, Sosiokultural, Kritis, Retorika). Secara umum objek penelitian ilmu komunikasi yang diterbitkan dalam jurnal Medium adalah komunikator, pesan, media, khalayak, dan efek.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 2 (2019): Medium Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau" : 9 Documents clear
ADOPSI PENERIMAAN DIGITAL PAYMENT PADA KALANGAN MILENIAL Dian Dinata Houston
Medium: Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Vol 7 No 2 (2019): Medium Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (776.216 KB) | DOI: 10.25299/medium.2019.vol7(2).4094

Abstract

Perkembangan teknologi yang terus berkembang dan maju membuat para aplikasi fintech berlomba-lomba untuk terus melakukan sebuah inovasi baru. Kini masyarakat bisa bertransaksi menggunakan applikasi digital payment yang dapat mempermudah kegiatan sehari-hari. Applikasi-applikasi digital payment tersebut terus melakukan inovasi-inovasi baru. Inovasi tersebut bisa berupa kemudahan dalam bertransaksi, promo-promo yang diberikan, atau fitur-fitur lain yang berhubungan dengan applikasi fintech tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami sejauh mana adopsi inovasi digital payment kepada generasi millennial. Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori difusi inovasi yang dikemukakan oleh Everet Rogers. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif dekskriptif, dengan jumlah narasumber sebanyak 10 orang yang berusia 16-22 tahun. Hasil penelitian yang diperoleh dari wawancara dengan narasumber ialah generasi millennial sudah menerima adanya inovasi-inovasi baru yang diciptakan oleh applikasi-applikasi digital payment. Penggunaan applikasi digital payment dilakukan untuk berbagai hal seperti transportasi online, membeli makanan, membeli tiket, dan sebagainya.
MOTIF PARA LANJUT USIA TINGGAL DI UPT PELAYANAN TRESNA WREDHA KHUSNUL KHOTIMAH PEKANBARU Dyah Pithaloka; Cutra Aslinda; Bambang Novriyanto
Medium: Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Vol 7 No 2 (2019): Medium Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (565.819 KB) | DOI: 10.25299/medium.2019.vol7(2).4404

Abstract

Perilaku manusia ditimbulkan atau dimulai dengan adanya motivasi. Motivasi seseorang akan mewujudkan suatu perilaku yang diarahkan pada tujuan mencapai sasaran kepuasan. untuk memahami seseorang tidak cukup hanya dengan jalan mengamati tindakan perbuatannya saja, tetapi perlu pula menilik hal-hal yang melatar belakangi apa saja yang mendorong melakukan tindakan-perbuatan tersebut, apa motifnya, termasuk para lansia meskipun mereka berada di usia yang tidak produktif lagi. Jumlah penduduk lansia yang semakin bertambah dapat meningkatkan peluang seorang lansia untuk tinggal di panti wredha. Berdasarkan pra riset, peneliti mendapatkan kesimpulan awal bahwa alasan para lansia yang pada akhirnya menjadi penghuni Panti Sosial Tresna Wredha Khusnul Khotimah Pekanbaru adalah karena diantar oleh keluarga, ditemukan oleh petugas panti, dan datang atas kemauan sendiri. Penelitian ini akan melihat masalah tersebut khususnya motif para lansia yang datang ke panti atas kemauannya sendiri. Pendekatan penelitian ini adalah Fenomenologi Alfred Schutz, Ketika seseorang melakukan tindakan sosial menurut Shutz dalam fenomenologi ada fase motif didalamnya. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat berbagai macam motif para lansia untuk datang dan tinggal di panti, pertama; because motive adalah: rasa tidak diperhatikan oleh keluarga dirumah, keluarga kekurangan secara ekonomi sehingga merasa terbebani untuk merawat orang tua yang sudah lanjut usia, sering salah paham dengan anak dan menantu yang menyebabkan orang tua tidak betah dirumah. Sedangkan kedua; in order to motive yang berarti tujuan atau makna hidup yang diharapkan para lansia, yaitu: mendapat kehidupan yang lebih tenang karena ada yang merawat dan menjamin kebutuhan primernya, lebih bahagia dengan memiliki tetap kegiatan di masa tua, dan dapat fokus beribadah.
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA KEDAI ROTI BAKAR DI PAMULANG Vera Ramadhanty; Delvira Juang Utami Putri; Fatimah Azzahra
Medium: Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Vol 7 No 2 (2019): Medium Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (620.234 KB) | DOI: 10.25299/medium.2019.vol7(2).4406

Abstract

Kedai Roti Bakar (KEIBAR) yang merupakan salah satu restoran yang menyediakan berbagai macam makanan terutama roti bakar yang mempunyai berbagai macam topping. Penelitian ini membahas antara kualitas produk dan pelayanan dengan loyalitas pelanggan. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan, pelayanan terhadap loyalitas pelanggan, kualitas produk serta pelayan terhadap loyalitas pelanggan, dan seberapa besar pengaruhnya di KEIBAR di Pamulang. Penelitian ini menggunakan metodelogi penelitian kuantitatif dengan objek penelitian yaitu pada Kedai Roti Bakar (KEIBAR) di Pamulang dengan melihat seberapa loyal konsumen untuk datang ke KEIBAR serta dengan melihat kualitas produk (X1) dan pelayanan (X2). Jenis penelitian ini menggunakan korelasional yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara kualitas produk dan pelayanan dengan loyalitas pelanggan pada KEIBAR di Pamulang. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 254 responden dari jumlah populasi 700 pelanggan. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling, non-probability sampling dengan metode accidental sampling. Penelitian ini menggunakan 7 uji instrumen yaitu uji validitas, uji reliabilitas dan uji normalitas, uji korelasi berganda, uji asumsi klasik (multikolnearitas), uji anova serta dilakukan uji analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk dan pelayanan memiliki hubungan yang kuat terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai regresi 0,634.
MOTIVASI BERPRESTASI TERGAMBAR DARI POLA TULISAN TANGAN dan TANDA TANGAN Veronika Trimardhany
Medium: Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Vol 7 No 2 (2019): Medium Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (636.928 KB) | DOI: 10.25299/medium.2019.vol7(2).4555

Abstract

Individu yang memiliki motivasi berprestasi dalam suatu organisasi, seperti yang diungkapkan oleh McClelland (1987), organisasi akan diuntungkan atas prestasi yang dicapai individu tersebut. Untuk mendapatkan karakter atau kepribadian individu yang memiliki motivasi berprestasi dengan cara menganalisis tanda tangan dan tulisan tangan (grafologi). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Motivasi berprestasi dari individu, dan untuk mengetahui komunikasi Intrapersonal tentang prestasi yang diraihnya serta untuk mengetahui pola tulisan dan tanda tangan pada individu tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskrptif dengan wawancara mendalam dan Analisa grafologi. Dengan subyek penelitian 5 dosen tetap dan memiliki jabatan sebagai manager keatas dalam suatu organisasi di Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi di Jakarta. Hasil yang diperoleh adalah Motivasi kelima subyek menunjukan intensitas, arah dan ketekunan. Faktor motivasi yang dimiliki kelima subyek adalah dorongan kekuatan untuk mencapai prestasi yang menjadi tanggung jawabnya. Arahnya jelas yaitu rasa tanggung jawab yang besar karena sebagai tugas dan amanah. Pola tulisan tangan dan tanda tangan mereka adalah tidak mudah merespon informasi, berpikir dahulu sebelum memutuskannya. Motivasi dan goal-nya tidak terlalu tinggi namun realistis yang sesuai kondisi dan situasi, maka hasil kinerjanya tergolong cukup produktif, didukung oleh kemampuannya berkomunikasi dalam menjalankan tugasnya.
PERSEPSI MASYARAKAT PEKANBARU TERHADAP PEMIKIRAN HIZBUT TAHRIR INDONESIA Gunawan Saleh; Muhammad Arif
Medium: Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Vol 7 No 2 (2019): Medium Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (702.005 KB) | DOI: 10.25299/medium.2019.vol7(2).4556

Abstract

Individu yang memiliki motivasi berprestasi dalam suatu organisasi, seperti yang diungkapkan oleh McClelland (1987), organisasi akan diuntungkan atas prestasi yang dicapai individu tersebut. Untuk mendapatkan karakter atau kepribadian individu yang memiliki motivasi berprestasi dengan cara menganalisis tanda tangan dan tulisan tangan (grafologi). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Motivasi berprestasi dari individu, dan untuk mengetahui komunikasi Intrapersonal tentang prestasi yang diraihnya serta untuk mengetahui pola tulisan dan tanda tangan pada individu tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskrptif dengan wawancara mendalam dan Analisa grafologi. Dengan subyek penelitian 5 dosen tetap dan memiliki jabatan sebagai manager keatas dalam suatu organisasi di Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi di Jakarta. Hasil yang diperoleh adalah Motivasi kelima subyek menunjukan intensitas, arah dan ketekunan. Faktor motivasi yang dimiliki kelima subyek adalah dorongan kekuatan untuk mencapai prestasi yang menjadi tanggung jawabnya. Arahnya jelas yaitu rasa tanggung jawab yang besar karena sebagai tugas dan amanah. Pola tulisan tangan dan tanda tangan mereka adalah tidak mudah merespon informasi, berpikir dahulu sebelum memutuskannya. Motivasi dan goal-nya tidak terlalu tinggi namun realistis yang sesuai kondisi dan situasi, maka hasil kinerjanya tergolong cukup produktif, didukung oleh kemampuannya berkomunikasi dalam menjalankan tugasnya.
COVER MEDIUM VOL.7 NO.2 Muhd Ar. Imam Riauan
Medium: Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Vol 7 No 2 (2019): Medium Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (546.715 KB) | DOI: 10.25299/medium.2019.vol7(2).4700

Abstract

cover jurnal
PREFACE JURNAL MEDIUM Vol.7 No.2 Desember 2019 Muhd Ar. Imam Riauan
Medium: Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Vol 7 No 2 (2019): Medium Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.664 KB) | DOI: 10.25299/medium.2019.vol7(2).4701

Abstract

Preface Jurnal Medium
SELIKUNG JURNAL MEDIUM Muhd Ar. Imam Riauan
Medium: Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Vol 7 No 2 (2019): Medium Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.639 KB) | DOI: 10.25299/medium.2019.vol7(2).4702

Abstract

Selikung Jurnal Medium
MAKNA TANDA PADA POSTER CANDI BOROBUDUR ASIAN GAMES 2018 Chrisentia Flavia Dwianjani; Sella Lovityo Aulia
Medium: Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Vol 7 No 2 (2019): Medium Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau
Publisher : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (599.619 KB) | DOI: 10.25299/medium.2019.vol7(2).4773

Abstract

Kemunculan akun @asiangames2018 ini, tidak hanya menjadi sarana informasi seputar perolehan mendali, tetapi juga sebagai ajang untuk memperkenalkan pariwisata yang dimiliki oleh Indonesia dimana memiliki kekayaan budaya yang tersebar luas di seluruh wilayah ini. Secara tidak langsung juga, INASGOC juga meluncurkan enam poster yang di publish lewat official instagram dengan nama akun @asiangames2018 dimana pada poster tersebut, terlihat background yang menampilkan lokasi-lokasi destinasi wisata di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tanda-tanda yang ingin disampaikan melalui poster Candi Borobudur Asian Games 2018. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan semiotika Roland Barthes. Simpulan dari penelitian ini adalah dapat mampu membangun semangat olahraga kedalam budaya Asia sehingga dapat semakin memperkenalkan wisata Indonesia kepada masyarakat Asia sehingga mau mengunjungi Indonesia sebagai salah satu destinasi wisata.

Page 1 of 1 | Total Record : 9