cover
Contact Name
Juliana Kadang
Contact Email
julikadang@gmail.com
Phone
+6281341060166
Journal Mail Official
jimutfeb@gmail.com
Editorial Address
https://jimutuntad.com/index.php/jimut/about/editorialTeam
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT)
Published by Universitas Tadulako
ISSN : 24431850     EISSN : 24433578     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) terbentuk di tahun 2015 ( SK no. 0005.24433578/JI.3.1/SK.ISSN/2015.4 - 23 April 2015 ) bertujuan untuk mempublikasikan karya tulis ilmiah mahasiswa program studi S1 Manajemen. JIMUT merupakan Open Journal System (OJS) dengan e-ISSN : 2443-3578 dan p-ISSN : 2443-1850. JIMUT mengundang para author dan pakar berpartisipasi mempublikasikan dan membagi ide-ide melalui penelitian ilmiah dan empiris tentang ekonomi bisnis, manajemen dan kewirausahaan. Tujuan publikasi adalah untuk meningkatkan pengetahuan teori, konsep, dan praktik di bidang ekonomi bisnis, manajemen dan kewirausahaan. Partisipasi para pakar nasional di dewan redaksi adalah jaminan keberlanjutan dan kualitas publikasi sebagai kontribusi terhadap pengembangan manajemen dan riset bisnis pada skala nasional. JIMUT akan menerbitkan artikel secara on line tiga kali dalam setahun (Januari, Mei dan September) berisi sepuluh penelitian empiris dalam Bahasa Indonesia. Jurnal ini tidak hanya bagi kalangan sendiri, terbuka bagi para peneliti, dosen atau mahasiswa di luar Universitas Tadulako
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako" : 10 Documents clear
PENGARUH KINERJA LOGISTIK TERHADAP KINERJA OPERASIONAL PADA UKM ROTAN DI KOTA PALU Ardiansyah Ardiansyah; Husein Hi Moh Saleh; Suryadi Hadi
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (797.226 KB) | DOI: 10.22487/jimut.v1i2.19

Abstract

The  aim  of  this  research  is  to  describe  the  influence  of  logistic  performance  on  operational performance  in  the  rattan  small-medium  business  in  Palu. Population  of  this  research  is  24  Rattan small-medium  business,  which  consists  of  24  business  owners  as respondents,  and  24  active employees. In total, the sample of this research is 48 people who selected with census method. Method of analysis  is  multiple linear  regressions  by  using  software  of  SPSS  for  Windows  Release  16.0. Hypothesis  test  shows  significance  level  of  α  =  0.05  and  reliability  test  using  the  coefficient  values shows cronbach  alpha  with  coefficient  of  α  =  0,60.  The  result  indicates that  logistic  performance simultaneously  have  significant influence  on  operational  performance,  with  adjusted  R-square  value of 46.4%. Partially, with the standard of α = 0.05, X1, X2 and X3 have significant influence on Y with sig. value of 0.033, 0.037 and 0.000 respectively. The correlation test shows a correlation coefficient by   0.706,  which  means that  the  variable  of  logistic  performance  has  a  strong  relationship with  the operational performance of 70.6%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh kinerja logistik terhadap kinerja  operasional  pada  UKM  industri  rotan  di  Kota  Palu.  Populasi  dalam  penelitian  ini adalah 24 Usaha Kecil Menengah Rotan yang terdiri dari 24 pemilik usaha sebagai responden, dan  24 karyawan  aktif  sehingga  sampel  penelitian  ini  adalah  48  responden dengan teknik sampel yang  digunakan  adalah  Sensus.  Metode analisis  yang  digunakan  adalah  analisis regresi  linier  berganda  dengan menggunakan  perhitungan  dari  software  SPSS  for  Windows Release 16,0. Uji hipotesis yang digunakan memiliki tingkat signifikansi α = 0,05 dan untuk uji  reliabilitas  menggunakan  nilai  koefisien  alan  croanbach  dengan  koefisien  nilai  batas  α  = 0,60.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  kinerja  logistik  secara  simultan  menghasilkan pengaruh  yang signifikan terhadap kinerja operasional, dengan nilai Adjust R-square sebesar 46,4%.  Secara  parsial  dengan  standar  α  =  0,05  hasil penelitian  X1,  X2  dan  X3  berpengaruh signifikan terhadap Y dengan sig masing-masing yaitu 0,033, 0,037 dan 0,000. Hasil korelasi tersebut  menunjukkan  koefisien  korelasi  sebesar  0,706  yang berarti  bahwa  variabel  kinerja logistik memiliki hubungan yang kuat dengan kinerja operasional sebesar 70,6%.
PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN TABUNGAN iB HASANAH PADA PT. BNI SYARIAH CABANG PALU Faisal, Imam Agus; Chalil, Chalil; Nirwan, Nirwan
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (463.494 KB)

Abstract

The  research aims  to  find  out the influence of mix promotion on  customer decision  in  using  iB Hasanah saving at PT. BNI Syariah Branch Palu. The variable used are advertisement (X1), selling promotion (X2),  relationship between  people  (X3),  personal  selling  (X4),  direct  marketing  (X5),  as well  as  variable  customer  decision  (Y). This is  a quantitative research. Sample  consists  of 72 respondents who are the customers of iB Hasanah saving at PT. BNI Syariah Branch Palu. Method of analysis  is multiple linear regressions. The  research results indicate  that  variable  of  mix  promotion simultaneously affect on customer decision. Advertisement partially affect on customer decision, while selling  promotion,  people  relationship,  personal selling,  and  direct  marketing  partially  have  non-significant influence on customer decision. Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  bauran  promosi terhadap  keputusan pelanggan  dalam  menggunakan  tabungan  iB Hasanah  pada  PT.  BNI  Syariah  Cabang  Palu, variabel yang digunakan adalah variabel iklan (X1), variabel promosi penjualan (X2), variabel hubungan masyarakat (X3), variabel penjualan personal (X4), pemasaran langsung (X5), serta variabel  keputusan  pelanggan  (Y).  Ini  adalah penelitian  kuantitatif.  Sampel  yang  digunakan adalah  72  responden yang  pelanggannya  menggunakan  tabungan  iB  Hasanah  di  PT.  BNI Syariah  Cabang  Palu.  Metode  yang  digunakan  adalah  analisis regresi linier  berganda.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bauran promosi secara simultan berpengaruh terhadap keputusan  pelanggan. Iklan  secara  parsial  mempengaruhi  keputusan  pelanggan,  promosi penjualan berpengaruh tidak signifikan terhadap  keputusan pelanggan, hubungan masyarakat berpengaruh  tidak  signifikan  terhadap keputusan  pelanggan,  penjualan  pribadi  berpengaruh tidak  signifikan terhadap  keputusan  pelanggan,  pemasaran  langsung  berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pelanggan. 
PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) Triatmaja, Fachturahman; Faisal, Muhammad; Husnah, Husnah
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (604.376 KB)

Abstract

This  study  aims  to  determine  and analyze  the  influence of  capital  structure and  the  size  of  the company on the company values in manufacturing companies of food and beverage industry sectors listed on the Indonesia Stock Exchange (BEI). The sample in this study consists of 11 companies that selected by purposive sampling technique. Method of data analysis is multiple linear regression using SPSS version 16.0. The results show that both independent variables simultaneously have positive and significant influence on value of the company with sig-F of 0.093 ≤ α 0.10 at confidence level of 90%. The  t-test  shows  that  the  capital  structure  significantly  has  negative influence on  the  value  of  thecompany  with  sig-t  of  X1 =  0.032  ≤  α  of  0.10  and  beta value of -0882. While the  company size has 2 non-significant influence on the value of the company with sig-t X2 = 0.787 ≥ α of 0.10 with R values of 0.052 or 5.2%. Both independent variables studied simultaneously influence the dependent variable (enterprise value), while the remaining 94.8% is influenced by other variables that are not studied. Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  dan  menganalisis  pengaruh  struktur  modal  dan ukuran  perusahaan  terhadap  nilai  perusahaan  di  sektor  industri  makanan  dan minuman manufaktur yang  terdaftar  di  Bursa  Efek  Indonesia  (BEI).  Sampel  dalam penelitian  ini sebanyak  11  perusahaan  diambil  dengan  metode purposive  sampling.  Metode  analisis  data dilakukan  dengan menggunakan  regresi  linier  berganda  dengan  menggunakan  SPSS versi 16.0.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  kedua  variabel  bebas  yang  dipelajari  secara simultan  terbukti  berpengaruh  positif  dan  signifikan  terhadap  variabel  terikatnya  yaitu  nilai perusahaan dengan  sig-F  sebesar  0,093  ≤  α  0,10  pada  tingkat  kepercayaan 90%.  Kemudian melalui  uji-t  menunjukkan  bahwa  struktur  modal  dari  efek  negatif  yang  signifikan  terhadap nilai  perusahaan  dengan  sig-t  X1  =  0,032  ≤  α  sebesar  0,10  dan  nilai  beta -0882. Sedangkan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan sig-t X2 = 0,787 ≥ α 0,10. Nilai R2 0,052 atau 5,2% sehingga kedua variabel independen yang dipelajari secara  simultan mempengaruhi  variabel  dependen  (nilai  perusahaan),  sedangkan sisanya 94,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
ANALISIS MODAL PINJAMAN DAN RENTABILITAS EKONOMI PADA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) KARYA BHAKTI DINAS KOPERASI UMKM PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN PROVINSI SULAWESI TENGAH Kharisman Haslan; Muslimin Muslimin; Muhammad Faisal
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (422.539 KB) | DOI: 10.22487/jimut.v1i2.16

Abstract

This  research  aims  to  determine,  understand,  and  analyze  the influence  of  capital  lending  and economic profitability on the cooperative for The Indonesian Republic officials ‘Karya Bhakti’ of The Departement  of  Industry  Cooperation  and  Trading  at  Central  Sulawesi  Province.  It  is  a  descriptive research  using  quantitative  and  qualitative  approach that  consists  of  primary  data  and  secondary data.  Data  collection method to  obtain  the  primary  data  is  observation  on  Karya  Bhakti Employee Cooperative as the subject of research and secondary data obtained from the financial annual report Karya  Bhakti  Cooperative.  The analysis  of  loan  capital  and  economic  profitability  of  Karya  Bhakti Cooperative  is  measured  by  using  trend  analysis.  Based  on  the data  analysis  from  2008  to  2013,  it indicates  that  the  development of  Loan  capital  has  increased  every  year.  This  is  due  to  the development  of  the  business  managed  by  the  cooperatives operations,  while  the  development  of  the economic profitability has been fluctuated, as well as the result of trend analysis of  capital lending and economic profitability showed an increase every year. Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui,  memahami  dan menganalisa   modal  pinjaman  dan rentabilitas  ekonomi  pada  KPRI Karya  Bhakti  Provinsi  Sulawesi  Tengah.  Penelitian  ini  merupakan penelitian deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kuantitafif dan kualitatif yang terdiri dari data primer  dan  data  sekunder.  Dimana peneliti  mendeskripsikan  hasil  penelitian  dengan  menggunakan angka.  Proses  pengumpulan  data  penelitian  ini  menggunakan metode  observasi  yaitu  pengumpulan data primer pada KPRI Karya Bhakti yang menjadi objek penelitiandan data sekunder berupa laporan keuangan yang diperoleh dari laporan tahunan KPRI Karya Bhakti. Untuk mengukur Analisis modal pinjaman dan Rentabilitas Ekonomi KPRI Karya Bhakti menggunakan Analisis Trend. Berdasarkan  hasil  analisis  data  pada  tahun  2008 – 2013  menunjukan  bahwa   perkembangan  modal pinjaman mengalami kenaikan ditiap tahunnya hal ini disebabkan karna adanya perkembangan usaha yang  dikelola  koperasi  dimana  modal pinjaman  dibutuhkan  untuk  mendukung atau  membiayayi kegiatan oprasional  usaha  koperasi.  sedangkan  perkembangan  rentabilitas ekonomi  mengalami kenaikan  dan  penurunan.   Serta  hasil  analisis trend  modal  pinjaman  dan  rentabilitas  ekonomi menunjukan adanya peningkatan ditiap tahunnya.
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KARAKTERISTIK INDIVIDU TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS TADULAKO Muhammad Hasby; Idris Azis; Andi Indriani
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (482.26 KB) | DOI: 10.22487/jimut.v1i2.21

Abstract

The  aim  of  this  research  is  to  determine simultaneous  and  partial  influence  of emotional intelligence (X1) and individual characteristics (X2) on entrepreneurship interests (Y). Subject of the research is students of Management Faculty of Economics, Tadulako University of 88 students, which consists of 28 students of 2012 batch, 26 students of 2013 batch, and 34 students of 2014 batch. Data collection methods applied are observation, interviews, and questionnaires; data analysis is multiple linear regressions with SPSS software for Windows Release 16.0. The result shows that: 1) emotional intelligence  and  individual characteristics simultaneously have significant influence  on entrepreneurship interests of students in the Faculty of Economics, Tadulako University, 2) emotional intelligence has significant influence  on entrepreneurship interests  of students in the  Faculty  of Economics,  Tadulako  University, and  3) individual  characteristics have significant influence  on entrepreneurship interests of students in the Faculty of Economics, Tadulako University. Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh  secara serempak  dan  parsial  dari Kecerdasan Emosional  (X1)  dan  Karakteristik  Individu  (X2),  terhadap  Minat  Berwirausaha  (Y).  Subjek  dalam penelitian ini adalah mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako, dengan sampel 88  orang,  yang  terdiri  dari  28  mahasiswa manajemen  angkatan  2012,  26  mahasiswa  manajemen angkatan 2013 dan 34 mahasiswa manajemen angkatan 2014. Pengambilan data menggunakan metode observasi,  wawancara,  dan  kuesioner  kemudian  diolah dengan  menggunakan  alat  analisis  regresi linear berganda dengan program SPSS For Windows Release 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kecerdasan  Emosional  dan Karakteristik  Individu  secara serempak berpengaruh  signifikan terhadap  Minat  Berwirausaha  mahasiswa Manajemen  Fakultas  Ekonomi  Universitas  Tadulako,  2)Kecerdasan Emosional  berpengaruh  signifikan  terhadap  Minat  Berwirausaha mahasiswa  Manajemen Fakultas  Ekonomi  Universitas  Tadulako,  dan 3)  Karakteristik  Individu  berpengaruh  signifikan terhadap Minat Berwirausaha mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako.
PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP REPURCHASE INTENTION HANDPHONE MEREK SAMSUNG KEPADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERISTAS TADULAKO DI KOTA PALU Syarifuddin Nursyamsu; Syamsul Bachri Daeng Parani; Suryadi Hadi
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/jimut.v1i2.22

Abstract

This study aims to determine how much the brand equity effect to repurchase intention Samsung brand  mobile  phone  to  the  students  of  the  faculty  of  economics  Tadulako  University,  Palu.  The research method used is descriptive of causal method with a sample of 75 people with non-probability sampling  technique  with  a  purposive  sampling approach  and  Multiple  Linear  Regression  Analysis method with the aid of a computer program SPSS for Windows Release 16.0. The results showed that:1). brand equity consists of brand awareness, perceived quality, brand association and brand loyalty simultaneously  affect significantly  on  repurchase  intention  Samsung  brand  mobile  phone  to  the students  of the faculty of  economics  Tadulako  University,  Palu;  2).  Brand  awareness  partially  have no  significant  effect  on repurchase  intention  Samsung  brand  mobile  phone  to  the  students  of the faculty of economics Tadulako in Palu; 3). Perceived quality, brand association, and brand loyalty is partially affect significantly on repurchase intention Samsung brand mobile phone to the students of the faculty of economics Tadulako in Palu. Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  seberapa  besar  efek  ekuitas  merek  untuk membeli  kembali  niat  merek  ponsel  Samsung  kepada  mahasiswa  fakultas  ekonomi Universitas  Tadulako,  Palu. Metode  penelitian  yang  digunakan  adalah  deskriptif  metode kausal dengan sampel 75 orang dengan teknik non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling dan metode Analisis Regresi Linier Berganda dengan bantuan program komputer SPSS for Windows Release 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Ekuitas merek terdiri dari brand awareness, perceived quality, brand association dan brand loyalty sekaligus  berpengaruh  secara  signifikan  terhadap  niat  membeli  kembali  merek  ponsel Samsung  kepada  mahasiswa  fakultas  ekonomi  Universitas  Tadulako,  Palu;  2).  Kesadaran merek  sebagian  tidak  berpengaruh  signifikan  terhadap  niat  beli  kembali  merek  ponsel Samsung  kepada  mahasiswa  fakultas  ekonomi  Tadulako  di  Palu;  3).  Kualitas  yang dirasakan,  asosiasi  merek,  dan  loyalitas merek  sebagian  berpengaruh  secara  signifikan terhadap  niat membeli  kembali  merek  ponsel  merek  Samsung  kepada  mahasiswa  fakultas ekonomi Tadulako di Palu.
FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS TADULAKO MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA JUAL BELI ONLINE Adrina Syulie Wenas; Ponirin Ponirin; Wiri Wirastuti
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/jimut.v1i2.18

Abstract

The  study  determines  some  factors  considered  by  the  students  of  the  Economic  Faculties University  Tadulako  using  social  media Instagram  as  a means  of  buying  &  selling  online.  The sampling technique is accidental side, with 105 samples taken. Based on the analysis factors using 21 indicators, the study finds 3 factors that are considered by students in using social media Instagram as a means of buying and selling online. These factors are: 1) Online Marketing consists of F3 (Ease in business), F12 (Facilitate the search for products), F14 (There are lots of goods imported or local), F15  (to  hunt  many  gifts), F17  (can  develop  the  business).  2)  lifestyle,  includes:  F2  (following the trend of lifestyle), F6 (Instagram is already a lot of users), F10 (the event to seek friendship), F11 (as the  entertainment  media),  F21  (the advice  of  friends);  and  3)  Sales  Promotion  factors  such  as:  F1 (Promotion  convincing),  F16  (As  an  advertising  medium  offers products  or  services),  F19  (price offered various kinds), F20 (For media information). Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  faktor-faktor  yang  harus  diperhatikan mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Tadulako menggunakan media sosial Instagram sebagai alat untuk membeli  &  menjual  secara  online.  Teknik  yang  digunakan  untuk menentukan  sampel  adalah metode  yang  digunakan  untuk menentukan  sampel  Sampling  Sampling  yang  disela.  Jumlah  sampel yang  diambil  sebanyak  105  orang.  Berdasarkan  analisis  faktor-faktor yang  telah  dilakukan  melalui tahap pengujian dengan menggunakan 21 indikator ditemukan bahwa hanya 3 faktor yang dianggap mahasiswa, dengan  menggunakan  media  sosial  Instagram  sebagai  alat  untuk jual-beli  secara  online merupakan faktor Pemasaran Online: F3 (Kemudahan dalam berbisnis), F12 (Memfasilitasi pencarian produk), F14 (Ada banyak barang impor atau lokal), F15 (untuk memburu banyak hadiah), F17 (bisa mengembangkan  bisnis),  maka  faktor  faktor kedua  gaya  hidup:  F2  (mengikuti  tren  gaya  hidup),  F6 (Instagram  sudah  banyak  pengguna),  F10  (acara  untuk  mencari  pertemanan),  F11  (sebagai  media hiburan),  F21  (saran  dari  teman).  Selanjutnya,  faktor  ketiga,  yaitu  faktor  Promosi  Penjualan:  F1 (Promotion meyakinkan), F16 (Sebagai media periklanan menawarkan produk atau jasa), F19 (harga yang ditawarkan bermacam macam), F20 (Untuk informasi media).
PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MENGGUNAKAN PRODUK TUPPERWARE DI KOTA PALU Evilia Tristiyanti; Suardi Suardi; Syamsul Bachri Daeng Parani
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/jimut.v1i2.23

Abstract

This  study  aims  to  determine  and  analyze  the  effect  of  product  quality  on  customer  satisfaction using  Tupperware  products  in  Palu  City.  The  type  of  research  used  is  quantitative  (showing  the relationship between variables). The population of this study is that the general public who have used Tupperware products are not known with certainty. Sampling technique to determine the sample that will be used in this study using the technique of non probability sampling, the purposive sampling with the number of respondents 100 people. Data collection using questionnaire. The analysis method used multiple  linear regression  analysis.  The  result  of  the  research  showed  that  (1)  There  is influence  of product  quality  significantly  to  customer  satisfaction  by  using  Tupperware  product  in  Palu  City  (2)There  is  influence  of product  quality  with  performance,  suitability,  endurance,  aesthetics  and perceived significantly to consumer satisfaction using Tupperware product in Palu City. Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  dan  menganalisa pengaruh  kualitas  produk terhadap kepuasan konsumen menggunakan produk Tupperware di Kota Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif (menunjukan hubungan antar variabel). Populasi penelitian ini adalah seluruh masyarakat umum yang telah menggunakan produk Tupperware jumlahnya tidak  diketahui  dengan  pasti.  Teknik pengambilan  sampel  untuk  menentukan  sampel  yang akan digunakan  dalam  penelitian  ini  menggunakan teknik non  probability sampling, yaitu purposive  sampling dengan  jumlah  responden  100  orang.  Pengambilan  data  menggunakan kuesioner.  Metode  analisis  menggunakan  analisis  regresi  linear  berganda.Hasil  penelitian menunjukkan  bahwa  (1) terdapat  pengaruh  Kualitas  produk  secara signifikan  terhadap kepuasan  konsumen  menggunakan  produk Tupperware  di  Kota  Palu (2) terdapat  pengaruh kualitas  produk dengan  kinerja,  kesesuaian,  daya  tahan,  estetika  dan perceived secara signifikan terhadap kepuasan konsumen menggunakan produk Tupperware di Kota Palu.
STRATEGI BERSAING RUMAH MAKAN HENI PUTRI KAILI Raymondo Wengkau; Chalil Chalil; Maskuri Maskuri
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/jimut.v1i2.14

Abstract

Heni Putri Kaili Restaurant is located at Kaombona Street/ Kampung Nelayan No. 09 Talise, East Palu Sub-district, Palu City. Heni Putri Kaili restaurant has been established since 6 years ago, precisely on February 20th 2010. The owner of the restaurant is Mrs.  Haeni R. Kara , S.Pd. The research intends to find out the competitive level faced by Heni Putri Kaili Restaurant among the restaurant industries in Palu City and to comprehend the alternative strategy that can be used by  Heni  Putri  Kaili  Restaurant.  Data  analysis  methods  used  are  Porter’s  Five  Forces analysis and  the  SWOT  (Strength,  Weakness,  Opportunities,  Threats)  analysis.  Based  on  Porter’s  Five Forces analysis, the study concludes that Heni Putri Kaili restaurant experiences a great rivalry among the restaurant industries in Palu City, which includes the rivalry beetween the competitors from the similiar industry, the suplier’s supplying capacity, and the threat of substitutes products. The  result  of  SWOT  metric  diagram and  IE  table  suggests  that  Heni  Putri  Kaili  Restaurant should  focus on  the  diversifications  strategy  while  improving  the  service  and  the strategy  to increase the promotion of the main product together with other products that are still unfamiliar by the consumers/markets. Heni Putri Kaili Restaurant terletak di Kampung Nelayan No. 09 Talise, Kecamatan Palu Timur,  Kota  Palu.  Restoran  Heni  Putri  Kaili  telah berdiri  sejak  6  tahun  yang  lalu,  tepatnya pada 20 Februari 2010. Pemilik restoran tersebut adalah Nyonya Haeni R. Kara, S.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi persaingan restoran Heni Putri Kaili di antara industri restoran di Kota Palu dan untuk mengetahui strategi alternatif yang dapat digunakan oleh  restoran  Heni  Putri  Kaili. Metode  analisis  data  yang  digunakan  adalah  analisis Lima Kekuatan  Porter  dan  SWOT  (Strength,  Weakness,  Opportunities,  Threats). Berdasarkan analisis  Lima  Kekuatan  Porter,  dapat  disimpulkan  bahwa persaingan  antara  restoran  Heni Putri  Kaili  di  industri  restoran  di Kota  Palu  mengalami  persaingan  yang  sangat  baik.  Ada banyak faktor; persaingan antara pesaing dari industri serupa, kapasitas penyuplai suplier, dan ancaman  produk  substitusi.  Sebagai  hasil diagram  metrik  SWOT  dan  tabel  IE,  strategi kompetitif  dapat direkomendasikan.  Restoran  Heni  Putri  Kaili  berfokus  pada  Strategi Diversifikasi  dengan  program  strategi  untuk  menegakkan  dan memperbaiki  layanan  dan strategi untuk meningkatkan promosi produk unggulan tanpa meninggalkan produk lain yang masih belum diketahui oleh konsumen / pasar.
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP PADA RSUD KABUPATEN BANGGAI KEPULAUAN Magvira Alia; Nirwan Nirwan; Suardi Suardi
Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT) Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako
Publisher : Universitas Tadulako

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22487/jimut.v1i2.17

Abstract

The study intends to determine simultaneous and partial influence of service quality (X) consisting of physical evidence (X1), reliability (X2), responsiveness (X3), assurance (X4), and empathy (X5) on patient satisfaction  (Y)  in  the  General  Hospital  of  Banggai  Islands,  where the  study  is  located.  The type  of  research  is  descriptive. Sources  of data  is  primary  data  retrieved  from  questionnaires  and secondary data  obtained  from  documents  of  the  Regional  General  Hospital Banggai  Islands.  The sample consists of 72 respondents. The sampling technique used is purposive sampling. Based on the results, it is shown that the quality of service (X), consisting of physical evidence (X1), reliability (X2), responsiveness (X3), assurance (X4), and empathy (X5) simultaneously have significant influence on patient satisfaction (Y) of 69.60% while the remaining 30.40% is influenced by other causes. Partial test  shows  that  there  are  three  independent  variables:  physical evidence  (X1),  reliability  (X2)  and assurance (X4) that have non-significant influence to the patients’ satisfaction at the General Hospital of Banggai Islands.Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk  mengetahui  pengaruh kualitas  layanan  (X)  yang terdiri  dari  bukti  fisik  (X1),  reliabilitas  (X2),  responsivitas (X3), jaminan (X4),  dan  empati (X5)  secara simultan  dan  parsial  terhadap  kepuasan  pasien.  (Y)  di  Rumah  Sakit  Umum Kepulauan  Banggai.  Lokasi  penelitian  ini  di  Rumah Sakit  Umum  Kepulauan  Banggai.  Jenis penelitian  ini  bersifat deskriptif.  Sumber  data  dalam  penelitian  ini  adalah  data  primer yang diambil  melalui  kuesioner  dan  data  sekunder  diperoleh  dari  Rumah Sakit  Umum  Daerah Banggai. Sampel dalam penelitian ini adalah 72 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah  purposive sampling.  Berdasarkan  hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  variabel kualitas pelayanan (X) yang terdiri dari bukti fisik (X1), reliabilitas (X2), responsivitas (X3), jaminan (X4),  dan  empati (X5)  secara  simultan berpengaruh  signifikan  terhadap  kepuasan pasien  (Y)  dengan pengaruh 69,60%  sedangkan  sisanya  30,40%  dapat  dijelaskan  oleh penyebab  lainnya.  Uji  parsial  menunjukkan  bahwa  terdapat  tiga variabel  bebas  yang  tidak signifikan yaitu bukti fisik (X1), reliabilitas (X2) dan jaminan (X4) terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Kepulauan Banggai.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 9, No 3 (2023): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 9, No 1 (2023): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 8, No 4 (2022): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 8, No 3 (2022): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 7, No 4 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 7, No 3 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 7, No 2 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 7, No 1 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 6, No 3 (2020): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 6, No 2 (2020): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 5, No 3 (2019): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 4, No 3 (2018): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 4, No 2 (2018): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 3, No 3 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 2, No 3 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 1, No 3 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako More Issue