cover
Contact Name
Mohammad Ahyan Yusuf Sya'bani
Contact Email
tamaddun@umg.ac.id
Phone
+6285762621862
Journal Mail Official
ahyanyusuf@umg.ac.id
Editorial Address
http://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/EditorialBoard
Location
Kab. gresik,
Jawa timur
INDONESIA
Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan
ISSN : 1693394X     EISSN : 27222632     DOI : http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v21i1
Jurnal ini bernama Tamaddun yang artinya (peradaban, kebudayaan, kemajuan) diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Gresik, terbit 2 (dua) kali dalam setahun pada bulan Juli dan Januari. Tujuan dari jurnal ini adalah memfasilitasi para peneliti/dosen/pendidik untuk mempublikasikan artikelnya, yang fokus pada kajian pendidikan Islam, pembelajaran pendidikan agama Islam, pemikiran pendidikan agama Islam, dan studi keislaman dan kemuhammadiyahan.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 25 No 1 (2024): Tamaddun: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan" : 7 Documents clear
Peningkatan Pola Interaksi Edukatif Peserta Didik melalui Penerapan Metode Ceramah Plus pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Bareng Jombang Amalia, Kiki Rizki
Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan Vol 25 No 1 (2024): Tamaddun: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30587/tamaddun.v25i1.2137

Abstract

AbstrakMetode ceramah plus merupakan suatu metode disampaikan dengan lisan yang divariasikan dengan metode lain. Pada dasarnya dalam menerapkan metode pembelajar tersebut merupakan langkah yang terpenting dalam menunjang keberhasilan pencapaian tujuan, serta dapat mendorong peserta didik lebih aktif dalam menciptakan interaksi edukatif.Dari permasalahan diatas penulis melakukan peneliti tentang “Peningkatan Pola Interaksi Edukatif Peserta Didik melalui Penerapan Metode Ceramah Plus pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Bareng Jombang”, dengan fokus penelitian (1) Peningkatan pola interaksi edukatif peserta didik melalui penerapan metode ceramah plus pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Bareng Jombang, yang memiliki tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peningkatan pola interaksi edukatif melalui penerapan metode ceramah plus.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Studi Kasus, serta pendekatan Kualitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Anilisis data kualitatif menggunakan Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data, Penarikan Kesimpulan/Verifikasi. Pengecekan kebasahan data menggunakan cara (1) Kreadibilitas. (2) Transferability. (3) Dependability. (4) Konfirmabitity. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan metode ceramah plus pada kegiatan pembelajaran terlaksana dengan suasana menyenangkan serta membantu peserta didik termotivasi dan lebih aktif dalam hal belajar, demikian terlihat ketika peserta didik merespon dengan baik interaksi yang telah dibawa oleh guru.
ANALISIS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM LIRIK LAGU RHOMA IRAMA KERAMAT Amirudin, Noor; Hibri, Hilal
Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan Vol 25 No 1 (2024): Tamaddun: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30587/tamaddun.v25i1.7332

Abstract

Tujuan dari pendidikan Agama Islam adalah menurut Ibnu muskawaih seorang yang ahli dalam bidang ilmu fikih menitik beratkan rumusan dari tujuan pendidikan Agama Islam ini adalah untuk mencapai pendidikan yang berkualitas dan baik, benar dan indah. Dalam pendidikan yang membedakan antara pendidikan Agama Islam dengan pendidikan pada umunya yaitu dengan melihat dari pembatasan dalam pembelajaran yang diajarkan peserta didik dengan menekankan kepada pendidikan ilmu Agama Islam. Diharapkan pendidikan Agama Islam ini mampu memawa insan yang baik dan juga mempunyai budi pekerti sesuai dengan ajaran Agama Islam. Didalam ajaran Islam budi pekerti atau akhlak yang baik sangat ditekankan karena sangat mencerminkan seseorang beriman dan juga bertaqwa kepada Allah Swt. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pendidikan Agama Ialam yang terkandung dalam lirik lagu Rhoma Irama keramat adalah berbakti kepada seorang Ibu. Dalam lagunya yang berjudul keramat tersebut Rhoma Irama menyerukan kepada khalayak umum tentang pentingnya seorang anak berbuat baik kepada orang tuanya terutama kepada seorang Ibu yang derajadnya dalam Al-Qur’an lebih tinggi dari pada seorang ayah. Dalam menciptakan lagu Rhoma Irama berdasarkan atas kecintaannya kepada sang Ibu, Rhoma Irama sengaja menggunakan musik sebagai media untuk melakukan dakwanya dikarenakan Rhoa melihat mereka lebih suka kepada konser-konser musik dari pada menghadiri majlis-majlis ta’lim yang ada. Selain itu Rhoma Irama menyebutkan juga dalam lagunya yang berjudul keramat dengan menjelaskan tentang kesyirikan-kesyirikan yang dilakukan oleh manusia dengan menyamakan Allah Swt dengan yang lain, sedangkan dalam ajaran Agama Islam perbuatan Syirik itu sangat dilarang dan juga dosanya sangat besar sehinggah dalam Al-Qur’an disebutkan bahwa balasan orang-orang yang melakukan perbuatan syirik itu sangatlah pedih.Keywords: Pendidikan Agama Islam, Lirik lagu keramat
KONSEP PENDIDIKAN AKIDAH MENURUT BUYA HAMKA DALAM BUKU PELAJARAN AGAMA ISLAM Basri, Hasan; Yudhi, Egie Febriyota
Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan Vol 25 No 1 (2024): Tamaddun: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30587/tamaddun.v25i1.7338

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan umat mengenai akidah, pendidikan agama Islam belum mampu memberikan produk terbaiknya dalam mencetak generasi Islami yang berpegang pada Tauhid. Pembinaan akidah yang belum menyeluruh dan penerapan yang dirasa kurang, mengakibatkan lemahnya produk pendidikan. Penelitian ini berusaha untuk mengidentifikasi konsep pendidikan akidah menurut buya hamka dalam buku pelajaran agama Islam dan relevansinya terhadap pendidikan agama Islam saat ini.Jenis penelitian yang digunakan ialah peneltian kepustakaan (Library Research) dan menggunakan metode pengumpulan data dengan menganalisis terhadap sumber utama penelitian yaitu buku Pelajaran Agama Islam karya Buya Hamka dan juga sumber sekunder yang lainnya seperti artikel dan jurnal ilmiah yang memiliki kesamaan dengan tema penelitian. Hasil penelitian diperoleh bahwa Buya Hamka menjelaskan konsep-konsep pendidikan akidah menurutnya yang telah terbagi sesuai dengan rukun Iman. Konsep pendidikan akidah menurut Buya Hamka terbagi menjadi enam pokok dasar kepercayaan: 1)Percaya kepada Allah SWT. 2)Percaya kepada Ghaib (malaikat). 3)Percaya kepada Kitab-kitab. 4)Percaya kepada nabi dan rasul. 5)Percaya kepada Hari Akhir. 6)Percaya kepada Qadha dan Qadar. Pemikiran pendidikan akidah Buya Hamka juga telah sejalan dengan pelaksanaan pendidikan di Indonesia yaitu pada materi pelajaran agama Islam yang mengajarkan rukum iman dengan penanaman rasa percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui segala alam ciptaan-Nya.Keywords: Akidah, Buya Hamka,Islam, Pendidikan
PENERAPAN METODE DISKUSI PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MAN 1 SINJAI Suriyati, Suiyati; Syahrani, Nur Zakira
Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan Vol 25 No 1 (2024): Tamaddun: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30587/tamaddun.v25i1.7285

Abstract

Pendidikan memiliki peran yang sangat krusial dalam rangka meningkatkan taraf hidup manusia. Generasi suatu bangsa akan semakin maju dengan adanya pendidikan yang berkualitas. Tentunta kualitas pendidikan ini sangat dipengaruhi oleh pembelajaran yang dilakukan disekolah. Penggunaan strategi dan metode pembelajaran pun sangat mempengaruhi hal tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui atau menilhat bagaimana penerapan metode diskusi jika diterapkan dalam mata pelajaran Fikih di MAN 1 Sinjai. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengambilan datanya berupa wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Sedangkan teknk analisis data yang digunakan adalah dengan cara mereduksi data, lalu menyajikan data dan terakhir adalah menarik atau membuat kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan metode diskusi pada mata pelajaran Fikih di MAN 1 Sinjai mampu terciptanya pembelajaran yang aktif dalam kelas. Dengan menggunakan metode ini, peserta didik lebih aktif dalam bertanya, menyampaikan pendapat ataupun mempertahankan pendapatnya
PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN SEKOLAH BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PERSPEKTIF MUNIF CHATIB Ladamay, Ode Moh Man Arfa; Jabbar, Abdul
Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan Vol 25 No 1 (2024): Tamaddun: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30587/tamaddun.v25i1.7316

Abstract

Perkembangan zaman telah menjadikan manusia mengalami banyak perubahan dalam kehidupanya, khususnya pendidikan. Kesiapan akan tuntutan perkembangan zaman memberi tuntutan untuk dapat cepat mengikuti perubahan yang ada atau memilih menjadi penonton bahkan menjadi korban. Perubahan yang dapat dilakukan untuk dapat bangkit melawan ketertinggalan ialah dengan cara meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan. Karena tanpa pendidikan manusia tidak dapat mengetahui hal-hal baru serta mengembangkan potensi yang dimilikinya. Kebutuhan atau keinginkan manusia tidak akan bisa lepas dari peran pendidikan, khususnya sekolah karena merupakan instrumen bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan dasar hidupnya, yaitu pendidikan. Tuntutan kualitas sumber daya manusia sangatlah dibutuhkan agar manusia mampu bersaing dengan baik. Berdasarkan latar belakang tersebut, dirumuskan masalah yaitu Bagaimana peran pendidikan islam sebagai upaya membangun sekolah berbasis multiple intelligeces perspektif Munif Chatib. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Studi Kepustakaan yang mengunakan objek-objek material kajian pustaka yang bersumber dari buku Sekolahnya Manusia : Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia karya Munif Chatib. Sumber sekundernya mengambil dari buku, jurnal, artikel dan lainya. Adapun teknik analisis data mengunakan deskriptif dan analisis isi. Hasil penelitian menujukkan bahwa Pendidikan Islam adalah sebagai upaya untuk Membangun Sekolah berbasis Multiple Intelligences, karena sekolah dan pendidikan adalah alat atau instrumen guna membangun manusia-manusia yang berkualitas. Keywords: Pendidikan Islam, Sekolah, Multiple intelligences
PROSES PENGUKURAN RISIKO DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 KADUNGORA Tania, Tami; Hidayat, Wahyu
Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan Vol 25 No 1 (2024): Tamaddun: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30587/tamaddun.v25i1.5848

Abstract

Masalah pokok dalam tulisan ini adalah Bagaimana Proses Identifikasi Risiko Pada kegiatan Pembelajaran Di SMK Muhammadiyah 1 Kadungora? dan Bagaimana Proses Pengukuran Risiko Pada Pembelajaran Di SMK Muhammadiyah 1 KadungoraBagaiman Penerapan Pengukuran Risiko Dalam Meningkatkan Kegiatan Pembelajaran Di SMK Muhammadiyah 1 Kadungora? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengukuran risiko terhadap proses pembelajaran di SMK Muhammadiyah 1 Kadungora. Dalam analisis data metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan sumber dari beberapa jurnal serta melakukan wawancara terhadap wali kelas dan guru bk dan dokumentasi. Tahap pengukuran risiko dilakukan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang karakteristik risiko. Dengan pemahaman yang lebih baik, risiko dapat lebih mudah dikendalikan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa melakukan proses pengukuran risiko terhadap proses pembelajaran yang dilakukan SMK Muhammadiyah 1 Kadungora dengan skala penilaian yang menghasilkan bahwa risiko terhadap penurunan minat belajar siswa memiliki frekuensi berat, sering terjadi dalam rentang 1-2 tahun dengan 4 dampak sehingga menjadi prioritas utama pada perencanaan strategi, pengukuran dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan sejauh mana risiko tersebut berdampak bagi lembaga pendidikan.
STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SANTRI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-MUTTAQIN PADANG BANDUNG DUKUN GRESIK Sya'bani, Mohammad Ahyan Yusuf; Sulaimah, Bibit
Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan Vol 25 No 1 (2024): Tamaddun: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Gresik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30587/tamaddun.v25i1.7322

Abstract

Guru merupakan pelaksana pendidikan yang memiliki peranan penting dalam pencapaian keberhasilan pendidikan. Demikian juga guru memiliki strategi yang sangat penting dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru pendidikan Agama Islam dalam memotivasi belajar santri Taman Pendidikan Al-Quran Al-Muttaqin Padang Bandung Dukun Gresik. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data diperoleh melalui beberapa tahapan, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh guru dalam memotivasi belajar santri, meliputi : 1) Menggunakan metode tertentu. 2) Melakukan pendekatan khusus. 3) Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan nyaman. 4) Memberi pujian. 5) Memberi semangat. 6)Memberi tugas. 7) Memberi hadiah. 8) Memberi hukuman. Dari berbagai strategi yang telah diterapkan guru dalam pembelajran, para santri semakin mudah dalam menerima pelajaran, tidak merasa bosan, dan lebih semangat dalam belajar. Keywords: Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Motivasi belajar

Page 1 of 1 | Total Record : 7