cover
Contact Name
Tohir Solehudin
Contact Email
jpg@uika-bogor.ac.id
Phone
+6282110975474
Journal Mail Official
jpg@uika-bogor.ac.id
Editorial Address
Jl. K.H. Sholeh Iskandar km 2 Bogor 16162 Jawa Barat, Indonesia Telp/Fax: 0251-8335335
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Guru (JPG)
ISSN : 27221504     EISSN : 27211002     DOI : 10.32832/jpg
Core Subject : Education,
Merupakan Jurnal Pendidikan yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Ibn Khaldun Bogor. Ruang lingkup meliputi penelitian para guru terkait pendidikan
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 3 (2020): JPG: Jurnal Pendidikan Guru" : 5 Documents clear
INTEGRASI KURIKULUM 2013 DAN KURIKULUM AL AZHAR ASY SYARIF DI MTsN AL AZHAR ASY SYARIF INDONESIA Abdul Kadir Ahmad
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 1, No 3 (2020): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v1i3.3286

Abstract

Penelitian ini menganalisa penerapan adopsi adaptasi kurikulum Al Azhar Asy Syarif Mesir ke kurikulum 2013 di MTsN Al Azhar Asy Syarif (selanjurnya disebut Matasya) dan berupaya menemukan pengembangannya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitiatif jenis deskriptif dengan cara memberikan gambaran naratif tentang proses implementasi model adopsi adaptasi kurikulum 2013 dan kurikulum al Azhar Asy Syarif Mesir di Matasya. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Menjelaskan implementasi model kurikulum 2013 dan kurikulum Al Azhar Asy Syarif. 2) Menjelaskan cara mengadopsi dan mengadaptasi kedua kurikulum tersebut. 3) Menjelaskan faktor pendukung dan penghambat Implementasi model adopsi keduanya. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa model adopsi adaptasi kurikulum 2013 dan Al Azhar Asy Syarif tidak meninggalkan KI KD yang digunakan dari Kemenag dan Kemendikbud. Dan faktor yang mendukung adopsi adaptif kedua kurikulum tersebut: koordinasi vertikal dan horizontal kepala madrasah, pemikiran inovatif kepala madrasah, dan komite madrasah dalam hal ini sepenuhnya mendukung madrasah kebijakan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: keterbatasan kemampuan berbahasa Arab dan keterbatasan alokasi waktu jam mata pelajaran Al Azhar Asy Syarif.
PROFIL GAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI AKADEMIK DI KELAS 4 SEKOLAH DASAR Ika Mei Oktaviani
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 1, No 3 (2020): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v1i3.3287

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui  proses gaya belajar siswa berprestasi akademik  terbaik yang berada dikelas maupun di lingkungan rumahnya dan untuk mengetahui langkah seorang guru dalam menerapkan pembelajaran yang dianggap efektif terhadap proses gaya belajar siswa yang sangat berprestasi. Penelitian di laksnakan di sdn Cipelang Gede dan di rumah subjek penelitian.Metode yang digunakan adalah metode deskriptif.alat pengumpul data yangdi gunakanadalah, wawancara, lembar tes modalitas , dan observasi pengolahan data dilakukan dengan tes modalitas  hasil penelitian menunjukan memiliki gaya belajar kinestetik yang mempunyaibakata seni tari. Dalam penelitian ini tes modalitas adalah penentu dalam suatu pegolahan data. Penyebab subjek memiliki gaya belajar kinestetikyaitu  subjek menyukai seni tari dari kecil, suka mengikuti sanggarseni senng sekali dalam seni tari.
PEMBIMBINGAN ORANG TUA DALAM SOCIAL DEVELOPMENT ANAK USIA DINI Ramadhanti Ramadhanti; Elan Elan; Sumardi Sumardi
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 1, No 3 (2020): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v1i3.3288

Abstract

Anak usia dini adalah sekelompok individu yang mempunyai kemajuan yang sangat pesat sekaligus fundamental, sehingga anak membutuhkan orang dewasa sebagai contoh dan pengasuh dalam kehidupannya, orang tuasebagai madrasah pertama dan utama bagia anak berperan penting dalam proses perkembangan anak sebelum menempuh pendidikan formal, maka jenis pembimbingan yang digunakan oleh orang tua sangat berperan untuk menstimulus seluruh kemampuan pada diri seseorang  dalam perkembangan sosialnya. Tujuan dari penelitian ini untuk memngetahui jenis pola asuh yang digunakan oleh orang tua pada anak usia 5-6 tahun di Cikuya Desa Sukahurip Ciamis. Metode yang digunakan yaitu qualitative descriptive. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Anisilis data menggunakan reduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan dalam pengasuhannya orang tua menetapkan aturan kepada anak, namun tidak dengan memaksakan kehendaknya lebih ke pembiasaan agar anak tidak merasa terkekang, menghargai pilihan dan pendapat anak, melibatkan anak dalam mengambil keputusan, memotivasi dan memberi nasehat pada anak. Maka dapat disimpulkan jenis pembimbingan orang tua dalam social development anak menggunakan jenis pola asuh demokratis.
ANALISIS UNSUR ART PADA PEMBELAJARAN STEAM UNTUK ANAK USIA DINI Novia Triani Wulandari; Edi Hendri Mulyana; Dindin Abdul Muiz Lidinillah
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 1, No 3 (2020): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v1i3.3284

Abstract

Sikap kreativitas pada anak perlu ditingkatkan sejak dini, maka dari itu perlu dikembangkan sebuah model pembelajaran yang cocok diterapkan di PAUD yaitu dengan pembelajaran STEAM (Science, Technology, Enginering, Art, Mathematics) ditinjau dari unsur art. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dasar kebutuhan analisis unsur art pada pengembangan pembelajaran STEAM subtema kendaraan darat untuk anak usia dini. Metode yang digunakan yaitu EDR (Educational Design Reseach) dengan meninjau tahapan   1 yaitu analisis dan eksplorasi. Hasil yang diperoleh setelah dianalisis berdasarkan tahapan try dan try again didapat hasilnya bahwa perlu sebuah dasar kebutuhan dalam pengembangan pembelajaran STEAM dalam unsur art sehingga hasil yang diperoleh anak akan maksimal. Kesimpulannya bahwa dasar kebutuhan analisis unsur art dalam pengembangan pembelajaran STEAM ditinjau dari analisis dan eksplorasi sangatlah penting dan perlu dikembangkan melihat hasil dari kegiatan pembelajarannya masih belum variatif dikarenakan kegiatan dalam unsur art hanya mewarnai saja dan seharusnya 3M (mewarnai, menggunting, dan menempel).
KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK SD MELALUI PENERAPAN MODEL INQUIRY BASED LEARNING Irfan Supriatna; Salati Asmahasanah
JPG: Jurnal Pendidikan Guru Vol 1, No 3 (2020): JPG: Jurnal Pendidikan Guru
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/jpg.v1i3.3285

Abstract

Tujuan penelitian ini berkaitan dengan penerapan model  Inquiry Based Learning (IBL) dalam meningkatkan kemampuan berhitung. Penelitian ini bermula dari permasalahan kemampuan berhitung anak kelas II SD yang seringkali mengalami hambatan. Berdasarkan hasil observasi awal, kemampuan anak dalam aspek berhitung masih belum optimal, hal tersebut ditandai dengan masih banyaknya anak yang hanya dapat menyebutkan bilangan dari 1 sampai 10 tanpa memahami arti dari bilangan tersebut, anak terlihat belum mampu membilang dengan menggunakan benda, belum mampu menjumlah dengan menggunakan benda dan belum mampu melakukan pengurangan dengan benda. Permasalahan tersebut perlu diatasi dengan penggunaan cara yang tepat, dalam penelitian ini solusi yang digunakan yaitu model Inquiry Based Learning (IBL).

Page 1 of 1 | Total Record : 5