cover
Contact Name
Rizky Nurulfa
Contact Email
jpja@unj.ac.id
Phone
+6285716480707
Journal Mail Official
jpja@unj.ac.id
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Jasmani Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Jakarta Jl. Pemuda 10 Rawamangun Jakarta Timur, 13220, Telp. 0214893534
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA)
ISSN : -     EISSN : 27471454     DOI : 10.21009
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November, memuat artikel berisi hasil penelitian dalam bidang Pendidikan Jasmani dan Pendidikan Inklusi. Jurnal Pendidikan Jasmani dan adaptif memuat artikel yang meliputi ide-ide konseptual, teori pembelajaran dan aplikasinya, penelitian model pembelajaran dan hasil pembelajaran di bidang Pendidikan Jasmani dan Pendidikan Inklusi.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 02 (2021): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 04, No. 02, November 2021" : 5 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN TENDANGAN LURUS MENGGUNAKAN MEDIA PARALON PADA SISWA EKSTRAKURIKULER SMP TARUNA TERPADU Fadillah, Afiyah Nur
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol. 4 No. 02 (2021): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 04, No. 02, November 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v4i02.52866

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode action research pada siswa ekstrakurikuler pencak silat SMP Taruna Terpadu yang berjumlah 15 siswa, terdiri dari 11 laki-laki dan 4 perempuan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan instrumen tes tendangan lurus pencak silat dengan total ada 20 aspek penilaian yang sudah evaluasi dan ditinjau oleh 3 orang ahli di bidang pencak silat. Penelitian ini menggunakan I siklus yang terdiri dari 6 pertemuan. Pada hasil tes awal penelitian teknik tendangan lurus pencak silat dengan menggunakan media paralon yang diperoleh siswa ekstrakurikuler SMP Taruna Terpadu yaitu dengan rata-rata nilai 72,6 atau 0%, 15 orang siswa pada tes awal ini dinyatakan belum lulus atau belum berhasil memenuhi kriteria nilai maksimal. Setelah menyelesaikan latihan siklus I, hasil tes akhir siswa meningkat secara signifikan dengan nilai 100 dan seluruh siswa ekstrakurikuler SMP Taruna Terpadu dinyatakan berhasil dengan presentase 100%.
PERANAN MODEL PERMAINAN FUN ARCHERY TERHADAP PENGEMBANGAN KONSENTRASI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS Fajriyan, Akhmad Syafandi Al’
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol. 4 No. 02 (2021): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 04, No. 02, November 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitain ini bertujuan untuk membuat model permainan fun archery yang lebih bervariasi dalam mengembangkan konsentrasi pada anak berkebutuhan khusus dengan karakteristik Tunagrahita di SLB Mini Bakti Murid. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak-anak SLB Mini Bakti Murid berjumlah 20 anak. Melalui uji validasi yang dilakukan dengan menggunakan uji justifikasi ahli menghasilkan produk berupa model permainan fun arhery sebanyak 14 item. Data yang telah diambil untuk siswa-siswi SLB adalah kemudahan dan ketertarikan pada 14 permainan fun archery yang telah dibuat dan dilakukan oleh siswa-siswi SLB Mini Bakti Murid. Kesimpulan akhir yang telah diperoleh melalui penelitian ini adalah 14 model permaianan fun archery yang telah peneliti buat menarik dan mudah dilakukan untuk digunakan dalam proses pembelajaran panahan di SLB Mini Bakti Murid.
HUBUNGAN KECEPATAN DAN KELINCAHAN DENGAN VO2MAX PEMAIN FUTSAL DI SMA NEGERI 28 KABUPATEN TANGERANG Muhamad Rizky Alfariza
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol. 4 No. 02 (2021): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 04, No. 02, November 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecepatan dan kelincahan terhadap VO2Max pemain futsal di SMA Negeri 28 Kabupaten Tangerang. Untuk tes kecepatan menggunakan sprint 20 meter, untuk tes kelincahan menggunakan tes shuttle run, untuk tes VO2Max menggunakan tes bleep. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara speed dengan VO2Max dengan koefisien korelasi (r) = 0,706 yang termasuk dalam kategori Kuat. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara Agility dengan VO2Max dengan koefisien korelasi (r) = 0,846 yang termasuk dalam kategori Sangat Kuat. Keempat, terdapat hubungan yang signifikan antara Kecepatan dan Kelincahan dengan VO2Max dengan koefisien korelasi (r) = 0,846 yang termasuk dalam kategori sangat kuat. Berdasarkan hasil koefisien korelasi diketahui bahwa jenis korelasinya adalah positif yang artinya memiliki hubungan searah atau linier.
PENGARUH MEDIA ROBOT TERHADAP KETERAMPILAN PUKULAN FOREHAND DRIVE TENIS MEJA PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA Sari, Rahma Betnita
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol. 4 No. 02 (2021): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 04, No. 02, November 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan membantu Mahasiswa mata kuliah tenis meja agar mempunyai keterampilan pukulan forehand drive tenis meja dengan benar. Berdasarkan hasil pretest tersebut diketahui bahwa nilai mean yaitu 1.5000, median 2.160, standar deviation 0.51299, minimum 1 dan maximum 2. Namun pada data postest diketahui bahwa postest tersebut diketahui bahwa nilai mean yaitu 2.5000, median 2.5000, standar deviation 0.51299, minimum 2 dan maximum 3. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa nilai signifikansi 0.000 0.05 sehingga pada hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan antara skor penilaian pada pretest ke posttest sehingga terdapat pengaruh yang bermakna antar variabel dalam penelitian. Berdasarkan hasil yang di perolah maka dapet menyimpulkan bahwa media robot bisa meningkatkan pretest dan postest keterampilan pukulan forehand drive, setelah selama lima minggu dengan frekuensi 3 kali seminggu berpengaruh signifikan terhadap peningkatan gerakan yang benar. Setelah dilakukan data Normalitas, data Homogenitas dan Uji T Test, dengan taraf signifikasi 0,05.
MODEL PERMAINAN AIR BERBASIS PHYSICAL LITERACY UNTUK RENANG GAYA BEBAS PADA SPARTA SWIMMING SCHOOL Nabila, Arasel Vinza; Kholik, Abdul; Aryati
Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) Vol. 4 No. 02 (2021): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 04, No. 02, November 2021
Publisher : Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/jpja.v4i02.55461

Abstract

Kajian ini membahas tentang model permainan air berbasis physical literacy untuk renang gaya bebas pada Sparta Swimming School, Gaya bebas ini terdiri dari lima gerakan dasar yaitu posisi tubuh, gerakan tungkai, gerakan lengan, gerakan pernapasan, dan kordinasi seluruh gerakan. Dalam prosesnya melakukan gerakan gaya bebas terdapat kendala dalam menggerakan gerakan dasar tersebut, karena kurangnya efektifitas dan efisiensi dalam pelaksaan renang gaya bebas. Maka dari itu peneliti melakukan penelitian model permainan air berbasis physical literacy yang terfokus dalam lima gerakan dan pernapasan renang gaya bebas. Penelitian di lakukan dengan metode research and development untuk menghasilkan produk 11 variasi permainan renang gaya bebas untuk pembelajaran dalam mengatasi kendala mengenai kurangnya variasi renang gaya bebas pada Sparta Swimming School.

Page 1 of 1 | Total Record : 5