cover
Contact Name
Mukhamad Faeshol Umam
Contact Email
mukhamad.umam@esdm.go.id
Phone
+62296421888
Journal Mail Official
jurnal.ppsdmmigas@esdm.go.id
Editorial Address
Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi Jl. Sorogo No.1 Cepu Blora Jawa Tengah 58315
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Swara Patra : Majalah Ilmiah PPSDM Migas
ISSN : 20899572     EISSN : 26555859     DOI : https://doi.org/10.37525/sp
Majalah Ilmiah Swara Patra merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi Widyaiswara, Instruktur, Dosen, Peneliti dan civitas academika yang hendak mempublikasikan hasil penelitiannya dalam bentuk studi literatur, latihan penelitian, dan pengembangan teknologi sebagai bentuk penerapan metode, algoritma, maupun kerangka kerja. Scope Majalah Ilmiah Swara Patra meliputi energi terbarukan, minyak dan gas bumi, konservasi energi dan ekonomi energi.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 1 (2021): Perbaikan Berkelanjutan untuk Konservasi Energi" : 5 Documents clear
Analisis Kinerja Natural Draft Cooling Tower di Unit Kilang Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi Anwar Setiya Anugrah; Fadel Aji Firmansyah; Raka Ade Ilhamsyah; Mukhamad Faeshol Umam
Swara Patra Vol 11 No 1 (2021): Perbaikan Berkelanjutan untuk Konservasi Energi
Publisher : Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37525/sp/2021-1/270

Abstract

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) mengelola unit kilang yang digunakan untuk pengolahan minyak mentah dari P.T. Pertamina Eksplorasi dan Produksi. Minyak mentah tersebut diolah menjadi produk-produk hasil olahan yang meliputi solven, solar dan residu. Sebelum produk olahan ini disimpan di tangki penampungan, harus didinginkan menggunakan condenser dan cooler untuk mengubahnya menjadi fasa cair. Air panas dari condenser dan cooler ini kemudian didinginkan menggunakan Natural draft Cooling Tower . Penelitian tentang Natural draft Cooling Tower di PPSDM Migas ini bertujuan untuk mencari parameter-parameter yang mempengaruhi kinerja Natural draft Cooling Tower seperti efisiensi, make up water dan juga kapasitas perpindahan panas dari Unit Cooling Tower . Dalam penulisan ini, peneliti menggunakan metode penelitian langsung di lapangan untuk mengetahui fenomena yang terjadi pada Cooling Tower . Sedangkan kinerja Natural draft Cooling Tower dihitung menggunakan metode perhitungan. Hasil penelitian menunjukkan efektifitas aktual Cooling Tower adalah 79,4 %, kapasitas pendinginan 2477,477 Kj/s, dan nilai make-up water 2,37 m3/jam. Hal ini menunjukkan kinerja dari Cooling Tower sudah menurun jika dibandingkan desain awal efektivitas Cooling Tower adalah sebesar 83%.
Analisa Performa Gegerator Set Diesel PLTD Terhadap Perubahan Beban di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi Sandhika Putra Pratama; Wahyu Hayatullah; Fajar Muhammad Yakut; Mukhamad Faeshol Umam
Swara Patra Vol 11 No 1 (2021): Perbaikan Berkelanjutan untuk Konservasi Energi
Publisher : Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37525/sp/2021-1/271

Abstract

Generator set di pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) merupakan pembangkit listrik utama untuk menyuplai daya ke kilang dan utilitasnya. Dalam pengoperasiaannya, generator set mengalami variasi energi yang dibangkitkan berbanding lurus terhadap beban-bebannya. Dalam penulisan ini, peneliti ingin memahami fenomena yang terjadi pada generator set KTA 38G5. Metode yang digunakan adalah observasi lapangan dengan mengambil data langsung. Peneliti juga mengamati dan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan objek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahawa potensi beban total yang tercatat di lapangan sebesar 1826 kW. Data pengukuran di lapangan menunjukkan beban aktif sebesar 314.29 kW atau 392.86 kVA yang dilayanai oleh 2 genset yang beroperasi. Konsumsi bahan bakar sebesar 1140 liter solar per 24 jam atau 227.54 liter/kWh. Dengan demikian mesin diesel PLTD masih bekerja dengan optimal karena beban yang ditanggung tidak melebihi batas daya maksimal. Faktor utama optimalnya kerja mesin ini yakni perawatan preventive dan maintenance harian serta setiap 250 jam.
Peningkatan Kompetensi Pelayanan Pelanggan Operator SPBU dan Dampaknya Terhadap Managemen Bisnis Bahan Bakar Minyak Sulistyono
Swara Patra Vol 11 No 1 (2021): Perbaikan Berkelanjutan untuk Konservasi Energi
Publisher : Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37525/sp/2021-1/273

Abstract

ABSTRAK Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No. 5 Tahun 2015 tentang Pemberlakukan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) di Bidang Kegiatan Usaha Minyak dan Gas Bumi Secara Wajib, diantaranya adalah SKKNI Bidang Pengelolaan SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum). Salah satu kompetensi khusus yang harus dimiliki oleh pekerja SPBU adalah kompetensi pelayanan pelanggan. Ditengah ketatnya persaingan dunia usaha pada saat ini, dan ditengah pandemi covid-19 yang belum berakhir, manajemen bisnis SPBU dituntut untuk mampu memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan (customer). Pelayanan pada dasarnya adalah tindakan atau perbuatan yang dapat ditawarkan oleh satu pihak kepada pihak lain dan bersifat tidak kasat mata (intangible) serta tidak menghasilkan kepemilikan sesuatu. Prinsip dalam pelayanan pelanggan pada usaha bisnis SPBU adalah dengan pelayanan prima (service excellent), yaitu menerapkan prinsip 5S (Senyum-Salam-Sapa-Sopan-Santun). Selain kompetensi pelayanan, pekerja SPBU juga dituntut mempunyai kompetensi terkait pengetahuan produk yang dijual di SPBU yang dalam hal ini adalah produk BBM (Bahan Bakar Minyak). Fungsi pelayanan memiliki nilai strategis dibandingkan dengan fungsi organisasi lainnya, ini karena fungsi pelayanan sangat berpotensi dalam menentukan kelanggengan, perkembangan dan keunggulan bersaing organisasi di masa yang akan datang. Pelayanan kepada pelanggan ibarat aliran darah dalam tubuh, sehingga bisnis akan mati bila pelayanan kepada pelanggan berhenti atau stagnan, untuk itu perlu inovasi-inovasi pelayanan. Pelayanan pelanggan yang baik akan berdampak langsung pada citra perusahaan hal ini juga dapat menjadi sarana promosi perusahaan, pelanggan menjadi senang, terkesan dan bercerita tentang hal-hal yang positif kepada orang lain, membuat pelanggan berkunjung lagi dan pada gilirannya akan menjadi pelanggan tetap. Hidup matinya perusahaan SPBU sangat bergantung kepada pelanggan, sehingga keberhasilan dari bisnis SPBU akan sangat bergantung pada manajemen dan pekerja SPBU yang terlibat di dalamnya. Semakin banyaknya pelanggan membuat keuntungan perusahaan menjadi meningkat dan pada gilirannya akan meningkatkan kesejahteraan karyawan. Kata Kunci : Pelayanan pelanggan, operator SPBU
Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat dan Peramalan Pendapatan Laboratorium Pengujian PPSDM Migas Menggunakan Metode Arima Box-Jenkins Eva Khuzaifah; Reni Junita
Swara Patra Vol 11 No 1 (2021): Perbaikan Berkelanjutan untuk Konservasi Energi
Publisher : Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37525/sp/2021-1/276

Abstract

PPSDM Migas sebagai Badan Layanan Umum memberikan jasa pelayanan kepada masyarakat, salah satunya adalah Jasa Laboratorium. Laboratorium Pengujian merupakan salah satu laboratorium di PPSDM Migas dimana pendapatan yang diperoleh dari jasa tersebut diharapkan sesuai dengan target kinerja yang sudah diharapkan. Dari penelitian ini diharapkan pendapatan yang diperoleh di Laboratorium Pengujian PPSDM Migas dapat diketahui akan mengalami peningkatan atau penurunan dengan menggunakan metode peramalan analisis runtun waktu. Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) bertujuan untuk mengetahui tingkat kinerja unit pelayanan pengguna jasa di lingkungan PPSDM Migas secara berkala dengan melakukan pembagian angket Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) kepada pengguna jasa. Angket IKM ini dibagikan pada setiap peserta untuk setiap penyelenggaraan pengguna jasa di lingkungan PPSDM Migas, sehingga perlu diketahui validitas dari angket tersebut.
Penentuan Batas Operasi Baru Untuk Sumur Gas di Lapangan Anggrek Osaliana Budiarto
Swara Patra Vol 11 No 1 (2021): Perbaikan Berkelanjutan untuk Konservasi Energi
Publisher : Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37525/sp/2021-1/282

Abstract

Penelitian berfokus pada penerapan batasan operasi baru untuk sumur gas pada Lapangan Anggrek. Lapangan Anggrek menerapkan rekomendasi API-RP-14E sebagai acuan dalam operasi sumur. Metodologi baru mempertimbangkan laju alir minimum, maksimum, dan mempertimbangkan instrumen sumur. Laju alir minimum dievaluasi menggunakan kecepatan minimum untuk menghindari terjadinya penimbunan fluida di dalam sumur. Penimbunan fluida adalah masalah krusial untuk sumur gas. Akumulasi cairan akan menyebabkan kehilangan tekanan yang lebih tinggi di dalam lubang sumur, dan mengurangi performa sumur. Batas laju maksimum sumur gas dievaluasi dengan mempertimbangan resiko erosi. Kerusakan tubing akibat erosi dapat disebabkan oleh aliran gas berkecepatan tinggi. Studi ini membahas operasi optimum di sumur gas dengan memodelkan tipe aliran untuk berbagai ukuran sumur dan parameter produksi harian. Memahami aliran di dalam lubang sumur akan membantu untuk mengetahui fenomena aliran dan memprediksi akumulasi cairan di masa mendatang. Pemilihan ukuran tubing dan penentuan parameter operasi gas harian sangat penting untuk mengantisipasi akumulasi cairan di awal produksi. Dengan menggunakan data lapangan, peneliti melakukan prediksi performa sumur hingga 9 tahun produksi, yaitu awal, tengah dan akhir. Peneliti melihat bahwa sumur dengan ukuran diameter yang lebih besar memiliki recovery factor yang lebih tinggi tetapi life time pendek. Tekanan kepala sumur dan bukaan choke harus dipertahankan untuk menghindari perubahan tipe aliran di dalam sumur. Selain itu, ditemukan bahwa penerapan API-RP-14E terlalu pesimis pada Lapangan Anggrek. Studi ini menawarkan rekomendasi operasi sumur untuk empat ukuran tubing dan menentukan luas batas operasi sumur yang baru.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 15 No 2 (2025): Swara Patra : Majalah Ilmiah PPSDM Migas Vol 15 No 1 (2025): Swara Patra : Majalah Ilmiah PPSDM Migas Vol 14 No 2 (2024): Swara Patra : Majalah Ilmiah PPSDM Migas Vol 14 No 1 (2024): Swara Patra : Majalah Ilmiah PPSDM Migas Vol 13 No 2 (2023): Swara Patra : Majalah Ilmiah PPSDM Migas Vol 13 No 1 (2023): Swara Patra : Majalah Ilmiah PPSDM Migas Vol 12 No 2 (2022): Swara Patra : Majalah Ilmiah PPSDM Migas Vol 12 No 1 (2022): Swara Patra : Majalah Ilmiah PPSDM Migas Vol 11 No 2 (2021): Swara Patra : Majalah Ilmiah PPSDM Migas Vol 11 No 1 (2021): Perbaikan Berkelanjutan untuk Konservasi Energi Vol 10 No 2 (2020): Pendekatan Baru untuk Konservasi Energi Vol 10 No 1 (2020): Kebangkitan Energi Terbarukan Vol 9 No 2 (2019): Inovasi untuk Nilai Tambah Energi Vol 9 No 1 (2019): Konservasi Energi Tak Sekedar Hemat Energi Vol 8 No 4 (2018): Swara Patra Vol 8 No 3 (2018): Swara Patra Vol 8 No 2 (2018): Swara Patra Vol 8 No 1 (2018): Swara Patra Vol 7 No 1 (2017): Swara Patra Vol 6 No 4 (2016): Swara Patra Vol 6 No 3 (2016): Swara Patra Vol 6 No 2 (2016): Swara Patra Vol 6 No 1 (2016): Swara Patra Vol 5 No 4 (2015): Swara Patra Vol 5 No 3 (2015): Swara Patra Vol 5 No 2 (2015): Swara Patra Vol 5 No 1 (2015): Swara Patra Vol 4 No 4 (2014): Swara Patra Vol 4 No 3 (2014): Swara Patra Vol 4 No 2 (2014): Swara Patra Vol 3 No 4 (2013): Swara Patra Vol 3 No 3 (2013): Swara Patra Vol 3 No 1 (2013): Swara Patra Vol 2 No 3 (2012): Swara Patra Vol 2 No 2 (2012): Swara Patra Vol 2 No 1 (2012): Swara Patra Vol 1 No 2 (2011): Swara Patra More Issue