cover
Contact Name
Nurhasanah Siregar
Contact Email
nurhasanahsiregar@unimed.ac.id
Phone
+6281370702461
Journal Mail Official
fibonacy@unimed.ac.id
Editorial Address
Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : -     EISSN : 27463656     DOI : https://doi.org/10.24114/
Core Subject : Education,
Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika berisi artikel-artikel mengenai pendidikan matematika yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Naskah berupa diseminasi hasil penelitian yang dihasilkan oleh ahli, ilmuwan, praktisi, dan mahasiswa dalam bidang Pendidikan Matematika dengan lingkup: Desain Pembelajaran Matematika Pengembangan Bahan Ajar ataupun Model Pembelajaran Media Pembelajaran Matematika Alat Peraga Pembelajaran Matematika Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Evaluasi Pembelajaran Matematika Kurikulum Pendidikan Matematika Teori Belajar Matematika Sejarah dan Filsafat Matematika Analisis Penerapan Model/Pendekatan/Metode/Strategi Pembelajaran Media Pembelajaran berbasis IT Penelitian Tindakan Kelas Kreativitas dan Inovasi Pembelajaran Matematika Lesson Study Pembelajaran Matematika
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1 (2024): JURNAL FIBONACI: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA" : 8 Documents clear
Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Diajarkan Melalui Pembelajaran Matematika Realistik dan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Autograph Samosir, Katrina; Siagian, Philips Pasca G
Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 1 (2024): JURNAL FIBONACI: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jfi.v5i1.53299

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan  masalah matematika siswa diajarkan melalui pembelajaran matematika realistik berbantuan Autograph lebih tinggi daripada siswadiajarkan melalui pembelajaran berbasis masalah berbantuan Autograph di kelas X SMA Negeri I Panombeian Panei . Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester ganjil SMA Negeri I Panombeian Panei. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas secara acak. Penelitian ini menggunakan instrumen dalam bentuk uraian yaitu posttest yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Dari hasil penelitian setelah diberikan diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar  78,85 dan  nilai rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 65,29. Hasil uji t sepihak dengan dk = 65 dan a = 0,05, diperoleh thitung = 4,2485 dan ttabel = 1,6691 sehingga thitung> ttabel yaitu 4,2485 1,6691 maka Ha diterima, dengan demikian  diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan pembelajaranmatematika realistik berbantuan Autograph lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah berbantuan Autograph di kelas X SMA Negeri I Panombeian Panei.
Analisa Pengukuran Komunikasi Matematis pada Materi Pyhtagoras AYYUB, M.
Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 1 (2024): JURNAL FIBONACI: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jfi.v5i1.55935

Abstract

Secara umum, pada suatu pelajaran matematika siswa untuk menyelesaikan problematika yang diberikan oleh guru atau bertujuan agar siswa dapat memahami dan menjawab soal yang diberikan. Akan tetapi, dalam langkah-langkahnya siswa seringkali tidak diberikan kesempatan untuk mengungkapkan pertanyaan maupun dimintai  penjelesan dari mana mereka mendapatkan jawaban, hal ini menyebabkan seringkali siswa tidak mampu untuk  berkomunikasi dalam matematika. Komunikasi matematika digunakan untuk penyelesaian persoalan, Komunikasi menjadi penting karena digunakan untuk berdiskusi dan meningkatkan pemahaman. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kuantitatif , tujuan penelitia menyampaikan ilustrasi umum mengenai temuan-temuan dari analisis butir soal yang telah dilaksanakan. Dua puluh siswa digunakan untuk menguji perangkat ini. Berdasarkan hasil penelitian instrument soal terhadap komunikasi matematis, kita dapat menyimpulkan bahwa alat uji yang disiapkan bisa digunakan untuk menafsir pemahaman siswa terhadap rancangan matematika siswa tentang phytagoras. Hal ini terlihat dari validasi butir soal memiliki kriteria yang tinggi. Dari perhitungan reliabilitas dapat disimpulkan juga nilai reliabilitasnya adalah 0,705205 dengan kriteria reliabilitas tinggi.  Selain itu instrument tes ini, khususnya pada Tingkat kesulitan memiliki kriteria mudah, sedang dan sukar sedangkan  kekuatan daya pembeda memiliki kriteria yang baik sekali.
Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Spasial, Kemampuan Literasi Matematis, Kemampuan Berpikir Visual, dan Kemampuan Komunikasi Matematis Terhadap IP Semester Mahasiswa Ginting, Adis Arivia Dewi Br; Syahputra, Edi
Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 1 (2024): JURNAL FIBONACI: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jfi.v5i1.56566

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) apakah terdapat pengaruh secara simultan antara kemampuan berpikir kritis, kemampuan spasial, kemampuan literasi matematis, kemampuan berpikir visual, dan kemampuan komunikasi matematis terhadap IP semester mahasiswa, (2) apakah terdapat pengaruh secara parsial antara kemampuan berpikir kritis, kemampuan spasial, kemampuan literasi matematis, kemampuan berpikir visual, dan kemampuan komunikasi matematis terhadap IP semester mahasiswa. Penelitian ini menerapkan data primer melalui pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini ialah mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Negeri Medan angkatan 2020 dengan sampel sebanyak 38 mahasiswa. Analisis regresi berganda merupakan analisis data yang diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan F hitung > F tabel (48,027 > 2,503) yang mengindikasikan bahwa secara simultan, terdapat pengaruh positif antara kemampuan berpikir kritis, kemampuan spasial, kemampuan literasi matematis, kemampuan berpikir visual, dan kemampuan komunikasi matematis terhadap IP semester mahasiswa, yakni sebesar 88,2%. Kemudian, ditemukan juga hasil t hitung dari setiap variabel lebih besar dari t tabel  (t hitung > t tabel) yang mengindikasikan bahwa ada pengaruh positif secara parsial antara kemampuan berpikir kritis, kemampuan spasial, kemampuan literasi matematis, kemampuan berpikir visual, dan kemampuan komunikasi matematis terhadap IP semester mahasiswa.
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Berbantuan Media Kahoot Pada Materi Trigonometri Di Jenjang Sekolah Menengah Atas Lestari, Marlina Indah
Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 1 (2024): JURNAL FIBONACI: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jfi.v5i1.57234

Abstract

Pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang berpusat pada siswa. Alasannya karena siswa merupakan pusat pembelajaran. Melibatkan siswa dalam proses pembelajaran tentu sangat penting dalam memberikan pengalaman siswa. Beberapa upaya untuk melibatkan siswa dalam pembelajaran menggunakan media pembelajaran. Materi pembelajaran yang baik tentunya harus sesuai dengan kebutuhan. Salah satu pendekatan yang menarik perhatian yaitu Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL), yang menekankan penyesuaian pembelajaran dengan tingkat pemahaman individu peserta didik. Artikel ini menjelaskan tentang meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) berbantuan media kahoot pada materi trigonometri di jenjang sekolah menengah atas. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, yang memungkinkan pengumpulan data melalui observasi kelas, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil pendahuluan menyoroti pentingnya TaRL dalam menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan siswa, sementara penggunaan Kahoot memberikan kontribusi dalam meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa yang kemudian dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam meningkatkan motivasi motivasi belajar siswa melalui pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) berbantuan media kahoot pada materi trigonometri di jenjang sekolah menengah atas dapat berdampak positif bagi peserta didik, mereka menjadi lebih antusias dalam proses pembelajaran dan kelas menjadi lebih interaktif.
Analisis Kesalahan Siswa Ditinjau Dari Gender Dalam Menyelesaikan Masalah Materi Permutasi Berdasarkan Kriteria Watson Rahayu, Desi Dwi
Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 1 (2024): JURNAL FIBONACI: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jfi.v5i1.57445

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah materi permutasi berdasarkan kriteria Watson ditinjau dari gender. Sampel penelitian ini adalah satu siswa perempuan dan satu siswa laki-laki dari kelas X-11 SMA 5 Negeri Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian materi permutasi yang dianalisis berdasarkan delapan kategori kesalahan Watson. Perbedaan yang signifikan dalam jenis dan frekuensi kesalahan teramati antara siswa perempuan dan laki-laki berdasarkan hasil penelitian ini. Siswa perempuan lebih banyak melakukan kesalahan pada kategori kesalahan konsep, kesalahan kalkulasi, kesalahan organisasi, dan kesalahan interpretasi . Sedangkan siswa laki-laki lebih banyak melakukan kesalahan pada kategori kesalahan data. Penelitian ini menunjukkan bahwa gender dapat memengaruhi jenis dan frekuensi kesalahan siswa dalam proses penyelesaian masalah materi permutasi. Penting bagi para guru untuk memperhatikan hal ini agar dapat memberikan pembelajaran yang lebih efektif dan sesuai dengan karakteristik siswa.
Pengembangan Modul Ajar Problem Based Learning pada Materi SPLTV Pratiwi, Ika Yulia
Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 1 (2024): JURNAL FIBONACI: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jfi.v5i1.57683

Abstract

Modul ajar adalah perangkat penting untuk mendukung kurikulum merdeka di sekolah. Menurut beberapa penelitian, terdapat guru yang belum membuat modul ajar yang sesuai dengan ciri siswanya. Dengan demikian, diperlukan modul ajar problem based learning untuk materi SPLTV. Tujuan studi ini adalah menghasilkan modul ajar problem based learning yang valid, praktis, dan efektif pada materi SPLTV. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan model ADDIE. Subjek penelitian adalah 27 siswa kelas X-1 MA Manbaul Ulum. Data penelitian diperoleh dari wawancara, lembar validasi, kuesioner guru dan siswa, serta hasil asesmen sumatif. Hasil wawancara digunakan untuk analisis awal. Rata-rata skor hasil validasi adalah 4,38 yang dapat dikategorikan sebagai sangat valid. Hasil analisis kuesioner guru dan siswa dinilai sangat praktis dengan rata-rata skor berturut-turut adalah 4,41 dan 4,47. Hasil asesmen sumatif seluruh kelas X-1 diperoleh nilai rata-rata 92,5 yang dapat dikategorikan sebagai sangat efektif. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa modul ajar dengan model problem based learning pada materi SPLTV yang dihasilkan layak digunakan sebagai alat pembelajaran .
Analisis Ancova pada Pembelajaran SMART dengan Scaffolding Terhadap Posisi dan Pemahaman Konsep Matematis Pratiwi, Dona Dinda; Anggoro, Bambang Sri; Kuswanto, Cahniyo Wijaya; Lestari, Retno Puji; Dzikrillah, Nadida
Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 1 (2024): JURNAL FIBONACI: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jfi.v5i1.58044

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan, diperoleh bahwa 84% siswa masih rendah dalam penguasaan konsep matematika. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis bagaimana model pembelajaran yang berbeda, yang digunakan pada kelas eksperimen dan kontrol, dapat berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa, dengan mempertimbangkan kecenderungan matematika mereka. Metode penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu pada populasi siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Mesuji. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data meliputi tes pemahaman konsep dan angket disposisi matematika. Analisis data menggunakan analisis varian satu arah dengan tingkat signifikansi 5%. Kesimpulannya adalah model pembelajaran SMART yang didukung teknologi scaffolding secara signifikan meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dengan tetap memperhatikan kecenderungan matematikanya.
Validitas dan Reliabilitas Tes Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis di SMP Santo Petrus Medan Imelda, Imelda
Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 1 (2024): JURNAL FIBONACI: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Publisher : Prodi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jfi.v5i1.58454

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas tes kemampuan pemahaman matematis yang sudah dikembangkan. Metode penelitian deskriptif kuantitaif digunakan untuk membuat gambar atau deskriptif tentang suatu keadaan secara objektif yang menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut serta penampilan dan hasilnya. Data dikumpulkan dengan tes, dokumentasi dan wawancara. Subjek penelitian berjumlah 31 orang siswa kelas VIII-1 SMP Santo Petrus Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  dari soal nomor 1 sampai soal nomor 7 diperoleh validitas sebesar 0,69 (tinggi), 0,64 (tinggi), 0,37 (tinggi), 0,42 (sedang), -0,28, 0,48 (sedang) dan 0,45 (sedang). Reliabilitas tes kemampuan pemahaman konsep sebesar 0,6 dengan reliabilitas sedang.

Page 1 of 1 | Total Record : 8