cover
Contact Name
-
Contact Email
jurnalubs@gmail.com
Phone
+6221-27826500
Journal Mail Official
jurnalubs@gmail.com
Editorial Address
Jl. Terogong Raya No.32, RT.3/RW.6, West Cilandak, Cilandak, South Jakarta City, Jakarta 12430
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Journal of Economics and Business UBS
ISSN : 23028025     EISSN : 27747042     DOI : 10.52644
Core Subject : Economy,
Journal of Economics & Business UBS adalah jurnal yang diterbitkan sebulan sekali oleh STIE UniSadhuGuna. Jurnal Indonesia Sosial Sains akan menerbitkan artikel ilmiah dalam lingkup ilmu sosial dan ekonomi. Artikel yang diterbitkan adalah artikel dari penelitian, studi atau studi ilmiah kritis dan komprehensif tentang isu-isu penting dan terkini atau ulasan buku-buku ilmiah.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol. 13 No. 5 (2024): Journal of Economics and Business UBS" : 12 Documents clear
The Historical and Literary Legacy of Iskandar Zulqarnain Adib Kurniawan
Journal of Economics and Business UBS Vol. 13 No. 5 (2024): Journal of Economics and Business UBS
Publisher : UniSadhuGuna Business School

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52644/joeb.v13i5.2490

Abstract

Iskandar Zulqarnain, often equated with Alexander the Great, is a multifaceted figure whose legacy transcends historical accounts to enter the realms of myth and literature. This study explores his historical significance, literary representations, and socio-cultural implications across various societies. Employing a comprehensive literature review and qualitative analysis of primary and secondary sources, the research highlights how Iskandar's narrative adapts to different cultural contexts, particularly in Islamic, Persian, and Western traditions. The findings indicate that Iskandar's duality as both a conqueror and a unifier has led to a rich tapestry of stories that influence cultural pride and identity. Furthermore, the literary legacy of Iskandar is intertwined with historical narratives, showcasing how his character has been romanticized over time. This exploration reveals the complexities of Iskandar's legacy, emphasizing its relevance in contemporary discussions about nationalism and cultural identity. Overall, the study contributes to understanding how historical figures are remembered and reinterpreted, reflecting broader societal values and aspirations
Pengembangan Potensi Ekspor Bagi UMKM Jawa Barat dengan Indonesia-United Arab Emirates Comprehensive Economic Partnership Agreement (IUAE-CEPA) Brandnya Elbrus
Journal of Economics and Business UBS Vol. 13 No. 5 (2024): Journal of Economics and Business UBS
Publisher : UniSadhuGuna Business School

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52644/joeb.v13i5.2491

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis tingkat pemahaman UMKM Jawa Barat mengenai proses dan regulasi ekspor dalam memanfaatkan perjanjian Indonesia-United Arab Emirates Comprehensive Economic Partnership Agreement (IUAE-CEPA), mengidentifikasi produk potensial yang dapat diekspor oleh UMKM Jawa Barat ke Uni Emirat Arab, dan cara pemanfaatan perjanjian IUAE-CEPA secara maksimal. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara bersama tenaga ahli FTA Support Center Bandung serta menggunakan proses design thinking (empathize, define, ideate, prototype). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman UMKM Jawa Barat terhadap IUAE-CEPA bervariasi dan perlu dikembangkan, terutama dalam proses pemanfaatan dan regulasi pengurangan tarif. Produk-produk potensial yang dapat diekspor ke Uni Emirat Arab mencakup produk perhiasan, produk rajut, alas kaki, kendaraan, makanan olahan, dan lainnya sebagai permintaan tinggi di pasar Uni Emirat Arab. Dari penelitian ini, UMKM Jawa Barat dapat menggunakan prototype panduan pemanfaatan IUAE-CEPA sebagai cara untuk memanfaatkan IUAE-CEPA dalam mengembangkan pangsa pasar.
Pengaruh Social Media Marketing dan Brand Image Terhadap Purchase Decision dengan Purchase Intention Sebagai Variabel Mediasi Dery Adi Pranata
Journal of Economics and Business UBS Vol. 13 No. 5 (2024): Journal of Economics and Business UBS
Publisher : UniSadhuGuna Business School

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52644/joeb.v13i5.2492

Abstract

Pada era digital ini, kemajuan dalam teknologi, informasi, dan komunikasi telah mengubah bagaimana pemenuhan berbagai kebutuhan dan keinginan manusia dilakukan. Tujuan utama dari sosial media marketing adalah untuk membangun koneksi yang lebih luas untuk menjangkau target audiens yang lebihh spesifik melelui penyediaan platform social media yang beredar di Masyarakat. Konten yang dibuat bisa berupa infografis, video, atau bentuk konten lainnya yang sesuai dengan minat dan kebutuhan audiens. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Social media marketing tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision konsumen boikot McDonald di Kota Malang. Hal ini menujukkan bahwa pemasaran yang dilakukan McDonald semasa boikot terjadadi dalam upayanya meningkatkan pembelian produk mereka kurang signifikan
Konsekuensi Aktivitas Pemasaran terhadap Brand Love dalam Industri Kopi melalui Brand Equity di Instagram Pada Kopi Janji Jiwa Fatik Rahayu; Isa Aulia Januar; Muhammad Ary Al Razak
Journal of Economics and Business UBS Vol. 13 No. 5 (2024): Journal of Economics and Business UBS
Publisher : UniSadhuGuna Business School

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52644/joeb.v13i5.2493

Abstract

Perkembangan teknologi dan penggunaan internet memberikan kemajuan diseluruh aspek dalam kehidupan tidak terkecuali aspek pemasaran. Kehadiran sosial media memberikan peluang bagi perusahaan untuk memaksimalkan aktivitas pemasaran dalam meningkatkan brand equity dan meningkatkan brand love di hati konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak Instagram marketing dalam menciptakan ekuitas merek di benak konsumen serta dampaknya kepada brand love. Penelitian model kuantitatif ini dilakukan dengan menggunakan 206 responden sebagai sampel dengan populasi yang merupakan konsumen Kopi Janji Jiwa. Metode structural equation modeling (SEM) dikembangkan untuk menguji hipotesis penelitian yang diolah menggunakan AMOS. Hail pengujian mengungkapkan bahwa aktivitas pemasaran Instagram memberikan pengaruh positif terhadap masing-masing indikator brand equity serta memberikan dampak pada brand loves
Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian di Kayu Cilik Kediri Ricko Johan Andrean; Umi Nadhiroh; Angga Permana
Journal of Economics and Business UBS Vol. 13 No. 5 (2024): Journal of Economics and Business UBS
Publisher : UniSadhuGuna Business School

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52644/joeb.v13i5.2494

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh faktor kualitas produk, promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada kayu cilik kediri. Populasi dan sampel yang diambil adalah konsumen atau pelanggan yang pernah melakukan pembelian di kayu cilik kediri. Teknik analisa yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji koefisien determinan (R2). Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, hal itu dapat dilihat dari hasil uji t, nilai t kualitas produk sebesar 0,000< 0,05. Promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t promosi sebesar 0,039<0,05. Kualitas pelayanan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t kualitas pelayanan sebesar 0,623>0,05. Secara simultan kualitas produk, promosi, kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, hal itu dapat dilihat dari hasil uji F, nilai F kualitas produk, promosi dan kualitas pelayanan sebesar 0,000 < 0,05. Nilai koefisien determinan (R2) adalah sebesar 0,797. Hal ini dapat diartikan bahwa variabel bebas (kualitas produk, promosi, kualitas pelayanan) dapat menjelaskan variabel terikat (keputusan pembelian) sebesar 79,7%, sedangkan sisanya diterangkan oleh faktor lain yang tidak diteliti
Mengenal Sejarah dan Kedudukan Konstitusi di Negara Indonesia Muhammad Govinda Putra Pratama; Labib Muttaqin
Journal of Economics and Business UBS Vol. 13 No. 5 (2024): Journal of Economics and Business UBS
Publisher : UniSadhuGuna Business School

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52644/joeb.v13i5.2495

Abstract

Konstitusi adalah suatu hukum yang tertinggi di negara Indonesia berupa Undang – Undang Dasar 1945. Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, konstitusi digunakan sebagai pedoman untuk mengatur tatanan negara. Sejarah konstitusi di negara Indonesia menjelaskan mengenai awal mula serta perkembangan kondisi struktur pemerintahan yang demokratis sehingga dapat mewujudkan negara yang berdaulat. Disamping itu, kedudukan konstitusi di Indonesia sebagai dokumen hukum tertinggi yaitu hukum dasar tertulis yang dijadikan kunci peraturan perundang – undangan dalam sistem pemerintahan negara. Serta mencerminkan kedaulatan rakyat, dimana kekuasaan tertinggi pada suatu negara ada ditangan rakyat. Konstitusi sangat berperan dalam berdirinya suatu negara. Karena, tanpa adanya konstitusi tujuan negara tidak akan bisa tercapai dan tatanan negara tidak akan berjalan dengan tertib. Metode penulisan yang digunakan dalam penulisan artikel yaitu yuridis normatif adalah berdasarkan pada pengetahuan dan pemahaman yang penulis dapatkan selama mempelajari hukum konstitusi serta buku – buku referensi hukum konstitusi yang ada. Kesimpulan yang dapat penulis sampaikan adalah konstitusi di negara Indonesia mengalami sejarah yang mewujudkan perkembangan kemajuan zaman serta kedudukan konstitusi yang sangat penting bagi tatanan kehidupan bangsa Indonesia.
The Historical and Literary Legacy of Iskandar Zulqarnain Kurniawan, Adib
Journal of Economics and Business UBS Vol. 13 No. 5 (2024): Journal of Economics and Business UBS
Publisher : Cv. Syntax Corporation Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52644/joeb.v13i5.2490

Abstract

Iskandar Zulqarnain, often equated with Alexander the Great, is a multifaceted figure whose legacy transcends historical accounts to enter the realms of myth and literature. This study explores his historical significance, literary representations, and socio-cultural implications across various societies. Employing a comprehensive literature review and qualitative analysis of primary and secondary sources, the research highlights how Iskandar's narrative adapts to different cultural contexts, particularly in Islamic, Persian, and Western traditions. The findings indicate that Iskandar's duality as both a conqueror and a unifier has led to a rich tapestry of stories that influence cultural pride and identity. Furthermore, the literary legacy of Iskandar is intertwined with historical narratives, showcasing how his character has been romanticized over time. This exploration reveals the complexities of Iskandar's legacy, emphasizing its relevance in contemporary discussions about nationalism and cultural identity. Overall, the study contributes to understanding how historical figures are remembered and reinterpreted, reflecting broader societal values and aspirations
Pengembangan Potensi Ekspor Bagi UMKM Jawa Barat dengan Indonesia-United Arab Emirates Comprehensive Economic Partnership Agreement (IUAE-CEPA) Elbrus, Brandnya
Journal of Economics and Business UBS Vol. 13 No. 5 (2024): Journal of Economics and Business UBS
Publisher : Cv. Syntax Corporation Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52644/joeb.v13i5.2491

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis tingkat pemahaman UMKM Jawa Barat mengenai proses dan regulasi ekspor dalam memanfaatkan perjanjian Indonesia-United Arab Emirates Comprehensive Economic Partnership Agreement (IUAE-CEPA), mengidentifikasi produk potensial yang dapat diekspor oleh UMKM Jawa Barat ke Uni Emirat Arab, dan cara pemanfaatan perjanjian IUAE-CEPA secara maksimal. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara bersama tenaga ahli FTA Support Center Bandung serta menggunakan proses design thinking (empathize, define, ideate, prototype). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman UMKM Jawa Barat terhadap IUAE-CEPA bervariasi dan perlu dikembangkan, terutama dalam proses pemanfaatan dan regulasi pengurangan tarif. Produk-produk potensial yang dapat diekspor ke Uni Emirat Arab mencakup produk perhiasan, produk rajut, alas kaki, kendaraan, makanan olahan, dan lainnya sebagai permintaan tinggi di pasar Uni Emirat Arab. Dari penelitian ini, UMKM Jawa Barat dapat menggunakan prototype panduan pemanfaatan IUAE-CEPA sebagai cara untuk memanfaatkan IUAE-CEPA dalam mengembangkan pangsa pasar.
Pengaruh Social Media Marketing dan Brand Image Terhadap Purchase Decision dengan Purchase Intention Sebagai Variabel Mediasi Adi Pranata, Dery
Journal of Economics and Business UBS Vol. 13 No. 5 (2024): Journal of Economics and Business UBS
Publisher : Cv. Syntax Corporation Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52644/joeb.v13i5.2492

Abstract

Pada era digital ini, kemajuan dalam teknologi, informasi, dan komunikasi telah mengubah bagaimana pemenuhan berbagai kebutuhan dan keinginan manusia dilakukan. Tujuan utama dari sosial media marketing adalah untuk membangun koneksi yang lebih luas untuk menjangkau target audiens yang lebihh spesifik melelui penyediaan platform social media yang beredar di Masyarakat. Konten yang dibuat bisa berupa infografis, video, atau bentuk konten lainnya yang sesuai dengan minat dan kebutuhan audiens. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Social media marketing tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision konsumen boikot McDonald di Kota Malang. Hal ini menujukkan bahwa pemasaran yang dilakukan McDonald semasa boikot terjadadi dalam upayanya meningkatkan pembelian produk mereka kurang signifikan
Konsekuensi Aktivitas Pemasaran terhadap Brand Love dalam Industri Kopi melalui Brand Equity di Instagram Pada Kopi Janji Jiwa Rahayu, Fatik; Aulia Januar, Isa; Ary Al Razak, Muhammad
Journal of Economics and Business UBS Vol. 13 No. 5 (2024): Journal of Economics and Business UBS
Publisher : Cv. Syntax Corporation Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52644/joeb.v13i5.2493

Abstract

Perkembangan teknologi dan penggunaan internet memberikan kemajuan diseluruh aspek dalam kehidupan tidak terkecuali aspek pemasaran. Kehadiran sosial media memberikan peluang bagi perusahaan untuk memaksimalkan aktivitas pemasaran dalam meningkatkan brand equity dan meningkatkan brand love di hati konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak Instagram marketing dalam menciptakan ekuitas merek di benak konsumen serta dampaknya kepada brand love. Penelitian model kuantitatif ini dilakukan dengan menggunakan 206 responden sebagai sampel dengan populasi yang merupakan konsumen Kopi Janji Jiwa. Metode structural equation modeling (SEM) dikembangkan untuk menguji hipotesis penelitian yang diolah menggunakan AMOS. Hail pengujian mengungkapkan bahwa aktivitas pemasaran Instagram memberikan pengaruh positif terhadap masing-masing indikator brand equity serta memberikan dampak pada brand loves

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol. 14 No. 6 (2025): Journal of Economics and Business UBS Vol. 14 No. 5 (2025): Journal of Economics and Business UBS Vol. 14 No. 4 (2025): Journal of Economics and Business UBS Vol. 14 No. 3 (2025): Journal of Economics and Business UBS Vol. 14 No. 2 (2025): Journal of Economics and Business UBS Vol. 14 No. 1 (2025): Journal of Economics and Business UBS Vol. 13 No. 5 (2024): Journal of Economics and Business UBS Vol. 13 No. 4 (2024): Journal of Economics and Business UBS Vol. 13 No. 3 (2024): Special Issue Vol. 13 No. 2 (2024): Regular Issue Vol. 13 No. 1 (2024): Regular Issue Vol. 12 No. 6 (2023): Special Issue Vol. 12 No. 5 (2023): Special Issue Vol. 12 No. 4 (2023): Special Issue Vol. 12 No. 3 (2023): Special Issue Vol. 12 No. 2 (2023): Regular Issue Vol. 12 No. 2 (2023): Journal of Economics and Business UBS Vol. 12 No. 1 (2023): Regular Issue Vol. 11 No. 2 (2022): Journal of Economics and Business UBS Vol. 11 No. 1 (2022): Journal of Economics & Business UBS Vol. 10 No. 2 (2021): Journal of Economics & Business UBS Vol. 10 No. 1 (2021): Journal of Economics & Business UBS Vol. 9 No. 2 (2020): Journal of Economics & Business Unishaduguna Business School Vol. 9 No. 2 (2020): Journal of Economics & Business UBS Vol. 9 No. 1 (2020): Journal of Economics & Business Unishaduguna Business School Vol. 9 No. 1 (2020): Journal of Economics & Business UBS Vol. 8 No. 2 (2019): Journal of Economics & Business UBS Vol. 8 No. 2 (2019): Journal of Economics & Business Unishaduguna Business School Vol. 8 No. 1 (2019): Journal of Economics & Business UBS Vol. 8 No. 1 (2019): Journal of Economics & Business Unishaduguna Business School More Issue