cover
Contact Name
Rusyda Afifah Ahmad
Contact Email
jiep@unida.gontor.ac.id
Phone
+6281330042874
Journal Mail Official
jiep@unida.gontor.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Siman, Dusun I, Demangan, Kec. Siman, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia
Location
Kab. ponorogo,
Jawa timur
INDONESIA
Journal of Islamic Economics and Philanthropy
ISSN : -     EISSN : 2655335X     DOI : https://doi.org/10.21111/jiep
This Journal focus and scope on: Islamic Economics Islamic Philanthropy Islamic Business Islamic Finance Islamic Worldview on Economics
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 3 (2019): February" : 4 Documents clear
BUSINESS SYSTEM ANALYSIS BASED ON MULTI LEVEL MARKETING IN THE PERPSECTIVE OF ISLAMIC BUSINESS ETHICS (CASE STUDY: PT. VERITRA SENTOSA INTERNATIONAL) Bella Tahya Hania; Achmad Fajaruddin
Journal of Islamic Economics and Philanthropy Vol. 1 No. 3 (2019): February
Publisher : Universitas Darussalam Gontor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (532.442 KB) | DOI: 10.21111/jiep.v2i01.3098

Abstract

Telah hadir berbagai aplikasi online yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran online, salah-satunya adalah Paytren. Aplikasi yang diluncurkan oleh perusahaan Treni ini menerapkan sistem MLM dalam bisnisnya. Saat ini, telah banyak perusahaan MLM gadungan yang melenceng dari etika bisnis. Sedangkan dalam Islam, penerapan etika bisnis Islami adalah wajib. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem bisnis berbasis MLM dan bagaimana perspektif etika bisnis Islam terhadap sistem bisnis berbasis MLM yang dijalankan oleh perusahaan PT. Veritra Sentosa Internasional. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau penelitian kasus dengan metode kualitatif. Dengan sumber data dibagi menjadi dua, data primer dan data sekunder. Data primer didapat dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan data sekunder didapar dari buku, jurnal dan sumber lainnya yang tekait dengan penelitian. Penelitian ini bisa memberikan kesimpulan bahwa perusahaan Treni merupakan perusahaan yang menjual lisensi penggunaan aplikasi dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, mulai dari pembelian kebutuhan sehari-hari hingga pembayaran-pembayaran kewajiban bulanan. Aplikasi Paytren bisa digunakan di segala jenis smartphone dan andriod, khususnya Android dan iOS. Mitra mendapatkan komisi dari penjualan lisensi kepada mitra yang disponsori dari transaksi yang dilakukan oleh mitra tersebut dan oleh mitra dibawah sponsor mitra pertama. Sedangkan untuk penerapan etika bisnis Islam, Paytren telah menerapkan etika bisnis Islam dalam bisnisnya. Hal ini diketahui dengan telah diterapkannya nilai dasar etika bisnis Islam, yaitu Tauhid, Khilafah, Ibadah, Tazkiyah dan Ihsan.
ANALYSIS OF HALAL TOURISM DEVELOPMENT STRATEGY IN EAST JAVA PROVINCE Riska Carollina; Andi Triyawan
Journal of Islamic Economics and Philanthropy Vol. 1 No. 3 (2019): February
Publisher : Universitas Darussalam Gontor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (850.778 KB) | DOI: 10.21111/jiep.v2i01.3099

Abstract

Tujuan dari penulisan penelitian ini adalah untuk mengetahui factor eksternal dan internal yang mempengaruhi pengembangan pariwisata halal. Selain itu, peneliti juga mencoba untuk mendapatkan strategi yang tepat dalam mengembangkan pariwisata halal. Hal ini dikarenakan, sektor pariwisata merupakan salah satu sector yang berpengaruh besar terhadap perekonomian Indonesia. Mayoritas penduduk dunia kedua merupakan Muslim, maka dari itu pengembangan pariwisata halal sangatlah penting. Penelitian ini dilakukan di provinsi Jawa Timur dikarenakan provinsi ini memiliki keanekaragaman budaya dan sumber daya alam. Selain itu, mayoritas penduduk provins Jawa Timur adalah Muslim.  Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisis SWOT. Data yang digunakan didapatkan melalui interview, observasi dan dokumnetasi. Hasil dari penelitian ini mengatakan bahwa pengembangan pariwisata halal di Indonesia khususnya di provinsi Jawa Timur masih belum berkembang cukup baik. Hal ini disebabkan banyaknya amenitas atau fasilitas yang ada pada destinasi pariwisata belum mssemadai. Selain itu, teknologi dan pengetahuan masyarakat untuk pariwisata halal masih belum terlalu luas. Untuk itu strategi yang tepat untuk mengembangkan pariwisata halal ini dapat dimulai melalui perbaikan atau pembaharuan amenitas berbasis halal atau sesuai dengan hukum islam. Untuk mendukung pengembangan pariwisata halal, pemerintah diharapkan untuk memberikan bantuan kepada masyarakat sekitar daerah tujuan wisata (DTW) untuk melakukan sosialisasi pentingnya pariwisata halal
DETERMINANT PROFITABILITY OF SHARIA BANK BASED ON MACROECONOMIC VARIABLES Farhan Aldi Khunaifi; Khoirul Umam
Journal of Islamic Economics and Philanthropy Vol. 1 No. 3 (2019): February
Publisher : Universitas Darussalam Gontor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (743.943 KB) | DOI: 10.21111/jiep.v2i01.3100

Abstract

Dalam sistem perbankan ganda, bank syariah harus kompetitif. Salah satu kunci untuk bertahan dalam ekonomi global ini adalah profitabilitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel makroekonomi terhadap profitabilitas bank syariah di Indonesia dan untuk mengetahui jumlah banyaknya kontribusi yang diberikan variabel makroekonomi terhadap profitabilitas bank syariah di Indonesia. Data yang digunakan merupakan data sekunder bulanan bank umum syariah di Indonesia yang diambil dari periode Januari 2012 sampai dengan Desember 2017 serta data variabel makroekonomi seperti inflasi, nilai tukar, jumlah uang beredar, dan suku bunga yang dikutip dari beberapa sumber. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yaitu pendekatan non-struktural yang menggambarkan hubungan saling ketergantungan antar variabel time series sehingga metode yang digunakan yaitu metode Vector Autoregression (VAR) dan Vector Error Correction Model (VECM). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa nilai tukar, jumlah uang beredar, dan inflasi mempengaruhi ROA. Sedangkan suku bunga tidak mempengaruhi ROA. Penelitian ini juga menunjukkan suku bunga, jumlah uang beredar dan inflasi mempengaruhi ROE. Masing-masing variabel makroekonomi memberikan kontribusi untuk mempengaruhi ROA sebesar jumlah uang beredar 9.15%, inflasi 1.94%, suku bunga 0.84%, 0.81%. Sedangkan variabel makroekonomi memberikan kontribusi untuk mempengaruhi ROE sebesar suku bunga 1.49%, jumlah uang beredar 1.12%, nilai tukar 0.78%, inflasi 0.04%. Secara keseluruhan, variabel makroekonomi tersebut hanya memiliki kontribusi yang sangat kecil terhadap profitabilitias ROE bank syariah di Indonesia
تأثير سلوك في التجارة الإسلامية على رضى المستهلكين (دراسة حالة في UKP Ria Nusantara بمعهد الرسالة منطقة سلاهونج مدينة فونوروكو سنة 2018) Imam Haryadi; Yogi Saputra
Journal of Islamic Economics and Philanthropy Vol. 1 No. 3 (2019): February
Publisher : Universitas Darussalam Gontor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1323.559 KB) | DOI: 10.21111/jiep.v2i01.6362

Abstract

Sukses dalam bisnis didasarkan pada layanan yang baik dengan menjadikan konsumen sebagai pelanggan. Karena basis perdagangan bisnis bukan untuk mengambil keuntungan materi semata, tetapi juga untuk membantu yang lain. Peneliti memilih objek penelitian di UKP Ria Nusantara dengan dasar bahwa UKP Ria Nusantara merupakan salah satu usaha milik pesantren Ar Risalah, dimana para santri belajar nilai-nilai Agama Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak perilaku perdagangan syariah terhadap kepuasan konsumen di UKP Ria Nusantara. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metodologi survei. Metode pengumpulan data dengan membagi survei kepada 140 pembeli, menggunakan skala skala Likert. Peneliti menggunakan analisis data regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku perdagangan syariah memiliki efek positif, menunjukkan bahwa hasil uji-t sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang berarti bahwa perilaku perdagangan syariah berdampak pada kepuasan konsumen UKP Ria Nusantara. Dampak perilaku perdagangan Islam menunjukkan bahwa hasil uji R2 adalah 0,473, artinya perilaku perdagangan Islam memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen sebesar 43,3% dan sisanya 52,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini

Page 1 of 1 | Total Record : 4