cover
Contact Name
Damai Yani
Contact Email
damaiyani84@gmail.com
Phone
+6281363410784
Journal Mail Official
omiyagejurnal17@gmail.com
Editorial Address
Jln. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar Padang
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Omiyage: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa Jepang
ISSN : -     EISSN : 26139022     DOI : -
Core Subject : Education,
OMIYAGE: Jurnal Bahasa dan Pendidikan Bahasa Jepang, which is published every Juni and Desember, consists of research-based and review articles, fresh ideas about Japanese language, literature, culture, as well as teaching and learning, which have never been published before. The scopes of this journal include: 1. Applied Japanese linguistics; 2. Japanese culture; 3. Intercultural communication; 4. Connection and communities; 5. Teaching materials; 6. Teaching methodology; 7. Japanese for specific purposes; 8. Teachers; 9. Sociocultural approach; 10. Language acquisition; 11. Phonology; 12. Japanese studies; 13. Computer/Technology; 14. Sociolinguistic; 15. Grammar; 16. Pragmatic; 17. Discourse; 18. Syllabus/curriculum; 19. Japanese language learner; 20. Language Policy.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2019)" : 5 Documents clear
ANALISIS JENIS DAN STRUKTUR KALIMAT DALAM SAKUBUN MAHASISWA SEMESTER IV PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI PADANG ani hardianti; Hendri Zalman
Omiyage : Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa Jepang Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/omg.v2i1.129

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan jenis dan struktur  kalimat dalam sakubun mahasiswa semester IV prodi pendidikan bahasa Jepang UNP. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kalimat berdasarkan jenis dan strukturnya yang diperoleh dari sakubun mahasiswa. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah sakubun mahasiswa semester IV prodi pendidikan bahasa Jepang UNP yang berjumlah 30 sakubun. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : Pertama, jenis kalimat berdasarkan predikat yang digunakan dalam sakubun  mahasiswa semester IV prodi pendidikan bahasa Jepang UNP peneliti menemukan 332 kalimat. Jenis kalimat doushibun sebanyak 202 yang terdiri dari 132 jenis kalimat tadoushibun, 70 jenis kalimat jidoushibun. Jenis kalimat keiyoushibun sebanyak 35 yang terdiri dari  11 jenis kalimat i-keiyoushi, 24 jenis kalimat na-keiyoushi. Jenis kalimat meishibun berjumlah 31. Sedangkan jenis kalimat lain berjumlah 64. Kedua, struktur kalimat yang digunakan dalam sakubun  mahasiswa semester IV prodi pendidikan bahasa Jepang UNP peneliti menemukan 332 kalimat. Kalimat yang berstruktur SP sebanyak 50, kalimat yang berstruktur SOP berjumlah 77, kalimat yang berstruktur SOKP sebanyak 4, dan kalimat yang berstruktur lain sebanyak 201. 
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN KAHOOT TERHADAP PENGUASAAN GOI SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 PADANG Azola Minata; Damai Yani
Omiyage : Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa Jepang Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/omg.v2i1.124

Abstract

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN KAHOOT TERHADAP PENGUASAAN GOI SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 PADANG Azola Minata[1], dan Damai Yani, S.Hum, M.Hum[2]                                      Pendidikan Bahasa Jepang                                       Fakultas Bahasa dan Seni                                       Universitas Negeri Padangemail: azolaminata@gmail.comAbstrakPenelitian ini dilatar belakangi dengan kurangnya penguasaan goi pada siswa. Hal ini disebabkan karena latihan dalam proses pembelajaran yang masih kurang bervariasi, salah satu contoh latihan yang dapat digunakan adalah Kahoot. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Kahoot  terhadap penguasaan goi siswa kelas X SMA Negeri 4 Padang. Penelitian ini meggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu “posttest only control grup design”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Padang yang terdaftar pada periode Januari-Juli tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian adalah 32 orang siswa kelas X MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dan 33 orang siswa kelas X IIS 1 sebagai kelas kontrol. Data penelitian ini adalah skor hasil tes akhir penguasaan goi tanpa dan dengan menggunakan Kahoot siswa kelas X SMA Negeri 4 Padang. Skor hasil tes tersebut dibandingkan dengan menggunakan rumus uji-t untuk mengetahui efektivitas penggunaan Kahoot pada penguasaan goi. Berdasarkan hasil uji-t, disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan Kahoot efektif secara signifikan terhadap penguasaan goi pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Padang karena t hitung  > t tabel ( 5,21 > 2,00 ) pada taraf signifikan 0,05. Jadi, disimpulkan bahwa penguasaan goi siswa kelas X SMA Negeri 4 Padang dengan menggunakan Kahoot lebih baik dari pada tanpa menggunakan Kahoot. Kata Kunci: Goi, Kahoot dan Efektivitas AbstractThis research is backed by the lack of goi mastery in students. This is because the exercises in the learning process are still less varied, one example of exercises that can be used is Kahoot. This study aims to determine the effectiveness of Kahoot on the mastery of goi class X SMA Negeri 4 Padang. This study used a quantitative approach with a pseudo-experimental "posttest only control group design" method. The population in this study is a class X SMA Negeri 4 Padang which is registered in the period of January-July 2018/2019 school year. The research sample is 32 students in grade X MIPA 6 as an experimental class and 33 students in grade X IIS 1 as a control class. This research data is the final test score of goi mastery without and by the use of kahoot grade X SMA Negeri 4 Padang. The test results were compared to using the test-t formula to determine the effectiveness of kahoot mastery of goi. Based on test-t results, it was concluded that the learning to use kahoot significantly effectively on the mastery of goi in grade X students of SMA Negeri 4 Padang because T count > T table (5.21 > 2.00) at a significant level of 0.05. So, it was concluded that the governance of the goi class X SMA Negeri 4 Padang by using kahoot is better than without using kahoot. Keywords: Goi, Kahoot and effectivenessDAFTAR PUSTAKAAlim, Burhanuddin. 2014. Ayo Belajar Bahasa Jepang. Yogyakarta: Graha Ilmu.Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: PT. Asdi Mahasatya.Irawati, Magdalena. 2018. Profil Minat dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII I SMP Negeri 5 Yogyakarta Pada Pokok Bahasan Penyajian Data Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Kahoot. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.Mardianti, Yosla dan Yani, Damai. 2018. Pengaruh Metode Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang (Goi) Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Padang.(online)Masidjo. 1995. Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius.Sudjianto dan Dahidi. 2009. Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Bandung: Kesaint Blanc.Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.[1] Japanese Language Education of FBS Universitas Negeri Padang graduated on September 2019[2] Lecturer of English Department of FBS Universitas Negeri Padang
Analisis Bahasa Hormat (Keigo) pada Surat Formal dalam Buku Shakaijinyoo No Nihongo Karya Nalti Novianti Fani Asriani Fadilah; Nova Yulia
Omiyage : Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa Jepang Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/omg.v2i1.136

Abstract

ABSTRAKAnalisis Bahasa Hormat (Keigo) pada Surat Formal dalam Buku Shakaijinyoo No Nihongo Karya Nalti Novianti. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang. Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Padang.            Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan jenis keigo dan faktor yang mempengaruhi penggunaan keigo pada surat formal dalam buku Shakaijinyoo No Nihongo karya Nalti Novianti. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kalimat yang terdapat keigo yang diperoleh dari surat. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah surat yang terdapat dalam buku Shakaijinyoo No Nihongo yang terdapat 3 surat formal. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, ada 3 jenis keigo yang terdapat pada surat yaitu sonkeigo, kenjougo dan teineigo. Dari ketiga jenis keigo tersebut, terdapat sebanyak 9 kata merupakan jenis sonkeigo, 21 kata jenis kenjougo dan 17 kata jenis teineigo. Sedangkan faktor yang mempengaruhi penggunaan keigo pada surat formal yaitu keakraban, hubungan sosial, dan keanggotaan kelompok.Kata kunci : Keigo, sonkeigo, kenjougo, teineigo, faktor yang mempengaruhi keigo
ANALISIS KEMAMPUAN PENGGUNAAN JODOUSHI SOUDA DAN YOUDA PADA MAHASISWA TAHUN MASUK 2017 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI PADANG Gita Maharani; Nova Yulia
Omiyage : Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa Jepang Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/omg.v2i1.125

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kemampuan penggunaan jodoushi souda dan youda mahasiswa tahun masuk 2017 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan penggunaan jodoushi souda dan youda mahasiswa tahun masuk 2017 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang . Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa tahun masuk 2017 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang dengan jumlah mahasiswa 56 orang yang terdiri dari dua kelas. Kelas Jepang 1 berjumlah 29 orang dan kelas Jepang 2 berjumlah 27 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil tes kemampuan penggunaan jodoushi souda dan youda mahasiswa tahun masuk 2017 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa kemampuan jodoushi souda dan youda secara umum berada pada kualifikasi kurang dengan rata-rata 46,57. Sedangkan kemampuan jodoushi souda sebagai youtai berada pada kualifikasi cukup dengan rata-rata 58,63 dan kemampuan jodoushi youda sebagai futashikana dantei berada pada kualifikasi kurang dengan rata-rata 41,50. Kata kunci: jodoushi, souda, youtai, youda, futashikana dantei
Pengaruh Media Kartu Kuartet Terhadap Penguasaan Hiragana Siswa Kelas X SMAN 6 Padang Afriyona Marta; Nova Yulia
Omiyage : Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa Jepang Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/omg.v2i1.122

Abstract

AbstrakProses pembelajaran Bahasa Jepang di Indonesia masih sering menemui beberapa kendala dalam mempelajari huruf. Penggunaan huruf yang berbeda menjadi salah satu faktor yang menyebabkan pembelajar merasa kesulitan dalam mempelajari Bahasa Jepang. Karena ada prinsip yang tidak terpenuhi yaitu penggunaan media serta metode atau teknik yang digunakan tidak sesuai. Berdasarkan apa yang peneliti amati pada saat melaksanakan praktik lapangan kependidikan (PLK) di SMAN 6 Padang serta wawancara yang peneliti lakukan dengan siswa, menunjukkan minimnya minat dan kemampuan siswa dalam mempelajari hiragana. Sehingga pencapaian tujuan belajar tidak maksimal. Oleh karena itu, diperlukan media tertentu untuk mempermudah dalam menguasai dan sebagai pemacu untuk menarik minat siswa dalam mempelajari hiragana. Penggunaan media kartu kuartet dirasa dapat mengatasi permasalahan diatas. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh dari media kartu kuartet terhadap penguasaan hiragana siswa kelas X SMAN 6 Padang. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu, dengan posttes tonly control group design. Sedangkan teknik penyampelan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 dan X MIPA 5 dengan jumlah 69orang. Hasil analisis data, diperoleh thitung dengan ttabel taraf signifikan 0,05% adalah 2,00 dengan derajat kebebasan dk=n1+n2-2. Hal ini berarti thitung  > ttabel  (3,41 > 2,00). Maka hipotesis diterima, karena thitung  > ttabel. Kata kunci: Hiragana, Media, Kartu Kuartet.

Page 1 of 1 | Total Record : 5