cover
Contact Name
Agus Purnama
Contact Email
purnama.aguz@gmail.com
Phone
+6281316184140
Journal Mail Official
jikom@sssstikom-ima.ac.id
Editorial Address
Jl. Harapan no 50 Gd. HZ Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju (STIKOM-IMA) Lenteng Agung, Jakarta Selatan
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Ilmiah komunikasi
ISSN : 19798210     EISSN : 23548193     DOI : http://dx.doi.org/10.38041/jikom1
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Komunikasi Indonesia Maju menerima semua artikel ilmiah atau manuskrip yang berhubungan dengan ilmu komunikasi, broadcasting, periklanan, dan semua ranah keilmuan yang erat kaitannya dengan ilmu komunikasi
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 10 No 02 (2018): Jurnal Ilmiah Komunikasi Volume 10 No 02 Juli 2018" : 5 Documents clear
Strategi Komunikasi Penyiar Dalam Upaya Memenuhi Kebutuhan Pendengar Radio Dian Nurdiana; Shulhuly Ashfahani
Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA Vol 10 No 02 (2018): Jurnal Ilmiah Komunikasi Volume 10 No 02 Juli 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38041/jikom1.v10i02.33

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi yang dilakukan oleh penyiar program begaya PT. Radio Bergaya Nyanyian Sehati atau Bens radio 106.2 FM dalam upaya memenuhi kebutuhan pendengar. Penelitian ini mengacu pada strategi komunikasi penyiar dalam melakukan siaran pada program Begaya di Bens radio 106.2 FM. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode observasi dan wawancara mendalam kepada penyiar dan pendengar Bens radio 106.2 FM, lalu menganalisis dan menguji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teoritik. Berdasarkan penelitian, diperoleh hasil bahwa strategi komunikasi yang digunakan penyiar Bens radio 106.2 FM dalam program Begaya atau Betawi punya gaya yaitu, lebih mementingkan kebutuhan pendengarnya, dengan memberikan ide dan gagasan yang akan membuat pendengar tertarik. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penyiar program Begaya Bens radio 106.2 FM, telah memenuhi kebutuhan para pendengar nya.
Persepsi Penonton Studio Program Acara “Kick Andy” Di Metro Tv Nurdian Trianggoro Mukti; Febriansyah Nataly
Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA Vol 10 No 02 (2018): Jurnal Ilmiah Komunikasi Volume 10 No 02 Juli 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38041/jikom1.v10i02.34

Abstract

Persepsi dalam sebuah tayangan media massa merupakan hal penting untuk dikaji mengingat pengguna media massa dalam kehidupan sosial bukan sekedar sebagai pelepas ketegangan dan hiburan semata, akan tetapi isi dan informasi yang disajikan mempunyai tujuan yang sangat penting dalam proses tindakan persepsi. Metode Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam. Sumber data diperoleh melalui data primer yaitu wawancara Produser dan penonton program acara “Kick Andy”. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui berbagai tulisan artikel, buku-buku dan internet. Fokus penelitian ini meliputi persepsi yang di dalamnya terdapat sensasi, atensi dan respon serta Model SR dan Teori Perbedaan Individu. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi penonton studio pada program acara “Kick Andy” Edisi Melampui Batas 2017 mempunyai persepsi yang berbeda-beda pada sensasi, Atensi (Perhatian) dan Respon namun berkesimpulan bahwa program acara “Kick Andy” adalah program acara yang menarik serta mengisi kebutuhan penonton studio dalam hal hiburan juga memberikan informasi/pengetahuan/wawasan sehingga mengubah persepsi penonton untuk mengikuti informasi/pengetahuan/wawasan yang didapatkan dari program acara “Kick Andy”.
Komunikasi Persuasif Agen Asuransi Dalam Merekrut Calon Agen ( Studi Kasus Tentang Perekrutan Calon Agen Dalam Meningkatkan Penjualan Polis di Asuransi PT.AXA) Fatimah Fatimah
Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA Vol 10 No 02 (2018): Jurnal Ilmiah Komunikasi Volume 10 No 02 Juli 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38041/jikom1.v10i02.35

Abstract

Tesis ini dilakukan untuk mengetahui proses komunikasi persuasif yang dilakukan agen dalam mencari agen dan mengetahui model strategi komunikasi persuasif yang dilakukan dalam proses rekrutmen agen. Metode yang digunakan pendekatan studi kasus dan terdapat hubungan signifikan antara komunikasi persuasif agen terhadap proses perekrutan calon agen.Peneliti memberikan intervensi hubungan komunikasi persuasif lebih di tingkatkan oleh agen agar memudahkan dalam pross merekrut calon agen di PT.AXA. Tanggapan perusahaan pun masih positif untuk meningkatkan proses rekrutmen. Perusahaan pun bersedia memberikan pelatihan komunikasi persuasif untuk meningkatkan proses rekrutmen.
Upaya IDX Channel Melalui Program “IDX Market Opening” Guna Menginformasikan Fluktuasi Perdagangan Pasar Modal Saviera Amalia; Veronika Setyadji
Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA Vol 10 No 02 (2018): Jurnal Ilmiah Komunikasi Volume 10 No 02 Juli 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38041/jikom1.v10i02.36

Abstract

Banyaknya jumlah perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia, membuktikan bahwa pasar modal di Indonesia berkembang pesat. Hal tersebut mendorong para pengusaha untuk mendapatkan informasi yang cepat, akurat dan mendalam seputar pasar modal melalui media massa, yaitu IDX Channel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya IDX Channel melalui program “IDX Market Opening” dalam menginformasikan fluktuasi perdagangan pasar modal serta mengetahui proses produksi program “IDX Market Opening”. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus, sedangkan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi dengan tiga informan yang mempunyai peran besar dalam penelitian ini, serta data dari dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa program “IDX Market Opening” melakukan upaya melalui beberapa treatment program untuk mempermudah pemirsa dalam menerima informasi, diantaranya talkshow dengan analis pasar modal, merekomendasikan saham, menampilkan grafis-grafis pendukung untuk menggambarkan fluktuasi perdagangan pasar modal, dan menampilkan paket-paket berita. Program “IDX Market Opening” dapat dikatakan sudah memenuhi kaidah Standard Operational Program (SOP) Alan Wurtzel (pra produksi, set up dan rehearsal, dan produksi) kecuali pada tahap pasca produksi, sebab program IDX Market Opening tidak ditayangkan secara tapping yang pada tahapannya melalui proses rekam dan editing, melainkan secara langsung (live).
Analisis Pengemasan Program Jakarta Pagi Ini Dan Jakarta Sore Ini Di Rri Pro 2 Jakarta 105 FM Nurfiyanthi Nurfiyanthi; Luki Sahidan
Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA Vol 10 No 02 (2018): Jurnal Ilmiah Komunikasi Volume 10 No 02 Juli 2018
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Indonesia Maju

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38041/jikom1.v10i02.32

Abstract

Pengemasan program acara yang dilakukan oleh “Jakarta Pagi Ini” dan “Jakarta Sore Ini” adalah memberikan informasi dengan cara ringan dan menghibur, menggunakan bahasa yang sopan dan tetap bisa mengikuti lifestyle anak muda. Karena target pendengar “Jakarta Pagi Ini” dan “Jakarta Sore Ini” adalah kaum muda. Sifat penelitian ini adalah menggunakan metode Kualitatif deskriptif dengan studi kasus. Tehnik pengumpulan data adalah data primer yang diperoleh dari observasi dan wawancara, sementara data sekunder diperoleh dari data yang berbentuk buku, web, artikel, foto. Berdasarkan hasil penelitian pengemasan program acara “Jakarta Pagi Ini” dan “Jakarta sore ini” kedua program mampu mengikuti perkembangan radio anak muda saat ini, dan bisa mengimbangi pengemasan seperti radio anak muda pada umumnya, dengan melakukan tahap produksi seperti pengumpulan materi, hingga menyiapkan narasumber disetiap acara siarannya

Page 1 of 1 | Total Record : 5