cover
Contact Name
Setiawansyah
Contact Email
setiawansyah@teknokrat.ac.id
Phone
+6289699553818
Journal Mail Official
jatika@teknokrat.ac.id
Editorial Address
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia Phone : 0721 70 20 22
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak
ISSN : 27973492     EISSN : 27972011     DOI : 10.33365/jatika.v2i4
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA), an Indonesian national journal, publishes high quality research papers in the broad field of Informatics and Computer Science, which encompasses software engineering, information system development, computer systems, computer network, algorithms and computation, and social impact of information and telecommunication technology.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2020): Vol 1, No 2 (Desember 2020)" : 15 Documents clear
IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI UNTUK ANALISIS PENJUALAN KONTER BERBASIS WEB Jala Roza Gumilang
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak Vol 1, No 2 (2020): Vol 1, No 2 (Desember 2020)
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (738.364 KB) | DOI: 10.33365/jatika.v1i2.612

Abstract

Promosi yang efektif dapat meningkatkan angka penjualan. Untuk menentukan dan mengembangkan promosi agar lebih terarah dan tepat sasaran, Konter perlu mengidentifikasi pasar sasaran dan motif membeli. Salah satu cara untuk mengenali kondisi pasar adalah mengetahui minat beli konsumen, yang dapat diamati melalui data-data transaksi pembelian. Algoritma apriori dapat dimanfaatkan dalam proses penjualan, dengan memberikan hubungan antar data penjualan, dalam hal ini adalah kuota atau aksesoris handphone yang di beli sehingga akan didapat pola pembelian konsumen. Pihak konter dapat memanfaatkan informasi tersebut untuk mengambil tindakan bisnis yang sesuai, dalam hal ini informasi dapat menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan strategi penjualan selanjutnya. Dengan menggunakan metode data mining yaitu market basket analysis dan algoritma apriori, dihasilkan aturan asosiasi yang menunjukkan pola beli konsumen dan seberapa kuat suatu item mempengaruhi item lain. Dari hasil analisa dan pengujian telah dilakukan ujicoba sistem sebanyak tiga kali menggunakan data transaksi Konter G Cell selama periode bulan Desember 2019 sampai November 2020 (1 Tahun) dengan merubah parameter minimum support dan minimum confidence maka didapat hasil kombinasi menu item yang dapat di buat untuk proses pengembangan promosi.
Interface Data Sistem ERP SAP Dan Aplikasi Android Di Server Hosting Menggunakan Flat File (Studi Kasus: Aplikasi Mobile Populasi Sapi Pada PT. Great Giant Livestock) Alen Aldo Nozari
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak Vol 1, No 2 (2020): Vol 1, No 2 (Desember 2020)
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (585.96 KB) | DOI: 10.33365/jatika.v1i2.362

Abstract

PT Great Giant Livestock adalah tempat penggemukan sapi terbesar ketiga di Indonesia yang berlokasi di Terbanggi Besar, Lampung Tengah. Saat ini terdapat beberapa sistem di PT Great Giant Livestock. Beberapa diantaranya adalah Sistem ERP SAP dan Aplikasi Mobile Android di Server Hosting. Sistem tersebut diatas berjalan sendiri-sendiri, menggunakan database terpisah. Disebabkan oleh Sistem ERP SAP PT Great Giant Livestock yang digunakan tidak mengizinkan sistem lain untuk baca langsung ke databasenya. Dimana secara kebijakan, tidak boleh saling akses database. Tujuan dari penelitian ini yaitu supaya memungkinkan dua sistem untuk berbagi informasi satu sama lain. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu wawancara. Sumber data diperoleh dari IST Head PT Great Giant Livestock. Aplikasi mobile android populasi sapi ini di bangun dengan menggunakan metode pengembangan extreme programming dan untuk mendapatkan datanya menggunakan metode flat file. Data yang dipilih adalah data populasi sapi, supaya mempermudah sales dalam memperoleh informasi populasi sapi yang dijadikan sebagai acuan, sapi mana yang perlu dijual berdasarkan data populasi sapi per kandang dan umur atau lama sapi di kandang. Hasil dari penelitian ini yaitu berupa sebuah aplikasi mobile android populasi sapi yang menerapkan metode flat file untuk mendapatkan data dari Server ERP SAP yang ditampilkan di aplikasi mobile android. Kemudian untuk testing kelayakan aplikasi menggunakan model pengujian ISO 25010 dengan menggunakan 3 (tiga) ukuran kualitas pengujian yaitu Functional Suitability, Compatibility, dan Usability.
PERANCANGAN APLIKASI UNTUK PELANGGARAN DAN PRESTASI SISWA PADA SMP KARTIKA II-2 BANDAR LAMPUNG Deas Andrian Dwijaya; Setiawansyah setiawansyah
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak Vol 1, No 2 (2020): Vol 1, No 2 (Desember 2020)
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1394.452 KB) | DOI: 10.33365/jatika.v1i2.313

Abstract

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kartika II-2 Bandar Lampung adalah lembaga pendidikan swasta yang memiliki visi dan misi yaitu terwujudnya sdm yang bertaqwa dan unggul. Masalah yang terdapat pada SMP KARTIKA II-2 adalah seringnya ditemukan oleh guru bimbingan konseling (BK) dan guru piket yaitu siswa tersebut tidak membawa buku sakunya atau kehilangan buku sakunya. setiap siswa di sekolah diberikan 1 buku saku setiap 1 tahun nya, dan buku saku tersebut tidak dijual belikan, atau di perbanyak. Sehingga poin pelanggaran dan poin prestasi hanya terdata di buku piket dan siswa tidak dapat memberikan buku saku tersebut kepada orang tua untuk di kontrol dan di paraf. Dan siswa juga bisa lupa dan tidak mengetahui jumlah bobot yang telah didapatkan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka membutuhkan perancangan aplikasi pelanggaran dan prestasi siswa pada SMP Kartika II Bandar Lampung dapat mengatasi permasalahan yang terjadi yaitu meminimalisir pencatatan data prestasi dan pelanggaran siswa yang dilakukan oleh guru BK, sistem ini memberikan kemudahan dalam pencatatan pelanggaran dan prestasi siswa sehingga monitoring dapat dilakukan oleh wali siswa dan guru BK untuk melihat data prestasi dan pelanggaran yang dilakukan oleh siswa tanpa harus mencari buku rekapitukasi pencatatan prestasi dan pelanggaran serta buku saku siswa. Hasil pengujian fungsionalitas sistem terhadap halaman yang terdapat pada perancangan aplikasi pelanggaran dan prestasi siswa pada SMP Kartika II Bandar Lampung diperoleh kesimpulan bahwa hasil pengujian tersebut yang telah sesuai dengan hasil yang diharapkan dalam kuisioner pengujian black box testing dengan nilai 100%.
PERANCANGAN APLIKASI GAME FIGHTING 2 DIMENSI DENGAN TEMA KARAKTER NUSANTARA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 Reno Renaldi Pratama; Ade Surahman
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak Vol 1, No 2 (2020): Vol 1, No 2 (Desember 2020)
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1199.51 KB) | DOI: 10.33365/jatika.v1i2.619

Abstract

Game merupakan salah satu media hiburan yang banyak diminati oleh kalangan masyarakat, dari anak usia dini hingga orang dewasa. Secara umum game dibagi menjadi 7 (tujuh) jenis yang diterapkan yaitu, RTS (Real Time Strategy), FPS (First Person Shooter), RPG (Role Playing Game), Construction and Management Simulation Games, Vehicle Simulation, Action, Adventure dan Fighting. Dalam penelitian ini dilakukan perancangan sebuah game fighting dengan tema karakter nusantara.  Selain menjadi media hiburan, game ini bertujuan untuk memperkenalkan pakaian dan senjata adat laki-laki dari 10 provinsi yang ada di pulau Sumatradengan menggunakan construct 2sebagai engine game. Perancangan game menggunakan metode pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari 6 tahap yaitu, Concept, Design, Obtaining Content Material, Assembly, Testing, dan Distribution. Aplikasi game ini diuji mengunakan pengujian ISO 9126, dengan hasil pengujian aspek functionality sebesar 98,67%, efficiency sebesar 98,22%, usability sebesar 98,00%, dan portability sebesar 100,00%. Presentase total dari pengujian ISO 9126 untuk kualitas software game ini adalah 98,75% yang dinyatakan sangat layak
SISTEM INFORMASI INVENTORY GUDANG DALAM KETERSEDIAAN STOK BARANG MENGGUNAKAN METODE BUFFER STOK ade ferry qadafi; Agung Deni Wahyudi
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak Vol 1, No 2 (2020): Vol 1, No 2 (Desember 2020)
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (516.531 KB) | DOI: 10.33365/jatika.v1i2.557

Abstract

Rika 86 merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang konveksi, Didirikan pada tahun 1986, dan hanya memiliki satu orang penjahit dan satu orang untuk sablon. Rika 86 memiliki kegiatan penjualan, pembelian dan retur barang. Namun, sampai saat ini belum ada sistem yang mengelola data tentang stok persediaan barang untuk itu perusahaan ingin memiliki sebuah sistem yang dapat digunakan untuk mengetahui persediaan barang, agar dapat dengan mudah mengetahui jumlah dan tempat penyimpanan persediaan barang. Saat ini data persediaan barang masih disimpan dalam beberapa buku, dimana yang di catat hanya harga satuan persediaan barang dan jumlah stok tanpa adanya keterangan lebih terperinci pada buku stok persediaan barang. Nota pembelian persediaan barang sering terjadi kehilangan karena penyimpanannya masih berupa arsip yang menyebabkan tidak adanya rekam data order. Dengan masalah tersebut proses pelayanan kepada pelanggan menjadi terhambat, proses pembuatan produk menjadi terhambat dan jika persediaan barang yang sudah habis tetapi tidak di stok kembali maka akan memakan waktu untuk mengorder barang kembali. Dengan adanya sistem informasi persediaan ini serta sistem aplikasi yang dirancang dengan mengunakan metode perancangan sistem UML (Unified Modeling Language). Pengkodean sistem atau bahasa pemrograman yang digunakan yaitu PHP dengan database MySQL, serta hasil pengujian bahwa kualitas perangkat lunak yang dihasilkan memiliki tingkat yang Sangat Layak
DESAIN DATA WAREHOUSE PENJUALAN MENGGUNAKAN NINE STEP METHODOLOGY UNTUK BUSINESS INTELEGENCY PADA PT BANGUN MITRA MAKMUR Muhammad Akbar; Yuri Rahmanto
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak Vol 1, No 2 (2020): Vol 1, No 2 (Desember 2020)
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (485.033 KB) | DOI: 10.33365/jatika.v1i2.331

Abstract

Perkembangan teknologi, informasi yang cepat, akurat dan terpercaya menjadi Persyaratan yang sangat penting bagi organisasi. Informasi memainkan peran yang sangat penting dalam menentukan hidup atau mati suatu perusahaan. Umumnya perusahaan besar telah menggunakan sistem berbasis komputer untuk mengatur dan mengolah informasi tentang kepentingan bisnis mereka. Hal ini terlihat dari banyaknya transaksi di perusahaan besar. PT Bangun Mitra Makmur perusahaan yang bergerak pada penjualan barang yang meliputi barang-barang dan Wilayah pemasaran meliputi Lampung dan Sumatera Selatan. Data transaksi penjualan di bagian penjualan terkait dengan data penjualan produk yang begitu besar sehingga membutuhkan media penyimpanan yang besar, serta sulit untuk mengolah datanya untuk membuat laporan untuk digunakan manajemen untuk digunakan dalam pengambilan keputusan. Butuh waktu lama untuk mengolah data penjualan hingga menghasilkan laporan karena masih perlu diolah dengan bantuan aplikasi Microsoft Excel. Banyaknya data transaksional penjualan yang tersimpan tidak dapat digunakan sebagai dasar analisa untuk pengolahan data lebih lanjut untuk dijadikan dasar oleh tingkatan top level management dalam mengambil sebuah keputusan. Data warehouse Penjualan dirancangan dengan menggunakan Nine Step Methodology data warehouse menghasilkan desain data warehouse yang lebih baik dengan menggunakan permodelan star schema dan menggunakan star schema akan mempercepat query untuk information delivery.
SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU BERBASIS WEB (STUDI KASUS SMA FATAHILLAH SIDOHARJO JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN) Andri Agus Irawan; Neneng Neneng
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak Vol 1, No 2 (2020): Vol 1, No 2 (Desember 2020)
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (868.532 KB) | DOI: 10.33365/jatika.v1i2.620

Abstract

Teknologi informasi sangat berkembang di masyarakat, umumnya teknologi informasi adalah sebuah teknologi yang dipergunakan untuk mengelola data, memproses, menyimpan dan memanipulasi data dengan berbagai macam cara dan prosedur guna menghasilkan informasi yang berkualitas dan bernilai guna tinggi, khususnya di SMA Fatahillah Sidoharjo Jati Agung. Dari identifikasi tersebut, SMA Fatahillah Lampung Selatan membutuhkan suatu sistem informasi penerimaan siswa berbasis web yang mampu mengolah data-data siswa baru sehingga data dapat disimpan dengan aman kedalam database system. Pada penelitian ini dilakukan dengan perancangan Usecase Diagram, Activity Diagram dan Flowchart. Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah sistem informasi penerimaan siswa baru berbasis web (Studi kasus : SMA Fatahillah Sidoharjo Jati Agung Lampung Selatan), yang dapat memberikan informasi penerimaan atau pendaftaran siswa baru dan dapat diakses secara online tanpa terbatas ruang dan waktu. Berdasarkan pengujian menggunakan blackbox, bahwa aplikasi penerimaan siswa baru di SMA Fatahillah berjalan sesuai dengan yang diharapkan
Aplikasi Perpustakaan Berbasis OPAC (Online Public Access Catalog) di SMK N 1 Talangpadang Willyan Dafit Prayoga; Muhammad Bakri; Yuri Rahmanto
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak Vol 1, No 2 (2020): Vol 1, No 2 (Desember 2020)
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (741.589 KB) | DOI: 10.33365/jatika.v1i2.552

Abstract

Sekolah Menengah Kejuaruan (SMK) Negri 1 Talangpadang adalah sekolah yang berada di Kabupaten Tanggamus yang terleak di Jalan Radin Intan No 35 Banding Agung Kecamatan Talangpadang. Administrasi perpustakaan yang diterapkan pada SMK N 1 Talangpadang saat ini masih menerapkan prosedur konvensional. Semua kegitan administrasi masih dilakukan dengan proses pembukuan seperti pengolahan bahan pustaka dan pelayanan. Administrasi perpustakaan harus dapat memenuhi semua keperluan yang berhubungan dengan pengelolaan perpustakaan, kegiatan administrasi ada dalam setiap kegiatan perpustakaan baik pada sekretariat, pengadaan bahan pustaka, pengolahan, dan layanan (sirkulasi). Otomasi perpustakaan merupakan sistem yang mengkomputerisasikan beberapa kegiatan yang dilakukan pada perpustakaan tradisional. Dengan menerapkan otomasi, penelusuran bahan pustaka juga bisa lebih cepat dan akurat melalui OPAC (Online Public Access Catalog). Dengan menggunakan sitem OPAC (Online Public Access Catalog) diharapkan dapat memberikan solusi terhadap permasalahan administrasi perpustakaan yang ada pada SMK N 1 Talangpadang. Pendekatan yang digunakan dalam penerapan sistem OPAC pada administrasi perpustakaan mengggunakan pengalaman pengguna UXD (user experience design).
SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN PEMBAYARAN SEWA PENGINAPAN HOSTEL PADA BAIT SA’DA Siti Yunika Putri
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak Vol 1, No 2 (2020): Vol 1, No 2 (Desember 2020)
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (712.052 KB) | DOI: 10.33365/jatika.v1i2.562

Abstract

Hostel Bait Sa’da Merupakan Hostel syariah yang berlokasikan di kota Bandar Lampung yang berdiri sejak tahun 2018, Hostel Bait Sa’da merupakan salah satu hostel yang menawarkan biaya sewa lebih murah disbanding hotel namun fasilitas yang diberikan setara dengan hotel berbintang. Sistem informasi akuntansi perhitungan sewa kamar dimana proses ini masih dilakukan dengan cara mencatat biaya penyewaan kamar di buku, kemudian dihitung besarnya biaya berdasarkan ukuran, dan tipr kamar. Perhitungan tersebut masih secara manual yaitu dengan menggunakan kalkulator untuk mengetahui berapakah besarnya biaya sewa yang harus dibayar. Tujuan penelitian ini adalah merancang Sistem Informasi Perhitungan Biaya Sewa yang efektif serta membantu hostel dalam melakukan pengolahan informasi dan data penyewaan yang dibutuhkan hostel. Dalam penulisan Laporan Akhir Studi ini penulis menggunakan bahasa pemrograman Java dan SQLyog sebagai database dan menggunakan alat-alat pengembangan sistem berupa Activity Diagram, Class Diagram, Java, Sequence Diagram, SQLyog dan Use Case Diagram. Dengan adanya pengembangan sistem yang dilakukan dapat membantu Hostel Bait Sa’da khususnya pada bagian Resepsionis dalam proses dan penyajian laporan biaya penyewaan perperiode. Hasil pengujian menggunakan black box testing mendapatkan hasil 100% dengan semua fungsionalitas sistem telah sesuai.
SISTEM INFORMASI PELAYANAN DISTRIBUSI KEUANGAN DESA UNTUK PEMBANGUNAN (STUDY KASUS : DUSUN SRIKAYA) Sinta Yana; Rakhmad Dedi Gunawan; Arief Budiman
Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak Vol 1, No 2 (2020): Vol 1, No 2 (Desember 2020)
Publisher : Universitas Teknokrat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (807.4 KB) | DOI: 10.33365/jatika.v1i2.621

Abstract

Dana desa bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara yang diatur oleh peraturan pemerintah indonesia nomor 60 tahun 2014. Dana tersebut digunakan untuk kegiatan desa dan pembangunan. Dalam beberapa situasi penggunaan Alokasi dana Desa ini rawan terhadap penyelewengan dana oleh pihak yang seharusnya dipercaya oleh masyarakat dalam membangun desa menjadi lebih maju dan berkembang. Pentingnya peran masyarakat sebagai pengawas langsung dan tidak lepas dari peran pemerintah kabupaten selaku pemberi dana untuk selalu memonitor jalanya pembangunan di desa. pengelola keuangan desa karena tidak adanya sistem pelaporan yang transpansi anggaran dana desa untuk pembangunan. Hal ini yang mengakibatkan proses pengolahan dana desa menjadi terhambat dan terlambat dalam pembuatan rencana anggara biaya (RAB) desa untuk segera didistribusikan keuangan desa untuk pembangunan. Sistem Informasi Pelayanan Distribusi Keuangan untuk Pembangunan dapat memberikan pelaporan dan pengelolaan dana desa untuk pembangunan. Sistem Informasi Pelayanan Distribusi Keuangan untuk Pembangunan dapat diakses oleh admin, kepala desa dan user melalui web browser. Sistem Informasi Pelayanan Distribusi Keuangan untuk Pembangunan memiliki tampiran dan rancangan yang dapat mudah dipahami dan dioperasikan oleh admin Dusun Srikaya Desa Sukadana Tengah Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur. Pelaporan pengajuan  rencana anggaran biaya (RAB) dapat mudah disampaikan kepada kepala desa. Dengan menggunakan Sistem Informasi Pelayanan Distribusi Keuangan untuk Pembangunan masyarakat dapat melihat laporan rencana anggaran biaya (RAB) secara transfaransi melalui web browser yang telah diotorisasi oleh kepala desa. Hasil pengujian menggunakan Boundary Value Analysis (BVA) kelayakan fungsionalitas Sistem Informasi Pelayanan Distribusi Keuangan untuk Pembangunan dikatakan layak untuk digunakan.

Page 1 of 2 | Total Record : 15