cover
Contact Name
Wira Bharata
Contact Email
wrbharata@fisip.unmul.ac.id
Phone
+6281218880540
Journal Mail Official
adbisnis.unmul@gmail.com
Editorial Address
3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences Department of Bussines Administration Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : 23555408     EISSN : 23555416     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL is a journal that publishes current original research on business studies using an interdisciplinary perspective. This publication contains various scientific writings in the form of research results, theoretical and conceptual studies, practical applications from academics and business practitioners. The following are suggested areas of interest: Marketing Management Information System Human resources Entrepreneurship Operation Management Consumer Behavior Financial Strategic Management Taxation Corporate Governance Auditing Business Ethics Knowledge Management
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 3 (2022): Jurnal Administrasi Bisnis" : 10 Documents clear
Analisis Pengendalian Bahan Baku dengan Metode EOQ (Economic Order Quantity) pada UD Subur Jaya Mebel di Samarinda Kalimantan Timur Ardi Ramadani
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 10, No 3 (2022): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54144/jadbis.v10i3.8274

Abstract

Permasalahan yang sering terjadi dalam pembelian bahan baku untuk home industry adalah bagaimana melakukan persediaan bahan baku yang tepat agar tidak menyebabkan dana yang diinvestasikan bahan baku berlebih dan kelancaran proses produksi tidak terganggu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan cara observasi dan wawancara di UD. Subur Jaya Furniture kemudian membandingkan kebijakan perusahaan dengan metode Economic Order Quantity (EOQ) sehingga dapat ditarik suatu kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelian bahan baku yang diterapkan perusahaan dinilai tidak efisien, karena kebijakan perusahaan mengakibatkan biaya yang lebih besar yaitu Rp. 51.635.560,83 sedangkan dengan penerapan Economic Order Quantity(EOQ), perusahaan mengeluarkan biaya sebesar Rp. 11.556.558,27. Penghematan biaya ini diperoleh dari meminimumkan total biaya persediaan, dimana dengan menggunakan metode Economic Order Quantity (EOQ) akan mengoptimalkan jumlah pembelian menjadi lebih besar dan frekuensi pemesanan menjadi lebih rendah dari kebijakan perusahaan sehingga dapat menghemat biaya pemesanan.
Strategi Bauran Promosi Erstor3prt dalam Meningkatkan Penjualan di Era Pandemi Covid-19 Angelica Ryda Ayustien
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 10, No 3 (2022): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54144/jadbis.v10i3.8670

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bauran promosi yang diimplementakan oleh Erstor3prt selama pandemi Covid-19 serta untuk mengetahui bagian strategi bauran promosi yang diterapkan dapat meningkatkan penjualan selama pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data primer diperoleh melalui wawancara dan didukung oleh data sekunder yaitu data keuangan, buku, dan e-journal. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif. Hasil penelitian kualitatif adalah Erstor3prt mengimplementasikan Strategi Bauran Promosi dengan menggunakan delapan Bauran Promosi yaitu Strategi periklanan yang dilakukan adalah menggunakan iklan berbayar pada Instagram ads, Strategi Promosi Penjualan menggunakan strategi diskon kuantitas, diskon berperiode, buy one get one, dan potongan harga dalam bentuk persen. Acara dan pengalaman tidak dilakukan dikarenakan peraturan pemerintah pembatasan sosial berskala besar selama pandemi Covid-19, Strategi Hubungan Masyarakat dan Publisitas dengan menggunakan fitur cerita Instagram yaitu fitur Quiz, fitur Question Box (kotak pertanyaan), fitur Polling, Strategi Pemasaran Daring dengan menggunakan fitur Instagram yaitu fitur Reels, fitur Feeds, fitur Cerita, dan fitur IGTV, Strategi Pemasaran Selular dengan menggunakan aplikasi Whatsapp, Strategi Penjualan Perorangan dengan memahami tiap-tiap konsumen secara online dan face-to-face, dan tidak menggunakan Pemasaran Langsung.
Strategi Peningkatan Sistem Informasi dalam Peningkatan Manajemen Data Organisasi di KPU Ponorogo Alfira Sholma Risqi; Ahmad Mutakhin; Qhori Amara Putri; Ananda Prabandari; Fery Setiawan
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 10, No 3 (2022): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54144/jadbis.v10i3.8650

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaharui software Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ponorogo, untuk mencapai kerja cepat, efektif, dan efisien dalam proses data calon pemilihan umum. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pengumpulan data diperoleh dari wawancara semi terstruktur dengan melibatkan informan utama, observasi dan dokumentasi. Komisi pemilihan umum kabupaten Ponorogo merupakan suatu pemerintahan kabupaten yang bertanggung jawab kepada bupati Ponorogo. Saat ini manajemen sumber daya manusianya terbilang cukup baik, namun hanya saja ada beberapa pegawai yang kerjanya masih lamban dan ada permasalahan maka akan menjadi perselisihan dibelakang. Sebagai atasan yang mempunyai pegawai, seharusnya mengawasi pegawainya dengan baik. Selain itu sudah selayaknya pegawai menjadi suatu yang perlu untuk diperhatikan, maka pembekalan pengetahuan kepada pegawai cara manajemen yang baik juga sangat diperlukan, sebagai basic knowladge mereka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pegawai Komisi Pemilihan Umum masih kurang dalam kinerjanya, masih banyak karyawan yang kurang mengerti dengan adanya era digital, dan masih banyak pegawai yang mengerjakan dengan cara manual.
Peran Pokdarwis Dalam Pengembangan Destinasi wisata Pantai Biru Kersik Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara Aby Setiawan
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 10, No 3 (2022): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54144/jadbis.v10i3.8740

Abstract

Kelompok sadar wisata Pantai Biru Kersik merupakan di bentuk oleh masyarakat Desa Kersik sebagai penggerak organisasi penggerak di bidang kepariwisataa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran pokdarwis dalam pengembangan destinasi wisata Pantai Biru Kersik Kecamatan Marangkayu Kabupaten Kutai Kartanegara, dan untuk menemukan factor penghambat dan pendukung. Jenis penelitian yang dilakukan ini deskriptif kualitatif dengan pendekatan dan metode study kasus. Dengan fokus penelitian dari indicator yang di telit, yaitu Pengembangan dan Pelatihan masyrakat dalam kegiatan pariwisata, Implementasi sapta pesona, Faktor pendukung dan penghambat. Analisis data yang digunakan adalah data model interaktif seperti yang dikemukakan oleh Miles Huberman dan Saldana. Penelitian ini menemukan (1) Pengembangan sudah cukup baik bisa di lihat dengan kondisi real di Pantai Biru Kersik ada beberapa pengembangan dari segi atraksi, amenitas, aksebilitas yang sudah ada tapi ada beberapa amenitas yang belum ada seperti informasi center, tempat parkir yang belum tersedia. Pada fokus penelitian pelatihan sampai saat ini sudah di lakukan namun berbanding terbalik dengan sumber daya manusia pada Desa Kersik dikarenakan kurangnya partisipasi masyarakat karena mayoritas petani dan nelayan. Masyarakat kurang memahami berbagai potensi kepariwisataan, sumber daya manusia masih belum mencukupi dan kurang professional dalam hal kepariwisataan, masyarakat yang berjualan di pinggir pantai biru kersik tidak kreatif dan inovatif, (2) Implementasi sapta pesona di pantai biru kersik sudah cukup baik dari menjaga lingkungan yang bersih dengan menyediakan tempat sampah di pantai biru kersik, dapat dikatakan memiliki keindahan yang autentik, keamanan yang cukup baik, suasana yang tertib, suasana alam yang sejuk dengan jajaran pohon pinus di pinggir pantai dan menjadi kenangan yang baik bagi wisatawan. (3). Faktor pendukung nya adalah dukungan dari berbagai pihak seperi pemerintah Desa Kersik, Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara,dan PT Pertamina yang memberikan bantuan berupa dana dan pelatihan kepada masyarakat. Faktor penghambat nya kurangnya partisipasi masyarakat, kurangnya pendidikan pengelola objek wisata di Desa kersik dalam hal kepariwisataan.Kata Kunci: Peran;Kelompok Sadar Wisata; Pengembangan;Destinasi wisata
Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen pada Hotel Sejati di Balikpapan Marisa Marisa
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 10, No 3 (2022): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bauran Pemasaran penting bagi perusahaan yang ingin meningkatkan penjualan produk atau jasa. Hotel Sejati di Balikpapan merupakan salah satu industri perhotelan yang sangat bergantung pada penjualan kamar hotel untuk dapat meningkatkan pelayanan selain untuk mencari keuntungan. Namun bauran pemasaran jasa di Hotel Sejati Balikpapan masih belum optimal karena tingkat kepuasan pelanggan yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap tingkat kepuasan konsumen pada Hotel Sejati di Balikpapan. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik. Sedangkan variabel terikatnya adalah kepuasan pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang akan menginap dan pernah menggunakan jasa Hotel Sejati di Balikpapan. Oleh karena itu, diambil sampel untuk penelitian ini. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan non probability sampling. Jenis non probability yang digunakan adalah accidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), orang (X5), proses (X6), dan Bukti Fisik (X7) berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kepuasan pelanggan. Pengujian hipotesis secara keseluruhan (Uji F) membuktikan hipotesis berpengaruh dan signifikan terhadap tingkat kepuasan konsumen diterima bersama (H0 ditolak dan Ha diterima). Hasil pengujian dengan uji t diketahui bahwa variabel person merupakan variabel yang paling signifikan dan berpengaruh positif terhadap tingkat kepuasan pelanggan pada Hotel Sejati di Balikpapan.
Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan Pada Pemandian Serayu Lestari Di Kota Samarinda Juneria Tawa Sejahtri
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 10, No 3 (2022): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54144/jadbis.v10i3.8607

Abstract

Samarinda memiliki destinasi wisata buatan yaitu Pemandian Serayu Lestari yang berlokasi di Jl. Serayu, Tanah Merah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh pengelola Pemandian Serayu Lestari. Mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi pemasaran yang dilakukan oleh pengelola Pemandian Serayu Lestari. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah deskriptif kualitatif dengan informan kunci (Key Informan) dan informan pendukung (Informan). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang. Sumber data diperoleh melalui data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, dokumentasi, dan wawancara. Kesimpulan dalam penelitian ini Pemandian Serayu Lestari telah berhasil menerapkan strategi pemasaran 4P, hal ini terlihat dari hasil penelitian dimana jumlah kunjungan wisatawan pada tahun 2021 mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, namun strategi pemasaran pada Pemandian Serayu Lestari masih harus diperhatikan dan dikembangkan agar dapat terus meningkatkan kunjungan wisatawan. Saran untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, pengelola diharapkan menjaga kebersihan dan keamanan lingkungan, memberikan pelatihan kepada karyawan, bekerjasama dengan angkutan umum atau travel, dan meningkatkan promosi yang ada.
Analisa Daya Tarik Wisata terhadap Minat Kunjungan Wisatawan di Pantai Pasir Mayang Kabupaten Paser Yogi Rustam
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 10, No 3 (2022): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54144/jadbis.v10i3.7160

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh faktor minat berkunjung yaitu daya tarik wisata terhadap minat wisatawan berkunjung ke Pantai Pasir Mayang Kabupaten Paser. Subyek dalam penelitian ini adalah wisatawan yang datang atau pernah berkunjung ke Pantai Pasir Mayang, dengan jumlah sampling yang digunakan sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara kenyamanan dengan minat kunjungan wisatawan ke Pantai Pasir Mayang Kabupaten Paser dengan nilai regresi standar sebesar 0,102. Hasil uji t menunjukkan t hitung 1,015 dengan nilai signifikansi 0,313 dengan tingkat kepercayaan = 95% (0,05). Ditemukan hasil lain yaitu pengaruh antara daya tarik dan minat kunjungan, dijelaskan oleh nilai koefisien variabel atraksi dari persamaan regresi standar sebesar (0,178). Hasil uji t menunjukkan t hitung (1,972) dengan nilai signifikansi 0,01. Dengan menggunakan = 95% (0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara aksesibilitas dengan minat kunjungan wisatawan ke Pantai Pasir Mayang Kabupaten Paser dengan nilai regresi standar sebesar 0,141. Hasil uji t menunjukkan t hitung 1,606 dengan nilai signifikansi 0,144 dengan tingkat kepercayaan = 95% (0,05). Berdasarkan uji F diperoleh F hitung sebesar 1,516 dan F hitung lebih besar dari F tabel (1,516 > 3,09) yang berarti terdapat pengaruh antara fasilitas, atraksi dan aksesibilitas terhadap minat berkunjung, dengan hasil koefisien menunjukkan angka sebesar 0,015 yang dapat diartikan jika variabel amenitas, atraksi dan aksesibilitas memberikan kontribusi 15% terhadap minat kunjungan wisatawan ke Pantai Pasir Mayang Kabupaten Paser Kartanegara dan sisanya 85% kontribusi diberikan oleh variabel atau faktor lain di luar penelitian ini.
Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Rumah Makan Sambal Gami Awang Long Khas Bontang di Samarinda Natasha Grandhis
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 10, No 3 (2022): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54144/jadbis.v10i3.8633

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di Rumah Makan Sambal Gami Awang Long Khas Bontang. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel independen yaitu kualitas produk dan kualitas pelayanan, sedangkan variabel dependen yaitu keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menikmati makanan dan minuman serta telah menggunakan pelayanan jasa di Rumah Makan Sambal Gami Awang Long Khas Bontang. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan jenis penelitian pendekatan kuantitatif dengan metode survei pada konsumen serta menggunakan alat analisis penelitian yaitu SPSS. Sampel dalam penelitian ini adalah 96 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan Accidental Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk (X1), kualitas pelayanan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Pengujian hipotesis secara keseluruhan (Uji F) membuktikan hipotesis berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian secara bersama-sama diterima. Hasil pengujian dengan (Uji t) diketahui bahwa variabel kualitas produk merupakan variabel yang paling signifikan dan memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian pada Rumah Makan Sambal Gami Awang Long Khas Bontang.
Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Nasabah dalam memilih Jasa Keuangan pada PT. Gadai Syariah Cabang Tenggarong Muhammad Nur Fajri
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 10, No 3 (2022): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54144/jadbis.v10i3.7473

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Citra Merek (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) baik secara simultan maupun parsial terhadap Keputusan Nasabah (Y) pada PT. Gadai Syariah Cabang Tenggarong. Untuk mengetahui variabel manakah yang memiliki pengaruh dominan terhadap Keputusan Nasabah dalam memilih jasa gadai pada PT. Gadai Syariah Cabang Tenggarong. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang pernah menggadaikan PT. Gadai Syariah Cabang Tenggarong dengan sampel sebanyak 50 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dan penyebaran angket. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa variabel Citra Merek (X1) dan Kualitas Layanan (X2) baik secara simultan maupun parsial berpengaruh positif terhadap Keputusan Nasabah (Y) dalam memilih jasa keuangan pada PT. Gadai Syariah Cabang Tenggarong, Citra Merek (X1) merupakan variabel yang paling kuat pengaruhnya terhadap Keputusan Nasabah (Y) dalam memilih jasa keuangan pada PT. Gadai Syariah Cabang Tengggarong. Koefisien determinasi (R Square) memiliki nilai sebesar 51,8%.
Partisipasi Masyarakat Dalam Mengembangkan Kepariwisataan Desa Kersik Menuju Desa Wisata Di Kecamatan Marang Kayu Muhammad Najib Ali
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 10, No 3 (2022): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54144/jadbis.v10i3.8682

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi masyarakat dalam mengembangkan kepariwisataan di Desa Kersik menuju Desa Wisata di Kabupaten Marang Kayu Kabupaten Kutai Kartanegara, dan untuk menemukan faktor penghambat dan pendukung. Jenis penelitian yang dilakukan ini deskriptif kualitatif. Analisis data kualitatif menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat dalam mengembangkan kepariwisataan Desa Kersik dari mengikutsertakan anggota masyarakat dalam memulai setiap aspek, Pokdarwis melibatkan masyarakat dalam mengembangkan kepariwisataan. Faktor penghambatnya adalah kurangnya partisipasi masyarakat, kurangnya tingkat pendidikan pengelola objek wisata, masyarakat yang berdagang tidak kreatif dan inovatif, tidak tersedia pramuwisata yang membantu wisatawan, dan Pemerintah Desa Kersik kurang melakukan promosi di media sosial. Faktor pendukungnya dari adanya kegiatan pelatihan masyarakat terhadap kepariwisataan, Pantai kersik memiliki panorama yang alami dan indah, perekonomian masyarakat meningkat, penerimaan manfaat merata, dan masyarakat dapat membentuk kelompok dan usaha di bidang masing-masing seperti kuliner, sablon, dan kerajinan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10