cover
Contact Name
Wira Bharata
Contact Email
wrbharata@fisip.unmul.ac.id
Phone
+6281218880540
Journal Mail Official
adbisnis.unmul@gmail.com
Editorial Address
3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences Department of Bussines Administration Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : 23555408     EISSN : 23555416     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL is a journal that publishes current original research on business studies using an interdisciplinary perspective. This publication contains various scientific writings in the form of research results, theoretical and conceptual studies, practical applications from academics and business practitioners. The following are suggested areas of interest: Marketing Management Information System Human resources Entrepreneurship Operation Management Consumer Behavior Financial Strategic Management Taxation Corporate Governance Auditing Business Ethics Knowledge Management
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 2 (2023): Jurnal Administrasi Bisnis" : 10 Documents clear
Pengaruh Pemberian Insentif terhadap Kinerja Karyawan PT Ray Anjerah Resources Bontang Wardhana, Wahyu
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 11, No 2 (2023): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54144/jadbis.v11i2.9521

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pemberian insentif terhadap kinerja karyawan pada PT Ray Anjerah Resources. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tipe penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai pada PT Ray Anjerah Resources kota Bontang dengan sampel sebanyak 87 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dan penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian insentif pada PT Ray Anjerah Resources kota Bontang sebanyak 87 karyawan dikategorikan baik, Insentif terbukti mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap kinerja karyawan. Hasil ini menunjukkan bahwa kinerja karyawan PT Ray Anjerah Resources kota Bontang adalah stabil. Namun pada periode penelitian, penulis menemukan beberapa gejolak kecil penurunan kinerja karena beberapa sebab. Jadi diharapkan untuk perusahaan dapat melakukan yaitu salah satunya penilaian evaluasi kinerja dapat lebih bersifat transparan dengan memperlihatkan rekapitulasi kinerja karyawan selama 1 bulan atau 3 bulan dalam bentuk data statistik. 
Strategi Pengembangan Daya Tarik Wisata Taman Borneo Kota Samarinda Nilasari, Nelvie
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 11, No 2 (2023): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54144/jadbis.v11i2.9858

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan daya tarik wisata yang dilakukan oleh Taman Borneo serta faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan daya tarik wisata Taman Borneo. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis data yang melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian dengan komponen pariwisata 4A yaitu Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas, Ansilari. Diketahui bahwa pihak pengelola akan melakukan perbaikan terlebih dahulu pada beberapa atraksi wisata yang mengalami kerusakan dan sedang berupaya untuk merealisasikan pembangunan waterboom serta menambahkan satwa-satwa sehingga lebih variatif, lalu aksesibilitas terkait lokasi mudah untuk ditemukan sebab telah tersedianya petunjuk arah akan tetapi kondisi lalu lintas di kawasan tersebut cukup mengkhawatirkan pengunjung sebab banyaknya truk bermuatan besar yang melintas sehingga dibutuhkannya juru parkir yang dapat membantu penyebrangan. Amenitas pada Taman Borneo pun terbilang masih kurang memadai sebab pos informasi dan penerapan protokol kesehatan masih belum tersedia atau diterapkan, anilari yang merupakan bentuk dukungan dari organisasi/kelembagaan pariwisata juga terbilang cukup mendorong dalam hal pengembangan Taman Borneo adanya dari pihak Dinas Pariwisata dan Asosiasi PUTRI (Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia).
Strategi Meningkatkan Daya Tarik Wisata Pada Pantai Manggar Segara Sari Di Kota Balikpapan Silalahi, Indah Permatasari
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 11, No 2 (2023): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54144/jadbis.v11i2.9895

Abstract

Pantai Manggar Segara Sari Balikpapan merupakan destinasi wisata bahari yang berlangsung di wilayah pesisir pantai atau laut, jumlah pengunjung mengalami penurunan karena masih banyak kekurangan dan kelemahan dalam pengembangan objek ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengeidentifikasi strategi pengembangan serta menganalisa faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam mengembangkan potensi daya tarik wisata Pantai Manggar Segara Sari Balikpapan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata & Ketua Kelompok Sadar Wisata bertindak sebagai key informan, sedangkan pengunjung bertindak sebagai informan penelitian. Data yang diperoleh dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi untuk kemudian akan dianalisis dengam model interakttif. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pengembangan dalam meningkatkan daya tarik wisata pada Pantai Manggar Segara Sari Balikpapan telah dilakukan oleh pengelola dalam pengembangan daya tarik wisata yang meliputi attraction, amenities, accessbilities. Adapun hospitality masih membutuhkan perhatian. Dukungan dari pemerintah kota, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, serta dana CSR merupakan faktor pendukung dalam pengembangan Pantai Manggar Segara Sari Balikpapan. Sedangkan faktor penghambat adalah kurangnya anggaran dalam pengembangan wisata ini.
Strategi Promosi UPTD Museum Negeri Mulawarman Provinsi Kalimantan Timur Dalam Meningkatkan Minat Kunjungan Wisatawan Aruanda, Adam
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 11, No 2 (2023): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54144/jadbis.v11i2.9992

Abstract

Museum Negeri Mulawarman Provinsi Kalimantan timur merupakan objek wisata budaya yang bermuatan ilmu pengetahuan, sejarah budaya kerajaan Kutai Kartanegara dan Kalimantan Timur. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui serta mengidentifikasi bagaimana strategi promosi UPTD Provinsi Kalimantan Timur dalam meningkatkan minat wisatawan berkunjung di Wisata Museum Mulawarman. Penelitian ini juga mengidentifikasi apa saja yang menjadi faktor penghambat dan pendukung strategi promosi tersebut. Prosedur penelitian yang dipakai yaitu kualitatif yang dimana jenis penelitian melalui interview dan observasi langsung dengan key informan serta informan. Hasil Penelitian ini menyimpulkan advertising sudah dilakukan menggunakan media sosial Instagram dan Youtube. Sales promotion sudah dilakukan menggunakan pameran temporer dan museum goes to mall. Personal selling belum dilakukan sedangkan public relation sudah dilakukan dengan melakukan kerjasama dengan berbagai pihak dan sebagai penyebarluasan informasi.
Pengaruh Konflik Kerja dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada Outlet Kopiria Al Rasyid, Muhammad Hafid
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 11, No 2 (2023): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54144/jadbis.v11i2.10041

Abstract

Tujuan penelitian ini membahas pengaruh konflik kerja dan stres kerja terhadap kinerja karyawan CV Triditia Jaya outlet Kopiria. Outlet coffee ini memiliki 4 cabang dan berlokasi di Samarinda Provinsi Kalimantan Timur. Penelitian ini dilaksanakan kurang lebih 6 bulan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian penjelasan (expanatory research) dengan menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah 30 responden yang mana responden tersebut adalah karyawan outlet Kopiria dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Analisis yang digunakan pada penelitian adalah teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunukan bahwa variabel Konflik Kerja memiliki pengaruh yang siginfikan terhadap variabel Kinerja. Sedangkan variabel Stres Kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel Kinerja. Kopiria harus selalu berupaya agar terus mengelola dan mengembangkan sumber daya manusia yang ada. Karyawan senantiasa mencapai key performance indicator yang telah tetapkan oleh Kopiria. Hal ini akan membuat karyawan merasa cukup stabil dan maksimal yang mana akan berujung pada kinerja yang meningkat.
Pengukuran Kinerja Karyawan PT Federal International Finance (FIF) Samarinda Berdasarkan Gaya Kepemimpindan Dan Disiplin Kerja Hidayati, Nurul
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 11, No 2 (2023): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54144/jadbis.v11i2.10053

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Sampel yang digunakan adalah 63 responden yang merupakan karyawan PT Federal International Finance (FIF) di Samarinda, dengan menggunakan metode sampling jenuh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Gaya Kepemimpinan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan. Selanjutnya variabel Disiplin Kerja secara parsial berpengaruh terhadap Kinerja Karyawan. Kedua variabel tersebut secara simultan juga berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan.
Pengaruh Passion Kerja, Motivasi Intrinsik Dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan RSIA Aisyiyah Samarinda Ramadhan, Muhammad Taufiq
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 11, No 2 (2023): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54144/jadbis.v11i2.9928

Abstract

Sumber daya manusia merupakan faktor penting didalam perusahaan dalam mencapai tujuan dari organisasi. Peran dan fungsinya harus menjadi perhatian bagi manajemen di dalam perusahaan. RSIA Aisyiyah Samarinda merupakan organisasi yang bergerak dibidang kesehatan yang memiliki 62 karyawan. Dalam mengelola sumber daya manusia RSIA Aisyiyah Samarinda dituntut untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar dapat menciptakan kepuasan kerja sehingga akan berdampak kinerja dan pelayanan di rumah sakit. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh passion kerja, motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik terhadap kepuasan kerja pada karyawan di RSIA Aisyiyah Samarinda. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dimana dalam pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada responden. Untuk jumlah sampelnya sendiri sebanyak 62 responden dengan metode sampel jenuh. Adapun hasil penelitian ini adalah passion kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Begitu juga dengan motivasi ekstrinsik secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Sebaliknya motivasi intrinsik berpengaruh negatif terhadap kepuasan kerja RSIA Aisyiyah Samarinda.
Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Warung Makan Lemak Citra Samarinda Chaidir, Muhammad
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 11, No 2 (2023): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54144/jadbis.v11i2.10152

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 98 responden yang merupakan konsumen Warung Lemak Citra Samarinda dengan menggunakan sampel non-probabilitas yaitu metode purposive sampling dan accidental sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Hasil penelitian juga menunjukkan kedua variabel tersebut secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Warung Lemak Citra Samarinda terus berupaya menjaga kualitas produk dan pelayanan sehingga dapat meningkatkan kepuasan konsumen terhadap produk tersebut.
Peranan Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Front Office Department Pada Hotel Grand Victoria Samarinda Firdaus, Zainuddin
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 11, No 2 (2023): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54144/jadbis.v11i2.10044

Abstract

Front Office Department pada hotel dapat dikatakan sebagai ujung tombak hotel. Departemen tersebut bertugas penting untuk memenuhi target penjualan kamar hotel maupun even serta pusat informasi untuk tamu. Dalam mencapai tujuannya, peran kepemimpinan manajer sangat penting untuk meningkatkan kinerja. Kinerja karyawan tidak akan efektif jika tidak ada keselarasan antara pemimpin dan bawahannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan kepemimpinan dalam peningkatan kinerja karyawan Hotel Grand Victoria Samarinda. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif yang dimulai dari berbagai data yang berhasil dikumpulkan peneliti di lapangan. Data tersebut baik dari studi pustaka dan penelitian lapangan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa manajer dinilai berhasil meningkatkan kinerja karyawan front office dilihat dari kemampuan handle pelayanan, permintaan, dan complaindari tamu sangat baik. Kuantitas kinerja karyawan di juga mengalami kenaikan hingga 70% dari jumlah kamar dalam satu bulan penuh. 
Perhitungan Harga Saham Perbankan BUMN yang Terdaftar di BEI Periode 2013-2020 Choirinnisa, Eva
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 11, No 2 (2023): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54144/jadbis.v11i2.10211

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan dan kinerja sosial terhadap harga saham perbankan BUMN yakni BRI, BNI, Bank Mandiri, dan BTN periode 2013-2020. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif.. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan studi kepustakaan . Hasil penelitian menunjukkan bahwa ROA, LDR, CAR, dan Pengungkapan CSR secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham. Sedangkan, secara parsial ROA, CAR, dan Pengungkapan CSR tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Harga Saham. Sehingga, hanya LDR yang berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham.

Page 1 of 1 | Total Record : 10