cover
Contact Name
Wira Bharata
Contact Email
wrbharata@fisip.unmul.ac.id
Phone
+6281218880540
Journal Mail Official
adbisnis.unmul@gmail.com
Editorial Address
3rd Floor, Faculty of Social and Political Siences Department of Bussines Administration Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL
Published by Universitas Mulawarman
ISSN : 23555408     EISSN : 23555416     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL is a journal that publishes current original research on business studies using an interdisciplinary perspective. This publication contains various scientific writings in the form of research results, theoretical and conceptual studies, practical applications from academics and business practitioners. The following are suggested areas of interest: Marketing Management Information System Human resources Entrepreneurship Operation Management Consumer Behavior Financial Strategic Management Taxation Corporate Governance Auditing Business Ethics Knowledge Management
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 12, No 3 (2024): Jurnal Administrasi Bisnis" : 5 Documents clear
Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Destinasi Wisata Pemancingan Warip Di Kabupaten Paser Indawati, Feni
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 12, No 3 (2024): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54144/jadbis.v12i3.12066

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan secara simultan variabel Lokasi dan Fasilitas terhadap Keputusan Berkunjung wisatawan pada Destinasi Wisata Pemancingan Warip di Kabupaten Paser. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan penetuan responden oleh kriteria tertentu, Jumlah populasi dalam penelitian ini tidak diketahui. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 responden wisatawan yang pernah berkunjung pada Destinasi Wisata Pemancingan Warip. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya dengan menggunakan skala Likert 1-5. Analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil pengujian menunjukan lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung. Sedangkan variabel Fasilitas berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Berkunjung.
Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Rainbow Bubble And Coffee Di Samarinda Sari, Permata Indah
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 12, No 3 (2024): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54144/jadbis.v12i3.12163

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen baik secara parsial dan simultan pada Rainbow and Coffee di Samarinda. Dengan menggunakan 85 sampel yang didapat menggunakan rumus slovin dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria pernah membeli produk Rainbow Bubble and Coffee minimal 1 kali. Adapun pengujian pada penelitian ini menggunakan output SPSS dan teknik analisis data yang digunakan adalah melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Adapun hasil penelitian ini adalah kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, kemudian pada kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan pada Rainbow Bubble and Coffee di Samarinda. Dan nilai r square yang didapatkan adalah sebesar 36,1% artinya variabel kualitas produk dan kualitas pelayanan dapat menjelaskan atau memberikan kontribusi sebesar 36,1% terhadap kepuasan konsumen, sedangkan sisanya yaitu sebesar 63,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis.
Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Di Kota Bontang Atmaja, Muhammad Widya
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 12, No 3 (2024): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54144/jadbis.v12i3.12067

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari reward dan punishment terhadap kinerja karyawan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Kota Bontang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 78 responden yang merupakan karyawan tetap Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Kota Bontang. Teknik sampling yang digunakan adalah Non Probability Sampling dengan metode sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner. Alat analisis yang digunakan adalah SPSS 25.0 for Windows dengan melakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas), analisis regresi linier berganda, uji signifikansi (uji t dan uji f), dan koefisien determinasi. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial reward berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa secara parsial punishment berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Reward dan punishment secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.
PENGUKURAN PROFITABILITAS PERUSAHAAN SUB SEKTOR PERDAGANGAN RITEL YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2018 – 2022 dewi, dina
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 12, No 3 (2024): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54144/jadbis.v12i3.12294

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel struktur dan perubahan organisasi terhadap profitabilitas yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2022, baik secara simultan maupun paralel. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini disebut purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis berganda regresi linier. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa struktur modal yang diukur dengan Debt to Equity Ratio (DER) dan Ukuran Perusahaan (Size) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Return On Asset (ROA), Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas Return On Asset (ROA) dan Ukuran Perusahaan (Size) berpengaruh tidak signifikan terhadap profitabilitas Return On Asset (ROA)
Penerapan Metode CPM Pada Manajemen Waktu Dalam Proses Produksi Pada Usaha Tailor dan Konveksi di CV. Sumber Karya Samarinda julaiha, siti
Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL Vol 12, No 3 (2024): Jurnal Administrasi Bisnis
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54144/jadbis.v12i3.12235

Abstract

seringkali tidak dapat dicapai karena kurangnya manajemen waktu dalam proses produksi. CV. Sumber Karya untuk menerapkan sistem atau manajemen yang tepat sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui waktu normal yang dibutuhkan, bentuk jalur kritis yang digunakan dalam penyelesaian kegiatan produksi pakaian kemeja, dan selisih waktu antara waktu normal pada usaha Tailor & Konveksi CV. Sumber Karya dengan waktu perhitungan menggunakan Critical path Method (CPM) dalam penyelesaian pakaian kemeja. Hasil penelitian menunjukkan CV. Sumber Karya Samarinda melakukan manajemen waktu dan produksi sebagai berikut: (1) Dalam jaringan kerja ini terlihat bahwa proyek dimulai dari peristiwa 1 dan berakhir pada peristiwa 11. (2) Hasil perhitungan ES dan EF secara keseluruhan terlihat bahwa umur proyek (selesainya seluruh kegiatan proyek) sama dengan EF kegiatan terakhir, yaitu 35,20 jam. (3) ABCDEFGHIJK merupakan lintasan kritis karena merupakan lintasan dengan waktu yang terpanjang. Dengan demikian, perkiraan waktu penyelesaian proyek adalah 34,70 jam.

Page 1 of 1 | Total Record : 5