cover
Contact Name
Nova Indra
Contact Email
ejournalwartapendidikan@gmail.com
Phone
+62811990400
Journal Mail Official
ejournalwartapendidikan@gmail.com
Editorial Address
Jl. Danau Tambingan G6E/5 Malang, Jawa Timur
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Warta Pendidikan : Jurnal Pendidikan dan Budaya
ISSN : 25409344     EISSN : 27762904     DOI : https://doi.org/10.0503/wp
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Ilmiah WARTA PENDIDIKAN, adalah JURNAL NASIONAL yang terbit bulanan. Warta Pendidikan hadir sebagai media ilmiah yang khusus diperuntukkan bagi pemuatan/publikasi materi-materi ilmiah yang berasal dari Karya Ilmiah Guru, Dosen, Mahasiswa S1, S2,dan S3.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 4 (2022): Warta Pendidikan" : 6 Documents clear
Peningkatan Kreativitas dan Kompetensi Siswa dengan Menerapkan Model Discovery Learning pada Materi Perkembangan Politik dan Ekonomi pada Masa Orde Baru di Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 1 Sijunjung Reni Wiyarti
Warta Pendidikan | e-Journal Vol. 6 No. 4 (2022): Warta Pendidikan
Publisher : Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0503/wp.v6i4.152

Abstract

History lessons learned in school are often regarded as uninteresting subjects. The condition of students when learning takes place still tends to not pay attention to the teacher's explanation, the cause of all that is because the learning process is still centered on the teacher. Students are still passive and do not have the courage to express their opinions. To improve student activity and learning outcomes, teachers are required to play an active, innovative, effective and fun role in delivering material during learning and selection of evaluations that do not only emphasize cognitive aspects, so as to increase students' interest in learning history. The formulation of the research problem is whether the use of the Discovery Learning learning model in history learning can improve learning outcomes for class XII IPS 2 SMA Negeri 1 Sijunjung in the 2021/2022 academic year. This research is a Classroom Action Research (CAR) which consists of two cycles. Each cycle consists of four stages, namely planning, action, observation or observation, and reflection. The subjects of the research were students of class XII IPS 2, totaling 30 students. Students who are said to have completed learning if students get a score equal to or more than 78 and classical completeness reach 85% of the number of students in the class. The suggestion proposed in this study is that teachers can use the Discovery Learning learning model so that it can be used as an alternative in history learning to improve the ability to ask questions, activity, interest, understanding, and student learning outcomes. In history lessons through the Discovery Learning learning model, teachers should motivate students to be more active and be able to increase students' courage in expressing opinions or ideas in the learning process.
Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Kegiatan Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SDN Waepoa Tahun Pelajaran 2021/2022 Lambertus Lawe
Warta Pendidikan | e-Journal Vol. 6 No. 4 (2022): Warta Pendidikan
Publisher : Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0503/wp.v6i4.153

Abstract

Latar belakang permasalahan dari penelitian tindakan kelas ini adalah Kompetensi Pedagogik guru dalam hal perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran oleh guru . Rumusan permasalahan dari penelitian ini “ Apakah kompetensi Pedagogik guru dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran dapat ditingkatkan melalui supervisi akademik ?” Penelitian ini bertujuan, Membantu guru mengembangkan kemampuannya menyusun perencanaan pembelajaran demi pencapaian tujuan pembelajaran secara efektif, Meningkatkan kualitas pengelolaan pembelajaran sehingga peserta didik dapat berperan aktif pada setiap kegiatan pembelajaran yang berdampak pada peningkatan prestasi peserta didik, dan Meningkatkan profesionalitas guru sebagai pendidik untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Waepoa dengan subjek penelitian 5 (lima) orang guru. Pada siklus 1 kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran yakni 73,8 % sedangkan pelaksanaan pembelajaran di kelas hanya 56,6 % belum mencapai indikator keberhasilan minimal yakni 70% - 85%. Pada siklus 2, terlihat peningkatan yang sangat menggembirakan, dimana kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran menjadi 82,6 % atau meningkat 6,8 % dari siklus 1. Sedangkan kemampuan guru dalam pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas juga meningkat yaitu 72,2 % atau meningkat 15,9 % dari siklus 1. Karena pada siklus 2 prosentase kemampuan guru dalam membuat perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran sudah ada peningkatan yakni 82,6 % dan 72,2 %, maka kegiatan pengamatan/observasi pada penelitian ini tidak dilanjutkan pada siklus selanjutnya, karena indikator keberhasilan dari penelitian ini terpenuhi yakni 70 % - 85 %. Melihat data perolehan hasil penelitian dalam kegiatan penelitian tindakan sekolah ini, dapat disimpulkan bahwa supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah terhadap 5 (lima) orang guru berhasil meningkatkan kompetensi pedagogik mereka dalam menyusun Perencanaan Pembelajaran dan penerapan dari materi ajar yang telah direncanakan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas.
Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Kerja Kelompok pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Katolik Materi Membangun Persahabatan Sejati Kelas VIIA SMP St.Agustinus Langa Tahun Pelajaran 2021/2022 Salvano Bhoki
Warta Pendidikan | e-Journal Vol. 6 No. 4 (2022): Warta Pendidikan
Publisher : Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0503/wp.v6i4.154

Abstract

Latar Belakang dari PTK ini adalah motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIIA SMP St.Agustinus Langa yang rendah pada mata pelajaran pendidikan agama katolik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2 selama tiga bulan yaitu bulan Septemberr 2021 sampai bulan November 2021. Indikator keberhasilan dari penelitian ini tolok ukurnya adalah sistem belajar tuntas yaitu pencapaian nilai KKM ≥70. Keberhasilan belajar diukur apabila setiap siswa telah mencapai nilai ≥70 maka dikatakan berhasil tuntas dan secara klasikal apabila sebanyak 80% siswa telah mencapai nilai ≥70 maka dikatakan tuntas secara klasikal. Hasil penelitian pada siklus 1, ada peningkatan yang cukup baik dari data tes awal dan tes akhir nilai kategori sangat baik meningkat dari 7,41% menjadi 11,11 %% dan kategori baik menurun dari 14,81% menjadi 11,11%, kategori cukup meningkat dari 0% menjadi 11,11%, dan kategori kurang menurun dari 77,78% menjadi 62,96%. Hasil penelitian siklus 2, Ada peningkatan yang cukup jelas dari hasil masing- masing siswa, pada kategori sangat baik diperoleh hasil 7,41% menjadi 11,11% (peningkatan 3,70%), kategori baik dari 11,11 % menjadi 37,04 % berarti ada peningkatan sebesar 25,93 %. Kemudian cukup dari 11,11% menjadi 51,85 % berarti ada peningkatan sebesar 40,74 %. Meski belum menyeluruh, tetapi hal ini membuktikan bahwa metode kerja kelompok pada pembelajaran Pendidikan Agama Katolik mampu meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga dapat memperbaiki hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Pada siklus pertama rata-rata nilai akhir tes siswa adalah 62,96. pada siklus kedua rata-rata nilai akhir tes siswa adalah 78,59 dengan demikian terbukti metode kerja kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang sejalan dengan hasil belajar siswa yang meningkat.
Peningkatan Kinerja Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran yang Efektif Melalui Supervisi Kelas di SDI Waewaru Tahun Pelajaran 2021/2022 Yosef Wea
Warta Pendidikan | e-Journal Vol. 6 No. 4 (2022): Warta Pendidikan
Publisher : Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0503/wp.v6i4.155

Abstract

Latar belakang dari penelitian tindakan ini adalah kinerja guru SDI Waewaru dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif masih rendah. Untuk meningkatkan kinerja guru SDI Waewaru peneliti dalam hal ini sebagai kepala sekolah melaksanakan supervisi observasi kelas dengan sampel 2 orang guru kelas dari 10 guru yakni guru kelas tiga dan guru kelas 6 yang ada di SDI Waewaru tahun pelajaran 2021/2022 pada bulan Oktober 2021 sampai November 2021. Indikator keberhasilan dari penelitian tindakan ini adalah rata rata presentase kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran efektif ≥75 .Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dimana pada siklus 1,pada siklus 1 tidak ada satu guru yang tuntas dengan presentase 00% artinya belum mencapai indikator keberhasilan dari penelitian ini yakni ≥75%. Karena pada siklus 1 belum mencapai keberhasilan maka dilanjutkan pada tindakan siklus 2. Pada siklus 2, dari 2 guru yang menjadi sampel dari penelitian ini semuanya tuntas 100% dengan rata-rata presentase keberhasilan kinerja guru 75%, sehingga penelitian tindakan tidak dilanjutkan lagi pada siklus berikutnya karena apa yang menjadi target keberhasilan dari penelitian ini sudah tercapai.
Peningkatan Kompetensi Menulis Karangan Deskriptif Menggunakan Model Quantum dengan Tahapan “TANDUR” pada Peserta Didik Kelas V SDN 02 Karangasem Kecamatan Talun Pekalongan Nurtrianik
Warta Pendidikan | e-Journal Vol. 6 No. 4 (2022): Warta Pendidikan
Publisher : Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0503/wp.v6i4.156

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yaitu guru merasa kesulitan dalam membiasakan peserta didik belajar menulis karangan khususnya karangan deskripsi. Penyebabnya adalah kesalahan dalam hal pengajaran yang terlalu kaku sehingga menimbulkan kesan bahwa menulis itu sulit. Selain itu guru belum memahami pentingnya keterampilan menulis. Guru belum bisa menyuguhkan materi pelajaran dengan cara yang tepat dan menarik. Maka dari itu, wajar jika peserta didik pun akhirnya tidak mampu dan tidak menyukai pelajaran menulis (mengarang). Dengan permasalahan tersebut maka guru melakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kompetensi menulis karangan deskripsi menggunakan model quantum dengan tahapan “Tandur” (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi Dan Rayakan) pada peserta didik kelas V SDN 02 Karangasem Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019, serta untuk mengetahui perubahan perilaku belajar peserta didik kearah positif yang bermuatan karakter. Model quantum merupakan program pemercepatan belajar merangkaikan sebuah kekuatan yang memadukan multisensori, multikecerdasan, dan kompatibel dengan otak yang didalamnya meramu konsep berbagai teori. Hasil penelitian tindakan kelas menggunakan model quantum dengan tahapan “Tandur” terbukti meningkatkan keaktifan proses pembelajaran, meningkatkan kompetensi menulis karangan deskripsi dan dapat merubah perilaku belajar peserta didik ke arah positif yang bermuatan karakter. Hasil siklus I ada 18 peserta didik (81,82%) tuntas dengan rata-rata 73,36. Siklus II meningkat menjadi 21 peserta didik (95,45%) tuntas dengan rata-rata nilai 80,00. Sedangkan pada perilaku belajar peserta didik siklus I berkategori baik pada semua aspek dan pada siklus II meningkat menjadi kategori sangat baik pada aspek rasa hormat dan tanggungjawab.
Upaya Meningkatkan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Cooperatif Learning di Kelas VI SD Negeri 23 Bukik Apik Isnaini
Warta Pendidikan | e-Journal Vol. 6 No. 4 (2022): Warta Pendidikan
Publisher : Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0503/wp.v6i4.157

Abstract

This research was purposed to improving the student activity by aproach Cooperative Learning in Mathemetic lessons. This research is the action class research that has three sikluses . hypotesis action from this research is cooperative learning approach that got to improve the student activity in doing mathemetic question exercises. The subject of this research is the sixth class of SDN 23 Bukik Apik,Kecamatan Baso,at 2019, it consist of thirty one Students. The instrument of Data Collective that used was An observation wide activity and the result of study test. To get the data was needed the compiler thing data such as, observation wide activitiy of student and the result of student test,and after that ,it wiil be analised. According to data analised result ,it will be meet some of important things likes, 1) it would be improvement of positif activity student by cooperative learning lesson,it is 45,6 % for the fiirst siklus tobe 66,2 % for the second siklus and the last tobe 84,8% for the third siklus.2) it would be negative degradation student activity by cooperative learning lesson.it’s 18,25%for the firts siklus to be 7,25 % foor the second siklus, and the last 3,5% for the third siklus 3) it would be improvement of student study result by aproach cooperative learning. For the first mean skor siklus is 7,35 and the third siklus is 8,03.

Page 1 of 1 | Total Record : 6