cover
Contact Name
Nova Indra
Contact Email
ejournalwartapendidikan@gmail.com
Phone
+62811990400
Journal Mail Official
ejournalwartapendidikan@gmail.com
Editorial Address
Jl. Danau Tambingan G6E/5 Malang, Jawa Timur
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Warta Pendidikan : Jurnal Pendidikan dan Budaya
ISSN : 25409344     EISSN : 27762904     DOI : https://doi.org/10.0503/wp
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Ilmiah WARTA PENDIDIKAN, adalah JURNAL NASIONAL yang terbit bulanan. Warta Pendidikan hadir sebagai media ilmiah yang khusus diperuntukkan bagi pemuatan/publikasi materi-materi ilmiah yang berasal dari Karya Ilmiah Guru, Dosen, Mahasiswa S1, S2,dan S3.
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 5 (2022): Warta Pendidikan" : 3 Documents clear
Pengaruh Aturan Sekolah Terhadap Disiplin, Sikap, Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik pada SMK Negeri 1 Kupang Yopetrus Liku; Yulius Bera Tenawahang
Warta Pendidikan | e-Journal Vol. 6 No. 5 (2022): Warta Pendidikan
Publisher : Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0503/wp.v6i5.158

Abstract

Pendidikan merupakan suatu usaha reformasi terencana untuk meningkatkan kualitas manusia, yakni peserta didik. Salah satu usaha tersebut adalah penerapan aturan sekolah agar mempengaruhi kedisiplinan, sikap, motivasi serta capaian hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kupang dengan metode penelitiannya adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran instrumen dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian berjumlah 2.352 orang, sedangkan sampel penelitian berjumlah 96 orang yang ditentukan dengan teknik Random Sampling. Uji hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linear sederhana (signifikansi 0,05). Tujuan penelitian untuk (1) membuktikan pengaruh Aturan Sekolah terhadap disiplin peserta didik SMK Negeri 1 Kupang. (2) membuktikan pengaruh Aturan Sekolah terhadap sikap peserta didik SMK Negeri 1 Kupang; (3) membuktikan pengaruh Aturan Sekolah terhadap motivasi peserta didik SMA Negeri 1 Kupang. Dan (4) membuktikan pengaruh Aturan Sekolah terhadap capaian hasil belajar peserta didik SMK Negeri 1 Kupang. Hasil penelitian membuktikan bahwa (1) Setelah dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji F, diperoleh hasil Fhitung sebesar 151,587 dan setelah dikonsultasikan dengan nilai Ftabel, di mana nilai Ftabel sebesar 1,45 maka dapat disimpulkan bahwa Fhitung>Ftabel, artinya, ada pengaruh yang signifikan antara aturan sekolah (X) terhadap disiplin (Y1) pada SMK Negeri 1 Kupang; (2) Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji F, diperoleh hasil Fhitung sebesar 69.992 dan setelah dikonsultasikan dengan nilai Ftabel, di mana nilai Ftabel sebesar 1,45 maka dapat disimpulkan bahwa Fhitung>Ftabel, artinya, ada pengaruh yang signifikan antara aturan sekolah (X) terhadap sikap (Y2) pada SMK Negeri 1 Kupang; (3) Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji F, diperoleh hasil Fhitung sebesar 1.163 dan setelah dikonsultasikan dengan nilai Ftabel, di mana nilai Ftabel sebesar 1,45 maka dapat disimpulkan bahwa Fhitung > Ftabel, artinya, ada pengaruh yang signifikan antara aturan sekolah (X) terhadap motivasi (Y3) pada SMK Negeri 1 Kupang; dan (4) Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji F, diperoleh hasil Fhitung sebesar 1.023 dan setelah dikonsultasikan dengan nilai Ftabel, di mana nilai Ftabel sebesar 1,45 maka dapat disimpulkan bahwa Fhitung < Ftabel, artinya tidak ada pengaruh yang signifikan antara aturan sekolah (X) terhadap motivasi (Y4) pada SMK Negeri 1 Kupang.
Pohon Absen Meraih Bintang untuk Meningkatkan Karakter Disiplin dan Kehadiran Tepat Waktu Siswa Kelas VI SD Negeri 02 Karangasem Nurtrianik
Warta Pendidikan | e-Journal Vol. 6 No. 5 (2022): Warta Pendidikan
Publisher : Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0503/wp.v6i5.159

Abstract

Karakter adalah sifat, watak atau nilai-nilai yang tertanam pada diri seseorang sebagai perwujudan dirinya, karakter perlu dibangun agar seseorang mempunyai pijakan dalam melakukan segala tindak tanduknya. Sekolah salah satu lembaga pencetak generasi muda tidak bisa lepas dari tanggung jawab membangun karakter bangsa yang berlandaskan sendi-sendi moral budaya bangsa dan nilai-nilai religius dalam agama. Budaya global telah membuka lebar masuknya nilai-nilai negatif yang secara langsung maupun tak langsung mempengaruhi karakter peserta didik untuk membentengi pengaruh negatif tersebut. Guru perlu mewujudkan tindakan nyata dalam membangun dan mengembangkan karakter pada peserta didik terutama karakter disiplin. Penggunaan pohon absen meraih bintang adalah salah satu upaya guru dalam menumbuhkan dan mengembangkan karakter disiplin yang salah satu tolak ukur jangka pendek adalah hadir tepat waktu. Dengan menggunakan stimulan pohon absen meraih bintang guru mengajak peserta didik untuk hadir disiplin tepat waktu, apabila karakter itu sudah tumbuh maka peserta didik akan mengajak dan mempengaruhinya supaya temannya juga memiliki karakter yang sama dan akhirnya karakter disiplin hadir tepat waktu akan menjadi budaya kelas. Terbentuknya karakter disiplin dan hadir tepat waktu pada diri peserta didik akan berimplikasi secara nyata pada kegiatan-kegiatan yang lain seperti mengerjakan tugas sekolah, belajar, kegiatan ekstrakulikuler dan kegiatan lainnya yang tentunya akan berpengaruh positif bagi peserta didik dalam melakukan kegiatan kegiatan lainya juga diluar kegiatan sekolah.
Guru Hebat; Pendidik yang Kehadirannya Dirindukan Siswa Erni Fulwati
Warta Pendidikan | e-Journal Vol. 6 No. 5 (2022): Warta Pendidikan
Publisher : Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.0503/wp.v6i5.160

Abstract

Tinggi atau rendahnya kebudayaan suatu masyarakat maju atau mundurnya tungkat kebudayaan suatu masyarakat, maju atau mundurnya tingkat kebudayaan suatu masyarakat dan negara, sebagian besar bergantung kepada pendidikan dan pengajaran yang diberikan oleh guru-guru. Senada dengan itu, menurut Undang-Undang No. 14 Tahun 2005, guru dan Dosen merupakan pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini melalui jalur formal pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Page 1 of 1 | Total Record : 3