cover
Contact Name
Dodi Isran
Contact Email
dodi@stiesnu-bengkulu.ac.id
Phone
+6285369179919
Journal Mail Official
dodi@stiesnu-bengkulu.ac.id
Editorial Address
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah (STIES) NU Bengkulu Alamat : Jl. Pancormas, Sukarami, Selebar, Kota Bengkulu 38212 Bengkulu, Sumatera Indonesia Telp : 0736 5741906
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Aghniya
ISSN : -     EISSN : 26218348     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
JURNAL AGHNIYA : is a scientific publication media that contains Islamic sciences to support the development of Islamic knowledge. This journal is published two times a year in July and January by STIES NU Bengkulu. This journal encompasses original research articles, review articles, and short communications, including: Accounting, Islamic Accounting, Management, Management of sharia, Sharia Bussines Management, Human Resource Management, Economics Education, Sharia Financial Banking, Islamic Education.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2019): Islamic Economics and Banking Education" : 4 Documents clear
EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH Ahmadi
AGHNIYA: Jurnal Perbankan Syari'ah Vol 2 No 1 (2019): Islamic Economics and Banking Education
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Nahdlatul Ulama Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This paper attempts to find out how effective the Problem Based Learning (PBL) learning model is in improving the ability of Class After analyzing the results of the research conducted, it can be seen that the application of the PBL learning model in the Ushul Fiqh subject is for class are more likely to try to find their identity which can increase students' activeness and increase their ability to solve problems, and by using the problem based learning model it shows that 90% of all students tend to be more active in carrying out activities in class 11 Religious 1 and 2. learning and become more able to solve every problem faced and the remaining 10% are less active and have not been able to solve the problems given by the teacher.  
Peran Badan Permusyawaratan Desa dalam Pembentukan Perdes di Desa Masam Bulau Kecamatan Tanjung Sakti Pumi Kabupaten Lahat engkus kusniah
AGHNIYA: Jurnal Perbankan Syari'ah Vol 2 No 1 (2019): Islamic Economics and Banking Education
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Nahdlatul Ulama Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan Hasil Belajar Materi Tata Cara Wudhu dengan menggunakan Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas I MI DH Nurussa’adah tahun 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas pada siswa kelas I MI DH Nurussa’adah. Dalam pembelajaran Fiqih materi tata cara wudhu selama ini guru menggunakan metode ceramah, siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru, dan hasil belajar yang dicapai oleh siswa belum sesuai yang diharapakan, karena masih banyak siswa yang mendapat nilai kurang dari kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75. Dalam kenyataannya masih banyak siswa yang belum faham dan mahir dalam melaksanakan praktek wudhu. Dari 15 siswa kelas I MI DH Nurussa’adah, terdapat 15 siswa yang belum mencapai nilai KKM. Penelitian ini dilakukan melalui 3 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi di kelas dan dokumentasi hasil tindakan yang dilakukan maupun data tentang gambaran, dengan penelitian tindakan ini akan diketahui peningkatan atau penurunan setelah tindakan kelas dilakukan per siklus. Hasil belajar pada siklus I ditemukan 2 siswa (39 %) tidak tuntas, 13 siswa (61 %) tuntas dalam belajar
Peningkatan Hasil Belajar Fikih Materi Zakat Fitrah Denganmetode Discovery Learning Kelas V MI PLUS DARUL HUFADZ JATINANGOR Muhammad Ramdani
AGHNIYA: Jurnal Perbankan Syari'ah Vol 2 No 1 (2019): Islamic Economics and Banking Education
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Nahdlatul Ulama Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemerintah telah melakukan berbagai usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, yang antara lain melalui penyempurnaan kurikulum, pengadaan buku dan alat pembelajaran, perbaikan sarana prasarana, peningkatan mutu manajemen sekolah/madrasah, berbagai pelatihan dan peningkatan kualifikasi pendidik, termasuk dalam hal ini adalah peningkatan kemampuan pendidik dalam proses pembelajaran dengan menggunakan berbagai model dan strategi atau metode pembelajaran, sehingga memungkinkan peserta didik untuk selalu aktif dalam hal belajar. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan atau action research merupakan model penelitian yang sekaligus berpraktik dan berteori, atau menggabungkan teori sekaligus melaksanakan dalam praktik. Hasil penelitian didapatkan bahwaPrestasi belajar Fiqih siswa meningkat setelah model pembelajaran Kooperatif diterapkan kelas V MI PLUS Darulhufadz Jatinangor Sumedang Tahun Ajaran 2023/2024.Hal ini dibuktikan dengan data hasil tes padasiklus I menunjukkan rata-rata nilai siswa sebesar 74,9. Demikian pula dengan prosentase ketuntasan100%.
Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fikih Pada Siswa Kelas Vii B Mtsn 1 Mukomuko rasnia
AGHNIYA: Jurnal Perbankan Syari'ah Vol 2 No 1 (2019): Islamic Economics and Banking Education
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Nahdlatul Ulama Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh kenyataan masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih siswa kelas VII B MTsN 1 Mukomuko. Hal ini ditunjukan dengan hasil belajar siswa yang dibawah KKM. Model discovery Learning dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui bisa atau tidaknya penerapan model Pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B MTs pada mata pelajaran Fikih di MTsN 1 Mukomuko. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B MTsN 1 Mukomuko. Teknik  pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa dengan penerapan model Pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas. VII B MTsN 1 Mukomuko dari siklus I,II dan siklus III Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa nilai rata-rata presentase 79,57menjadi 90,71 pada siklus III, artinya terjadi peningkatan sebesar 11,14 %. Demikian pula pada hasil belajar menunjukkan nilai ketuntasan belajar pada siklus II sebesar 68, 57 % menjadi 94,29% pada siklus III. Sehubungan dengan hasil penelitian, implikasinya terhadap pembelajaran Fikih di kelas adalah: dengan menggunakan model Pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada pelajaran Fikih. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas kelas. VII B MTsN 1 Mukomuko dalam mata pelajaran Fikih.

Page 1 of 1 | Total Record : 4