cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Manajemen Teknologi
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Manajemen Teknologi merupakan salah satu publikasi ilmiah yg diterbitkan oleh SBM ITB, dalam kerangka untuk mendorong pengembangan praktik dan teori manajemen di Indonesia melalui penyebarluasan temuan-temuan hasil riset di bidang sains dan kasus manajemen. Jurnal ini dikenal secara luas dikalangan praktisi dan akademisi di Indonesia sebagai 'The Indonesian Journal for the Science of Management' yang mencakup bidang-bidang antara lain: Knowledge and People Management, Operations and Performance Management, Business Risk, Finance and Accounting, Entrepreneurship, Strategic Business and Marketing and Decision Making and Strategic Negotiation. Jurnal Manajemen Teknologi ( ManTek ) sudah terakreditasi "B" berdasarkan Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional Nomor: 81/DIKTI/Kep/2011. Masa Berlaku 5 (lima) tahun sejak tanggal ditetapkan. Dan terindeks oleh Indonesian Publication Index (IPI), Google Schoolar. Print ISSN: 1412-1700; Online ISSN: 2089-7928
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 20, No 1 (2021)" : 8 Documents clear
Influence of Low-Cost Carrier Attributes towards Airline Choice Decision in Bandung-Surabaya Route Idham, Idham; Belgiawan, Prawira Fajarindra; Putri, Christina Ari Pramono
Jurnal Manajemen Teknologi Vol 20, No 1 (2021)
Publisher : SBM ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12695/jmt.2021.20.1.6

Abstract

Abstract. The number of Indonesian domestic passengers which increased rapidly has encouraged for the airlines to expand their market share by opening routes in the local region and one of the promising region is Bandung. In early 2019, the Low-Cost Carrier has implemented paid baggage policy. The changes of airline conditions and regulations could affect consumer purchasing decisions. The airline have to redesign its strategies and conduct a strategy adjusment to identify the consumer's needs and wants these days. Based on the problem description, this research aims to identify what significant attributes influence passenger's purchasing decision-making and determine what elastic and inelastic attributes. Data collection using an online questionnaire then spread to 235 respondents and were analyzed with Mixed Logit Model using BIOGEME software. The results shows that airline's departure time is a significant attribute towards passenger's airline choice. Ticket price also plays a key role in selecting an airline for passengers when the ticket price increases, Passenger will consider choosing other alternative airlines that are more affordable. The results could be used by an airline company to attract the passenger by improving its marketing strategy.Keywords: Low-cost carrier, airline choice, airline attribute, mixed logit, demand elasticitiesAbstrak. Pertumbuhan pesat penumpang pesawat udara domestik di Indonesia memicu semua maskapai untuk memperluas pangsa pasar dengan membuka berbagai rute domestik baru, salah satu wilayah yang menjanjikan adalah Kota Bandung. Pada awal 2019, maskapai berbiaya rendah menerapkan kebijakan bagasi berbayar. Dinamika perubahan kondisi dan regulasi yang telah disebutkan sebelumnya dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Oleh karena itu, maskapai harus merancang ulang strategi pemasaran untuk penyesuaian keinginan dan kebutuhan konsumen saat ini. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi atribut-atribut apa saja yang signifikan mempengaruhi penumpang dalam membuat keputusan pembelian dan menentukan atribut-atribut apa saja yang elastis dan tidak elastis. Pengumpulan data menggunakan kuesioner daring lalu disebarkan ke 235 responden dan akan dianalisis dengan Mixed Logit Model menggunakan perangkat lunak BIOGEME. Hasil penelitian menunjukkan jika atribut waktu keberangkatan penerbangan signifikan terhadap pemilihan maskapai oleh penumpang. Selain itu, harga tiket juga memainkan peran penting dalam pemilihan maskapai dimana jika harga tiket suatu maskapai naik, maka penumpang akan mempertimbangkan untuk memilih maskapai lainnya yang lebih terjangkau. Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh maskapai untuk menarik atensi penumpang dengan memperbaiki strategi pemasaran mereka.Kata kunci: Low-cost carrier, airline choice, airline attribute, mixed logit, demand elasticities
The Impact of Patent Portfolio on Competitive Landscape of Digital Signage Apparatus Hendrix, Tommy; Berliandaldo, Mahardhika; Apriliyadi, Eki Karsani; Tri Ajie, Firman
Jurnal Manajemen Teknologi Vol 20, No 1 (2021)
Publisher : SBM ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12695/jmt.2021.20.1.5

Abstract

Abstract. The digital signage market has been flourishing every year, and this situation opens up new commercialization opportunities for stakeholders related to the acceleration function. The modern world has allowed technological innovation to satisfy market demands, primarily based on portfolio of patent information. The digital signage apparatus became an economical solution for the costly technology in the digital era. The purpose of this paper was to find the impact of the competitive landscape on the digital signage apparatus towards e-commerce development based on a patent portfolio from the WIPO database. The research was performed based on the patent information using Innograph software and information related to digital signage apparatus resulting in a total of 146 registered patents and 40 patents matching the research subjects. The results revealed that the patent portfolio on the digital signage apparatus has high perceived usefulness, but only few industries used this as a reference in benchmarking their technological competitiveness. This paper is beneficial to the industry that seeks for the impact of the latest technological implementation amidst the competitive commercialization of the digital signage apparatus.Keywords: Competitive Landscape; Digital Signage Apparatus; Impact; Patent Portfolio.Abstrak. Pasar signage digital telah tumbuh pesat setiap tahun, dan situasi ini menjadi kesempatan bagi para pemangku kepentingan terkait dengan percepatan fungsi komersialisasi. Di era modern menjadi masalah umum yang memungkinkan peningkatan teknologi untuk memasuki kebutuhan pasar, terutama dari portofolio melalui informasi paten. Peralatan signage digital menjadi solusi ekonomis dalam nilai mengenai di era digital sangat mahal. Tujuan dari makalah ini dilakukan untuk menemukan dampak lanskap kompetitif pada peralatan signage digital terhadap pengembangan e-commerce dengan portofolio paten dari database WIPO. Metode yang dilakukan melalui informasi paten menggunakan software Innograph dan informasi terkait penggunaan alat signage digital dengan hasil total 146 paten terdaftar dan cocok dengan subjek 40 paten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa portofolio paten pada alat signage digital memiliki kegunaan yang dirasakan tinggi, tetapi lebih sedikit industri yang menggunakan ini sebagai referensi dalam tolok ukur daya saing teknologi. Makalah ini bermanfaat bagi industri yang ingin mengetahui dampak penerapan teknologi terkini dalam tingkat persaingan dalam komersialisasi peralatan signage digital.Kata kunci: Dampak; Lanskap Kompetitif; Portofolio Paten; Peralatan Digital Signage.
Investigating the Impact of Social Interaction on Consumers' Purchasing Behavior in Social Commerce Platform Ashoer, Muhammad
Jurnal Manajemen Teknologi Vol 20, No 1 (2021)
Publisher : SBM ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12695/jmt.2021.20.1.3

Abstract

Abstract. S-commerce is a modern trend in the field of internet trading, which uses social media as the medium for transactions. To study this rising propensity, we examine how social interaction affects the consumer's s-commerce purchasing behavior. The sampling technique used purposive sampling and the 189 respondents were selected according to predetermined criteria. The data processing approach employed Structural Equation Model (SEM) - Partial Least Square (PLS) with SmartPLS 3.0 software assistant. The results showed that social interaction had a positive and significant effect on trust and intention to purchase, trust had a positive and significant impact on purchase intention and s-commerce purchasing behaviour, and purchase intention had positive and significant influence on s-commerce purchasing berhavior. In contrast, the consumer's social interaction effect toward s-commerce purchasing behavior was insignificant. The results are expected to provide a comprehensive understanding in term of consumer's behavior in social media and its consequences for the s-commerce market strategy in Indonesia.Keywords: Social interaction, trust, purchase intention, s-commerce purchasing behavior, SEM-PLSAbstrak. S-commerce merupakan evolusi baru dalam dunia perdagangan internet yang memanfaatkan media sosial sebagai platform transaksi bisnisnya. Untuk menyelidiki fenonema tersebut, penelitian menganalisis bagaimana interaksi sosial memengaruhi perilaku pembelian konsumen s-commerce di Indonesia. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan 189 responden kemudian dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM) – Partial Least Square (PLS) dengan alat bantu software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian membuktikan bahwa konstruk interaksi sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan dan niat pembelian, kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat pembelian dan perilaku pembelian s-commerce, niat pembelian berpengaruh signifikan terhadap perilaku s-commerce konsumen. Sebaliknya, pengaruh interaksi sosial terhadap perilaku pembelian s-commerce positif namun tidak signifikan. Temuan diharapkan dapat memberikan pemahaman baru mengenai perilaku konsumen di media sosial dan implikasinya pada strategi perusahaan s-commerce di Indonesia.Kata Kunci: Interaksi sosial, kepercayaan, niat pembelian, perilaku pembelian s-commerce, SEM-PLS
Analisis Pelaksanaan Quality Control untuk Mengurangi Defect Produk di Perusahaan Pengolahan Daging Sapi Wagyu dengan Pendekatan Six Sigma Nugroho, Adi; Kusumah, Lien Herliani
Jurnal Manajemen Teknologi Vol 20, No 1 (2021)
Publisher : SBM ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12695/jmt.2021.20.1.4

Abstract

Abstrak. Persaingan industri menuntut perusahaan menghasilkan produk berkualitas tinggi, tetapi fenomenanya perusahaan masih menghasilkan produk yang tidak sesuai spesifikasi sehingga dikembalikan oleh pelanggan. Hal ini menjadi dasar dilakukannya penelitian yang bertujuan menganalisis pelaksanaan quality control, mengetahui defect utama produk, dan melakukan improvement agar dapat mengurangi atau menghilangkan permasalahan selama proses produksi menggunakan pendekatan Six Sigma dengan langkah: Define, Measure, Analyze, Improve dan Control. Sampel penelitian adalah hasil pemeriksaan produk akhir pada bulan April – September 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Quality control sudah dilakukan tetapi belum maksimal, dengan akar masalah penyebab defect utama adalah method, material, dan machine. CTO pada penelitain ini yaitu: kontaminasi benda asing, pengemas bocor, temperature produk melebihi standar, over drip dan lemak tebal. Setelah dilakukan improve, terjadi kenaikan level sigma dari 3,48 (baseline kinerja) menjadi 3,83. Kontrol dilakukan untuk menjaga konsistensi dari tindakan perbaikan dengan cara briefing rutin kepada operator, meningkatkan training GMP, 5S, dan product knowledge, membakukan perubahan SOP, menambah tools yang diperlukan dan melakukan kontrol pelaksanaan preventive maintenance.Kata kunci: Quality control, six sigma, wagyu, defect produk, DMAIC.Abstract. The industrial competition requires companies to produce high-quality products, but the phenomenon is that companies still produce products that do not meet specifications and are returned by customers. This is the basis for conducting research aimed at analyzing the implementation of quality control, knowing the main defects of the product, and making improvements to reduce or eliminate problems during the production process using the Six Sigma approach with steps: Define, Measure, Analyze, Improve and Control. The research sample is the result of the final product inspection in April - September 2019. The results of the study indicate that the implementation of Quality control has been carried out but not maximally, with the root causes of the main defects being method, material, and machine. CTO in this research are: foreign body contamination, leak packaging, product temperature exceeds the standard, over drip, and thick fat. After improving, there was an increase in sigma level from 3.48 (performance baseline) to 3.83. Control is carried out to maintain consistency of corrective actions by regular briefings to operators, increasing GMP training, 5S, and product knowledge, standardizing SOP changes, adding necessary tools, and controlling preventive maintenance implementation.Keywords: Quality control, six sigma, wagyu, defect product, DMAIC.
Front-Matter Jurnal Manajemen Teknologi Vol 20 No 1 2021 Haryanto, Supri
Jurnal Manajemen Teknologi Vol 20, No 1 (2021)
Publisher : SBM ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Front-Matter Jurnal Manajemen Teknologi Vol 20 No 1 2021
Dampak Visual Complexity Terhadap Minat Beli Konsumen dalam Bisnis Ritel Gunadi, Willy; Stephanie, Diana Melliza
Jurnal Manajemen Teknologi Vol 20, No 1 (2021)
Publisher : SBM ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12695/jmt.2021.20.1.1

Abstract

Abstrak. Seiring dengan meningkatnya perekonomian di Indonesia, tingginya daya beli konsumen juga berdampak pada kemunculan brand baru yang jumlahnya meningkat secara signifikan di pasar ritel. Bisnis teh kemasan yang mulanya didominasi oleh dua pemain sekarang sangat kompetitif dengan lebih dari 20 brand teh, juga peningkatan konsumsi cokelat sebesar lebih dari 25 persen per tahun yang membuat jajaran display cokelat di supermarket semakin meluas. Hal ini menjadi tantangan bagi produsen dan retailer untuk menyusun strategi penjualan demi mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh tingkat kompleksitas display terhadap proses evaluasi konsumen dan keinginan konsumen untuk membeli suatu produk. Penelitian ini juga akan menganalisa pengaruh karakter field dependence serta tujuan belanja konsumen terhadap daya tarik produk (perceived attractiveness). Penelitian ini dilakukan melalui 3 studi eksperimen dengan metode ANOVA 2x2. Studi 1 menganalisa stimuli abstrak, studi 2 menganalisa produk real dan studi 3 menambahkan analisa eye tracking. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa semakin kompleks display suatu produk, maka daya tarik produk akan dinilai semakin rendah, terutama bagi konsumen utilitarian dengan karakter field dependent.Kata kunci: Kemasan, processing fluency, minat beli, ritel, kompleksitas visualAbstract. Along with the rapid economic growth in Indonesia, high buying power led to significant emergence of new-comers brand in retail market. Bottled tea business that used to dominated by two brands, now become highly competitive with more than 20 brands in the market, also an increase in chocolate consumption by more than 25 percent per year making chocolate display in supermarkets become remarkably widespread. This is challenge for manufacturers and retailers to develop strategy to gain maximum profit. This research aims to analyze the effect of display's visual complexity on consumers evaluation process and purchase intention. This research also analyzes the effect of consumer field dependence and shopping goal on perceived target attractiveness. This research consists of 3 experimental studies, each in ANOVA 2x2. Study 1 analyze abstract stimuli, study 2 analyze real product and study 3 complements with eye tracking data. The results prove that the more complex is the product's display, the more product target attractiveness will be rated lower, especially for utilitarian customer with field dependent character.Keywords: Package, processing fluency, purchase intention, retail, visual complexity
Back-matter Jurnal Manajemen Teknologi Vol 20 No 1 2021 Haryanto, Supri
Jurnal Manajemen Teknologi Vol 20, No 1 (2021)
Publisher : SBM ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Back-matter Jurnal Manajemen Teknologi Vol 20 No 1 2021
The Effect of Related Party Transactions on the Performance of Indonesian Listed Companies Angelica, Brigitta; Gunawan, Desya; Christella, Jessy; Chandera, Yane; Rachman, Rathria Arrina
Jurnal Manajemen Teknologi Vol 20, No 1 (2021)
Publisher : SBM ITB

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12695/jmt.2021.20.1.2

Abstract

Abstract. The purpose of this paper is to analyze the impact of related party transactions (RPTs) on company performance using a panel data regression on 388 non-financial companies listed in Indonesia Stock Exchange during the 2015-2018 period. RPT variables used in this study are divided into several categories, namely transactions with related parties in the operational field (operational RPTs), financial field (financial RPTs), other fields (other RPTs), and total RPTs (sum of the three previous types). The study finds a significant negative relationship between financial RPTs and other RPTs on company performance. This finding is consistent with the precedent research that non-operational RPTs (i.e., financial RPTs and other RPTs) are commonly used by controlling shareholders as tunneling channels to expropriate minority shareholders. The results suggest policymakers to monitor more closely RPTs, particularly financial and other RPTs, that are more likely to be used as tunneling activities that are detrimental to firm performance. The results of this study are robust to various proxies of firm performance, providing additional empirical studies on RPTs in emerging countries with concentrated ownership structure, and shedding direct light on which type of RPTs that is mainly used as tunneling channel.Keywords: Efficient transaction hypothesis, firm performance, Indonesia, related party transactions, type II agency problemAbstrak. Tujuan dari makalah ini adalah untuk menganalisis pengaruh transaksi pihak berelasi (RPT) terhadap kinerja perusahaan dengan menggunakan regresi data panel pada 388 perusahaan nonkeuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2015-2018. Variabel RPT yang digunakan dalam penelitian ini dibagi menjadi beberapa kategori yaitu transaksi dengan pihak berelasi di bidang operasional (RPT operasional), bidang keuangan (RPT finansial), bidang lainnya (RPT lainnya), dan total RPT (penjumlahan dari ketiga jenis RPT yang disebutkan sebelumnya). Penelitian ini menemukan hubungan negatif yang signifikan antara RPT finansial dan RPT lainnya terhadap kinerja perusahaan. Temuan ini sejalan dengan penelitian sebelumnya bahwa RPT nonoperasional (RPT finansial dan RPT lainnya) biasanya digunakan oleh pemegang saham pengendali sebagai sarana untuk mengambil alih dari pemegang saham minoritas. Hasilnya menyarankan para pembuat kebijakan untuk melakukan pemantuan lebih terhadap RPT, terutama RPT finansial dan lainnya, yang lebih mungkin digunakan sebagai aktivitas tunneling yang merugikan kinerja perusahaan. Penelitian ini menunjukan hasil yang kuat untuk berbagai proksi kinerja perusahaan, sehingga memberikan studi empiris tambahan tentang RPT di negara-negara berkembang dengan struktur kepemilikan terkonsentrasi, dan menjelaskan langsung jenis RPT yang terutama digunakan sebagai saluran tunneling.Kata kunci: Efficient transaction hypothesis, Indonesia, masalah keagenan tipe II, performa perusahaan, transaksi pihak berelasi

Page 1 of 1 | Total Record : 8