cover
Contact Name
Indra Jaya
Contact Email
jeal.fip@gmail.com
Phone
+6282318945440
Journal Mail Official
jeal.fip@gmail.com
Editorial Address
http://jeal.ppj.unp.ac.id/index.php/jeal/
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL)
ISSN : 27459691     EISSN : 27459683     DOI : https://doi.org/10.24036/jeal.v1i1
Ruang Lingkup pembahasan Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) yaitu perencanaan pendidikan, manajemen pendidikan, pengawasan pendidikan, kepemimpinan, manajemen sekolah, administrasi sekolah, manajemen sumber daya manusia, komunikasi organisasi, hubungan masyarakat, kepemimpinan, pendidikan, pengajaran dan pembelajaran; Pendidikan (pengajaran, pengembangan, pengajaran, proyek dan inovasi pendidikan, metodologi pembelajaran dan teknologi baru dalam pendidikan dan pembelajaran, penilaian)
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 3 (2024): Vol 4 Issue 3 (2024)" : 7 Documents clear
Pengaruh Pengawasan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Fitri, Salwa'a Karunia; Ermita, Ermita; Nellitawati, Nellitawati; Anisah, Anisah
Journal of Educational Administration and Leadership Vol 4 No 3 (2024): Vol 4 Issue 3 (2024)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jeal.v4i3.261

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui informasi tentang kinerja guru dan pengawasan kepala sekolah serta apakah kinerja guru dipengaruhi oleh pengawasan kepala sekolah di SLTA Negeri Kecamatan Enam Lingkung. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi penelitian yaitu tenaga pendidik di SLTA Negeri Kecamatan Enam Lingkung yang berjumlah 121 orang, teknik yang digunakan untuk menentukan sampel yaitu proportionate stratified random sampling dengan total sampel 65 orang. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket model skala Likert kepada seluruh sampel sedangkan teknik dalam menganalisis data yaitu regresi sederhana, uji t, dan koefisien determinan dengan bantuan program SPSS 26.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru sudah terlaksana dengan baik, pengawasan kepala sekolah terlaksana cukup baik, dan pengawasan kepala sekolah memiliki pengaruh terhadap kinerja guru sebesar 34,2%, sedangkan 65,80% dipengaruhi oleh faktor lain.
Analisis Pengelolaan Program Tahfidz Al-Qur’an yang Efektif di Yayasan Rossevin, Qatrin Nada Sanya; Marsidin, Sufyarma; Rusdinal, Rusdinal; Nellitawati, Nellitawati
Journal of Educational Administration and Leadership Vol 4 No 3 (2024): Vol 4 Issue 3 (2024)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jeal.v4i3.280

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui upaya pengelolaan program tahfidz yang efektif, faktor penghambat, faktor pendukung dan solusi yang yang diharapkan untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam pelaksanaan dan hasil yang diinginkan dari pengelolaan program tahfidz yang efektif di Yayasan Waqaf Darul Hufadz Padang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah ketua yayasan, kepala tahfidz, admin, guru dan siswa Yayasan Waqaf Darul Hufadz Padang. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan program tahfidz yang efektif dapat membantu mencapai tujuan dengan efektif dan efisien melalui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan dengan baik dan peuh pertimbangan.
Kontribusi Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Hakim, Annisa; Syahril, Syahril; Rusdinal, Rusdinal; Santoso, Yulianto
Journal of Educational Administration and Leadership Vol 4 No 3 (2024): Vol 4 Issue 3 (2024)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jeal.v4i3.289

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kinerja guru di SMK Negeri Kota Padang Panjang. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kinerja guru, salah satunya yaitu disiplin kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi tentang 1) Kinerja guru di SMK Negeri Kota Padang Panjang, 2) Disiplin kerja di SMK Negeri Kota Padang Panjang dan 3) Kontribusi disiplin kerja terhadap kinerja guru di SMK Negeri Kota Padang Panjang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu terdapat kontribusi yang signifikan antara disiplin kerja terhadap kinerja guru di SMK Negeri Padang Panjang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) di SMK Negeri Kota Padang Panjang yang berjumlah 95 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Proportional Stratified Random Sampling diperoleh sebanyak 49 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan skala likert dengan lima alternatif jawaban. Kuesioner telah diuji untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data menunjukkan 1) Disiplin kerja berada pada interpretasi sangat tinggi yaitu 94,71%. 2) Kinerja guru berada pada interpretasi sangat baik yaitu 93,57 %. 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel dengan koefisien korelasi 0,424 dan uji keberartian korelasi 3,206, serta yaitu 17,97%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, disiplin kerja merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja guru pada nilai korelasi 0,424 dengan kontribusi sebesar 17,97%. Hal ini berarti semakin tinggi disiplin kerja guru maka semakin baik kinerja guru tersebut
Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Mengelola Guru di Sekolah Menengah Atas Putri, Vilda Yulia; Santoso, Yulianto; Gistituati, Nurhizrah Gistituati; Ningrum, Tia Ayu
Journal of Educational Administration and Leadership Vol 4 No 3 (2024): Vol 4 Issue 3 (2024)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jeal.v4i3.306

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan penulis selama melaksanakan Praktek Lapangan Manajemen mengenai Persepsi Guru Tentang Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Mengelola Guru Di SMA Negeri Se-Kecamatan Batang Anai dalam hal merencanakan kebutuhan guru, pembinaan dan pengembangan guru dan pengelolaan terhadap pemberian kesejahteraan guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini dengan jumlah 111 orang guru. Sampel pada penelitian ini diambil dengan teknik Stratified Cluster Sampling menggunakan rumus Cochran sehingga sampel pada penelitian ini berjumlah 55 orang guru. Instrumen pada penelitian ini menggunakan skala likert yang memiliki 5 alternatif jawaban. Hasil uji coba validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen kompetensi manajerial kepala sekolah di sekolah tersebut valid dan reliabel. Teeknik analisis dalam pengolahan data diolah dengan menggunakan bantuan program SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 16. Hasil analisis data mengenai persepsi guru tentang kompetensi manajerial kepala sekolah dalam mengelola guru di SMA Negeri Se-Kecamatan Batang Anai menunjukkan 1) merencanakan kebutuhan guru dengan capaian 87,5% dalam kategori mampu, 2) mengelola pembinaan dan pengembangan profesional guru dengan capaian 87,93% dalam kategori mampu, 3) pemberian kesejahteraan guru dengan capaian 85,45% dalam kategori mampu.
Pengaruh Insentif Non Material terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Agustin, Kurnia Dwi; Anisah, Anisah; Gistituati, Nurhizrah; Kadri, Hanif Al
Journal of Educational Administration and Leadership Vol 4 No 3 (2024): Vol 4 Issue 3 (2024)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jeal.v4i3.314

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi terkait seberapa besar pengaruh pemberian insentif non material terhadap kepuasan kerja pegawai di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang sebanyak 118 orang. Teknik pengambilan sampel adalah stratified random sampling dengan rumus Slovin pada tingkat kesalahan 10% dan memperoleh sampel sebanyak 65 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner sebanyak 45 item dengan model skala likert. Hasil penelitian menunjukkan kepuasan kerja pegawai pada penelitian ini dikategorikan tinggi dengan tingkat capaian sebesar 81,3%. Pemberian insentif non material pegawai dalam penelitian ini sudah terlaksana dengan baik dengan tingkat capaian sebesar 81% dan dikategorikan baik. Berdasarkan uji regresi linear sederhana diperoleh hasil sebesar Y=35,932+0,807(X). Berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05. Sedangkan nilai nilai t_hitung>t_tabel didapatkan hasil sebesar 6,362 > 2,004. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pemberian insentif non material berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan keja pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang.
Motivasi Kerja Pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Husnah, Ismatul; Sabandi, Ahmad; Hadiyanto, Hadiyanto; Adi, Nelfia
Journal of Educational Administration and Leadership Vol 4 No 3 (2024): Vol 4 Issue 3 (2024)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jeal.v4i3.355

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mendapatkan informasi tentang Motivasi Kerja Pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, dilihat dari indikator intensitas (intensity), ketekunan (persistence), arah perilaku (direction of behaviour), tingkat usaha (level of effort). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif. Populasi penelitian adalah pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat yang berjumlah 170 orang. Dengan sampel penelitian sebanyak 61 responden, menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan model skala likert yang memiliki lima alternatif jawaban. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen motivasi kerja pegawai tersebut valid dan reliabel. Kemudian data di dalam penelitian ini diolah menggunakan bantuan program SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 25. Hasil analisis data motivasi kerja pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat menunjukkan bahwa 1) intensitas (intensity) dengan capaian skor rata-rata 4,06 dalam kategori tinggi, 2) ketekunan (persistence) dengan capaian skor rata-rata 4,01 dalam kategori tinggi, 3) arah perilaku (direction of behaviour) dengan capaian skor rata-rata 4,11 dalam kategori tinggi, 4) tingkat usaha (level of effort) dengan capaian skor rata-rata 4,07 dalam kategori tinggi. Jadi motivasi kerja pegawai Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat secara keseluruhan mendapat skor rata-rata 4,06 dengan kategori tinggi.
Kompetensi Teknis Tenaga Administrasi Sekolah dalam Memanfaatkan Teknologi Digital di Sekolah Menengah Kejuruan Putri, Helma Dona; Rusdinal, Rusdinal
Journal of Educational Administration and Leadership Vol 4 No 3 (2024): Vol 4 Issue 3 (2024)
Publisher : Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jeal.v4i3.387

Abstract

Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah masih terdapat masalah dalam penerapan kompetensi teknis tenaga administrasi sekolah dalam memanfaatkan teknologi digital di SMK Negeri Kota Payakumbuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kompetensi teknis tenaga administrasi sekolah dalam memanfaatkan teknologi digital di SMK Negeri Kota Payakumbuh dilihat dari kompetensi dalam Memanfaatkan TIK untuk mengadministrasikan kepegawaian, Memanfaatkan TIK untuk mengadministrasikan persuratan dan pengarsipan, Memanfaatkan TIK untuk mengadministrasikan urusan kesiswaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri Kota Payakumbuh dengan populasi sebanyak 41 orang tenaga administrasi sekolah dan seluruh populasi dijadikan sebagai responden. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner atau angket dengan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian data yang diperoleh diolah dengan menggunakan rumus rata-rata (Mean). Hasil pengolahan data menggambarkan bahwa 1) Memanfaatkan TIK untuk mengadministrasikan kepegawaian memperoleh skor rata-rata 4,20 dengan kategori mampu; 2) Memanfaatkan TIK untuk mengadministrasikan persuratan dan pengarsipan memperoleh skor rata-rata 4,23 dengan kategori mampu; 3) Memanfaatkan TIK untuk mengadministrasikan urusan kesiswaan memperoleh skor rata-rata 4,19 dengan kategori mampu. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kompetensi teknis tenaga administrasi sekolah dalam memanfaatkan teknologi digital di SMK Negeri Kota Payakumbuh dinyatakan sudah mampu dengan skor rata-rata 4,21.

Page 1 of 1 | Total Record : 7