cover
Contact Name
Agus Junaidi
Contact Email
agus.asj@bsi.ac.id
Phone
+6221231170
Journal Mail Official
jurnal.imtechno@bsi.ac.id
Editorial Address
Jl. Kramat Raya No 98, Senen, Jakarta Pusat
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
IMTechno: Journal of Industrial Management and Technology
ISSN : -     EISSN : 2774342X     DOI : https://doi.org/10.31294/imtechno
IMTECHNO Journal of Industrial Management and Technology pertama kali publikasi tahun 2020 dengan nomor ISSN (Elektonik): 2774-342X yang diterbitkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). IMTECHNO Journal of Industrial Management and Technology memuat tulisan ilmiah yang berhubungan dengan bidang teknologi, manajemen industri dan informatika. Jurnal diterbitkan 2 kali dalam satu tahun dibulan Januari dan Juli.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 2 (2025): Vol. 6 No. 2 (2025): Juli 2025" : 10 Documents clear
Rancang Bangun Sistem Informasi Terintegrasi Untuk Donasi Dan Barter Barang Berbasis Website Bismi, Waeisul; Qomaruddin, Muhammmad; Sakata, Yama Sulkhan
IMTechno: Journal of Industrial Management and Technology Vol. 6 No. 2 (2025): Vol. 6 No. 2 (2025): Juli 2025
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/imtechno.v6i2.8256

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk dalam cara masyarakat melakukan transaksi dan berbagi bantuan. Namun, integrasi antara sistem barter dan donasi dalam satu platform berbasis digital masih relatif jarang dieksplorasi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah sistem informasi terintegrasi berbasis website yang memungkinkan pengguna untuk menukar barang secara barter sekaligus berdonasi dengan lebih mudah dan efisien. Dengan adanya platform ini, individu yang memiliki barang tidak terpakai dapat menukarkannya dengan barang lain yang dibutuhkan atau menyumbangkannya kepada pihak yang lebih membutuhkan. Pengembangan sistem ini menggunakan metode Waterfall, yang terdiri dari tahapan analisis kebutuhan, perancangan sistem, pengembangan, pengujian, dan pemeliharaan. Desain sistem mencakup pembuatan logical relationship schema, UML, struktur navigasi, activity Diagram, dan class Diagram untuk memastikan integrasi yang baik antara fitur barter dan donasi. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem yang dibangun dapat berjalan dengan baik dalam memfasilitasi proses pencocokan mitra barter dan penyaluran donasi secara efektif. Selain itu, platform ini dirancang dengan antarmuka yang user-friendly untuk memastikan kenyamanan dan kemudahan akses bagi pengguna dari berbagai latar belakang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem informasi terintegrasi yang dikembangkan dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan efisiensi dalam distribusi barang serta memperkuat budaya filantropi dalam masyarakat. Dengan mendukung konsep ekonomi sirkular, platform ini juga membantu mengurangi limbah barang yang masih memiliki nilai guna. Pengembangan lebih lanjut dapat difokuskan pada optimasi fitur keamanan, peningkatan algoritma pencocokan barang, serta ekspansi ke dalam platform mobile agar dapat menjangkau lebih banyak pengguna dan memberikan manfaat yang lebih luas. 
Analisis Pengendalian Kualitas Daging Kepiting Rajungan dengan Pendekatan Seven Tools Rosyidi, Moh Ririn; Izzah, Nailul
IMTechno: Journal of Industrial Management and Technology Vol. 6 No. 2 (2025): Vol. 6 No. 2 (2025): Juli 2025
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/imtechno.v6i2.8359

Abstract

Miniplant, UMKM  Roby Jaya is a seafood processing company that has quality control issues due to product defect levels.  The purpose of this study is to identify the most common types of faults, investigate the causes, and suggest improvement measures to improve production quality. The Seven Tools technique was employed in this study, which included check sheets, flowcharts, pareto diagrams, histograms, scatter diagrams, control charts, and fishbone diagrams, while the 5W + 1H concept was used to develop improvement proposals.  The investigation revealed that the most common forms of flaws were broken meat (72.31%) and unclean meat (27.69%), with humans, the environment, materials, and production procedures serving as the primary causes. To improve product quality, the organization should raise employee labor effectiveness, optimize the production process, and conduct periodic evaluations.
Rancang Bangun Sistem Informasi Penyewaan Mobil Listrik Berbasis Web Pada Autonet Rent Andika Bayu Hasta Yanto; Fauzi, Ahmad; Novita Indriyani
IMTechno: Journal of Industrial Management and Technology Vol. 6 No. 2 (2025): Vol. 6 No. 2 (2025): Juli 2025
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/imtechno.v6i2.8909

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah mendorong digitalisasi pada berbagai bidang usaha, termasuk jasa penyewaan mobil. Autonet Rent, sebuah usaha penyewaan mobil listrik, masih menggunakan sistem manual dalam pengelolaan penyewaan kendaraan yang menyebabkan berbagai kendala seperti kesalahan pencatatan data, ketidaktepatan biaya sewa, dan keterlambatan laporan. Untuk mengatasi hal tersebut, penelitian ini merancang dan membangun sistem informasi penyewaan mobil listrik berbasis web. Metode yang digunakan meliputi observasi langsung, wawancara, dan studi pustaka. Sistem ini memungkinkan proses digital mulai dari registrasi pelanggan, pemesanan kendaraan, hingga pencatatan transaksi dan laporan. Hasil pengujian menggunakan metode black-box menunjukkan bahwa seluruh fitur berjalan sesuai harapan. Sistem ini terbukti meningkatkan efisiensi operasional dan kemudahan akses layanan bagi pelanggan.
Rancang Bangun Tempat Sampah Pintar Berbasis Internet of Things dengan Komunikasi MQTT Rian, Rian Septian Anwar; Firmansyah, Firmansyah; Taufik, Taufik Asra
IMTechno: Journal of Industrial Management and Technology Vol. 6 No. 2 (2025): Vol. 6 No. 2 (2025): Juli 2025
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/imtechno.v6i2.9088

Abstract

Pertumbuhan populasi dan urbanisasi yang pesat menyebabkan peningkatan volume sampah yang signifikan di kawasan perkotaan, sementara sistem pengelolaan sampah konvensional masih menghadapi kendala dalam hal efisiensi, monitoring, dan respons waktu nyata. Penelitian ini mengembangkan sistem tempat sampah pintar berbasis Internet of Things (IoT) yang mampu mendeteksi kondisi tempat sampah secara otomatis dan menyampaikan informasi status secara real-time kepada pengguna atau petugas kebersihan. Sistem ini terdiri dari NodeMCU ESP8266 sebagai mikrokontroler utama, sensor ultrasonik HC-SR04 untuk mengukur ketinggian sampah, motor servo untuk menggerakkan penutup secara otomatis, buzzer sebagai alarm, dan LED Matrix MAX7219 untuk menampilkan status visual seperti “FULL”, “OPEN”, dan “WELCOME”. Komunikasi data dilakukan menggunakan protokol Message Queuing Telemetry Transport (MQTT), yang dikenal ringan dan stabil untuk jaringan terbatas. Data dikirimkan secara periodik ke broker MQTT dan divisualisasikan melalui dashboard berbasis Node-RED. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem dapat beroperasi stabil selama 120 jam non-stop dengan konsumsi daya hanya 1.2 watt dan tingkat akurasi sensor di atas 97%. Latency rata-rata komunikasi berada di bawah 100 ms dengan tingkat keberhasilan pengiriman data lebih dari 98%. Sistem ini dinilai layak diterapkan di ruang publik seperti taman kota, area kampus, dan gedung perkantoran sebagai solusi modern untuk mendukung inisiatif smart city dan pengelolaan sampah yang lebih efisien dan responsif. 
Analisis Dampak Perubahan Data Order Produksi Terhadap Kinerja Manufaktur Alas Kaki PT. XYZ Menggunakan Causal Loop Diagram Pratama, Sigit; Yoga, Setyadi
IMTechno: Journal of Industrial Management and Technology Vol. 6 No. 2 (2025): Vol. 6 No. 2 (2025): Juli 2025
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/imtechno.v6i2.9099

Abstract

PT. XYZ merupakan sebuah perusahaan manufaktur alas kaki terkemuka yang menghadapi tantangan signifikan terkait perubahan data order yang diinisiasi oleh konsumen. Periode 2014 hingga 2022 menunjukkan volume perubahan yang masif, mencapai 26.540.233 pasang sepatu, terklasifikasi menjadi pembatalan (cancellation), perubahan detail item (item text), dan penyesuaian ukuran (size run). Pemahaman mengenai kompleksitas dan implikasi dari fenomena ini, dilakukan analisis mendalam menggunakan Causal Loop Diagram (CLD). Pendekatan CLD memfasilitasi pemahaman holistik tentang hubungan sebab-akibat dalam struktur sistem, khususnya dalam mengidentifikasi dampak dari perubahan data order. Dari analisis CLD, terlihat bahwa perubahan ini memicu respons di berbagai departemen, termasuk penjadwalan (scheduling), produksi, dan pengiriman (shipping order). Dampak yang teridentifikasi melalui CLD meliputi peningkatan jam kerja, gangguan pada alur proses produksi, dan kenaikan biaya operasional akibat pengerjaan ulang (rework). Sebagai upaya mitigasi dan perbaikan sistem, disarankan untuk mengimplementasikan mekanisme klaim biaya (claim cost) sebagai konsekuensi dari perubahan data order. Perhitungan klaim biaya ini krusial sebagai dasar pengambilan keputusan bagi PT. XYZ dalam menerima atau menolak perubahan data order di masa mendatang, sehingga meminimalkan kerugian finansial dan operasional.
Analisis Pembelian Bahan Baku Timah Menggunakan Metode Economic Order Quality (Eoq) & Safety Stock Di PT. Trimitra Baterai Prakasa Andianingsari, Diah; Hidayat, Miwan Kurniawan; Raihan, Gilang Muhammad; Kuncoro, Bayu Nur; Rahman, Abdul
IMTechno: Journal of Industrial Management and Technology Vol. 6 No. 2 (2025): Vol. 6 No. 2 (2025): Juli 2025
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/imtechno.v6i2.9209

Abstract

PT Trimitra Baterai Prakasa adalah salah satu perusahaan yang bergerak dibidang Industri Manufaktur, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengendalian persediaan bahan baku timah dengan metode Economic Order Quantity (EOQ) lebih optimal dibandigkan dengan metode yang telah diterapkan oleh perusahaan. Disini penulis menghitung dan membandingkan jumlah pemesanan bahan baku timah, jumlah frekuensi pemesanan bahan baku timah, Safety Stock, dan total biaya persediaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi lapangan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui frekuensi pemesanan yang dilakukan perusahaan sebanyak 12 kali dengan kuantitas pemesanan 17.477 ton. Sedangkan menurut metode EOQ, frekuensi pemesanan yang seharusnya dilakukan adalah 1 kali dengan kuantitas 14.610 ton. PT Trimitra Baterai Prakasa belum menentukan berapa persediaan pengaman bahan baku timah yang ada di gudang, sedangkan persediaan pengaman bahan baku menurut metode EOQ adalah sebanyak 480 ton. Total biaya persediaan pada tahun 2023 menurut EOQ lebih kecil dibanding kebijakan PT Trimitra Baterai Prakasa. Total biaya persediaan menurut metode EOQ sebesar Rp. 512.157.368, sedangkan menurut kebijakan perusahaan adalah sebesar Rp. 2.577.553.184. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa pengendalian persediaan bahan baku timah lebih optimal menggunakan metode EOQ dibandingkan metode yang telah diterapkan perusahaan.  
Pemantauan Catu Daya untuk Proteksi Listrik Menggunakan ESP32 Berbasis Internet of Things (IOT) Watmah, Sri; Suryanto
IMTechno: Journal of Industrial Management and Technology Vol. 6 No. 2 (2025): Vol. 6 No. 2 (2025): Juli 2025
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/imtechno.v6i2.9518

Abstract

Keandalan sistem tenaga listrik merupakan faktor kritis dalam menjamin kontinuitas pasokan energi, khususnya pada jaringan distribusi PT. PLN (Persero). Penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem pemantauan berbasis Internet of Things (IoT) untuk memonitor kondisi power supply pada relay proteksi guna meningkatkan efisiensi pengawasan. Sistem ini dirancang menggunakan mikrokontroler ESP32 yang terintegrasi dengan sensor PZEM-004T (AC) dan PZEM-017 (DC) untuk mengukur parameter listrik meliputi tegangan, arus, daya aktif, dan konsumsi energi secara real-time. Data hasil pengukuran ditampilkan secara lokal melalui modul LCD serta dapat diakses secara jarak jauh melalui platform IoT berbasis aplikasi Blynk. Tahapan implementasi meliputi tahap perancangan perangkat keras dan lunak, kalibrasi sensor, serta pengujian performa sistem. Hasil pengujian menunjukkan akurasi pembacaan tegangan dengan tingkat error 0,44% (PZEM-004T). Namun, ditemukan adanya selisih yang signifikan dalam pembacaan arus dan daya pada sensor PZEM-004T, yang dipengaruhi oleh karakteristik beban yang tidak linier. Sistem ini berhasil mengimplementasikan notifikasi real-time melalui platform IoT, memungkinkan pemantauan jarak jauh secara efektif. Implementasi solusi ini dapat meningkatkan keandalan sistem distribusi tenaga listrik melalui deteksi dini anomali daya.  
Penerapan LSTM untuk Menganalisis Sentimen Review Pengguna Aplikasi Zoom pada Play Store Putri, Destiana; Suryanto, Ade
IMTechno: Journal of Industrial Management and Technology Vol. 6 No. 2 (2025): Vol. 6 No. 2 (2025): Juli 2025
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/imtechno.v6i2.9614

Abstract

Setelah berakhirnya masa pandemi Covid-19, pola kerja dan komunikasi masyarakat mengalami perubahan signifikan. Meskipun kegiatan tatap muka telah kembali normal, penggunaan aplikasi video conference seperti Zoom tetap menjadi pilihan utama dalam menunjang aktivitas profesional. Zoom Cloud Meeting kini tidak hanya digunakan untuk keperluan Work From Home (WFH), tetapi juga menjadi sarana utama dalam mendukung kolaborasi jarak jauh antar individu maupun tim lintas wilayah dan negara. Aplikasi ini memungkinkan komunikasi efektif tanpa harus hadir secara fisik, sehingga meningkatkan efisiensi kerja di era digital saat ini. Namun demikian, seperti aplikasi lainnya, Zoom tetap memiliki kelebihan dan kekurangan yang tercermin dari ulasan pengguna di platform Google Play Store. Ulasan-ulasan tersebut dapat dianalisis untuk mengetahui sentimen dominan dari pengguna, apakah cenderung positif atau negatif. Dengan menerapkan teknik data mining, data ulasan ini dapat dimanfaatkan untuk mengevaluasi dan meningkatkan kualitas layanan aplikasi. Penelitian ini menganalisis ulasan pengguna Zoom melalui Google Play Store dalam melakukan analisis sentimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model LSTM memberikan hasil yang lebih akurat dalam memprediksi sentimen pengguna, dengan akurasi 92,91%, presisi 93,22%, recall 93,47%, dan F1-score sebesar 93,35%, serta skor ROC-AUC sebesar 0,97. Temuan ini diharapkan dapat membantu pengembang aplikasi Zoom memahami persepsi pengguna secara lebih mendalam, serta menjadi kontribusi dalam pengembangan teori dan penerapan teknologi analisis sentimen di masa depan.
SIMAP (Sistem Informasi Manajemen Arsip) Kantor Desa Sukamandijaya Suryani, Nining; Fadhil Muhammad Abdurrahman; Evy Priyanti; Girman Sihombing
IMTechno: Journal of Industrial Management and Technology Vol. 6 No. 2 (2025): Vol. 6 No. 2 (2025): Juli 2025
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/ynxxg955

Abstract

Mail management that uses manual storage often results in errors in data storage and mail search. This web-based archival information system is indispensable. This web-based archive information system aims to change the way letters are stored by reducing the use of paper (paperless). This information system is made using the website. While the programming language uses PHP, Xampp is used to run the web server, MySQL is used for database management. The life flow model used is waterfall, while unit testing uses blackbox testing. With WEB-based mail storage, errors that have occurred so far can be minimized. The purpose of making this website is to create an information system that processes mail archive data so that it is easier to use
Usulan Perbaikan Selisih Stock Opname Pada PT Agung Elektrindo Utama Menggunakan Metode Tree Diagram Sabila Indah Nuraini; Aniza Nur Madyanti
IMTechno: Journal of Industrial Management and Technology Vol. 6 No. 2 (2025): Vol. 6 No. 2 (2025): Juli 2025
Publisher : LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/imtechno.v6i2.9442

Abstract

Abstrak- Kerja praktik industri dilakukan pada PT Agung Elektrindo Utama di Divisi Operasional. Divisi tersebut bertugas melakukan pengelolaan inventory barang Small Form-factor Pluggable (SFP). Permasalahan yang terjadi selama melaksanakan kerja praktik adalah ditemukannya selisih stok barang setelah dilakukannya proses stock opname. Pelaksanaan stock opname dilakukan setiap periode 3 bulan sekali. Selama kerja praktik telah melakukan 2 kali proses stock opname. Pada pelaksanaan 2 kali stock opname tersebut, didapatkan hasil selisih stok antara barang aktual yang tersimpan pada lemari penyimpanan dengan data pada sistem pada bulan Februari 2024 sebesar 8% dengan total kerugian Rp. 11.555.000 dan pada bulan Mei 2025 sebesar 10% dengan total kerugian Rp. 94.620.000. Dampak yang ditimbulkan akibat terjadinya selisih stok adalah keterlambatan pengiriman barang, penurunan tingkat pelayanan, arus kas keuangan perusahaan terganggu dan kerugian. Oleh sebab itu, perlu adanya tindakan perbaikan yang dilakukan oleh perusahaan untuk menghindari terjadinya selisih stok barang. Tindakan perbaikan dianalisis menggunakan metode Tree Diagram. Hasil analisis diketahui bahwa penyebab terjadinya selisih stok karena staf lupa melakukan proses penginputan barang keluar, kesalahan memasukan data pada proses penginputan barang masuk dan keluar, peletakan barang yang tidak sesuai SKU, staf tidak melakukan konfirmasi pengambilan barang dan peletakan barang sampel; retur; atau rusak tercampur dengan barang regular. Usulan perbaikan yang diberikan antara lain meningkatkan pengawasan, pembuatan KPI khusus Divisi Operasional, pelabelan barang, membuat tabel informasi penyimpanan barang serta menyusun dan menerapkan standar operasional prosedur pengambilan barang.  

Page 1 of 1 | Total Record : 10