cover
Contact Name
Fuad Zaini
Contact Email
fuadzaini06@gmail.com
Phone
+6282360501584
Journal Mail Official
fuadzaini06@gmail.com
Editorial Address
Jl. Seser Komplek Citra Mulia Residence Blok D. 14 Medan – 20229
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
ALACRITY : Journal Of Education
ISSN : -     EISSN : 27754138     DOI : https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i3
Core Subject : Education,
ALACRITY : Journal Of Education is an interdisciplinary publication of original research and writings on education that publishes articles in journal form to an international audience of educational researchers. This journal aims to provide a forum for scientific understanding of the fields of education, social and management and play an important role in promoting the accumulation of knowledge, values, and skills that are transmitted from one generation to another; and to make the methods and content of evaluation and research in education available to teachers, administrators, students, faculty and research workers. This journal covers a wide range of topics,Learning, including, social, curriculum, management science, educational philosophy and educational approaches.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Volume 2 Issue 3 Oktober 2022" : 16 Documents clear
Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Smartphone Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas VIII MTs Tarbiyah Waladiyah Pulau Banyak Ummi Atiah Lubis, Ahmad Fuadi, Nurmisda Ramayani
ALACRITY : Journal of Education Volume 2 Issue 3 Oktober 2022
Publisher : LPPPI Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52121/alacrity.v2i3.106

Abstract

The use of smartphones by teachers and students is done well and is very positive which can be used as a learning resource that provides a very broad scope so as to increase students' insight. Smartpones are used to help solve problems in learning aqidah morality. Efforts to overcome students' learning difficulties are carried out by utilizing a smartphone as a medium that helps each student's learning difficulties such as in overcoming different student learning abilities, improving students' memorization skills and instilling the character of Islamic teachings in students. by utilizing articles and videos as well as toutube related to the subject matter of the moral aqidah being taught. The use of smartphones can overcome student learning difficulties effectively because students are easier to understand the lessons of aqidah morals and make smartphones as the main learning resource because all materials can be accessed easily to get the required information related to the material discussed. Teachers can also use smartphones to facilitate the provision of learning information and assignments to students. The use of Smartphones in overcoming students' learning difficulties in the Aqidah Akhlak subject of class VIII MTs Tarbiyah Waladiyah Pulau Banyak has been done well. Smartphones can be used as learning resources for students to facilitate the teaching and learning process. Learning difficulties faced by students can be overcome properly by utilizing smartphones optimally and positively.
Implementasi Pendidikan Agama Islam Sebagai Pembentukan Karakter Islami Di SMP Negeri 3 Satu Atap Desa Selotong Kecamatan Secanggang Khairul Umam, Syahrul Kodrah, Nurmisda Ramayani
ALACRITY : Journal of Education Volume 2 Issue 3 Oktober 2022
Publisher : LPPPI Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52121/alacrity.v2i3.107

Abstract

Karakter merupakan hal yang sangat penting dan mendasar. Karakter adalah mustika hidup yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya. Orang-orang yang berkarakter kuat dan baik secara individual maupun sosial ialah mereka yang memiliki akhlak, moral, dan budi pekerti yang baik. Mengingat begitu urgennya karakter, maka insititusi pendidikan memiliki tanggung jawab untuk menanamkannya melalui proses pembelajaran. Pendidikan karakter adalah pendidikan yang mengarah pada pembentukkan karakter dan akhlak mulia peserta didik secara utuh, terpadu, dan seimbang, sesuai dengan standar kompetensi lulusan pada setiap satuan pendidikan. Karakter yang melekat pada bangsa kita akhir-akhir ini bukan begitu saja terjadi secara tiba-tiba, tetapi sudah melalui proses yang panjang. Potret kekerasan, kebrutalan, dan ketidakjujuran anak-anak bangsa yang ditampilkan oleh media baik cetak maupun elektronik sekarang ini sudah melewati proses panjang. Budaya seperti itu tidak hanya melanda rakyat umum yang kurang pendidikan, tetapi sudah sampai pada masyarakat yang terdidik, seperti pelajar dan mahasiswa, bahkan juga melanda para elite bangsa ini.Penelitian ini bertujan untuk mengetahui baimana Implementasi Pendidikan Agama Islam sebagai Pembentukan Karakter Islami di SMP Negeri 3 Satu Atap Desa Selotong Kecamatan Secanggang. Jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah jenis pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang menggunakan latar alamiah dengan maksud menafsirkan fenomena yang terjadi dan dilakukan dengan jalan melibatkan berbagai metode yang ada. Implementasi Pendidikan Agama Islam Sebagai Pembentukan Karakter Islami Di SMP Negeri 3 Satu Atap Desa Selotong Kecamatan Secanggang yaitu berperan penting dalam membentuk sikap dan perilaku siswa sehingga memiliki karakter religius, karakter jujur, karakter tanggung jawab, karakter toleransi, karakter disiplin, peduli lingkunga dan karakter gemar membaca.
Peran Guru Dalam Pembelajaran Siti Nurzannah
ALACRITY : Journal of Education Volume 2 Issue 3 Oktober 2022
Publisher : LPPPI Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52121/alacrity.v2i3.108

Abstract

Teachers are the most important factor in advancing education. This paper aims to outline the role of teachers in learning. This paper uses the literature method by analyzing books and journals related to the theme of discussion. The results of this study show that the task of the teacher as a motivator is to increase the passion and enthusiasm for learning students both by giving motivational words and certain tasks that will arouse their curiosity. Meanwhile, the task of the teacher as a facilitator is not only a matter of physique or infrastructure, even this is a school task, but how the teacher facilitates the mentality of students in learning and provides the widest opportunity for students to ask questions, discuss and so on.
Manajemen Pengembangan Program Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di MTS Darussaadah Kecamatan Pangkalan Susu Rizki Aulia, Syarifah Hidayani, Usmaidar, Satria Wiguna
ALACRITY : Journal of Education Volume 2 Issue 3 Oktober 2022
Publisher : LPPPI Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52121/alacrity.v2i3.109

Abstract

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui Manajemen Pengembangan Program Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Swasta Darussaadah Kecamatan Pangkalan Susu. Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala Madrasah dan guru agama Islam. Metode Pengumupalan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa program pembelajaran guru pendidikan agama Islam di MTS Darussa’adah pertama, perencanaan pengembangan program pembelajaran pendidikan agama Islam sudah membuat silabus dan menyiapkan RPP yang sistematis sebelum melaksanakan kegiatan belajar mengajar guna sebagai panduan dalam proses pembelajaran. Kedua, pelaksanaan pengembangan program pembelajaran pendidikan agama Islam dengam menargetkan para siswa tuntas baca tulis Al Qur’an dan menghafalkannya serta menerapkan program 5S (Salam, Sapa, Senyum, Sopan, dan Santun). Ketiga, mengevaluasi penilaian hasil belajar melalui tugas rumah (PR) atau tugas dikelas, ujian semester, tes tertulis ataupun lisan, tanya jawab dan sikap serta prilaku yang tercermin dalam kehidupan sosial dilingkungan Sekolah.
Metode Kopertif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Fiqih Kelas VIII DI MTS HJ. Siti Julia Secanggang Tahun Ajaran 2021-2022 Ishak, Ali Mukhlis, Zaifatur Ridha
ALACRITY : Journal of Education Volume 2 Issue 3 Oktober 2022
Publisher : LPPPI Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52121/alacrity.v2i3.110

Abstract

Learning at MTs Hj . Siti Julia Secanggang this part big still use old method ie lecture , memorization and sometimes ask answer , if Thing this going on continously so can make participant educate bored in learn , if no there is variation method so participant educate will feel fed up accept lessons and _ Thing this is what causes participant educate no concentration , drowsiness and even sleep in in class moment lesson still going on , conditions thereby must quick overcome with change in teach , if before participant educate only come , sit down and shut up , then moment here it is participant educate must truly involved in process learning . Method jigsaw learning is wrong one method where participant educate in place to in team study heterogeneous up to five members six people . Various Theory academic served to participant educate in form text , and every participant educate responsible answer for learn one portion the material .With apply method learning this expected participant educate have experience new in learn , as well could reach destination the learning in expect , because destination from learning that on the main thing is is reach competencies that have set , by because that various type method and strategy need used for participants educate no feel fed up with learning the . The method used in this study is a quantitative method, with the aim of knowingHow InfluenceMethod Cooperative Jigsaw Type Against Results Study Student on Field Studies Jurisprudence Class VIII at MTs Hj . Siti Julia Secanggang Year 2021-2022.
Analisis Penyebab Rendahnya Tingkat Bersosialisasi Siswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Di Kelas V UPT SD Negeri 101788 Marindal I Doli Cano Manullang, Umar Darwis
ALACRITY : Journal of Education Volume 2 Issue 3 Oktober 2022
Publisher : LPPPI Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52121/alacrity.v2i3.111

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penerapan pembelajaran daring di masa pandemi yang menimbulkan dampak dari penerapannya dalam meningkatkan bersosialisasi siswa. Karena pada era ini untuk menekan penyebaran virus corona pembelajaran dilakukan dengan cara daring. Pembelajaran daring dilakukan di rumah menjadi tanggungjawab orangtua dalam pengawasan terhadap anak-anaknya. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui seberapa besar dampak pembelajaran online terhadap penurunan tingkat bersosialisasi siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, di mana penulis merupakan instrument utama untuk memperoleh data secara lebih rinci. Adapun teknik penentuan informan penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu dengan diterapkannya pembelajaran jarak jauh tingkat bersosialisasi para siswa tidak meningkat, siswa yang kesulitan dalam pembelajaran yang dilakukan dengan cara daring ini membuat siswa menjadi lebih pasif didalam pembelajaran mengingat banyaknya batasan yang dimiliki siswa dan guru dikarenakan harus melakukan pembelajaran secara daring, dimulai dari siswa kesulitan untuk berkomunikasi kepada guru untuk menyampaikan apa yang dia ingin tanyakan dan dikarenakan tidak adanya kehadiran guru menjadikan adanya siswa yang menjadi lebih leluasa dalam bergaul dan berkomunikasi dengan temannya tanpa pengawasan oleh guru, begitupun dilihat dari sisi guru yang kapasitas dan daya ajarnya menjadi berkurang karena hanya mampu memberikan pelajaran dari aplikasi whatsapp ataupun zoom sehingga kurang efektif dalam memantau perkembangan siswanya baik dalam pembelajaran hingga berkomunikasi ataupun bergaul.
Implementasi Metode Two Stay Two Stray Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Kelas XI Man 2 Langkat Intan Sari Siregar, Kamaliah R, Ahmad Zaki
ALACRITY : Journal of Education Volume 2 Issue 3 Oktober 2022
Publisher : LPPPI Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52121/alacrity.v2i3.112

Abstract

This aims to determine how the implementation of the two stay two stray method to improve student learning outcomes in class XI MAN 2 Langkat. This research is a qualitative research, data collection is done by conducting interviews, observations or observations and documentation. The examination of the validity of the data was carried out by conducting data triangulation, namely comparing data from direct observations with data from interviews with educators and related documentation. The results showed that the learning process using the two stay two stray method had been going well. The teacher’s role as a motivator, facilitator and organizer has been maximized. This means that the learning achievement goals are in line with expectations, according to the title of this thesis, namely the implementation of the two stay two stray method to improve student learning outcomes in class XI MAN 2 Langkat.
Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya-upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Dedi Sihabudin Ahmad
ALACRITY : Journal of Education Volume 2 Issue 3 Oktober 2022
Publisher : LPPPI Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52121/alacrity.v2i3.115

Abstract

Pendidikan yang berkualitas merupakan harapan dan tuntutan seluruh stakeholder pendidikan. Semua orang tentunya akan lebih suka menntut ilmu pada lembaga yang memiliki mutu yang baik. Atas dasar ini maka sekolah harus dapat memberikan pelayanan dan memiliki mutu yang baik agar mampu bersaing dengan lembaga pendidikan lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keterlaksanaan kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan mutu Sekolah Dasar Negeri di Kota Bandung, serta menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap mutu Sekolah Dasar Negeri di Kota Bandung. Pendekatan yang digunakan dalam peneitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel yang digunakan sebanyak 464 sekolah dari populasi sejumlah 2.322 sekolah. Hasil pelaksanaan penelitian menunjukkan bahwa mutu Sekolah Dasar Negeri di Kota Bandung berada pada kategori tinggi, kepemimpinan kepala sekolah berada pada kategori cukup tinggi. Terdapat hubungan yang berpengaruh antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap mutu sekolah. Secara simultan, kepemimpinan kepala sekolah memiliki hubungan yang lemah namun signifikan, dan berpengaruh positif terhadap mutu sekolah. Oleh karena itu perlu adanya peningkatan kualitas kepemimpinan sesuai dengan konteks di lapangan.
Konsep Evaluasi Model Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Dalam Belajar Aqidah Akhlaq Di Kelas VII MTSN I Langkat Indah Rahmadi, Satria Wiguna, Anida
ALACRITY : Journal of Education Volume 2 Issue 3 Oktober 2022
Publisher : LPPPI Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52121/alacrity.v2i3.116

Abstract

Guru kurang memperhatikan kemampuan yang terdapat pada masing-masing siswa secara individu. Evaluasi yang diberikan belum mampu menilai aspek kemampuan siswa secara utuh dan menyeluruh. Kecerdasan majemuk dalam diri siswa belum terakomodir dengan baik. Siswa lebih diarahkan pada kecerdasan matematis dan interpersonal. Masih banyak guru yang memandang bahwa keberhasilan seorang siswa saat mampu mengerjakan soal ujian saja sehingga kemungkinan adanya kecerdasan lainnya tidak tergali dengan baik. Siswa sebenarnya memiliki kecerdasan yang beragam baik secara intelegensi yang mampu memenangkan kompetensi sains, kecerdasan bahasa, kecerdasan musikal dan lainnya. Masing-masing kecerdasan ini mampu diakomodir oleh pihak madrasah dan dilakukan langkah pengembangan yang efektif untuk memaksimalkan kecerdasan anak tersebut. Madrasah telah memberikan fasilitas yang baik untuk mendukung penerapan pembelajaran multiple intelegensi dengan memberikan sarana internet, media belajar digital dan membentuk program ektrakurikuler demi mendukung pengembangan kecerdasan anak. Evaluasi yang dilakukan dalam penerapan pembelajaran multiple intelegensi ini dilakukan dengan cara kepala madrasah kita selalu memegang prinsip supervisi dengan memberikan perencanaan terkait bagaimana guru merencanakan suatu pembelajaran yang menarik yang kooperatif yang efektif terhadap anak. Kepala madrasah itu melakukan supervisor atau supervisi pada masing-masing kelas untuk menilai atau mengamati guru melaksanakan pembelajaran yang sudah direncanakannya. Guru dalam melakukan evaluasi pada pembelajaran multiple intelegensi dengan cara membuat daftar perkembangan kemampuan siswa dan kecerdasan.
The Effectiveness Of Using Picture Series On Students’ English Writing Skill Of Recount Text At SMA Dharma Bakti Medan Roilentina Sihotang, Zulfitri
ALACRITY : Journal of Education Volume 2 Issue 3 Oktober 2022
Publisher : LPPPI Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52121/alacrity.v2i3.117

Abstract

This research consist to determine the effectiveness of using picture series on students' writing skills in recount texts at SMA Dharma bakti Medan. The design of this research is experimental research. They consist of 150 students and the sample consists of 40 students then divided into two class; The experimental class of 20 students (X-IPA) was taught using serial pictures while the control class of 20 students (X-IPS) was taught without serial pictures. The research instrument used a written test, The test is to make a story text analyzing the general structure of the story text. the score of a text can be obtained from the general structure and grammatical arrangement of the text. After applying the test to the students, the writer analyzes the data using the t-test formula which is commonly used. after calculating and analyzing the data, it was concluded that the was higher than the (4.47> 1.70). it shows that there is a significant difference. The experimental pre-test score was 39 and the post-test score was 60.25, the difference was -21.25. The value of is greater than (4.47>1.70) df is 38, and the level of significance is 0.05. it is stated that the effectiveness of the use of picture series has a significant influence on students' ability to write story texts, Based on the test results above, it shows that picture series can improve students' writing skills in writing story texts. it can be concluded that this research hypothesis is accepted.

Page 1 of 2 | Total Record : 16